Tipe Alat Ukur

Diposting pada

Pengertian Alat Ukur

Dalam ilmu fisika pastinya anda pernah mengetahui atau belajar tentang alat ukur besaran panjang disini akan diulas kembali beberapa yang diantara ialah mistar, rol meter, jangka sorong dan mickrometer sekrup, keempat alat ukur besaran panjang tersebut memiliki tingkat ketelitian yang sangat berdeda-beda. Sebenarnya apa sih tingkat ketelitian ??? Tingkat ketelitian ialah nilai yang terkecil yang masih bisa diukur, mengapa perlu tingkat ketelitian alat ukur ??? karena agar hasil pengukuran pada suatu benda akan lebih akurat atau lebih teliti.

Pada suatu benda yang akan diukur hendaknya ukuran yang besarnya disesuaikan dengan alat ukur dan ketelitiannya, misalnya : untuk memgukur panjang dan lebar tanah, paling yang sesuai digunakan alat ukur yakni rol meter ketimbang mistar.

Baca Juga : Pengertian, Rumus Dan Contoh Soal Tekanan Udara Serta Alat Ukurnya

Dan apabila untuk mengkur suatu tebal kertas buku yang lebih teliti alat yang digunakan yakni micrometer sekrup dari pada menggunakan jangka sorong. Setiap jenis atau tipe alat ukur besaran panjang tersebut memiliki kelebihan dan akurasi pengukuran yang berbeda, Nah berikut ini penjelasan singkat tentang jenis atau tipe alat ukur besaran panjang.


Tipe-tipe Alat Ukur


  • Mistar ( Penggaris )

Mistar/penggaris yang berskala terkecil dalam pengukuran yakni 1 mm dengan tingkat ketelitian 0.5 mm. untuk nilai ketelitian pengukuran bila gunakan mistar/penggaris ialah setengah nilai skala terkecilnya.

Jadi dalam setiap pengkuran dengan jika mempergunakan alat tersebut, diushakan kejelian kedudukan pengamatan penglihatan tegak lurus dengan skala yang akan diukur. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan daya lihat ( paralaks ). Paralaks yaitu kesalahan yang terjadi pada waktu  membaca skala suatu alat ukur karena kedudukan mata pengamat tidak tepat.


  • Roll Meter ( Meter Kelos )

Rollmeter yaitu merupakan alat ukur panjang yang bisa digulung dengan memiliki ukuran panjang 25-50 meter. dengan memiliki tingkat ketelitian pengukuran dengan rollmeter sampai 0.5 mm. Meteran ini terbuat dari jenis plastic atau pelat tipis.


  • Jangka Sorong

Alat ukur yang berikutnya yaitu Jangka sorong. Yang merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal, kedalaman lubang serta diameter luar maupun diameter dalam suatu benda dengan memiliki ketelitian 0.1 mm. pada alat ukur ini mempunyai dua rahang yakni rahang tetap dan rahang sorong.

  • Rahang tetap dilengkapi dengan skala utama.
  • Dan sedangkan Rahang sorong terdapat skala nonius atau skala vernier.

Baca Juga : Belajar Tipe Alat Ukur Besaran Panjang, Dalam Fisika

Skala nonius ini punya panjang yakni 9 mm yang telah terbagi menjadi 10 skala dengan memiliki tingkat ketelitian yakni 0.1 mm. dari hasil pengukuran yang menggunakan jangka sorong yang berdasarkan angka pada skala utama  tersebut ditambah dengan angka pada skala nonius yang dihitung dari 0 hingga garis skala nonius yang berimpit dengan garis skala utama.


  • Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup ialah merupakan alat ukur ketebalan benda yang relative tipis seperti kertas, seng dan karbon. Pada mikrometer sekrup terdapat dua macam skala yaitu skala tetap dan skala putar ( nonius ).

  • Skala tetap ( skala utama )
    Skala tetap terbagi dalam satuan milimeter ( mm ), skala ini terdapat pada laras dan terbagi menjadi dua skala yaitu skala atas dan skala bawah.
  • Skala putar ( skala nonius )
    Skala putar terdapat pada besi penutup laras yang dapat berputar dan dapat bergeser ke depan atau ke belakang. Untuk skala ini terbagi menjadi 50 skala atau bagian ruas yang sama. Satu putaran pada skala ini menyebabkan skala utama bergeser 0.5 mm. jadi satu skala pada skala putar mempunyai ukuran ( 1/50 )x0.5 mm = 0.01 mm, nilai 0.01 mm merupakan batas ketelitian mikrometer sekrup.

