Pengertian Perangkat Lunak – Sejarah, Fungsi, Jenis, Macam, Firmware, Software

Diposting pada

Pengertian Perangkat Lunak – Sejarah, Fungsi, Jenis, Macam, Firmware, Software : Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya.


√ Perangkat Lunak Komputer : Pengertian, Contoh, Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Informasi


Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh  komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya.


Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.


Sejarah Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.


  • Era Pioner

Perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat keras

  • Era Stabil

Perangkat lunak dapat mejalankan beberapa fungsi, mampu melayani banyak pengguna, mulai dikenal sistem basis data yang memisahkan program degan data


  • Era Mikro

Perangkat lunak mulai dibedakan menjadi 2, yaitu :

    1. perangkat lunak sistem : menangani maslah internal
    2. perangkat lunak aplikasi : digunakan untuk keperlua tertentu

  • Era Modern

Mulai mengenal masukan berbentuk suara dan gambar Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 9 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli


Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.


Fungsi Perangkat Lunak

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Jenis Jenis Perangkat Lunak

Berikut ini adalah jenis – jenis perangkat lunak.

  • Perangkat Lunak Aplikasi (application software)

Software application (perangkat lunak aplikasi) merupakan subkelas sebuah perangkat lunak kompiter yang berguna dalam kemampuan komputer langsung agar dapat melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Dan biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengitegrasikan berbagai kemampuan komuter, namun tidak secara langsung menerapkan kemampuan tesebut utnuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna.


  • Sistem Operasi (operating system) misalnya Linux.

operating system ; OS (sistem operasi) merupakan suatu komponen pengolah piranti lunak dasar (essential componen) yang tersistem sebagai sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, serta ada layanan umum sebagai aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, dengan pengevulaian perogram booting.

Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sangat sistematis  dan mencakup perhitungan pengguna memori, pemrosesan data, penympanan dara, serta sumber daya lainnya.


  • Alat Pengembang perangkat lunak (software development tool)

Seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal serta bahasa pemrograman tingkat rendah, seperti bahasa rakitan. Contoh umum perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org serta pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player.


  • Pengendali perangkat keras

Pemicu piranti (Device driver) merupakan sebuah istilah teknologi informasi yang mengacu pada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer sebagai komunikasi dengan perangkat keras. Sebagian dari perangkat keras, tidak akan bisa berjalan atau sama sekali tidak bisa berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal didalam sistem operasi.


Pada umumnya akan memuat ke dalam rungan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau sesuai dengan permintaan (saat ada intervensi pengguna atau masukan sebuah prangkat plug-and-play).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ 45 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan )


  • Perangkat lunak menetap (firmware)

Perangkat tegar (Firmware) merupakan sebuah istilah yang mengacu kepada rutin-rutin kerangkat lunak yang disimpan didalam Memori Hanya Baca. Tidak sama dengan Akses Acak, MHB tidak akan bisa berubah walaupun tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang bisa menyalakan komputer (startup) dan instruksi input/output dasar (seperti BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan didalam perangkat tegar.


Modifikasi memang bisa dilakukan, namun hal itu tergantung dari jenis ROM apa yang dipakai. Perangkat tegar yang disimpan dalam ROM tidak bisa diubah, namun perangkat tegar yang disimpan dalam ROM yang bisa diubah, seperti EEPROM atau Flash ROM, masih bisa diubah sesuka hati.


  • Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Perangkat lunak bebas (free software) merupakan sebuah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman serta Free Software Foundation yang mengarah pada perangkat lunak yang bebas untuk dipakai, dipelajari serta diubah dan bisa disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau juga beberapa keharusan untuk memastikan bahwa dalam kebebasan yang sama tetap bisa dinikmati oleh pengguna-pengguna berkutnya. Bebas disini memiliki arti dalam menggunakan, mengubah, mempeljari, mejual atau menyalin sebuah perangkat lunak, seseorang tidak harus meminta izin dari siapa pun.


Contoh
Contoh perangkat lunak bebas yang dikenal secara internasional adalah Dalam kategori Sistem operasi misalnya GNU/Linux, Darwin, BSD, Ubuntu, Debian, dan OpenSolaris. Dalam kategori Pemutar Media misalnya VLC, Rhythmbox dan Amarok


  • Perangkat lunak gratis (freeware)

Perangkat lunak gratis merupakan sebuah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis dipakai tanpa ada batas waktu, berbeda dari shareware yang memiliki kewajiban untuk pengguna membayar (contoh setelah jangka waktu percobaab tertentu atau untuk mendapatkan fungsi tambahan).


Para pengembang perangkat gratis sering membuat perangkat gratis “untuk disubangkan kepada komunikasi”, tetapi juga tetap ingin bertahan dalam hak cipta mereka sebagai pemgembang serta mempunyai kontrol terhadap pemgembang selanjutnya. Terkadang bila para pemrogram memtuska untuk berhenti mengembangkan sebuah peroduk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrograman lain atau membagikan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.


  • Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

Perangkat lunak kongsi (Shareware lebih mengacu pada perangkat lunak bermilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba serta sering dibatasi terhadap kombinasi dari fungsi, kenyamanan, atau ketersediaan.


Perangkat lunak kongsi sering ditawarkan sebagai unduhan dari sebuah situs web atau untuk cakram padat dengan disertai sebuah bacaan seperti majalah atau koran. Alasan dibalik pearngkat lunak kongsi ialah memberikan pembeli kesempatan utnuk mencoba memakai program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunka kongsi itu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Dinamika Penduduk : Pengertian, Dampak, Faktor Dan Solusinya Lengkap


  • Perangkat lunak perusak (malware)

Perangkat lunak perusak, Perangkat lunak berbahaya (malware, berasal dari lakuran kata malicious serta software) merupakan  sebuah perangkat lunak yang dibuat utnuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik.


Istilah tersebut merupakan istilah yang biasa dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai jenis perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu. Istilah ‘virus komuper’ terkadang digunakan sebagai pemikat (catch phrase) sebagai pencakup semua macam perangkat lunak berbahaya, termasuk juga virus murni (frue virus).


  • Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Perangkat lunak sumber terbuka adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, biasanya dikembangkan oleh sebuah komunitas yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.


Semua perangkat lunak bebas (free software) ialah perangkat lunak sumber terbuka, akan tetapi perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut.


Macam-macam Perangkat Lunak

Macam – macam perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu:

  • Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem Operasi perangkat lunak yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan masukkan, mengatur proses internal, mengelola penggunaan memori, dan memberikan keluara ke peralatan yang sesuai.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ Pengertian Kartografi Menurut Pendapat Para Ahli Serta Fungsi, Jenis Dan Tujuannya


  • Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program  pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

    1. Pemoses Kata : Word Star, Chi Write, MS Word
    2. Spreetsheet : Excel
    3. Multimedia : Winamp, Real Player
    4. Internet : browsing, email, chatting, messenger
    5. Pengolah gambar : Auto Cad
    6. Presentasi : Power Point

  1. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer. Bahasa Pemrograman  bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dijalankan komputer Contoh: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FOTRAN.


Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.


Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++


  • Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.


Contoh software ini diantaranya :