Pengertian Ginjal – Anatomi, Struktur, Fungsi, Bagian

Diposting pada

Pengertian Ginjal – Anatomi, Struktur, Fungsi, Bagian : Ginjal merupakan organ ekskresi dalam verbrata yang berbentuk mirip kacang.

Contoh bentuk ginjal

Pengertian Ginjal

Ginjal merupakan organ ekskresi dalam verbrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai salah satu bagian dari sistem urin, ginjal memiliki fungsi menyaring kotoran (yang terutama urea) dari daerah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Secara Umum


Anatomi Ginjal

Manusia memiliki sepasang ginjal. Ginjal berbentuk seperti kacang merah dan bewarna merah tua, karena mengandung banyak kapiler darah. Organ ini terletak didalam rongga perut bagian belakang agak ke atas. Masing-masing sisi ginjal disambungkan oleh membran transparan yang disebut renal capsule, yang membantu memproteksi kedua ginjal dari infeksi dan trauma.


Ginjal terletak di rongga perut sebelah kanan dan kiri ruas tulang belakang. Gambar di bawah adalah gambar ginjal di dalam perut perempuan. Sebenarnya sama saja dengan laki-laki tetapi yang membedakannya hanya di bagian uterus saja.


Anatomi Dasar

Berikut ini anatomi dasar.

  • Letak

Manusia mempunyai sepasang ginjal yang berada pada belakang perut atau abdomen. Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, dibawah hati dan lima. Pada bagian atas (superior) ginjal berada pada gelenjar adrenal (atau disebut kelenjar suprarenal).


Ginjal merupakan sepasang organ saluran kemih yang berada pada tenggorokan retroperitoneal bagian atas. Bentuknya menyerupai kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke medial. kedua ginjal berada pada sekitar verbebra T12 L3. Ginjal sebelah kanan biasanya terletak sedikit dibawah ginjal kiri untuk memberi tempat untuk hati.


Bagiand dari bagian atas ginjal terlindungi oleh iga ke sebelas dan duabelas. Kedua ginjal dibungkus oleh dua lapisan lemak (lemak perienal serta lemak pararenal) yang membantu meredam goncangan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian E-government Menurut Para Ahli Beserta Contohnya


  • Struktur detail

Berat serta besar ginjal bervariasi; itu tergantung jenis kelamin, umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi lain. Pada organ dewasa, rata-rata ginjal mempunyai ukuran penjang sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm serta ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram atau kurang lebih 0,4% dari berat badan kita. Ginjal mempunyai bentuk seperi kacang dengan lekukan yang menghadap kearah dalam. Pada tiap ginjal berada bukaan yang disebut hilus yang menghubungkan arteri renal, vena renal, serta ureter.


  • Vaskularisasi

Aliran darah ginjal berasal dari arteri renalis yang memiliki cabang langsung dari aorta abdominalis, sedangkan yang mengalirkan darah balik merupakan vena renalis yang merupakan cabang vena kava inferior. Sistem arteri ginjal dengan tidak adanya anstomosis ke cabang arteri lain.


Fungsi Ginjal

Berikut ini adalah beberapa Fungsi Ginjal

  • Menyaring zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah
  • Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh
  • Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam-garam dalam tubuh
  • Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa melalui urine

  • Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme seperti urea, kreatinin, dan amonia
  • Menghasilkan hormon erythropoetin yang berperanan dalam membantu pembuatan sel darah merah
  • Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kadar kalsium darah dan kesehatan tulang

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi dan Pengertian Jaringan Terlengkap


Fungsi ginjal homeostasis

Ginjal mengatur pH, konsentrasi ion mineral, dan komposisi air dalam darah. Ginjal mempertahankan plasma darah pH dalam kisaran 7,4 melalui pertukaran hidronium dan hidroksil ion. Akibatnya, urin yang diproduksi bisa asam pada pH 5 atau basa pada pH 8.


Tingkat natrium homeostasis ion dikendalikan melalui proses yang melibatkan aldosteron untuk meningkatkan penyerapan ion natrium di tubulus berbelit-belit.


Kenaikan atau penurunan tekanan osmotik darah karena kekurangan atau kelebihan air akan segera dideteksi oleh hipotalamus yang akan memberi sinyal pada kelenjar pituitari dengan umpan balik negatif. Kelenjar pituitari mensekresi hormon antidiuretik (vasopresin, untuk menekan sekresi air), menyebabkan perubahan tingkat absorpsi air pada tubulus ginjal. Akibatnya, konsentrasi cairan jaringan akan kembali menjadi 98%.


Bagian – Bagian Ginjal

Berikut ini merupakan bagian-bagian penting pada ginjal :

  1. Diafragma

    (bukan bagian dari ginjal, melainkan bagian dari sistem pernapasan pada manusia).

  2. Kelenjar adrenal

    adalah kelenjar endokrin berbentuk segitiga yang terletak di atas ginjal (ad, “dekat” atau “di” + renes, “ginjal”). Kelenjar ini bertanggung jawab pada pengaturan respon stress pada sintesis kortikosteroid dan katekolamin, termasuk kortisol dan hormon adrenalin.


  3. Arteri ginjal

    adalah pembuluh nadi yang berfungsi untuk membawa darah ke dalam ginjal untuk disaring di glomerulus.

  4. Vena ginjal

    adalah pembuluh balik yang berfungsi untuk membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior kemudian kembali ke jantung.


  5. Vena cava inferior

    (pembuluh balik besar bawah) adalah pembuluh darah yang menerima darah dari badan dan kedua kaki. Darah yang dibawa oleh pembuluh darah jenis ini mengandung banyak CO2.

  6. Aorta abdominalis

    adalah arteri terbesar di cavitas abdominalis atau rongga perut. Sebagai bagian dari aorta, aorta abdominalis adalah kelanjutan dari aorta descendens.


  7. Ureter

    adalah suatu saluran muskuler berbentuk silinder yang menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih.

  8. Uterus

    (bukan merupakan bagian dari ginjal, melainkan merupakan bagian dari sistem reproduksi pada manusia).


  9. Kandung kemih

    adalah organ tubuh yang mengumpulkan urine (air kencing) yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang.

  10. Uretra

    adalah saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh yang berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap