Pengertian Penelitian – Ciri, Sikap, Syarat, Tujuan, Macam, Jenis, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Penelitian – Ciri, Sikap, Syarat, Tujuan, Macam, Jenis, Para Ahli : Suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis.


Penelitian

Pengertian Penelitian

Pengertian metode, berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Surat Kabar Atau Koran Menurut Buku Beserta Contoh Dan Macamnya


Penelitian atau riset , Kata riset itu berasal dari bahasa inggris yaitu “research” , “RE” itu artinya “kembali” dan “Search” itu artinya “Mencari”. Dengan secara etimologi penelitian tersebut berarti “mencari kembali” yakni mencari fakta-fakta yang baru yang setelah itu dikembangkan dan menjadi suatuteori untuk dapat memperdalam serta memperluas ilmu tertentu.


Pengertian Riset atau Penelitian Menurut Para Ahli

pengertian mengenai penelitian secara teoritis menurut para ahli, ialah sebagai berikut :


  • Soerjono Soekanto.

    Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis, metodologis dan juga konsisten serta bertujuan untuk dapat mengungkapkan kebenaran ialah sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk dapat mengetahui mengenai apa yang sedang dihadapinya.


  • Sanapiah Faisal.

    penelitian adalah suatu aktivitas didalam menelah suatu problem ialah dengan menggunakan metode ilmiah dengan secara tertata serta sistematis untuk dapat menemukan pengetahuan baru yang bisa diandalkan kebenarannya tentang  dunia alam serta juga dunia sosial.


  • Soetrisno Hadi.

    penelitian adalah usaha didalam menemukan segala sesuatu untuk dapat mengisi kekosongan atau juga kekurangan yang ada, dan menggali lebih mendalam apa yang sudah ada, mengembangkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sudah ada namun tetapi kebenarannya itu masih diragukan.


  • Donald Ary

    Penelitian adalah suatu penerapan dari pendekatan ilmiah disuatu pengkajian masalah didalam memperoleh suatu informasi yang berguna serta  hasil yang didapat itu bisa dipertanggungjawabkan.


  • John

    Penelitian adalah pencarian fakta dengan menurut metode objektif yang jelas didalam menemukan hubungan diantara fakta serta menghasilkan hukum tertentu.


  • Woody.

    penelitian merupakan suatu metode untuk dapat menemukan suatu pemikiran yang kritis. Penelitian tersebut meliputi pemberian definisi serta juga redefinisi terhadap suatu masalah, dan membuat formulasi hipotesis atau juga mengadakan suatu uji coba yang harus sangat hati-hati atas semua kesimpulan yang diambil didalam menentukan apakah kesimpulan itu sesuai dengan hipotesis.


  • Hill Way

    Dikemukakan didalam bukunya yang berjudul “Introduction to Research” yang mendefinisikan ialah bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang sifatnya itu mendalam serta penuh dengan kehati-hatian dari semua bentuk fakta yang dapat dipercaya dari suatu masalah tertentu dalam upaya untuk membuat pemecahan suatu masalah tersebut.


  • Parson

    penelitian adalah suatu pencarian dari segala sesuatu yang dilakukan dengan secara sistematis, yang dengan penekanan bahwa pencariannya itu dilakukan pada suatu masalah-masalah yang bisa dipecahkan dengan penelitian.


Ciri-ciri Penelitian

Ciri-ciri dari penelitian secara umum antara lain sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 17 Pengertian Berita Menurut Para Ahli Terlengkap


  • Bersifat ilmiah

    adalah selalu mengikuti prosedur serta juga menggunakan bukti yang dapat meyakinkan didalam bentuk fakta yang diperoleh dengan secara objektif.


  • Penelitian

    adalah suatu proses yang berjalan terus-menerus serta juga berkesinambungan, disebabkan karena hasil dari suatu penelitian tersebut selalu bisa disempurnakan.


  • Memberikan kontribusi

    adalah suatu penelitian itu harus mempunyai unsur kontribusi atau juga nilai tambah. Sehingga harus ada hal yang baru untuk ditambahkan didalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan yang sudah ada.


  • Analitis

    adalah suatu penelitian yang dilakukannya itu harus dapat dibuktikan serta juga dapat diuraikan dengan menggunakan metode ilmiah serta juga terdapat suatu hubungan sebab akibat diantar variabel-variabelnya.


Research

Sikap Seorang Peneliti

Sikap yang harus dipunyai oleh seorang peneliti antara lain ialah sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 8 Jenis, Bentuk Dan Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli Beserta Contohnya


  1. Objektif

    adalah seorang peneliti itu harus mampu untuk dapat memisahkan antara pendapat pribadi dengan kenyataan yang ada.


  2. Kompeten

    adalah seorang peneliti yang baik itu harus dapat mempunyai kemampuan untuk dapat mengadakan suatu penelitian dengan menggunakan metode serta juga teknik penelitian tertentu.


  3. Faktual

    adalah suatu peneliti harus mengerjakan sebuah penelitian dengan berdasarkan fakta yang diperoleh, bukan dengan berdasakan harapan, obsesi, atau juga hayalan yang sifatnya itu adalah abstrak.


Syarat Penelitian

Terdapat 3 syarat terpenting didalam melakukan suatu penelitian, antara lain ialah sebagai berikut:


  • Sistematis

    ialah dilaksanakan itu dengan berdasarkan pola tertentu, dari hal yang sangat sederhana hingga pada tingkat yang kompleks dengan tatanan yang benar sehingga tercapai tujuan dengan secara efektif dan  juga efisien.


  • Terencana

    ialah dilaksanakannya itu karena terdapat suatu unsur kesengajaan dan juga sebelumnya sudah terkonsep mengenai langkah-langkah pelaksanaannya.


  • Mengikuti konsep ilmiah

    adalah mulai awal hingga akhir kegiatan atau aktivitas suatu penelitian itu megikuti langkah-langkah yang telah ditentukan atau juga ditetapkan ialah dengan menggunakan prinsip yang digunakan untuk dapat memperoleh ilmu pengetahuan.


Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian antara lain ialah sebagai berikut:


  1. Eksploratif (penjajagan)

    adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk dapat menemukan sebuah pengetahuan baru yang sebelumnya itu belum pernah ada.


  2. Verifikatif (pengujian)

    adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk dapat melakukan pengujian terhadap suatu teori maupun hasil penelitian yang sebelumnya, sehingga akan dapat diperoleh hasil yang bisa menggugurkan atau juga memperkuat teori atau juga hasil penelitian yang sudah dilakukan pada sebelumnya.


  3. Development (pengembangan)

    adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, menggali serta juga memperluas lebih didalam suatu masalah maupun teori keilmuan ialah menjadi lebih didalam sebagai sarana didalam memecahkan bermacam-macam persoalan didalam masyarakat.


Macam – Macam Metode Penelitian

Banyak metode penelitian yang biasa digunakan dalam penelitian social dan pendidikan. Mc. Milan membagi macam-macam metode penelitian berdasarkan pendekatan yang digunakan, antaralain:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Wartawan” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Tugas )


Pendekatan Kualitatif

  1. Metode Etnografis
  2. Metode Historis
  3. Metode Fenomenologis
  4. Metode Studi Kasus
  5. Metode Teori Dasar
  6. Metode Studi Kritis

Pendekatan Kuantitatif

  1. Metode Deskriptif
  2. Metode Komparatif
  3. Metode Korelasional
  4. Metode Survey
  5. Metode Ekpos Fakto
  6. Metode Tindakan

Manfaat Metode Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh dengan mengetahuinya metode penelitian ini ialah:

  1. Mengetahui arti pentingnya penelitian
  2. Menilai hasil-hasil penelitian
  3. Dapat melahirkan sikap dan pola piker yang skeptic, analitik, kritik dan kreatif

Jenis Penelitian Desain PenelitianTujuan Utama
KuantitatifEkperimenMengembangkan inovasi-inovasi yg berguna dalam meningkatkan kualitas hidup manusia
Korelasi1.Menghubungkan pola-pola yg berbeda namun memiliki keterkaitan

2. mengahasilkan pola hubungan sebab-akibat

SurveyMemperoleh data yang tidak dimanipulasi oleh peneliti
Diskriptif1.Menggambarkan mekanisme sebuah proses

2.menciptakan sebuah seperangkat pola

Ekploratif1. Mengembangkan gagasan dasar mengenai topik yang baru.

2. memberikan dasar bagi penelitian lanjutan

KualitatifReseacrhMenemukan, menginterprestasi, dan merivisi fakta-fakta
EtnografiPeneliti mencoba menjelaskan dan menginteraksi suatu kebudayaan, kelompok sosial atau sistem yang ada di masyarakat.
Fenomonologiuntuk memahami sosial budaya, politik atau konteks sejarah dimana pengalaman itu terjadi
Study KasusMeneliti suatu objek dalam suatu fenomena
Kombinasi (kual-kuan)Desain of method action researchUntuk mendapatkan hipotesis yang sudah teruji karena cara menggunakan kombinasi ini tahap pertama menggunakan metode kualitatif sehingga di temukan hipotesis. Selanjutnya hipotesis tersebut diuji dengan metode kuantitatif.

Jenis – jenis Penelitian

Berikut Ini Merupakan Jenis – jenis Penelitian.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kebebasan Pers” Pengertian & ( Dampak Positif – Negatif )


  1. Deskriptif

    penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Hasil akhir penelitian ini berupa tipologi atau pola-pola mengenai fenomena yang sedang dibahas.


  2. Fundamental atau murni

    penelitian ini yang manfaatnya dirasakan untuk waktu yang lama. Lamaran manfaat ini lebih karena penelitian ini biasanya dilakukan karena kebutuhan peneliti sendiri. Penelitian murni juga mencakup penelitian yang dilakukan dalam kerangka akademis. Contohnya penelitian skripsi, thesis, dan desertasi.


  3. Terapan

    penelitian yang memberikan manfaat kepada manusia dapat segek ra dirasakan.  Penelitian terapan dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada sehingga hasil penelitian harus segera dapat diaplikasikan.


  4. Konseptual

    adalah suatu kerangka pemikiran yang utuh dalam rangka mencari jawaban-jawaban ilmiah terhadap masalah-masalah penelitian yang menjelaskan tentang variabel-variabel, hubungan antara variabel-variabel secara teoritis yang berhubungan dengan peneltian.


  5. Empiris

    adalah sumber seluruh pengetahuan harus dicari dalam pengalaman, pandangan bahwa semua ide merupakan abstraksi yang dibentuk dengan menggabungkan apa yang dialami, pengalaman inderawi adalah satu-satunya sumber pengetahuan, dan bukan akal.


  6. Analitis

    adalah riset epidermiologi yang bertujuan untuk memperoleh penjelasan tentang faktor-faktor risiko dan penyebab penyakit.


  7. Kuantitatif

    adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungan.


  8. Kualitatif

    adalah  penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi alamiah, dimana peniliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis dataa bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna dari pada generalisasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Daftar Pustaka:
Prasetyo, Bambang.2012. “ Metode Penelitian Kuantitatif “. Jakarta : PT. Grafindo Persada
Parker, Ian.2005. “ Psikologi Kualitatif”. Jakarta : Andi
Sugiono.2011. “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D “. Bandung: Alfa Beta
Gulo.  2005. “ Metodologi Penelitian “ Jakarta: PT Gramedia