Hewan Herbivora

Diposting pada

Pengertian Hewan Herbivora, Ciri, Bentuk, Jenis dan Contohnya : Kelompok hewan pemakan tumbuhan, Pada umunya hewan pemakan tumbuhan atau herbivora tidak mempunyai gigi taring yang tajam

Hewan Herbivora


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hewan Vertebrata dan Invertebrata


Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Mereka bertahan hidup dengan mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mereka. Pada umunya hewan pemakan tumbuhan atau herbivora tidak mempunyai gigi taring yang tajam. Karena giginya yangtidak terlalu tajam memungkinkan mencerna makanannya dengan mudah. Hewan herbivora tersebar diberbagai belahan dunia. Pada umumnya hewan herbivora hidup di darat.


Hewan ini memiliki habitat kebanyakan di daerah daratan karena sumber makananya berada di daratan. Jenis hewan ini sering di pelihara manusia untuk di pelihara dan tidak buas seperti hewan karnivora. Hewan herbivora adalah jenis hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka selalu mencari makan di sekitar lingkungan yang mereka tinggali. Bisa kalian ketahui hewan ini berbeda dengan hewan karnivora.


Hewan herbivora ini tidak memiliki gigi taring atau gigi yang runcing. Sedangkan hewan karnivora memilikinya gunanya untuk merobek dan mengoyak daging mangsanya. Hewan jenis ini tersebar di seluruh penjuru dunia.


Ciri Hewan Herbivora

Ciri-ciri dari hewan jenis ini adalah pemakan tumbuhan. Adapun ciri-cirinya hewan yang memakan daging dan juga tumbuhan. Tetapi tunggu dulu kita akan membahasnya di artikel yang akan datang ya.


Cara mengetahui hewan itu jenis pemakan tumbuhan atau bukan berikut ciri-cirinya :

  • Hewan jenis ini melahirkan anaknya dengan cara beranak.
  • Hewan ini berdarah panas.
  • Hewan herbivora berkaki 4.
  • Hewan pemakan tumbuhan tergolong hewan mamalia.
  • Kebanyakan hewan ini hidup didaratan.
  • Memiliki gigi geraham yang lebar

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Hewan, Tumbuhan, Dan Manusia Secara Lengkap


Bentuk Hewan Herbivora

Memiliki bentuk gigi yang diadaptasi untuk memotong dan mengunyah.

Herbivora tidak mempunyai gigi taring, hanya dilengkapi dengan gigi seri untuk memotong makanannya dan gigi geraham guna menghaluskan makanannya.


Memiliki lambung banyak atau caecum yang panjang.

Hewan ruminansia atau hewan pemamah biak seperti sapi dan kawan – kawan mempunyai empat lambung guna memaksimalkan dalam mencerna makanannya. Lambung pertama dan kedua (rumen dan retikuum) adalah lambung dimana ada protozoa selulolitik. Di dalam lambung ini makanannya akan dicerna secara enzimatis dengan enzim yang dihasilkan oleh mikroba simbionnya. Kemudian makanannya akan dimuntahkan kembali ke dalam mulut untuk dikunyah kembali dan masuk ke lambung ke tiga dan ke empat.


Sementara herbivora lannya dilengkapi dengan caecum yang panjang. Caecum ialah usus persimpangan antara usus halus dengan usus besar,bila pada hewan usus ini berukuran sangat pendek yang disebut dengan appendix. Caecum pada herbivora yaitu tempat pencernaan selulosa secara enzimatis. Di dalam caecum terdapat mikroba selulolitik yang bersimbiosis dengan herbivora.


Bersimbiosis dengan mikroorganisme selulolitik.

Hewan herbivora mengandalkan tumbuhan atau autotrof lainnya sebagai sumber nutrisinya. Struktur tumbuhan yang kaku oleh senyawa selulosa tentu menjadi sangat sulit dimana hewan tidak mempunyai enzim selulosa. Dengan demikian, herbivora melakukan hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) dengan mikroorganisme selulolitik non patogen. Diantara dari golongan protozoa bahkan sampai bakteri.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Reproduksi Virus – Pengertian, Cara, Strategi, Bakteriofage, Virus Hewan, Contohnya


Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasanya

  • Sapi

Sapi

Hewan ini sama halnya seperti kambing, di indonesia banyak orang yang berternak sapi. Dengan tujuan yang sama yaitu bisa dimanfaatkan daging, susu, dan kulitnya. Hewan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia dari kotoranya yang bisa dibuat pupuk kompos sampai dagingnya.


