Teks Biografi

Diposting pada

Pengertian Teks Biografi

teks-biografi

Teks Biografi adalah suatu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup seseorang selama ia masih hidup. Biografi singkat hanya mengulas mengenai kenyataan-kenyataan yang terjadi didalam kehidupan seseorang dan fungsi pentingnya kepada lingkungan.

Biografi panjang melingkupi sebuah informasi yang memiliki sifat penting, namun diceritakan dengan lebih jelas dan lengkap dan juga diserat dengan gaya cerita yang baik dan juga menarik. Biografi ialah suatu buku yang menjelaskan peristiwa-peristiwa yang sedang atau telah dialami oleh seseorang.

Melalui biografi itu kita bisa menemukan sebuah komunikasi atau hubungan, selain dari menemukan sebuah hubungan kita juga bisa mendapatkan keterangan atau juga penjelasan dari suatu tindakan dan juga misteri yang meliputi kehidupan seseorang.

 

Ciri-ciri Teks Biografi

  • Teks biografi harus membawa suatu informasi berlandaskan kenyataan pada tokoh yang sedang dikisahkan dalam bentuk narasi.
  • Teks biografi juga membawa sebuah kenyataan pengalaman hidup sebuah tokoh untuk menyelesaikan masalah-masalah hingga pada akhirnya berhasil, sehingga harus dijadikan sebagai saudi teladan.
  • Teks biografi ini mempunyai struktur yang jelas. Strukturnya terdiri dari orientasi, masalah dan reorientasi.

 

Unsur Kaidah Kebahasan Teks Biografi

1. Kata Hubung

Kata hubung ialah kata yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar satu kata dengan kata-kata lainnya dalam suatu kata atau kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat-kalimat lainnya.  Misalkan contohnya seperti: maka dari itu, namun, walaupun seperti itu, tidak hanya itu.

2. Rujukan Kata

Rujukan kata ialah kata yang menyatakan kepada kata lain yang telah dikatakan sebelumnya. Kata rujukan ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ialah:

  • Kata rujuk tempat. Misal contoh: Disini, disana, disitu.
  • Kata rujuk orang. Misal contoh: Dia, ia, beliau, mereka dan -nya.
  • Kata rujuk benda atau persoalan. Misal contoh: Ini, tersebut, dan itu.

3. Kejadian, Waktu dan Tempat

Didalam teks biografi, ada kata-kata yang memiliki fungsi untuk memperlihatkan kejadian, waktu dan tempat yang telah atau sedang dialami oleh seorang tokoh.

4. Kata Kerja

Verba atau biasa disebut dengan sebutan kata kerja ialah sebuah kelompok kata yang mengulas sesuatu persoalan yang dikerjakan oleh seorang tokoh. Kata kerja ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu diantaranya berlandaskan bentuk dan berlandaskan dengan jenis.

  1. Kata Kerja Berlandaskan Bentuk

Kata kerja dasar ialah kata kerja yang masih dalam wujud aslinya, yang mana arti dari kata kerja ini belum mendapati derivasi baik awalan, akhiran atau pun sisipan. Misal contoh: adil, ajak, dan ambil

  1. Kata Kerja Berlandaskan Berimbuhan

Kata kerja berimbuhan ialah kata kerja yang telah mendapati penambahan, baik berwujud awalan, akhiran atau pun sisipan.

Jenis Jenis Biografi

1. Biografi Berlandaskan dari Penulisnya

Berlandaskan penulisnya teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya ialah:

  • Autobiografi, ialah biografi yang dikutip sendiri oleh tokoh atau orang-orang yang bersangkutan dengan autobiografi
  • Biografi, ialah biografi yang dikutip atau ditulis oleh orang lain dengan adanya izin langsung dari tokoh yang akan ia kisahkan didalam sebuah karya tulisnya.

2. Biografi Berlandaskan dari Isinya

Berdasarkan dengan isinya, teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah:

  • Biografi tentang perjalanan hidup, ialah biografi yang mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang atau juga biasa disebut dengan tokoh yang ditulis secara lengkap dan jelas atau juga ditulis secara ringkas.
  • Biografi tentang perjalanan karir, ialah biografi yang didalamnya mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan karir seseorang tokoh dari awal mula perjalanan hingga ia berhasil untuk menggapai sebuah kesuksesan dan menggapai segala cita-citanya yang telah ia impi-impikan selama ini.

3. Biografi Berlandaskan Persoalan yang Diulas

Berdasarkan dengan persoalan yang diulas atau dibahas, teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah:

  • Buku sendiri, ialah biografi yang semua biayanya ditanggung oleh diri sendiri atau oleh orang yang membuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, ialah biografi yang pembentukan atau pembuatannya dibiayai oleh pihak sponsor entah itu dari segi biaya penulisannya, dari biaya percetakannya, bahkan dari biaya-biaya lainnya yang tidak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi ini terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya ialah:

1. Orientasi

Orientasi ialah sebuah bagian yang mana menerangkan atau menjelaskan tentang pengenalan-pengenalan para tokoh yang didalamnya berisikan mengenai tokoh yang sedang dikisahkan atau sedang diceritakan didalam biografi tersebut.

2. Kejadian/Peristiwa dan Masalah

Pada bagian kejadian atau peristiwa ini ialah bagian-bagian atau aspek yang didalamnya berisikan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang sudah pernah didapati oleh seseorang. Termasuk juga didalamnya berisikan mengenai masalah-masalah yang pernah ia hadapi dalam menggapai suatu tujuan dan juga impian-impian dalam kehidupannya`Persoalan yang sangat menarik, mengagumkan, mengesankan, dan juga menyedihkan yang pernah didapati oleh seseorang tokoh yang dibahas atau diceritakan didalam bagian ini.

3. Reorientasi

Apa itu ‘Reorientasi’? Reorintasi ialah bagian penutup dalam biografi. Aspek ini didalamnya berisikan mengenai pandangan penulis kepada para tokoh yang sedang dikisahkan dalam biografi tersebut. Reorientasi ini memiliki sifat opsional, yang mana artinya ialah bagian ini boleh dicantumkan atau boleh juga untuk tidak dicantumkan.

Cara Membuat Biografi

Berikut ini adalah struktur dalam membuat biografi

  • Latar belakang keluarga

Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.

  • Latar belakang pendidikan

Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru

  • Latar Belakang Prestasi

Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.

  • Latar Belakang Pekerjaan

Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.

  • Latar Belakang Pekerjaan

Ini khusus untuk mereka yang telah bekerja dan lagi untuk siswa, poin-poin ini dapat dihilangkan.

Contoh Teks Biografi Dewi Sartika Lengkap dengan Strukturnya

ORIENTASI

Raden Dewi Sartika dilahirkan dari sebuah keluarga yang bernama priyayi dan letaknya berada di tanah Sunda, Raden Somanagara dan Nyi Raden Rajapermas meskipun waktu itu beliau sangat bertentangan dengan adat, ayah dan juga ibunya berusaha keras untuk memasukan Dewi Sartika di sekolahan Belanda.

Sesudah Ayahnya Dewi Sartika meninggal dunia, Dewi Sartika ini dididik oleh pamannya yang mana ketika itu pamannya sedang menjabat menjadi patih di daerah Cicalengka. Dengan pamannya, beliau bisa mendapati ilmu pengetahuan tentang kebudayaan Suku Sunda. Sementara wawasan-wawasan tentang kebudayaan atau kehidupan barat beliau dapati dari seorang Nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda.

 

KEJADIAN & MASALAH

Sejak kecil, Dewi Sartika telah memperlihatkan bakat pendidikan dan juga memperlihatkan kegigihan yang dimiliki oleh dirinya untuk bisa menggapai keberhasilan. Ketika ia sedang bermain di belakang gedung kerajaan, beliau sering mengerjakan aktivitas-aktivitas yang pernah ia dapati di sekolah.

Yakni belajar membaca, belajar menulis, dan belajar bahasa Belanda bersama anak-anak pembantu di kerajaan. Papan bilik kandang kereta, arang, dan pecahan-pecahan genting ia jadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan belajar bersama.

Ketika itu, Dewi Sartika baru memasuki usia sepuluh tahun. Ketika keberadaannya di daerah Cicalengka ia digemparkan oleh kemahirannya dalam membaca dan menulis serta beberapa kata yang dikatakan oleh anak-anak pembantu dengan memakai bahasa Belanda.

Adanya persoalan ini membuat seluruh penduduk menjadi heboh, karena ketika itu belum ada anak-anak yang mempunyai keahlian untuk berbahasa Belanda.

Setelah tumbuh menjadi seorang gadis, Dewi Sartika kembali lagi kepada ibunya yang kebaradaan ibunya itu di daerah Kota Bandung. Jiwanya yang telah berkembang menjadi dewasa semakin membawanya untuk bisa menggapai seluruh cita-cita yang ia impikan.

Hal ini di dukung juga oleh pamannya, Bupati Martangara, yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Namun, walaupun memiliki keinginan yang sama dengan pamannya, tidak membuat cita-cita itu bisa tercapai dengan mudah.

Karena ketika itu terdapat sebuah adat yang membatasi para kaum perempuan. Persoalan itu lah yang membuat paman Dewi Sartika mendapati kesusahan dan sangat khawatir sekali kepada Dewi Sartika.

REORIENTASI

Sudah sepantasnya kita sebagai salah satu anggota generasi muda harus selalu mengenang dan mengenang seluruh jasa Dewi Sartika yang telah diberikan kepada kita semua. Semangat dan jasanya dalam memperjuangkan pendidikan untuk para kaum wanita tidak sepantasnya untuk kita lupakan begitu saja.

Semoga dengan apa yang sudah dikerjakannya, perempuan-perempuan di negara Indonesia bisa mendapati pendidikan yang lebih baik lagi untuk dimasa yang akan datang dan dimasa yang lebih cerah.

 

Contoh Teks Biografi Tokoh Terkenal J. K. Rowling dan Steve Jobs Beserta Pola Penyajiannya

Biografi JK. Rowling

Biografi-JK-Rowling

JK. Rowling merupakan salah satu novelis sukses asal Inggris. Novel hasil karyanya yang berjudul Harry Potter berhasil membuatnya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling  dilahirkan pada tanggal 31 Juli 1965 di kota Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris.

Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana ia menikah dengan seorang wartawan Portugis. Anak perempuannya, Jessica dilahirkan pada tahun 1993. Setelah perkawinan pertamanya berakhir dengan perceraian. Sejak perceraian dengan suaminya, ia menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anaknya dalam kondisi serba kekurangan. Rowling pindah ke Edinburgh bersama sang buah hati. Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi keluarganya. Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah novel.

Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai. Ia tidak memiliki komputer, dan hanya memiliki mesin tik tua. Ia juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar foto kopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit.

Ia menyerahkan naskahnya ke 12 penerbit, akan tetapi semua menolak naskah yang ia buat. Setelah beberapa kali ditolak, penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya, akhirnya nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah dan meraih keuntungan sebanyak $4000

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter : Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah memperoleh keuntungan 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa. Pada Juli 2000, Harry Potter dan Piala Api telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah. Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix telah mulai dipasarkan pada 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia setelah lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan. Buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga telah diluncurkan secara resmi pada 16 Juli 2005.

J.K. Rowling cukup lama menjanda setelah pernikahan pertamanya kandas. Ia kembali menemukan tambatan hatinya dan menikah dengan Dr. Neil Murray di penghujung Desember 2001. Anak keduanya, David Gordon Rowling Murray, dilahirkan pada 24 Maret 2003, di Royal Infirmary, Edinburgh. Setelah mengumumkan buku keenam seri Harry Potter, Rowling melahirkan anak perempuan, Mackenzie Jean Rowling Murray pada 23 Januari 2005. Kini, J.K. Rowling telah mulai mengarang buku ketujuh, Harry Potter and the Deathly Hallows yang merupakan akhir dari seri Harry Potter. Kini, J.K. Rowling telah selesai mengarang buku ketujuh dan terakhir dari seri tersebut. Ia mengatakan ia tak akan menyambung lagi seri itu dan ia ingin mencoba mengarang suatu genre yang baru.

 

Biografi Steve Jobs

Biografi-Steve-Jobs

Steve Jobs merupakan sosok yang berhasil menciptakan beberapa karyanya di bidang teknologi. Dia dikenal sebagai perintis atau Pendiri Apple Computer. Jobs lahir pada 24 Februari di San Francisco, California. Orang tua kandung Jobs bernama Abdulfattah Jandali dan Joanne Simpson. Ketika lahir Jobs memiliki nama Abdul Lateef Jandali hingga akhirnya berubah ketika diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs, yang kemudian menamainya Steven  Paul Jobs.

Jobs melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia. Sifat kerja keras mendasarinya untuk bekerja paruh waktu setelah pulang sekolah. Pada tahun 1972, Jobs lulus dari kelas elektronik SMA Homestead High School dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar lagi ke perguruan tinggi yang sama, Reed College, salah satu hal yang ia pelajari di sini kaligrafi. “Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar, mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional,” katanya.

Jobs merupakan sosok yang haus akan wawasan, maka di tahun 1974, bersama Wozniak, Ia kembali ke California dan menghadiri pertemuan “Homebrew Computer Club”. Di tahun yang sama, dia dan Wozniak bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya.

Di tahun 1976, Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I. Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II dan Apple III, yang meraih kesuksesan dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer. Namun, di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

            Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer. Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple.

Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.

Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles

Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya – karyanya. Mulai tahun 1976 ia mengeluarkan Apples l. Karya – karyanya terus berkembang sampai terakhir tahun 2010 ia mengeluarkan iPad yang sempat menghebohkan dunia.

Steven Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011 setelah didiagnosis menderita kanker pankreas. Dalam hidupnya, Jobs dikenal sebagai seorang visioner, perintis, jenius, inovatif, dan orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern. Selain itu, Ia juga telah menerima beberapa penghargaan, antara lain National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan, Grammy Trustee Award, dan Disney Legend Award.

 

Pola Penyajian Teks Biografi

AspekBiografi J. K. RowlingBiografi Steve Jobs
Alur CeritaCerita diawali dengan identitas diri , lalu dilanjut riwayat pendidikan Rowling. Kemudian cerita dilanjut dengan pernikahan dan perceraian Rowling yang menghasilkan sang buah hati, Jessica. Setelah itu, cerita berlanjut ke kehidupan Rowling di kondisi kekurangan. Lalu dilanjut cerita kerja keras Rowling hingga meraih kesuksesan dari novel “Harry Potter” yang ia ciptakan. Cerita ditutup dengan kehidupan Rowling bersama keluarganya, dan pengakuan Rowling bahwa ia tak akan melanjutkan seri “Harry Potter” dan akan mencoba mengarang genre baru.Cerita diawali dengan identitas diri, lalu dilanjut riwayat pendidikannya yang menceritakan bahwa ia pernah drop out dari kuliah nya karena biaya yang mahal. Cerita dilanjut dengan perjalanan karier Jobs bersama karya-karyanya di Apple dan Pixar. Lalu dilanjut mundurnya Jobs dari Apple. Cerita ditutup dengan kematian Jobs dan penghargaan yang pernah ia peroleh dalam hidupnya.
Sudut PandangOrang ketiga yag serba tahuOrang ketiga yang serba tahu
Gaya Penulisandeskriptif naratifdeskriptif naratif dikombinasikan dengan dialog
Fokus PenceritaanKeberhasilan karierKeberhasilan karier

 

 

Demikian Penjelasan Tentang Biografi: Pengertian, Macam, Jenis, Struktur Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Seluruh Pembaca Setia GuruPendidikan.Co.Id

 

Baca Juga: