Pengertian Bisnis – Bentuk, Pengelompokan, Karakteristik, Jenis, Tujuan, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Bisnis – Bentuk, Pengelompokan, Karakteristik, Jenis, Tujuan, Para Ahli : Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya – penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, ekonomis dan bertujuan mencari laba.


Pengertian Bisnis

Pengertian Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen, untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Secara historis bisnis bisnis kata Inggris, sibuk dari kata yang berarti “sibuk” dalam masyarakat, komunitas ataupun konteks individu. Dalam arti, aktivitas dan pekerjaan sibuk yang membawa keuntungan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya Terlengkap


Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibuat untuk membuat keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau modal yang mereka berikan. Tapi tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya, upaya kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Pemakaian yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya, “bisnis televisi.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada semua kegiatan yang dilakukan oleh penyedia komunitas barang dan jasa. Tapi definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.


Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang bisnis, berikut ini akan dijelaskan dengan jelas.

  • Prof.Owen

Bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.


  • Urwick dan Hunt

Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.


  • Mc. Naughton

Bisnis merupakan suatu pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.


  • Prof.L.R.Dicksee

Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan kegiatan tersebut.


  • William Spregal

Mengatakan bahwa bisnis ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.


  • Hooper

Menyatakan bahwa bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.


  • Merriam Webster

Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.


  • Brown dan Petrello

Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.


  • Steinford

Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen.


  • Musselman dan Jackson

Mereka berpendapat bahwa bisnis ialah jumlah keseluruhan aktifitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tujuan, Strategi Dan 6 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Perusahaan perseorangan

Perusahaan individu adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik bisnis individu memiliki kewajiban yang tidak terbatas pada aset perusahaan.


Persekutuan

Persekutuan merupakan bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perorangan, setiap sekutu (kemitraan) memiliki kewajiban yang tidak terbatas pada aset perusahaan. Guild dapat dikelompokkan ke dalam kemitraan dan perusahaan terbatas.


Perseroan

Perusahaan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direksi. Setiap pemilik memiliki keterbatasan aset perseroan.


Koperasi

Koperasi adalah bisnis yang terdiri dari orang atau badan hukum atas dasar kegiatan koperasi di bawah prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. Tujuan koperasi untuk kesejahteraan anggotanya. Karakteristik utama yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda berarti bahwa anggota koperasi adalah pemilik dan pengguna jasa koperasi.


Manajemen

Studi operasi bisnis secara efisien dan efektif disebut manajemen. Cabang utama manajemen adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen produksi, manajemen strategis, intelijen bisnis dan manajemen teknologi informasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Strategi Pemasaran Serta Hal Penting Dari Sudut Pandang Penjual Dan Konsumen


Pengelompokan Kegiatan Bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai jenis, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda.

  • Manufaktur

    adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari komponena atau banhan baku, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai Contoh : Manufaktur merupakan perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil.


  • Layanan Bisnis

    adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan pengisian untuk layanan yang mereka berikan.


  • Pengecer dan distributor

    merupakan pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen.


  • Usaha pertambangan  dan pertanian

    merupakan bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.


  • Bisnis keuangan

    adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.

  • Informasi Bisnis

    merupakan sebuah bisnis yang mendapatkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual properti).


  • Utilitas

    merupakan sebuah bisnis yang menjalankan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.


  • Bisnis real estate

    merupakan sebuah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.

  • Transportasi bus

    keuntungan bisnis dengan menyediakan barang atau individu dari lokasi lain.


Karakteristik Bisnis

Dalam dunia perekonomian, bisnis memiliki karakteristik yakni sebagai berikut :

  1. Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
  2. Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
  3. Mencari laba, profit atau keuntungan.
  4. Menetukan harga yang sesuai
  5. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian

Ada tiga hal penting dalam bisnis yaitu : menghasilkan barang dan jasa, mencari profit, dan memaksimalkan kebutuhan konsumen.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas Beserta Faktornya


Jenis Kegiatan Dari Suatu Bisnis

Kegiatan bisnis sebagai  sebuah organisasi, dapat terdiri atas:

  1. Produksi: penciptaan barang dan jasa.
  2. Keuangan: kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
  3. Pemasaran: Kegiatan untuk menginfor-masikan barang dan jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.
  4. Pengelolaan sumber daya manusia: kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya.

Tujuan Dari Sebuah Bisnis

Tujuan bisnis menurut Sternberg, adalah melipatgandakan nilai-nilai pemilik perusahaan melalui penjualan barang atau jasa. Nilai yang dimaksudkan disini tentu nilai ekonomis atau keuntungan, secara sederhana tujuan suatu aktivitas bisnis adalah melipatgandakan keuntungan  bagi pemilik perusahaan atau bisnis dengan penjualan barang dan jasa. Penegasan bahwa melipatgandakan keuntungan merupakan satu-satunya tujauan bisnis adalah identic dengan mengatakansecara hakiki bahwa bisnis tidak dapat dipisahkan dari kapitalisme.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Macam Dan Contoh Motif Ekonomi Terlengkap