Ekonomi Mirkro – Pengertian, Kelebihan, Penerapan, Kegagalan, Perbedaan, Ruang Lingkup, Komponen, Tujuan, Contoh

Diposting pada

Ekonomi Mirkro – Pengertian, Kelebihan, Penerapan, Kegagalan, Perbedaan, Ruang Lingkup, Komponen, Tujuan, Contoh : Ekonomi Mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan ekonomi dengan menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi.


Pengertian Ekonomi Mirkro

Ekonomi Mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan ekonomi dengan menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi, Atau definisi ekonomi mikro yang lain yaitu merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai perilaku konsumen dan perodusen serta penentuan dari harga pasar maupun kuantitas faktor input, produk dan jasa yang diperjualbelikan dalam pasar.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri, Dan Jenis Pasar Oligopali Beserta Contohnya Lengkap. 


Ekonomi mikro meneliti berbagai prilaku dan keputusan tersebut yang mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; serta baagaimana harga, dan pada waktunya, akan menentukan permintaan dan penawaran barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan suatu kombinasi atau produksi secara maksimal dan optimal, bersama-sama individu lainnya dipasar, akan memberntuk keseimbangan untuk skala mikro, dengan mengansumsikan semua hal lain tetap sama.


Kelebihan Ekonomi Mikro

Kelebihan ekonomi mikro ialah ekonomi yang membahas aktivitas suatu ekonomi secara menyeluruh, yang utama mengenai pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi, dampak atas beragam tindakan pemerintah, serta berbagai kebijakan yang berhubingan (sebgai contoh, pertumbuhan tingkat pajak) terhadap hal itu.


Penerapan Ekonomi Mikro

Ekonomi ini yang diterapkan ialah termasuk area besar belajar, banyak diantaranya lebih menggambarkan metode-metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajari topik seperti masuk dan keluar dari firma, inovasi, serta aturan dagang. Hukum dan Ekonomi menerapkan prinsip ekonomi mikro ke penguatan dan pemilihan dari kompetisi dengan rezin yang legal serta efisieinsi relatifnya.


Ekonomi Perburuhan

lebih mempelajari tentang pengupahan, dinamika pasar buruh, serta kepegawaian. Finansial publi (yang juga dikenal dengan ekonomi publik) mengkaji tentang rancangan dari pajak pemeritahan dan kebijakan pengeluaran dan efek ekonomi dari kebijakan itu ( misalnya, suatu program asuransi sosial).


Ekonomi kesehatan

mengarah ke organisasi dari sebuah sistem kesehatan, termasuk peran dari seorang pegawai kesehatan dan juga perogram sebuah asuransi kesehatan. Politik ekonomi mengkaji peran dari sebuah institusi politik untuk menentukan keluarnya sebuah kebijakan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri, Dan Jenis-Jenis Pasar Monopoli Beserta Contohnya Lengkap.


Penerapan ekonomi mikro

Ekonomi kependudukan

yang mengkaji/mempelajari tatangan yang didepan atau yang sedang dihadapi oleh perkotaan, seperti kemiskinan, populasi udaran dan air serta gepeng dan kemacetan lalu-lintas, digambarkan dalam geografi kependudukan dan sosiologi.


Finansial Ekonomi

mempelajari topik seperti struktur dari protofolio yang lebih optimal, rasio dari pengembalian ke modal, kebiasaan finansial korporat, serta analisis ekonometri dari keamanan pengembalian.


Sejarah Ekomnomi

yang mempelajari institusi ekonomi dan evolusi topik, memakai metode dan teknik dari suatu bidang ekonomi, ilmu politik, sosiologi, geografi, psikologi, dan sejarah.


Kegagalan Pasar

Ada empat jenis utama penyebab kegagalan pasar adalah :

  • Monopoli

Monopoli (dalam kasus lain biasanya disebut penyalahgunaan kekuasan pasar) dimana penjual ataupun pembeli dapat membuat pengaruh yang sangat besar terhadap keluarana ataupun harga pasar. Penyalahgunaan suatu kekuasaan dapat dikurangi dengan menggunakan undang-undang anti-trust.


