Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Bahasa

Pengertian-Bahasa

Bahasa adalah (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) ialah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk dapat memperoleh serta menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, serta sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut.

Baca Juga : Pengertian Bahasa Indonesia – Kaidah, Baku, Ciri, Fungsi, Pemakaian, Paragraf, Syarat, Jenis, Para Ahli


Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian bahasa menurut para ahli, sebagai berikut:


  1. Algeo

    Bahasa adalah sistem tanda vokal konvensional yang dengannya insan berkomunikasi. Definisi ini memiliki sejumlah istilah penting, yang masing-masing dicek secara mendetail … Istilah-istilah itu adalah sistem, tanda, vokal, konvensional, manusia, berkomunikasi

  2. Mary Finocchiaro dalam Brown

    Bahasa adalah sistem simbol vokal yang sewenang-wenang yang memungkinkan seluruh orang dalam kebiasaan tertentu atau orang beda yang sudah mempelajari sistem kebiasaan itu guna berkomunikasi atau berinteraksi.

  3. Wikipedia

    Bahasa berasal dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā yakni kapasitas eksklusif yang terdapat pada insan untuk mendapat dan memakai sistem komunikasi yang kompleks, dan suatu bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa dinamakan dengan linguistik.

  4. I.G.N. Oka dan Suparno

    Bahasa adalah sistem simbol suara lisan yang arbitrer yang dipakai oleh sekelompok orang (masyarakat) sebagai perangkat komunikasi.

  5. SLIMGARD

    Bahasa adalah sebuah format pemikiran yang bisa untuk dicerna serta memiliki suatu hubungan dengan kenyataan, mempunyai struktur, serta format yang logis.

  6. D.P. Tambulan

    Bahasa adalah suatu teknik guna mengetahui pikiran dan perasaan insan serta untuk mengaku isi dari benak dan perasaan tersebut.

  7. Ferdinand De Saussure

    Bahasa adalahsalah satu ciri yang menjadi pembeda, urusan ini sebab dengan menggunakan bahasa maka setiap kumpulan yang terdapat pada masyarakat bisa menjadi dirinya sebagai kesatuan yang bertolak belakang dengan kumpulan lain.

  8. Plato

    Plato berasumsi bahwa definisi bahasa adalah pernyataan yang terdapat pada benak seseorang dengan menggunakan perantaraan rhemata (ucapan) serta onomata (nama benda atau sesuatu) yang merupakan gambaran ide seseorang dalam arus udara dengan melewati media yakni mulut.

  9. Bloch dan Trager

    Bahasa memiliki struktur yang tersusun secara teratur mengenai bunyi serta urutan bunyi bahasa yang memiliki sifat manasuka serta dengan sistem itu sebuah kumpulan sosial guna bekerja sama.

  10. Sudaryono

    Bahasa adalah sarana berkomunikasi secara efektif meskipun masih tidak sempurna sampai-sampai ketidaksempurnaan bahasa itu dapat menjadi sebuah sarana komunikasi yang menjadi sumber dari kesalahpahaman.

  11. H.G. Brown

    Bahasa adalah sistem komunikasi yang memakai suara dan dibacakan melalui organ perkataan dan bisa didengar oleh anggota masyarakat pun menggunakan simbol vokal yang secara konvensional bermakna dalam arbiter atau apa juga yang mereka suka.

  12. Syamsuddin

    Pengertian bahasa menurut keterangan dari syamsuddin adalah alat yang dipakai dalam menyusun perbuatan, pikiran, perasaan, serta kemauan dimana memakai alat untuk memprovokasi dan dipengaruhi.

  13. Pengabean

    Pengertian bahasa menurut keterangan dari Pengabean, bahasa adalahsistem yang digunakan untuk mengadukan serta mengucapkan segala yang berproses pada sistem saraf.

  14. Soejono

    Soejono berasumsi bahwa definisi bahasa adalahsarana guna menghubungkan rohani yang urgen dalam kehidupan secara bersama.

  15. Gorys Keraf

    Bahasa adalah alat guna berkomunikasi satu sama beda dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari perangkat ucap yang dipunyai manusia.

  16. Finoechiaro

    Bahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrer serta bisa memungkinkan seluruh orang guna berada dalam sebuah kebudayaan tertentu ataupun orang beda yang bakal mempelajari sistem kebudayaan itu yaitu dengan teknik berkomunikasi ataupun berinteraksi.

  17. Kamus Linguistic

    Bahasa adalah sistem emblem bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama.

  18. Fodor

    Bahasa adalah sistem tanda serta simbol yang saling bersangkutan dengan mempunyai sifat yang konvensional dimana memiliki sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dimiliki pada kondisi atau benda yang dimaksud tersebut.

  19. Bolinger

    Bahasa adalah sistem fonem yang terbentuk sebab perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem guna dapat mengungkapkan arti yang terdapat hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud adalah kenyataan.

  20. Felicia

    Bahasa adalahalat yang digunakan untuk berkomunikasi dan bisa berupa tulis ataupun tulisan.

  21. Owen

    Bahasa adalah sebuah sistem konvensional untuk mengucapkan konsep dengan melalui guna dari sekian banyak simbol yang diharapkan serta untuk menggabungkan segala simbol yang ditata dan pun mempunyai sebuah ketentuan.

  22. DEPDIKNAS 2005

    Bahasa adalah sebuah perkataan yang berasal dari perasaan serta pikiran insan yang dikatakan secara tertata dan dengan menggunakan bunyi sebagai mediumnya.

  23. Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno

    Bahasa adalah struktur serta arti yang terbebas dari pemakainya sebagai suatu tanda guna memutuskan maksud dan tujuannya.

  24. Hasan Alwi

    Bahasa adalah sistem emblem bunyi yang arbitrer dimana dapat guna dimanfaatkan seluruh orang dalam berinteraksi, bekerjasama, serta mengenali diri terhadap pembicaraan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun.

  25. Bill Adams

    Bahasa adalah sistem pengembangan psikologi setiap pribadi dalam konteks yang intersubjektif.

  26. Saussure

    Bahasa adalah sebuah objek pada semiologi.

  27. MC. Carthy

    Bahasa adalah praktik yang paling tepat guna dapat mengembangkan keterampilan dalam berfikir.

  28. William A. Haviland

    Bahasa adalah sistem bunyi yang saat digabungkan menurut keterangan dari aturan bakal dapat menimbulkan makna yang dapat diciduk oleh seluruh orang yang sedang berkata dengan memakai bahasa tertentu.

  29. Tarigan

    Bahasa adalah sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan digunakan pada sistem generatif serta menjadi emblem atau simbol yang arbitrer.

  30. Santoso

    Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dikeluarkan melewati pengucapan insan dalam saat situasi sadar.

  31. Mackey

    Bahasa merupakan format serta suasana ataupun sistem emblem bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang ada didalamnya sekian banyak sistem.

  32. Wibowo

    Bahasa adalah sistem persimbolan bunyi yang mempunyai sekian banyak makna dan artikulasi yang didapatkan alat ucap secara arbitrer serta konvensional yang dipakai untuk perangkat berkomunikasi untuk sekelompok umat insan supayat mencetuskan perasaan dan pun pikiran.

  33. Walija

    Bahasa adalah alat guna berkomunikasi yang sangat menyeluruh serta efektif untuk untuk mengucapkan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat guna orang lain.

  34. Carrol

    Bahasa adalah sistem berstruktural mengenai bunyi serta urutan bunyi bahasa yang mempunyai sifat manasuka, yang digunakan ataupun dapat dipakai untuk berkomunikasi antar sesama sekelompok insan dan secara agak tuntas guna memberi nama kepada sekian banyak jenis benda, peristiwa, serta proses yang terdapat dalam lingkungan hidup umat manusia.

  35. Harimurti Kridalaksana

    Bahasa adalah sistem bunyi yang mempunyai makna serta dipakai dalam berkomunikasi antar sesama umat manusia.

  36. KBBI

    Bahasa adalah sistem suara arbitrer, yang dipakai oleh masyarakat guna berkomunikasi, berinteraksi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri.

  37. Arbitrer

    Bahasa adalah manasuka, asal bunyi, atau tidak ada hubungan logis antara kata sebagai simbol (lambang) dengan yang dilambangkan. Arbitrer berarti dipilih secara acak tanpa alasan sehingga ciri khusus bahasa tidak dapat diramalkan secara tepat.


Baca Juga :