Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli : Website atau web merupakan suatu dokumen berupa sekumpulan halaman yang berisi berbagai informasi berbentuk digital. Informasi itu bisa berupa teks, gambar, animasi, video atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui internet dan dapat diakses oleh banyak orang di seluruh dunia selama memiliki koneksi internet.


Pengertian-Website-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Website

Website adalah kumpulan dari halaman – halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.


Dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi, Dan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Secara Lengkap


Pengertian Website Menurut Para Ahli

1. Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, layanan web adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.


2. Wahana Komputer

Web menurut wahana komputer adalah bentuk interaktif komunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer satu.


3. Sukarno dan Hianoto

Menurut Sukarno dan Hianoto, website adalah aset sama seperti halnya rumah dan saat ini mulai lumrah di perjualbelikan.


4. A. Taufiq Hidayatullah

Web menurut A.Taufiq Hidayatullah adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yaitu intrenet.


5. Haer Talib

Website Menurut Haer Talib adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Data Menurut Para Ahli, Beserta Jenis, Fungsi dan Contoh Data Lengkap


6. Ali Zaki & Smitdev Community

Ali Zaki & Smitdev Community mendefinisikan Website adalah beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.


7. Boone (Thomson)

Pengertian Website menurut Boone (Thomson) adalah kumpulan grafis yang kaya sumber daya yang saling berhubungan satu sama lain di Internet yang lebih besar.


8. Feri Indayudha

Menurut Feri Indayudha, Website adalah sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.


9. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.


10. Jasmadi

Pengertian website menurut Jasmadi adalah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli


11. Gregorius, 2000:30

Website Menurut Gregorius adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.


12. Hakim Lukmanul, 2004

Definisi Website menurut Hakim Lukmanul adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya


13. Sibero (2011 : 11)

“Website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet”.


14. Menurut Arief (2011 : 8)

“Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser”.


15. Wikipedia

Website menurut wikipedia adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.


16. Abdullah (2015:1)

“Website dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet”.


17. Nilasari (2014:2)

“Website atau sering disebut situs merupakan kumpulan halaman web yang dijalankan dari suatu alamat web domain.


18. Bekti (2015:35)

“Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing- masing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman”.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ Fungsi, Tujuan, dan Prinsip Manajemen Keuangan Lengkap


Sejarah WWW atau World Wide Web

WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.


WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.


Jenis Website

Jenis jenis website terdiri dari 3 macam yaitu

1. Website statis

Website statis adalah suatu website yang memiliki halaman yang tidak berubah. Artinya, untuk melakukan sebuah perubahan pada suatu halaman hanya dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.


Contoh website statis:

  • Website perusahaan (company profile)
  • Search Engine (Google, Bing)

2. Website dinamis

Website dinamis adalah suatu website yang secara strukturnya diperuntukkan untuk update sesering mungkin. Website ini selain utamanya untuk diakses oleh para pengguna juga telah disediakan halaman backhend yaitu untuk mengedit kode dari website tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Investasi Beserta Portofolio Dan Contohnya


Beberapa contoh website dinamis:

  • Blog/ website pribadi
  • Katalog online
  • Situs E-commerce
  • Situs Berita
  • Website Portal

3. Website interaktif

Website interaktif adalah suatu website yang diperuntukkan untuk berinteraksi dengan orang lain secara online. Pengguna website jenis ini biasanya komunitas atau pengguna internet aktif. Pengguna di website ini dapat berinteraksi dan beradu argumen tentang apa yang sedang mereka pikirkan.


Contoh Website :

  • Situs Media sosial
  • Situs forum online
  • Blog GuruPendidikan.Co.ID Ini

Manfaat Website

  • Website dapat menjadi sarana hiburan yang murah.
  • Website menjadi media pengenalan perusahaan atau lembaga.
  • Website dapat menjadi sarana informasi yang cepat dan mudah.
  • Website dapat menjadi sarana edukasi masyarakat.
  • Website dapat menjadi sarana berkomunikasi masyarakat diseluruh dunia.
  • Website dapat menjadi sarana pemasaran dan promosi bisnis yang efektif dengan jangkauan terluas.