  • Eksternalitas

Eksternalitas merupakan kasus dimana sebuah pasar tidak dibawa kedalam akun dari akibat aktivitas ekonommi didalam orang asing/luar. Ada eksternalitas negatif dan eksternalitas positif. Eksternalitas negatif biasanya terjadi saat proses dalam perusahaan yang menimbulkan polusi udara atau saluran air. Eksternalitas positif  biasanya terjadi pada kasus seperti program kesehatan dimana keluarga di televiasi mengingatkan keseharan publik.


  • Kesehatan publik dan barang publik

Kegiatan dalam kesehatan publik seperti kegiatan pembasmian sarang nyamuk dan barang publik seperti pertahanan nasional. Misalnya, jika membasmi sarang nyamuk diserahkan pada pasar pribadi, maka jauh lebih sedikit serangan yang mungkin akan dibasmi. Untuk menyediakan sebuah penawaran yang baik dari sebuah barang publik, negara biasanya menggunakan pajak-pajak yang mengharuskan semua penduduk untuk melakukan pemnayaran pada barang publik tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya Lengkap.


  • Informasi asmetris

Dalam sebuah kasus, dimana ada informasi asmetris atau ketidak pastian (informasi yang inefisien). Informasi asimetris biasanya terjadi saat salah satu dari pihak teransaksi mempunyai informasi yang lebih banyak dan baik dari pihak yang lainnya. Biasanya penjual yang lebih tahu tentang produk tersebut daripada sang pembeli, namun tidak selalu terjadi dalam kasus ini.


Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro

Ekonomi makro

Adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme kerja ekonomi secara keseluruhan. Contohnya : tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat harga.


Ekonomi mikro

Adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Contohnya : perilaku konsumen.


Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Secara ringkas ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu ekonomi mikro meliputi hal-hal berikut ini.

  1. Keinginan, penawaran, serta keseimbangan harga pasar.
  2. Elastisitas keinginan serta elastisitas penawaran.
  3. Teori tingkah laku customer.
  4. Teori produksi, cost produksi, penerimaan produsen, serta laba.
  5. Pasar persaingan sempurna.
  6. Pasar monopoli.
  7. Pasar oligopoli.
  8. Pasar persaingan monopolistik.
  9. Keinginan bakal input.
  10. Mekanisme harga serta distribusi pendapatan.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pasar Bebas : Pengertian, Fungsi, Ciri, Dan Kelebihan & Kekurangan Beserta Dampaknya Lengkap


Komponen Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro memiliki beberapa komponen di dalamnya. Komponen-komponen dari ekonomi mikro adalah sebagai berikut :

  1. Interaksi yang Terjadi di Pasar Barang
  2. Interaksi yang Terjadi di Pasar Faktor Produksi
  3. Perilaku dari pembeli dan penjual

Tujuan Ekonomi Mikro

Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar,yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.


Bidangpenelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.


Contoh Ekonomi Mikro Dan Makro

Contoh Ekonomi Mikro

1. Menenentukan harga telur ayam
2. Menentukan gaji karyawan
3. Permintaan dan penawaran.
4. Perilaku konsumen
5. penawaran seorang produsen
6. Pasar
7. Penerimaan
8. Biaya dan laba atau rugi perusahaan.
9. Prilaku Produsen
10. Penawaran seorang konsumen


Contoh Ekonomi Makro

1. Pendapatan Nasional
2. Kesempatan kerja
3. Pengangguran
4. Pertumbuhan Ekonomi
5. Neraca Pembayaran Internasional
6. Inflasi
7. Investasi
8. Kebijakan ekonomi
9. Pendapatan per kapita
10. Penawaran seluruh produsen


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pasar Modal : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis Beserta Manfaatnya Secara Lengkap