Pengertian Dan Manfaat Kalimat Abstrak Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kalimat Abstrak, Ciri, Kata, Sifat, Manfaat, Fungsi dan Contoh adalah rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar

kalimat-abstrak


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Tanya” Pengertian & ( Ciri – Jenis – Contoh )


Pengertian Abstrak

Abstrak adalah rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas mengenai isi suatu dokumen (Ahira, 2009).

Abstrak merupakan suatu ringkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah. Abstrak ditempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Penulisan abstrak yang baik perlu dipertimbangkan mengingat bagian ini merupakan bagian artikel yang dibaca setelah judul. Sangatlah beralasan, dibaca tidaknya suatu artikel ilmiah tergantung pada kesan yang diperoleh pembaca saat membaca abstraknya. Bagian artikel yang paling sulit dikerjakan adalah abstrak. Abstrak dalam bahasa Inggris merupakan satu kemutlakan yang harus ada (persyaratan dalam akreditasi jurnal ilmiah) (Santoso, 2009).


Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian (untuk penelitian kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang diteliti)dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga simpulan dan implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan dan saran tidak perlu disajikan (Ahira, 2009). Mengingat abstark adalah ringkasan singkat dari sebuah tulisan maka panjangnya abstrak pada umumnya tidak melebihi dari 250 kata. Informasi ataupun simpulan yang dituliskan penulisan abstrak pada akhir sebuah penulisan karena abstark berisi informasi esensial yang telah dipaparkan dalam sebuah tulisan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Ambigu” Pengertian & ( Jenis – Contoh – Faktor )


Jenis dan Fungsi Abstrak

Jenis Abstrak

Menurut Day (1993) abstak yang dikenal dalam penulisan karya setidaknya ada 2 jenis, yaitu abstrak informasi dan abstrak deskriptif. Pada umumnya abstrak informasi dirancang untuk merangkum sebuah karya ilmiah yang harus memaparkan permasalahan, metode penelitian, data utama/hasil penelitian, data utama/hasil penelitian, dan simpulan. Abstrak informatif sering kali mampu mengatikan kebutuhan pembaca untuk untuk membaca karya ilmiah secara utuh.


Dengan membaca absrtak informatif, para ilmuan dapat memperluas wawasan mereka terhadap informasi tentang jenis – jenis penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan lainnya. Karakteristik seperti ini memang tepat bila abstrak jenis digunakan sebagai headingnya.

Jenis abstrak lainnya, yaitu abstrak yang dirancang untuk menunjukan subjek atau ringkasan dari sebuah karya ilmiah. Abstrak ini tidak dapat menggantikan karya ilmiah yang utuh, oleh karena itu abstrak jenis ini biasanya digunakan dalam publikasi berbentuk rivius materi, laporan seminar, dan lain – lain, dan biasanya berguna bagi pustakawan dalam memperluas koleksiannya. Walaupun abstrak dapat bersifat informati, namun biasanya penulisa abstrak merupakan kombinasi dari keduanya. Dalam menilis abstrak, penulis memang sering kalidihadapkan dengan masalah “menyimbangkan”antara pemaparan, versus treperinci dan pemaparan informative versus deskritif.


Fungsi dan Kegunaan Abstrak

Abstrak sebuah karya ilmiah dapat diterbitkan bersama – sama dengan naskah aslinya, tetapi dapat juga diterbitkan secara sendiri. Apabila abstrak diterbitkan bersama dengan naskah aslinya maka abstrak dapat berfungsi sebagai petunjuk dapat atau heading bagi pembaca. Dengan membaca abstrak ini, pembaca mengetahui tentang isi tulisan tersebut.

Kegunaan abstrak adalah dengan membaca abstrak mampu membantu pembaca agar dengan cepat dapat memperoleh gambaran umum mengenai proyek akhir yang akan dikerjakan. Abstrak berisi tentang motivasi, perumusan masalah, tujuan , metode, dan hasil akhir.


Fungsi abstrak adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal hasil penelitian yang telah dibuat. Uraian yang hanya satu halaman tersebut memudahkan abstrak untuk dimasukkan dalam jaringan internet. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembaca mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan penelitian yang berlembar-lembar. Sehingga dengan adanya abstrak dapat membantu mencari referensi penelitian yang dicari(Ahira, 2009).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Majas Aliterasi” Pengertian & ( Contoh Kalimat )


Penyusunan Abstrak untuk Pembuatan Karya Ilmiah

Seperti telah dijelaskan abstrak sebelumnya harus ditulis secara singkat, hasil penelitian menggunakan jenis abstrak informative yang memiliki struktur yang jelas. Seperti penelitian pada intinya terdiri dari 5 hasil yang penting yaitu, (1)latar belakang, (2)tujuan, (3)metode, (4)hasil, dan (5)simpulan.

Dalam penyusunan abstrak, bagian pertama yang harus ditulis adalah latar belakang. Latar belakang yang dituliskan disini adalah menuliskan beberapa informasi latar belakang yang penting yang mendasari pelaksanaan penelitian secara singkat, agar penulisan abstrak juga harus ditulis secara singkat, namun tidak mengurangi esensi tujuan penelitian dalam abstrak dapat pula dilengkapi dengan ruang lingkup penelitian yang telah dilakukan. Abstrak adalah metode dan hasil penelitian dengat singkat dan jelas.
Penyusunan abstrak, hal ini yang perlu diperhatikan adalah penggunaan dan pemilikan kata – kata yang dapat, dalam penulisan abstrak menjadi sangat penting mengingat abstrak harus ditulis secara singkat. Apabila abstrak dapat dituliskan dengan lebih pendek, namun jenis maka tidak perlu diperpanjang.

Disamping penggunaan abstrak, abstrak juga tidak dperlukan bibliografi, gambar atautabel. Abstrak ditulis secara singkat jagan digunakan singkatan. Apabila singkatan digunakan berkali – kali dalam penulisan maka singkatan dapat digunakan setelah untuk pertama kalinya diberikan dalam versi lingkupnya.

Dalam penulisan abstrak, penulis mengalami abstrak yang ditulisnya masih terlalu panjang, menurut Welsberg dan Buker (1990) dalam proses penggunaan atau memperpendek abstrak pada dasarnya hanya dapat dengan mengurangi 2 atau 3 elemen abstrak pada hasil penelitian. Abstrak dapat dilakukan dengan cara menyatukan metode serta mengintergrasikan simpulan dan rekomendasi.
Pada abstrak tersebut yang harus dilakukan adalah mengurangi hal yang kurang begitu diperlukan yaitu latar belakang. Maka tujuan dan metode penelitian diupayakan untuk menjadi suatu kalimat. Makna abstrak dan simpulan, rekomendasi dapat digabung menjadi satu atau dengan cara menahani lingkungan.

Penulisan abstrak biasanya diikuti dengan penulisa kata – kata kunci yang digunakan penyajian makalah. Dari contoh diatas misalnya dapat berupa ”pendidikan jarak jauh” tutorial online dan ”hasil belajar“ pada umumnya makalah tersebut kata kunci biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian makalah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Majas Antonomasia” Pengertian & ( Contoh Kalimat )


Sifat dan Teknik Penulisan Abstrak

Sifat- sifat Abstrak dan Tujuan Abstrak

Sifat-sifat abstrak adalah (Santoso, 2009):

  1. Ringkas
  2. Jelas
  3. Tepat
  4. Berdiri sendiri
  5. Objektif

Adapun tujuan pembuatan abstrak adalah (Santoso, 2009):

  • Untuk melengkapi tulisan ilmiah seseorang.
  • Untuk membantu pengguna informasi memperpendek waktu pemilihan imformasi.
  • Untuk mengatasi kendala bahasa.

Adapun hal-hal yang perlu ada dalam abstrak adalah (Fakultas Teknologi Industri, 2007):

  1. Masalah yang akan diteliti.
  2. Metode yang digunakan dalam penelitian.
  3. Hasil yang diperoleh pada penelitian.
  4. Kesimpulan.
  5. Kata kunci.