Pada jaman dahulu sapi bukan hanya dimanfaatkan untuk diambil susu dan dagingnya. Melainkan digunakan untuk alat pembajak sawah dan menarik barang. Makan utama dari hewan yang satu ini adalah rumput. Hewan ini tergolong hewan herbivora denganmemakan tumput dan juga tumbuhan.


Ternyata sapi sama halnya dengan kambing memiliki jenis yang tersebari di seluruh dunia. Berikut adalah jenis-jenis sapi & asal negaranya. Sapi Limousin dari prancis, sapi brahman dari Amerika Serika, sapi simetal berasal dari Australia. Masih banyak lagi jenis sapi yang sekarang berada di negara Indonesia.


  • Kelinci

Kelinci

Pada jaman sekarang banyak orang yang menjual hewan pemakan tumbuhan ini. Dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, kelinci termasuk golongan hewan mamalia. Kelinci terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda.


Kelinci jenis pertama adalah yang hidup di alam liar sedangkan yang kedua kelinci peliharaan. Makanan utama dari hewan yang satu ini adlah buah wortel. Bisa juga banyam, sawi asal masih sejenis tumbuhan dan buah-buahan.


  • Panda

Panda

Binatang pemakan tumbuhan ini banyak di temukan di wilayah Cina Barat-Tengah. Mereka adalah hewan yang suka memakan bambu yang masih berusia muda. Perburuan liar yang lagi-lagi menjadi alasan salah satu hewan yang satu ini manjadi langka.


Hewan ini hidup secara berkelompok dan tinggal satu wilayah. Panda Raksasa sudah ditetapkan menjadi spesies yang terancam kepunahanya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Makalah Hewan Aves (Burung)


  • Rusa

Rusa

Kalian pasti sudah pernah melihat hewan yang satu ini. Binatang ini berasal dari negara Australia dan Antartika. Hewan ini termsauk jenis golongan spesies cerviade, makanan utamanya adalah rumput & gulma.


Rusa sendiri memiliki banyak spesies yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Ada beberapa dari spesies hewan pemakan tumbuhan ini yang terancam punah. Karena adanya perburuan liar di berbagai hutan.


  • Kambing 

Kambing 

Kambing juga merupakan hewan herbivora lainnya, kambing memiliki gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah rumput-rumputan. Kambing berkaki empat yang memungkinkan dirinya untuk berlari yang sangat kencang sehingga dapat menghindar dari serangan binatang buas.


Pada zaman modern seperti ini, kambing sering diakomodasi sebagai hewan ternak. Selain itu daging kambing juga banyak dimanfaatkan untuk barang konsumsi karena mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh manusia. Pada perkembangannya sampai saat ini terdapat jenis kambing yang biasa disebut kambing etawa yang dapat menghasilkan susu. Susu kambing etawa memiliki nilai gizi sedikit lebih tinggi dari susu sapi perah, sehingga tidak jarang sering dimanfaatkan sebagai barang konsumsi yang menyehatkan.


  • Gajah

Gajah

Gajah merupakan hewan menysusi (mamalia) yang mempunyai tubuh yang cukup besar, mempunyai mata yang sipit, telinga yang lebar, serta hidung yang berupa belalai. Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat kita jumpai diberbagai habitat. Seperti sabana, hutan, gurun, bahkan rawa-rawa.


Gajah betina cenderung hidup dalam kelompok keluarga, yang terdiri dari satu betina dengan anak-anaknya atau beberapa betina yang berhubungan dengan anak-anak mereka. Kelompok ini dipimpin oleh individu gajah yang disebut nenek gajah yang biasanya merupakan betina tertua. Gajah memakan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitarnya untuk bertahan hidup.


Gajah memiliki gigi geraham yang cukup banyak untuk mengunyah makanannya. Belalai gajah merupakan gabungan hidung dan bibir atas pada gajah. Belalai merupakan organ yang sangat penting bagi gajah, selain memiliki otot yang kuat, belalai juga digunakan gajah untuk membantu melakukan aktifitas seperti makan, minum, dan lain-lain.


  • Jerapah

Jerapah

Jerapah merupakan hewan pemakan tumbuhan yang mempunyai leher yang sangat panjag. Leher yang panjang tersebut memungkinkan jerapah untuk mencari makanan yang berupa dedauan yang berada di pohon yang tinggi. Tidak hanya itu, leher jerapah yang panjang juga digunakan untuk melawan musuhnya terutama dalam pertarungan jantan melawan jantan yang merebutkan satu betina.


Jerapah memiliki empat kaki yang berkuku sehingga memungkinkan dirinya untuk berlari kencang. Jerapah dinobatkan sebagai hewan tertinggi yang hidup di darat.  Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.


  • Badak

Badak

Badak adalah satwa yang keberadaanya kian trancam punah. Di Indonesia badak bercula satu hanya terdapat di ujung provinsi Banten yaitu taman marga satwa Ujung Kulon. Badak merupakan hewan pemakan tumbuhan. Makanan favoritnya adalah buah-buahan dan dedaunan.


Meskipun bukan hewan pemburu, badak dapat membahayakan ketika dia dalam keadaan tertekan. Badak yang bercula memanfaatkan culanya untuk melindungi diri dari serangan musuh.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Jaringan Hewan : Jenis, Fungsi, Letak, Gambar Dan Contohnya


  • Kuda

Kuda

Kuda merupakan hewan pemakan tumbuhan. Kuda banyak dimanfaatkan untuk transportasi tradisional seperti delman dan andong. Pada zaman dahulu, sebelum adanya mobil dan berbagai transportasi modern seperti sekarang, kuda digunakan sebagai transportasi perang dan pengembaraan. Kuda memakan tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan dedaunan.


Kuda mempunyai kecepatan lari diatas rata-rata hewan berkaki empat lainnya. Kuda memiliki gigi geraham yang cukup banyak sehingga memungkinkan untuk mengunyah makanan yang berupa tumbuh-tumbuhan dan dedaunan.


  • Anoa

Anoa

Anoa adalah hewan endemik yang berasal dari sulawesi tenggara. Keberadaan hewan ini terancam punah karena sering diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Anoa berhabitat di sabana dan di padang rumput. Selain itu anoa juga cenderung hidup di daerah yang dekat dengan air seperti rawa-rawa. Mereka juga penghuni hutan yang bertahan hidup dengan berpindah-pindah tempat.


Anoa termasuk hewan pemakan tumbuhan, mereka memakan makanan yang berair seperti tunas-tunas pohon, rumput, pakis, buah-buahan, dan sebagian jenis umbi-umbian. Setiap tahunnya, induk anoa rata-rata hanya melahirkan satu bayi anoa. Anoa bisa bertahan hidup sekitar 20 tahun hingga 25 tahun, dan sudah mampu kawin serta berkembang biak pada umur 2 tahun sampai 3 tahun.


Periode kehamilan terjadi selama 276 hari sampai 315 hari. Bayi anoa yang dilahirkan induknya hanya satu ekor, dan sangat jarang sekali mereka sampai melahirkan hingga dua ekor bayi anoa. Saat dilahirkan, bayi anoa memiliki bulu berwarna cokelat keemasan atau kekuningan dan sangat tebal. Warnanya perlahan akan berubah menjadi lebih gelap seiring dengan pertumbuhannya.


  • Tapir 

Tapir 

Tapir adalah hewan pemakan tumbuhan, mereka biasanya memakan dedaunan dan rerumputan yang mengandung air. Mereka bertahan hidup di hutan dan di pinngiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia.


Tapir merupakan hewan soliter, yaitu hewan yang hidup menyendiri dan suka bersosialisasi dengan hewan-hawan lainnya. Pada umumnya, hewan ini aktif pada siang hari, dan istirahat pada malam hari.


  • Onta

Onta

Onta adalah hewan pemakan tumbuhan yang hidup di padang pasir. Onta mampu hidup tanpa air cukup lama, mereka menyimpan cadangan air dan cadangan makanannya di dalam punuk. Onta memiliki satu punuk dan ada yang memiliki dua punuk. Onta memiliki kaki empat yang masing-masing kakinya memiliki kuku.


Onta banyak ditemukan di daratan Afrika dan dan gurun-gurun di Asia. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun. Onta di manfaatkan tenaganya untuk transportasi tradisional, selain itu onta juga diambil susunya yang dinilai mempunyai nutrisi ebih tinggi dari pada susu sapi.