Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Populasi (Biologi)

Pengertian-Populasi

Dalam biologi, populasi adalah sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi antara mereka sendiri. Konsep ini banyak digunakan dalam ekologi populasi dan genetika. Ekologi menganggap penduduk sebagai unsur dari sistem yang lebih luas. Populasi spesies merupakan bagian dari masyarakat.


Selain itu, evolusi juga bekerja melalui populasi. Genetika, di sisi lain, melihat penduduk sebagai sarana atau tempat untuk pertukaran yang dimiliki oleh masing-masing anggota. Dinamika frekuensi alel dalam suatu populasi merupakan perhatian utama dalam studi genetika populasi.


Pengertian Populasi (Statistika)

Dalam statistik, populasi adalah kumpulan data yang memiliki karakteristik yang sama dan menjadi objek inferensi.


Inferensi statistik didasarkan pada dua konsep dasar, data penduduk secara keseluruhan, baik nyata atau imajinasi dan sampel, sebagai bagian dari populasi yang digunakan untuk membuat kesimpulan (pendekatan / penggambaran) dari populasi di mana ia berasal. Sampel dianggap mewakili populasi. Sampel diambil dari populasi tidak dapat digunakan untuk mewakili populasi lain.


Sensus dilakukan untuk mendapatkan karakteristik populasi nyata. Karakteristik yang dimiliki oleh parameter populasi disebut. Untuk beberapa karakteristik dari sampel (disebut statistik), nilai parameter adalah nilai harapan (nilai yang diharapkan).

Baca Juga : Pengertian Data Statistik Lengkap


Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian populasi menurut para ahli, sebagai berikut:


  • Margono

Populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan masa-masa yang sudah ditentukan. Populasi sehubungan dengan data-data, andai seorang insan memberikan sebuah data, maka ukuran atau banyaknya populasi bakal sama banyaknya manusia.


Margono, pupulasi dipecah menjadi dua, yakni Populasi teoretis (theoretical population) dan Populasi terdapat (accessible population). Populasi teoretis adalahpopulasi yang batasannya telah diputuskan secara kualitatif, laksana populasi guru yang diputuskan berusia 26 tahun hingga dengan 46 tahun, berpendidikan sarjana, dan lain-lain. Populasi terdapat adalah populasi yang secara kuatitatif dapat dinyatakan dengan tegas dan tepat. Misalnya, sejumlah 500 guru di kota Medan memiliki ciri khas yang cocok dengan populasi teoretis yang sudah ditetapkan.

Baca Juga : Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli


  • Bugin

Populasi adalah keseluruhan (universum) dari objek riset berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya sampai-sampai objek ini bisa menjadi sumber data penelitian.


  • Widiyanto

Populasi adalahsuatu kumpulan atau kelompok objek atau objek yang bakal digeneralisasikan dari hasil penelitian.


  • Hartono

Populasi dengan ciri khas tertentu terdapat yang jumlahnya terhingga dan terdapat yang tidak terhingga. Penelitian melulu dapat dilaksanakan pada populasi yang terhingga saja.


  • Netra

Populasi adalah keseluruhan pribadi yang mempunyai sifat general atau umum yang mempunyai ciri khas yang ingin sama.


  • Sabar

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang hendak meneliti seluruh elemen yang terdapat dalam distrik penelitian, maka penelitiannya adalah penelitian populasi atau studi populasi atau study sensus.

Baca Juga : 9 Pengertian Rancangan Penelitian Menurut Para Ahli


  • Nursalam

Populasi adalah keseluruhan dari variable yang mencantol masalah yang diteliti.


  • Husaini Usman

Populasi adalah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari ciri khas tertentu mengenai kumpulan objek yang menyeluruh dan jelas.

Baca Juga : Perbedaan Kualitatif Kuantitatif – Pengertian, pendekatan, jenis, Penelitian, Desain


  • Riduan & Tita Lestari

Populasi adalah keseluruhan dari ciri khas atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.


  • Morissan

Populasi adalah sebagai suatu kelompok subjek, variabel, konsep, atau fenomena. Kita dapat menganalisis setiap anggota populasi untuk memahami sifat populasi yang bersangkutan.


  • Sudjana

Populasi adalah totalitas seluruh nilai yang mungkin, hasil yang menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif tentang karakteritik tertentu dari seluruh anggota kelompok yang menyeluruh dan jelas yang hendak mempelajari sifat-sifatnya.


  • Mulyatiningsih

Populasi adalah sekumpulan orang, hewan, tumbuhan, atau benda yang memiliki ciri khas tertentu yang bakal diteliti. Populasi bakal menjadi distrik generalisasi benang merah hasil penelitian.


  • Howel

Populasi adalah sebagai kelompok dan peristiwa dimana kamu tertarik dengan peristiwa tersebut.


  • Sugiyono

Populasi adalahwilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kuantitas dan ciri khas tertentu yang diputuskan oleh peneliti guna dipelajari dan lantas ditarik kesimpulannya.


  • Ismiyanto

Populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek riset yang bisa berupa orang, benda, atau sebuah hal yang didalamnya dapat didapatkan dan atau dapat menyerahkan informasi (data) penelitian.

Baca Juga : √ Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya [ TERLENGKAP ]


  • Nazir

Populasi dalah sekumpulan pribadi dengan kualitas dan karakter yang sudah diputuskan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas tersebut yang disebut sebagai variable. Ia membagi populasi menjadi dua yaitu populasi finit dan infinit.


  • Furchan

Populasi adalah objek, borongan anggota sekelompok orang, organisasi, atau kelompok yang sudah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas.


  • Hadari Nawawi

Populasi adalah keseluruhan objek riset yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh, peristiwa, gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai ciri khas tertentu dalam suatu riset yang dilakukan.


  • Zuriah

Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti dalam sebuah ruang lingkup dan masa-masa yang sudah ditentukan.


  • Wikipedia

Populasi adalah sekumpulan data yang mempunyai karakteristik yang sama dan menjadi objek inferensi.


Ciri-Ciri Populasi

Berikut ini adalah ciri-ciri populasi, sebagai berikut:


  1. Bidang Statistik

  • Kepadatan dan ukuran besaran dari populasi diprovokasi oleh angka kelahiran dan angka kematian.
  • Komposisi genetik pun mempengaruhi populasi.
  • Populasi juga diprovokasi adanya persebaran pada objek tertentu seperti situasi iklim, usia ojek, struktur sampai cuaca.
  • Adanya dispersi atau persebaran pribadi di dalam populasi.

  1. Bidang Biologi

  • Terdapat sebuah organisasi maupun struktur organisasi yang mempunyai sifat yang konstan maupun ketidaktetapan sesuai dengan waktunya,
  • Memiliki nilai sejarah kehidupan (antogenik) yaitu mulai dari mula hingga akhir, ketika tumbuh, ketika terdiferensiasi, ketika menjadi tua sampai mati.
  • Terdapat hereditas di dalam populasi.
  • Terpengaruh oleh dalam dari lingkungan dan respons dalam evolusi lingkungannya.
  • Terintegrasi dengan sekian banyak macam hal genetik dan pun ekologi yakni keterampilan dalam beradaptasi, reproduksi dan pun peristensi).

Jenis-Jenis Populasi

Berikut ini adalah jenis-jenis populasi, sebagai berikut:


  • Populasi terbatas

Yaitu populasi yang mempunyai sumber data yang jelas batasannya secara makna riset kuantitatif, sampai-sampai relatif dapat dihitung jumlahnya. Contohnya yakni 3.000.000 perempuan Indonesia pada tahun 1985; dengan karakteristik: mengekor program KB.


  • Populasi tak terbatas

Yaitu populasi yang mempunyai sumber data yang tidak dapat ditentukan batasnya, sampai-sampai relatif tidak dapat dinyatakan dalam format jumlah. Contohnya yakni Narapidana di Indonesia, Pengangguran di Indonesia.