Format dan Teknik Penulisan Abstrak

Menurut Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (2007), hal-hal yang tidak diperbolehkan ada dalam abstrak yaitu sumber acuan, informasi lain yang tidak berhubungan dengan penelitian dan gambar atau tabel. Adapun format penulisan abstrak adalah sebagai berikut:

  1. Awal kalimat merupakan kata benda.
  2. Terdiri dari maksimal 250 kata, diluar kata depan dan kata sambung.
  3. Dalam bentuk satu paragraf.
  4. Menggunakan spasi 1.
  5. Menggunakan huruf Times New Roman.
  6. Terdapat kata kunci yang terdiri dari maksimal 5 kata dan disusun secara alfabet.
  7. Ditulis sebelum bab pendahuluan.
  8. Rata kiri-kanan.
  9. Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt.

Teknik Penulisan :

  • Nama penulis
  • Judul
  • Tahun dan jumlah halaman
  • Isi abstrak memuat pokok permasalahan, tujuan dan metode penelitian, hasil penelitian, simpulan
  • Nama pengabstrak

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Majemuk Setara” Pengertian & ( Jenis – Contoh )


Manfaat Abstrak

kalimat Abstrak ini digunakan sebagai “jembatan” untuk dapat memahami suatu uraian yang akan disajikan didalam suatu karangan (artikel ilmiah ataupun laporan ) terutama ialah untuk dapat memahami ide-ide dalam suatu permasalahannya. Dari kalimat abstrak, anda dapat mengetahui jalan pikiran penulisan suatu laporan ataupun artikel ilmiah tersebut dan juga untuk mengetahui gambaran umum tulisan secara lengkap.

Abstrak dipakai untuk :

  1. Untuk dapat menghemat waktu dalam pembacaan dokumen aslinya
  2. Untuk dapat memperbanyak jumlah bacaan yang dapat dibaca dalam jangka waktu yang bersamaan
  3. Untuk dapat mempermudah dalam seleksi bacaan sebab dengan membaca judul-judul saja , pembaca belum diketahui jelas seluruh isi dalam karangan
  4. Untuk dapat membantu menghilangkan kesulitan bahasa didalam membaca karangan aslinya
  5. Untuk dapat membantu mencari literature sebab banyak karangan yang tidak diterbitkan
  6. Untuk dapat meningkatkan efisiensi pembuatan indeks
  7. Untuk dapat membantu dalam pembuatan tinjauan pustaka.

Bentuk abstrak

Setiap abstrak juga mempunyai bentuk yang serupa:

Judul: Apa..?
Latar belakang: Mengapa..?
Gambaran: Kapan..? Di mana..? Bagaimana..? Berapa..?
Kesimpulan: Solusi atau juga Pelajaran

Abstrak yang baik ialah mengikuti asas dari jurnalistik, dengan mengandung “5 W, 1 H”:

  • Who = Siapa?
  • What = Apa?
  • Why = Mengapa?
  • When = Kapan?
  • Where = Di Mana?
  • How = Bagaimana? Dan
  • How many = Berapa?

Jenis Abstrak yang baik

Fisik:

  1. Singkat
  2. Indah

Isi:

  • Clear (Jelas)
  • Complete (Lengkap)
  •  Concise (Singkat)
  • Cohesive (Logis atau Saling sesuai)

Unsur abstrak

Setiap konferensi juga mempunyai bentuk berbeda. Perhatikan pada pedoman dibawah ini bahwa abstrak untuk konferensi yang kita ingin ikuti mungkin akan berbeda dengan pedoman ini. Tetapi selalu penting kita tidak sekadar untuk melaporkan kesuksesan; pembaca ataupun peserta belajar lebih banyak dari ketidakberhasilan ataupun Kegagalan, agar tidak melakukan kesalahan didalam proyek serupa.

Untuk ICAAP ke-9, bentuk berikut ini ialah ditentukan oleh panitia untuk abstrak umum (kecuali untuk yang membahas penelitian ilmiah):

  1. Masalah (Issues) , Pernyataan singkat yang merangkum masalah yang dihadapi oleh abstrak.
  2. Proyek (Project) , Gambaran singkat tentang proyek, pengalaman, layanan, penelitian dan juga advokasi.
  3. Hasil (Results) , Gambaran singkat mengenai hasil proyek.

