Definisi Komunikasi Bisnis – Unsur, Tujuan, Bentuk, Para Ahli

Diposting pada

Definisi Komunikasi Bisnis – Unsur, Tujuan, Bentuk, Para Ahli : Komunikasi bisnis iyalah pertukaran gagasan , pendapat , informasi serta instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang dapat disajikan secara personal atau impersonal  dengan melalui simbol – simbol atau sinyal.


Komunikasi Bisnis

Definisi Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini pandangan definisi dari para ahli.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


Wikipedia

Wikipedia bahasa Indonesia menjelaskan bahwa Komunikasi Bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memeiliki tujuan tertentu yang disajikan personal maupun impersonal melalui symbol-simbol atau sinyal. Referensi dari Rosenblatt, S. Bernard.Communication in Business. Prentice Hall, Inc. Engelwood Cliffs, NJ (1985)


Katz (1994:4)

yaitu Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.


Persing (1981:108)

yaitu Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambing – lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.


Rosenbalt (1982:7)

yaitu Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan- tujuan perusahaan.


“Business Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals of the organizations”


Unsur- Unsur Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis terdapat enam pokok, yaitu:


  1. Memiliki tujuan yang berarti komunikasi bisnis juga harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan suatu tujuan organisasi.
  2. Pertukaran iyalah dalam hal  melibatkan paling tidak dua orang atau bahkan lebih yakni komunikator serta komunikan.

  3. Gagasan, opini, informasi, instruksi iyalah isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung dari tujuannya, situasi, serta kondisinya.
  4. Menggunakan saluran personal ataupun impersonal  iyalah yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media ataupun melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersama-sama.

  5. Meggunakan simbol ataupun sinyal iyalah alat atau metode yang dapat dimengerti atau[un dipahami oleh penerima untuk menyampaikan suatu pesan.
  6. Pencapaian tujuan organisasi iyalah salah satu karakteristik yang dapat membedakan organisasi ataupun lembaga formal dari informasi iyalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis, yaiitu member informasi (informing), melakukan persuasi (persuading), dan melakukan kolaborasi (collaborating) dengan audiens.
Mari kita jelaskan secara mendetail dari tujuan komunikasi bisnis tersebu.


a. Memberi informasi (informing)

Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. Sebagai contoh, seorang pimpinan suatu perusahaan membutuhkan beberapa pegawai baru yang akan ditempatkan sebagai staf administrasi di kantor-kantor cabang yang ada.


Untuk memperoleh pegawai yang diharapkan, ia dapat memasang iklan lowongan kerja melalui media surat kabar, majalah, radio, dan internet. Masing-masing media informasi tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Jadi tergantung manajer untuk memilih media mana yang akan dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan internal yang dimiliki oleh perusahaan.


b. Melakukan persuasi (persuading)

Tujuan kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis. Untuk dapat memperoleh hasil yang optimal dalam bernegosiasi, setiap pihak perlu memahami prinsip win-win solution.


c. Melakukan kolaborasi (collaborating) dengan audiens

Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis, seseorang dapat dengan mudah melakukan kerjasama bisnis baik antara perusahaan dosmetik maupun dengan perusahaan asing.


Saat ini kerjasama antar perusahaan di berbagai belahan dunia relative mudah dilakukan seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini. Seseorang dapat menggunakan beberapa media telekomunikasi yang ada seperti telepon biasa, faksmili, telepon genggam, internet, email dan telekomferensi. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam memperat kerjasama dalam dunia bisnis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


Fungsi Komunikasi Bisnis

Berikut ini adalah fungsi dari komunikasi bisnis

  1. Membujuk konsumen membeli produk
  2. Menjelaskan produk atau layanan
  3. Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
  4. Mempromosikan image positif perusahaan
  5. Memberikan kredit dan menagih piutang

Perbedaan Komunikasi bisnis dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya.

  • Komunikasi antar pribadi ( interpersonal communications ) iyalah bentuk dari komunikasi yang lazim dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Sedangkan komunikasi lintas budaya ( intercultural / communication ) iyalah bentuk dari komunikasi yang dilakukan antara dua orang ataupun lebih, yang masing – masing memiliki suatu budaya yang berbeda.