Sedangkan terdapat pula pembagian jenis populasi menurut pembeda lain, yaitu:


  1. Populasi Target

Populasi target mengacu pada semua kelompok pribadi atau objek yang sudah ditentukan cocok dengan permasalahan riset untuk menggeneralisasi kesimpulan. Populasi target seringkali memiliki ciri khas yang bervariasi dan pun dikenal sebagai populasi teoritis.


  1. Populasi Survei

Populasi survei ialah populasi yang terliput dalam riset yang dilakukan. Populasi ini ialah bagian dari populasi target dan pun dikenal sebagai populasi penelitian. Dari populasi inilah semua peneliti memungut sampel mereka.


Faktor yang Mempengaruhi Populasi

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi populasi, sebagai berikut:


  • Natalitas

Natalitas adalahsuatu keterampilan dari populasi untuk menambah jumlahnya dengan teknik berproduksi. Secara umum, natalitas ini akan ditetapkan dalam format angka laksana jumlah kelahiran dari pribadi kemudian dipecah dengan waktu.

Adapun populasi natalitas ini juga dipecah menjadi dua jenis yakni natalitas maksimum dan natalitas ekologi. Natalitas maksimum ialah angka kelahiran maksimum dalam suasana yang ideal dimana semua hal ekologis diabaikan. Sedangkan natalitas ekologi ialah angka kelahiran yang terjadi sebab kondisi lingkungan yang spesifik.

  • Mortalitas

Mortalitas adalahtingkat kematian pribadi yang terdapat pada populasi dalam kurun masa-masa tertentu. Mortalitas juga dipecah menjadi dua jenis yaitu mortalitas ekologi dan mortalitas minimum.

Mortalitas ekologi ialah angka kematian yang terdapat dalam populasi yang diakibatkan oleh situasi lingkungan tertentu. Sedangkan mortalitas minimum ialah angka kematian pribadi yang terjadi pada lingkungan yang ideal. Angka kematian ini terjadi sebab usia yang tua.


  • Densitas

Densitas adalahtingkat kepadatan sebuah populasi yang saling bersangkutan dengan ruang dan area. Contoh populasi ini ialah tambak udang yang menghasilkan 2 ton udang per hektarnya.

Densitas dipecah menjadi dua yaitu densitas kasar dan ekologi. Densitas kasar adakah kepadatan yang jumlah populasinya per satuan ruang dan total. Sedangkan densitas ekologi ialah jumlah kepadatan populasi per satuan habitatnya.


Istilah-Istilah Dalam Populasi

Secara umum dikenal beberapa istilah tentang populasi dalam suatu penelitian, yaitu :

  1. Sub-populasi adalah sejumlah unit atau manusia yang menjadi bagian dari populasi, misalnya polisi wanita.
  2. Elemen populasi adalah anggota dari sejumlah unit atau manusia yang menjadi populasi atau subpopulasi, misalnya anggota polisi.
  3. Populasi sasaran (target population), adalah populasi dari mana akan ditarik suatu sampel berdasarkan teknik pengambilan sampling tertentu, misalnya perwira menengah polisi.
  4. Kerangka (frame) adalah daftar dari orang-orang atau unit-unit yang merupakan bagian dari sampel yang mewakili populasi.
  5. Karakteristik atauatribut ialah ciri/sifat/hal-hal yang demikian (semua keteranagan mengenai elemen). Peneliti tertarik untuk mengetahui karakteristik elemen.
  6. Variabel ialah sesuatu yang nilainya berubah menurut waktu atau berbeda menurut elemen/tempat. Lihat hubungan variabel dengan konsep di mana konsep bisa diwakili dengan satu variabel atau beberapa variabel, yang kemudian dibuat indeks komposit.

Hubungan antara Sampel dan Populasi

Sampel adalah sebagian dari populasi. Artinya tidak akan ada sampel jika tidak ada populasi. Populasi adalah keseluruhan elemen atau unsur yang akan diteliti. Populasi dan sampel pada prinsipnya sama dari beberapa sisi aspek kuantitatifnya berbeda, tetapi secara kualitatif harus sama dengan artian bahwa sampel harus representatif mampu mewakiliki populasi yang ada.Penelitian yang dilakukan atas seluruh elemen dinamakan sensus. Idealnya, agar hasil penelitiannya lebih bisa dipercaya, seorang peneliti harus melakukan sensus. Namun karena sesuatu hal peneliti bisa tidak meneliti keseluruhan elemen tadi, maka yang bisa dilakukannya adalah meneliti sebagian dari keseluruhan elemen atau unsur tadi.


Berbagai alasan yang masuk akal mengapa peneliti tidak melakukan sensus antara lain adalah,(a) populasi demikian banyaknya sehingga dalam prakteknya tidak mungkin seluruh elemen diteliti; (b) keterbatasan waktu penelitian, biaya, dan sumber daya manusia, membuat peneliti harus telah puas jika meneliti sebagian dari elemen penelitian; (c) bahkan kadang, penelitian yang dilakukan terhadap sampel bisa lebih reliabel daripada terhadap populasi – misalnya, karena elemen sedemikian banyaknya maka akan memunculkan kelelahan fisik dan mental para pencacahnya sehingga banyak terjadi kekeliruan.


Demikian pula jika elemen populasi homogen, penelitian terhadap seluruh elemen dalam populasi menjadi tidak masuk akal, misalnya untuk meneliti kualitas jeruk dari satu pohon jeruk Agar hasil penelitian yang dilakukan terhadap sampel masih tetap bisa dipercaya dalam artian masih bisa mewakili karakteristik populasi, maka cara penarikan sampelnya harus dilakukan secara seksama. Cara pemilihan sampel dikenal dengan nama teknik sampling atau teknik pengambilan sampel. Populasi atau universe adalah sekelompok orang, kejadian, atau benda, yang dijadikan obyek penelitian. Jika yang ingin diteliti adalah sikap konsumen terhadap satu produk tertentu, maka populasinya adalah seluruh konsumen produk tersebut.


Jika yang diteliti adalah laporan keuangan perusahaan “X”, maka populasinya adalah keseluruhan laporan keuangan perusahaan “X” tersebut, Jika yang diteliti adalah motivasi pegawai di departemen “A” maka populasinya adalah seluruh pegawai di departemen “A”. Jika yang diteliti adalah efektivitas gugus kendali mutu (GKM) organisasi “Y”, maka populasinya adalah seluruh GKM organisasi “Y” Elemen/unsur adalah setiap satuan populasi. Kalau dalam populasi terdapat 30 laporan keuangan, maka setiap laporan keuangan tersebut adalah unsur atau elemen penelitian. Artinya dalam populasi tersebut terdapat 30 elemen penelitian. Jika populasinya adalah pabrik sepatu, dan jumlah pabrik sepatu 500, maka dalam populasi tersebut terdapat 500 elemen penelitian.


Contoh Populasi

penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pulang Panggung yang terdiri atas tujuh sekolah dengan penjabaran sebagai berikut

Tabel 3.2.

Data siswa kelas IV Di SD Pulang Panggung

No

Nama SD

Jumlah siswa kelas IV

1

SDN Pulang Panggung 02

11

2

SDN Pulang Panggung 02

17

3

SDN Air Bakoman 01

19

4

SDN Air Bakoman 02

17

5

SDN Talang Padang

24

6

SDN Naningan

19

7

SDN Tekad

21

Jumlah

128

Berdasarkan jumlah ke tujuh SD di Pulang Panggung tersebut, ada tiga SD yang sudah diuji homogenitas dan normalitasnya, dengan hasil data berdistribusi normal dan homogen, yaitu SD Air Bakoman, SD Talang Padang, dan SD Naningan.