Pelajaran yang Diambil (Lessons Learned) , (tidak lebih dari 5 baris teks) ringkasan tentang pelajaran yang diambil dan juga implikasinya

Biasanya terdapat batas dalam jumlah kata yang dapat dipakai, sering 200 ataupun 250; memang pada ICAAP ke-9 batasnya ialah 200 kata, Tapi tidak termasuk dengan judul dan juga subjudul. Didalam Keterbatasan tersebut berarti kita harus dapat singkat. Tetapi kita juga harus akronim yang tidak baku atau menghindari singkatan . Jika dipakai, Maka harus dijelaskan artinya pada waktu pertama kali dipakai. Hindari kalimat yang panjang Dan juga Pastikan pada setiap bagian seimbang, serta saling sesuai dengan hubungan yang logis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Sumbang” Pengertian & ( Cara Menemukan – Contoh )


Ciri-ciri Kalimat Abstrak

  • Menggunakan satu atau beberapa paragrap yang baik, merupakan satu kesatuan (unified), koheren, concise dan dapat berdiri sendiri (able to stand alone)
  • Mengikuti kronologis dari tulisan
  • Adanya transisi secara logika diantara informasi yang diberikan
  • Tidak menambahkan informasi baru, hanya meringkas laporan/tulisan
  • Dapat dimengerti oleh banyak pembaca

Kata Benda Abstrak dalam Bahasa Inggris

Kata benda abstrak atau abstract noun termasuk Noun (Kata Benda). Kata benda abstrak adalah kata benda yang tidak berwujud, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, tetapi dapat dibayangkan. Contohnya ialah “beauty” (kecantikan), “sensitivity” (sensitivitas), “tolerance” (toleransi), “weakness” (kelemahan), dan sebagainya. Kata-kata benda yang tak berwujud dapat dibentuk dari kata sifat (adjective), kata benda umum (common noun), Contoh Kalimat Verb, dan kata-kata lainnya.


Dalam artikel 100 Contoh Kata Benda Abstrak dalam Bahasa Inggris ini kita akan membahas lebih lanjut dan detail kata benda abstrak (abstract noun).

Kata Benda Abstrak yang Berasal dari Kata Sifat

  1. brave (berani) = bravery (keberanian)
  2. deep (dalam) = depth (dalamnya)
  3. important (penting) = importance (kepentingan)
  4. fluent (lancar) = fluency (kelancaran)
  5. hot (panas) = heat (panasnya)
  6. long (panjang) = length (panjangnya)
  7. patient (sabar) = patience (kesabaran)
  8. poor (miskin) = poverty (kemiskinan)
  9. true (benar) = truth (kebenaran)
  10. wise (bijak) = wisdom (kebijaksanaan)
  11. young (muda) = youth (masa muda)

Ada pun kata benda abstrack (abstract noun) yang berasal dari kata sifat (adjective) dengan menambahkan akhiran -ness pada kata sifat tersebut:

  • good (baik) = goodness (kebaikan)
  • happy (bahagia) = happiness (kebahagiaan)
  • polite (sopan) = politeness (kesopanan)
  • sad (sedih) = sadness (kesedihan)

Kata Benda Abstrak yang Berasal dari Kata Kerja
Terdapat beberapa cara mengubah kata kerja (verb) menjadi kata benda abstrak (abstract noun). 100 Contoh Kata Benda Abstrak dalam Bahasa Inggris lainnya yaitu:

1. Dengan memberikan akhiran -ment pada kata kerja

  1. agree (menyetujui) = agreement (persetujuan)
  2. argue (berdebat) = argument (perdebatan)
  3. arrange (menyusun) = arrangement (penyusunan)
  4. develop (berkembang) = development (perkembangan)
  5.  employ (mempekerjakan) = employment (pekerjaan)
  6. entertain (menghibur) = entertainment (hiburan)
  7. judge (menuduh) = judgement (tuduhan)
  8. manage (mengelola) = management (pengelolaan)
  9. measure (mengukur) = measurement (pengukuran)
  10. replace (mengganti) = replacement (penggantian)
  11.  treat (memperlakukan) = treatment (pengobatan)

2. Dengan memberikan akhiran -ion/-sion/-tion pada kata kerja

  • act (berbuat) = action (perbuatan)
  • admit (mengakui = admission (pengakuan)
  • adopt (mengadopsi anak) = adoption (pengadopsian anak)
  •  associate (menyatukan) = association (penyatuan)
  •  collect (mengumpulkan) = collection (kumpulan)
  • confuse (membingungkan) = confusion (bingung)
  • connect (menghubungkan) = connection (hubungan)
  • decide (memutuskan) = decision (keputusan)
  • educate (mendidik) = education (pendidikan)
  • invite (mengundang) = invitation (undangan)

3. Dengan menambahkan akhiran -ation/-cation/-ition pada kata kerja

  1. admire (mengagumi) = admiration (kekaguman)
  2. apply (menerapkan) = application (penerapan)
  3. classify (menggolongkan) = classification (penggolongan)
  4. compete (bersaing) = competition (persaingan)
  5. compose (mengarang) = composition (karangan)
  6. expect (mengharapkan) = expectation (harapan)
  7. prepare (menyiapkan) = preparation (persiapan)
  8. qualify (memenuhi syarat) = qualification (pemenuhan syarat)
  9.  repeat (mengulangi) = repeatition (pengulangan)
  10. resign (mengundurkan) = resignation (pengunduran diri)

4. Dengan menambahkan akhiran -ance/-ence pada kata kerja

  • appear (menampakkan) = appearance (penampakan)
  • assist (membantu) = assistance (bantuan)
  • attend (menghadiri) = attendance (kehadiran)
  • confide (mempercayakan) = confidence (kepercayaan)
  • differ (membedakan) = difference (perbedaan)
  • enter (memasuki) = entrance (jalan masuk)
  •  hinder (menghalangi) = hindrance (halangan)
  • influent (memengarui) = influence (pengaruh)
  • obey (mematuhi) = obedience (kepatuhan)
  • perform (menampilkan) = performance (penampilan

5. Dengan menambahkan -t

  1. complain (mengeluh) = complaint (keluhan)
  2. contain (berisi) = content (isi)
  3.  deceive (menipu) = deceit (penipuan)
  4. descend (turun) = descent (keturunan)
  5. fly (terbang) = flight (penerbangan)

6. Dengan menambahkan -y

  • deliver (mengantarkan) = delivery (pengantaran)
  • difficult (menyulitkan) = difficulty (kesulitan)
  • discover (menemukan) = discovery (penemuan)
  • injure (melukai) = injury (luka)
  • recover (menyembuhkan) = recovery (kesembuhan)

Selain perubahan verb menjadi abstract noun, terdapat abstract noun yang sama bentuknya dengan verb:

  1. to help (menolong) = help (pertolongan)
  2. to hope (mengharapkan) = hope (pengharapan)
  3.  to love (mencintai) = love (kecintaan)
  4. to mind (memikirkan) = mind (pikiran)

Kata Benda Abstrak yang Berasal dari Kata Benda Umum

  • agent (agen) = agency (keagenan)
  • champion (juara) = championship (kejuaraan)
  • child (anak-anak) = childhood (masa kanak-kanak)
  • friend (teman) = friendship (pertemanan)
  • hero (pahlawan) = heroism (kepahlawanan)

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Definisi & Kalimat Deskripsi” Pengertian & ( Perbedaan – Contoh )


Contoh Abstrak Proposal

JUDUL PROPOSAL

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis…….(jelaskanmengapaperluditeliti)Sampel penelitian ini terdiri dari……….(jelaskanapakah data primer atausekunder) Data tersebut diolah menggunakan metode……(contoh analisis regresi linear berganda dan regresi linear sederhana dengan uji t, uji f dan menggunakan alat bantu SPSS20.)….jelaskanapakahhasilpenelitianakanmemberikankontribusiatauhasilpenelitianskripsisaudaramerupakanmodifikasi (gabungan model) ataupenelitianlanjutan.

Hasil penelitianinidiharapkan….(jelaskanapaharapansaudaradaritema/topic yang dipilihtersebut.

(Abstrakmaksimum 250 kata)

Kata Kunci (contoh)total populasi, sektor industri, angkatan kerja, PDB

(xiii + 78 + lampiran)