UNSUR-UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI

Komunikasi meliputi 5 unsur, yang dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yaitu:

  • Komunikator = who [communicator, source, sender]
  • Pesan = says what [message]
  • Media = in which channel [channel, media]
  • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
  • Efek [effect, impact, influence]

Hal yang pertama dilakukan iyalah untukmemahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang baik iyalah  harus memiliki beberapa alat komunikasi yang akan menunjang dalam menyampaikan suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi sehingga memiliki arti yang baik serta bisa menarik minat dan simpati dari pendengarnya serta dapat mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan diskusi.


TEKNIK KOMUNIKASI

  1. Komunikasi informatif [informative communication]
  2. Komunikasi persuasif [persuasive communication]
  3. Komunikasi instruktif atau koersif [instructive/ coersive communication]
  4. Hubungan manusiawi [human relation]

TUJUAN KOMUNIKASI

  1. Perubahan sikap [attitude change]
  2. Perubahan pendapat [opinion change]
  3. Perubahan perilaku [behaviour change]
  4. Perubahan sosial [social change]

BENTUK KOMUNIKASI

Pada dasarnya terdapat dua bentuk komunikasi yang umum yang digunakan dalam dunia bisnis, iyalah :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun


  1. Komunikasi verbal
    Komunikasi verbal (verbal communication) iyalah salah satu bentuk komunikasi yang dapat disampaikan kepada pihak lain dengan  melalui tulisan (written) serta lisan (oral).
    komunikasi verbal memilki tipe yang dibedakan menjadi dua iyalah :

    berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses suatu komunikasi. Dimana komunikasi verbal dapat bertindak sebagai komunikator ataupun pengirim pesan serta dapat bertindak sebagai audience.
    Dalam berkomunikasi secara verbal, juga dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti sangat baik dalam bentuk tulisan ataupun lisan, seperti :


    1.Berbicara serta Menulis
    Suatu pesan yang sangat penting serta kompleks, baiknya disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat, memo serta laporan
    2.Mendengarkan serta Membaca
    Untuk mencapai komunikasi yang efektif dan baik, maka diperlukan komunikasi dua arah, dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya harus memerlukan keterampilan mendengar (listening) serta membaca (reading).


  2. Komunikasi Nonverbal
    Komunikasi nonverbal iyalah bentuk komunikasi yang sangat mendasar dalam hal komunikasi bisnis. Walaupun pada dasarnya komunikasi nonverbal ini memiliki sifat  yang kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari,contoh  seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat , ekspresi wajah ,  gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna serta intonasi suara.

    Dalam penyampaiannya juga, komunikasi verbal serta komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda, seperti dalamhal  komunikasi nonverbal,  pesan yang akan disampaikan biasanya hanya dilakukan secara spontan atau tanpa memiliki rencana serta dilakukan secara tidak sadar serta bersifat alami


    Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan , yaitu:

    1. Menyediakan serta memberikan informasi
    2. Mangatur alur suatu percakapan
    3. Mengekspresikan sebuah emosi
    4. Memberi sifat serta melengkapi, menentang ataupun mengembangkan pesan-pesan verbal
    5. Mengendalikan ataupun mempengaruhi orang lain

    6. Mempermudah tugas-tugas yang khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat kuliah, Terkaadang dalam prakteknya, didalam suatu komunikasi bisnis akan terjadi penggabungan antara komunikasi verbal serta komunikasi nonverbal dalam suatu situasi ,  dikarena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi ataupun percakapan kadang hanya membawa sebagian saja dari pesan.

    7. relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal juga dapat menentukan kredibilitas serta kepemimpinan seseorang, yang didapat secara dilihat dari karateristik suara, penampilan, sentuhan, gerakan serta posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah serta mata.

      Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Pamflet


TAHAP – TAHAP DALAM PROSES KOMUNIKASI

Tahapan Menurut Courtland L Bovee dan Jhon V. Thilt dalam Business Communication Today, proses komunikasi (Comunication Process ) terdiri atas 6 tahap, iyalah:


  • Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  • Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  • Pengirim menyampaikan pesan.
  •  Penerima menerima pesan
  • Penerima menafsirkan pesan
  • Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

EMPAT (4) KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI
Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam komunikasi secara efektif , baik itu  secara personal maupun professional paling tidak dapat harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi serta Persentase penggunaan saluran komunikasi adalah sebagai berikut : yaitu :


Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari