Pengertian Surat Edaran – Fungsi, Jenis, Bagian, Pengumuman, Contoh

Diposting pada

Pengertian Surat Edaran – Fungsi, Jenis, Bagian, Pengumuman, Contoh : Merupakan surat yang isinya menyangkut pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga atau organisasi.


edaran

Pengertian Surat Edaran

Apa itu surat edaran?? Surat edaran merupakan surat yang isinya menyangkut pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga atau organisasi. Atau definisi surat edaran yakni suatu surat pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan untuk berbagai pihak.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri Dan Bagian-Bagian Surat Pribadi Beserta Contohnya Lengkap


Surat ini berisikan penjelasan mengenai suatu hal, misalnya seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan dan lain-lain. Biasanya surat ini ditujukan untuk kalangan umum, akan tetapi didalam ruang lingkup tertentu.


Contoh surat edaran yang sering ditemui misalnya surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk para pegawai dan lain-lain. Surat edaran termasuk kedalam surat resmi karena memakai bahasa resmi, singkat, jelas, padat dan mencerminkan ciri dari organisasi yang membuatnya.


Fungsi Surat Edaran

Salah satu fungsinya yaitu untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia.


Macam Atau Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran diantaranya ada 2 “dua” macam yaitu surat edaran yang terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas, berikut di bawah ini penjelasannya:


  • Surat edaran terbatas yaitu surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotanya saja, misalnya seperti surat edaran dari koperasi kepada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis, dan lain-lain.
  • Surat edaran tidak terbatas yaitu surat yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun bagian-bagian dari surat edaran yang diantaranya seperti dibawah ini:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca Beserta Contohnya Lengkap


Kepala Surat

Pada bagian ini terdapat kop surat terdiri dari logo, nama dan alamat organisasi, instansi atau lembaga. Kop surat biasanya di gunakan untuk menunjukan surat formal dan non-formal.


Lalu pada bagian ini juga biasanya kata “surat edaran” ditulis dengan huruf kapitas dan ditulis menggunakan garis bawah. Lalu di bagian kiri bawah ditulis nomer surat, sifat surat “misalnya penting”, perihal dan alamat yang dituju akan tetapi ada juga yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah kata “surat edaran”.


Dan pada bagian kanan ditulis tanggal, bulan dan tahun kapan surat tersebut dibuat. Kadang-kadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.


Isi Surat

Bagian Isi merupakan pengumuman atau informasi apa yang ingin disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.


Kaki Surat

Dan pada bagian akhir ini berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel “organisasi, instansi ataupun lembaga” dan tembusan “jika memang ada”.


Contoh Surat Edaran

Pengertian Pengumuman

Yang dimaksud dengan pengumuman adalah suatu pesan yang disampaikan kepada masyarakat luas atau umum. Tujuan dari pengumuman yaitu untuk menyampaikan sesuatu yang berupa pesan supaya dapat diketahui oleh masyarakat luas.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Rubrik” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan – Manfaat – Jenis )


Tentunya seperti yang tadi dijelaskan pengumuman itu bersifat umum, maksudnya pesan atau isi dari pengumuman untuk diketahui oleh orang banyak. Pengumuman dapat disampaikan dengan lisan maupun dengan tulisan,  dalam penyampaiannya harus jelas sehingga dapat dengan mudah dimengerti.


Jika isi dari pengumuman itu dapat disampaikan dengan baik maka orang yang mendengar atau membaca pengumuman itu akan kembali memberitahukan kepada orang lain yang tidak mengetahui pengumuman tersebut, sehingga akan terjadi pemberitaan yang berulang-ulang atau penyampaian dari mulut ke mulut. Baca juga: Pengertian surat edaran dan contohnya serta bagian-bagiannya.


Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan membaca pengumuman

Pengumuman sifatnya untuk meninformasikan secara langsung di tempat tertentu. Isi pesan dari pengumuman haruslah jelas, supaya mudah dimengerti oleh orang banyak. Karena isi dari pengumuman itu untuk diketahui oleh banyak orang jadi perlu diperhatikan beberapa hal saat mendengar atau membacanya, yang diantaranya sebagai berikut ini:


  • Yang pertama, ditujukan kepada siapa atau golongan apa pengumuman tersebut.
  • Yang kedua, perhatikan keterangan waktu pembuatan atau berlakunya pengumuman tersebut

  • Yang ketiga, lalu baca dengan baik berita atau pesan apa yang disampaikan dalam pengumuman tersebut.
  • Dan yang keempat, perhatikan siapa yang membuat pengumuman (lembaga atau perorangan).

Jenis – jenis Pengumuman

Berikut Ini Merupakan Jenis – jenis Pengumuman.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Peran PBB Dalam Hak Asasi Manusia Dan Bantuan Kemanusiaan


Berdasarkan sifatnya:

  1. Pengumuman formal atau resmi

Pengumuman ini salah satu cirinya menggunkaan bahasa yang baku, kalimatnya bermakna lugas dan juga susunan dari kalimatnya jelas dan mudah dimengerti.


  1. Pengumuman tidak resmi

Merupakan salah satu jenis pengumuman yang isinya tidak terikat dengan aturan-aturan seperti pada pengumuman resmi, akan tetapi pesan yang disampaikannya tetap jelas dan mudah dimengerti.


Berdasarkan pihak yang mengeluarkannya:

  1. Pengumuman dari perseorangan

Merupakan pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh perseorangan yang ditujukan kepada umum.


  1. Pengumuman dari lembaga

Merupakan pengumuman yang dikeluarkan atau disampaikan oleh lembaga tertentu yang ditujukan kepada umum.


Contoh Pengumuman

pengumuan

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Surat Kabar Atau Koran Menurut Buku Beserta Contoh Dan Macamnya