Macam dan Jenis Alat Ukur


Alat Ukur Panjang

Alat-alat ukur panjang meliputi mistar, jangka sorong, dan mikrometer skrup. Berikut masing-masing alat ukur tersebut & penjelasannya.

  • Mistar/Penggaris

Mistar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur barang yang berukuran sedang & berukuran besar. Mistar ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 1 mm.


  • Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter, dimensi luar suatu benda, dan dimensi dalam suatu benda. Jangka sorong memiliki 2 bagian, yaitu rahang tetap yang fungsinya sebagai tempat skala tetap yang tidak dapat digerakkan letaknya, dan rahang sorong yang fungsinya sebagai tempat skala nonius dan dapat digeser-geser letaknya untuk menyesuaikan dan mengukur benda. Jangka sorong ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 0,1 mm.

  • Mikrometer Skrup

Mikrometer skrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang tipis, panjang benda yang kecil, dan dimensi luar benda yang kecil. Mikrometer skrup memiliki 3 bagian, yaitu selubung utama yang fungsinya sebagai tempat skala utama yang akan menunjukkan berapa hasil pengukuran dan bagian ini sifatnya tetap dan tidak dapat digeser-geser,

lalu selubung luar yang fungsinya sebagai skala nonius yang dapat diputar-putar untuk menggerakkan selubung ulir supaya dapat menyesuaikan dengan benda yang diukur, dan selubung ulir yang fungsinya sebagai bagian yang dapat digerakkan dengan cara memutar-mutar selubung luar sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk benda yang diukur. Mikrometer skrup ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 0,01 mm.

Baca Juga : 24 Pengertian Dan Tujuan Kalibrasi Alat Ukur Secara Lengkap


Alat Ukur Massa

Hanya ada satu jenis alat ukur massa, yaitu neraca. Meski begitu, sebenarnya neraca jenisnya bermacam-macam. Berikut penjelasannya.


  • Neraca

Neraca, atau yang lebih dikenal dengan sebutan timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Ada beberapa jenis neraca, yaitu:

Neraca Pasar, yaitu neraca yang biasa digunakan di pasar-pasar tradisional, bentuknya seperti pada gambar di samping. Cara pemakaian neraca ini yaitu dengan meletakkan benda yang akan ditimbang di bagian yang berbentuk mirip baskom, lalu di bagian sebelahnya yang datar diletakkan bandul neraca yang hampir seimbang dengan bobot benda, selanjutnya lengan neraca akan bergerak dan hasil pengukuran dapat diketahui.


Alat ukur Intensitas Cahaya

Lux meter adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya atau tingkat pencahayaan. Biasanya digunakan dalam ruangan. Kebutuhan pencahayaan setiap ruangan terkadang berbeda, yang disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan. Untuk mengukur tingkat pencahayaan di butuhkan lux meter.Lux meter dapat membantu menyesuaikan pencahayaan ruangan sesuai dengan fungsi sebuah ruangan.

Letakkan lux meter diatas meja, layar penunjukannya akan menapilkan tinmgkat pencahayaan. Bandingkan nilai tersebut dengan standar SNI. Jika nilai tingkat pencahayaan lebih tinggi dari standar, lampu sebaiknya diganti dengan yang lebih rendup. Jika nilai tingkat pencahayaan lebih rendah dari standar, lampu sebaiknya diganti dengan lampu yang lebih terang. Jika tingkat pencahayaan ruangan telah sesuai dengan fungsinya, effisien energi untuk penerangan telah tercapai.


Alat Ukur Waktu


  • Stopwatch

Stowatch memiliki ketelitian 0,1 detik karena setiap skala pada stopwatch dibagi menjadi 10 bagian. Alat ini biasanya digunakan untuk pengukuran waktu dalam kegiatan olahraga atau dalam praktik penelitian.


  • Arloji

Arloji umumnya dengan ketelitian 1 detik.


  • Penunjuk waktu elektronik

Mencapai ketelitian 1/1000 detik.


  • Jam atom Cesium

Dibuat dengan ketelitian 1 detik tiap 3.000 tahun, artinya kesalahan pengukuran jam ini kira-kira satu detik dalam kurun waktu 3.000 tahun.


Alat Ukur Kuat Arus Listrik

Alat untuk mengukur kuat arus listrik disebut amperemeter. Amperemeter mempunyai hambatan dalam yang sangat kecil, pemakaiannya harus dihubungkan secara seri pada rangkaian yang diukur, sehingga jarum menunjuk angka yang merupakan besarnya arus listrik yang mengalir.


Demikianlah artikel dari gurupendidikan.co.id mengenai Tipe Alat Ukur : Pengertian, Macam, Jenis, Waktu, Kuat Arus, Intensitas Cahaya, Masa, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.