Pengertian Adminitrasi Pendidikan – Fungsi, Tujuan, Prinsip, Asas, Ruang Lingkup, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Adminitrasi Pendidikan – Fungsi, Tujuan, Prinsip, Asas, Ruang Lingkup, Para Ahli : Adminitrasi pendidikan merupakan cara bekerja dengan orang – orang dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif.


Definition of Educational Administration

Pengertian Adminitrasi Pendidikan

Untuk dapat memahami administrasi pendidikan secara keseluruhan, maka perlu terlebih dahulu membahas titik awal pengertian administrasi. Secara sederhana administrasi ini berasal dari kata latin “ad” dan “ministro”. Ad mempunyai arti “kepada” dan ministro berarti “melayani”. Secara bebas diartikan bahwa administrasi itu merupakan pelayanan atau pengabdian terhadap subjek tertentu. Kini administrasi ini mempunyai pengertian atau konotasi yang luas.


Adminitrasi pendidikan merupakan cara bekerja dengan orang – orang dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif , dengan mendatangkan hasil yang baik dan tepat , yang sesuai dengan sebuah tujuan pendidikan yang telah ditentukan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


Pengertian Adminitrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengertian administrasi, berikut beberapa pendapat para ahl:

  • Drs.M.Ngalim Purwanto

Administrasi Pendidikan ialah segenap proses pengarahan dan penintegrasian segala sesuatu baik personal ,spiritual dan material yang bdersangkut paut dengan tercapainya tujuan pendidikan.


  • Depdiknas RI Administrasi

Pendidikan adalah suatu proses kseleruhan kegiatan bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan ,pengorganisasian ,pengarahan ,pengkoorcdinasiaan, pengawasan, pembiyaan dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersdia ,baik oersonal ,material maupun sepritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efesien dan efektif.


  • Sondang P. Siagian, MPA. PhD

Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.


  • The Liang Gie

Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujan tertentu.


  • Drs. Soehari Trisna, dalam segi Administrasi Sekolah

Administrasi adalah keseluruhan proses penyelenggaraaan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dengan secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efisien.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


Fungsi Administrasi Pendidikan

merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung.Dan berikut ini fungsi Administrasi Pendidikan.

  • Perencanaan

Tahap perencanaan administrator ialah melakukan suatu kegiatan untuk merumuskan, memilih, dan menetapkan apa saja aktifitas sumber daya yang akan dilakukan dan digunakan dimasa datang untuk mencapai tujuan tertentu.


  • Pengorganisasian

Kegiatan atau aktivitas dimana berisikan tetang membentuk atau menyusun hubugan kerja antara kelopok ataupun peribadi, sehingga terjadi suatu kesatuan usaha dalam menempuh tujaun yang suddah ditetapkan.


  • Penyusunan

Sama dengan funsinya, kepegawaian memiliki fungsi yang sangat penting, dimana kepegawaian merupakan pengisian suatu unit atau bidang dengan personal yang akan melakukan atau melaksanakan tugasnya.


Proses Adminitrasi Pendidikan
Proses Adminitrasi Pendidikan
  • Pengarahan

Pengarahan untuk suatu penjelasan, pertimbangan serta petunjuk dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat didalamnya, abik secara fungsional ataupun struktural agar pelaksanaan suatu tugas dapat berjalan dengan baik.


  • Pengkoordinasian

Secara global tidak efektif karena munculnya system birokrasi dan krisis ini akan terjadi bila organisasi menjadi terlalu rumit dan besar untuk dikerjakan atau dikelola.


  • Penganggaran

Merupakan asper penting dalam kebutuhan sehari-hari, dimana seorang manusia memerlukan makan untuk melakukan sebuah kegiatan, begitulah pentingnya fungsi peenganggaran ini.


  • Pergerakan

Aktivitas manager dalam pemerintahan, menugaskan dan mengarahkan karyawan atau personel organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang ditentukan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


  • Pengawasan

Kegiatan ini dilakukan supaya perilaku personalia organisasi lebih mengarah ke tujuan oraganisasi, bukan hanya semata-mata ke tujuan individual. Agar tidak terjadi suatu penyimpangan dari rencana dan pelaksanaan.


  • Penilaian

Penilaian diperlukan untuk melakukan aktivitas meneliti dan mengetahui samapai dimana suatu pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan suatu oraganisasi untuk mencapai hasil yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.


Tujuan Administrasi Pendidikan

Agar semua kegiatan mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang digunakan dalam dunia pendidikan diusahakan untuk mencapai tujuan pendidikan dengan:

  1. Efektifitas produksi.
  2. Efisiensi.
  3. Kemampuan menyesuaikan diri.
  4. Kepuasan kerja.

Prinsip Administrasi Pendidikan

Dalam kamus bahasa Indonesia (Poerwadarminta). Pengertian dasar semua dengan asas, yang berarti suatu kebenaran yang menjadi pokok dasar atau tumpuan berpikir atau pendapat. Administrasi akan berhasil baik bila memiliki dasar-dasar yang tepat. dasar diartikan sebagai suatu kebenaran fundamental yang menjadi landasan dan pedoman bertindak dalam kehidupan masyarakat.


Berikut ini merupakan dasar yang perlu diperhatikan agar administrator dapat dicapai sukses dalam tugasnya. Beberapa dasar dalam administrasi, antara lain :


  • Prinsip Efisien

Seorang administrasi akan berhasil dalam tugasnya bilamana dia efisien dalam menggunakan semua sumber tenaga dana dan fasilitas yang ada.


  • Prinsip Pengelolaan

Administrator akan memperoleh hasil yang paling efektif dan efisien dengan cara melakukan pekerjaan manajemen, yakni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan melakukan pemeriksaan (pengontrolan)


  • Prinsip Pengutamaan Tugas dan Pengelolaan

Bila diharuskan untuk memilih pekerjaan manajemen dan pekerjaan operatif dalam waktu yang sama, seorang administrator cenderung memprioritaskan pekerjaan operatif. Namun ia sebaiknya tidak memfokuskan perhatiannya pada pekerjaan operatif saja karena bila ia hanya berkecimpung dalam tugas-tugasnya operatif saja, maka pekerjaan pokoknya akan terbengkalai. Makin rendah taraf suatu organisasi, berarti semakin banyak pekerjaan operatif yang harus dilakukan oleh administrator.


  • Prinsip Kepemimpinan yang Efektif

Seorang administrator yang berhasil dalam tugasnya apabila ia menggunakan gaya kepemimpinan yang efektif, yakni yang memperhatikan dimensi-dimensi hubungan antar manusia (human relationship), dimensi pelaksanaan tugas dan dimensi situasi dan kondisi (sikon) yang ada. Prinsip keempat ini perlu penjelasan. Administrator akan berhasil dalam melaksanakan tugasnya apabila ia sebagai pemimpin harus memelihara hubungan baik antara bawahannya.


Di samping itu ia juga harus memperhatikan pembagian dan penyelesaian tugas bagi setiap anggota organisasi yang sesuai dengan jenis pekerjaannya. Ia tidak boleh terlalu mementingkan hubungan baik dengan anggotanya sehingga mengorbankan penyelesaian tugas secara baik dan tepat waktu.


Dengan demikian, gaya kepemimpinan yang tepat adalah memperhitungkan taraf kematangan anggota organisasi dengan situasi yang ada, bila telah terbina hubungan dengan baik, tetapi kesadaran untuk bekerja dari para anggota belum memadai, maka pemimpin harus berusaha menciptakan kesadaran kepada bawahannya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan sebaik mungkin.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun


  • Prinsip Kerjasama

Administrator dikatakan berhasil dalam melakukan tugasnya bila ia mampu mengembangkan kerjasama antara seluruh anggota organisasi baik secara horizontal maupun vertikal.
Pelaksanaan kerja, bertujuan untuk mencapai efisiensi dalam menggunakan dana, tenaga, waktu serta adanya semangat untuk bekerja pada seluruh anggota organisasi. Dengan usaha berbagai sumber kerja yaitu, pikiran, tenaga, waktu dana yang tersedia.


Asas Administrasi Pendidikan

Ada dua asas yang merupakan landasan kerja kegiatan administrasi pendidikan di sekolah yaitu :

  • Asas adil

Pelaksanaan administrasi pada suatu negara bergantung pada sistem pendidikan yang dianut oleh negara tersebut.


  • Asas Operasional / Prinsip

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) disebutkan bahwa sistem pendidikan sekolah di Indonesia mengalami pembaharuan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.


Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Menurut Hadarawi Nawawi menyatakan bahwa secara umum ruang lingkup administrasi berlaku juga di dalam administrasi pendidikan. Ruang lingkup tersebut meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:


  1. Manajemen administratif (administrative management)

Bidang kegiatan ini disebut juga management of administrative function yakni kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi/kelompok kerja sama mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.


  1. Manajemen operatif (operative management)

Bidang kegiatan ini disebut juga management of operative function yakni kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengarahkan dan membina agar dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing setiap orang melaksanakan dengan tepat dan benar.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Pamflet