Unsur unsur Website

Untuk membuat sebuah website tentunya harus tersedia unsur penunjangnya. Tanpa unsur penunjang ini website tidak dapat diakses. Berikut ini unsur-usnsur sebuah website.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


1. Nama Domain

Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di dunia internet. Contohnya http://wwww.gurupendidikan.co.id. Nama domain banyak diperjualbelikan di internet dengan status sewa tahunan.Beberapa penyedia domain seperti niagahoster, rumahweb, name.com, dll.


Nama domain memiliki identifikasi ekstensi atau akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Berikut ini contoh nama domain berekstensi lokal:

  • co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  • ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  • go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  • mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  • or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain

  • war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  • web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Selain berekstensi lokasi negara Indonesia, terdapat juga ekstensi International seperti com, net, org, info, biz, name, ws.


2. Web Hosting

Web hosting disebut juga dengan rumah penyimpanan data base seperti teks, gambar, video dll dari sebuah website . Sama sperti domain, web hosting juga diperoleh dengan cara menyewa dari para penyedia layanan web hosting.


Contoh penyedia layanan web hosting:

  • Rumahweb.id
  • Hostinger
  • Niagahoter, dll

3. Konten Website

Konten website merupakan isi dari sebuah website. Tanpa adanya konten website, tentu tidak ada yang ditawarkan kepada pengunjung dari website yang kita punya. Ibarat toko, website merupakan toko yang kita punya dan konten website adalah barang yang akan kita tawarkan kepada pembeli.


Pada umumnya konten website diciptakan atau dibuat oleh pemilik dan pembuat website. Misalnya website berbentuk blog yang berisi artikel atau gambar sesuia dengan topik blog tersebut. Namun ada pula website yang kontennya diciptakan oleh para user atau penggunanya, misanya situs forum seperti ads.id, bersosial.com. dll.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya


Tahapan Membangun Situs Website :

Berikut ini merupakan tahapan dalam membangun sebuah situs website yang bisa anda terapkan.

  1. Rekayasa dan Pemodelan Sistem/Informasi

Pada tahap ini dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset kebutuhan software tersebut. Pandangan sistem ini penting ketika software harus berhubungan dengan elemen-elemen lain seperti software, manusia, dan database. Rekayasa dan analisis sistem menyangkut pengumpulan kebutuhan pada tingkat sistem dengan sejumlah kecil analisis serta desain tingkat puncak.


  1. Planning (Perencanaan)

Pada tahap ini yaitu untuk menentukan tujuan dari software yang akan dibuat, melakukan analisis kebutuhan dna pengumpulan data yang diperlukan. Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan, khususnya pada kebuthan software. Untuk memahamai sifat program yang dibangun, analis harus memahami domain informasi, tingkah laku, unjuk kerja, dan interface yang diperlukan.


  1. Designing (Desain)

Desain software sebenarnya merupakan proses multi langkah yang berfokus pada empat atribut yang berbeda, yaitu struktur data, arsitektur software, representasi interface, dan detil (algoritma) procedural. Jadi pada tahap ini proses mendesain harus berdasarkan kebutuhan sehingga sesuai dengan yang diharapkan sebelum memulai pengkodean.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Inflasi Menurut Para Ahli Terlengkap


  1. Scripting (Pemograman)

Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. Dalam tahap ini adanya pembuatan kode. Jika desain dilakukan secara lengkap, pembuatan kode dapat diselesaikan secara mekanis.


  1. Testing (Pengujian)

Proses pengujian berfokus pada logika internal software untuk memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji, dan pada fungsi eksternal yaitu mengarahkan pengujian untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan memastikan bahwa dengan input yang terbatas akan didapatkan hasil actual yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Maintenance (Pemeliharaan)

Software mungkin akan mengalami perubahan setelah diserahkan kepada pelanggan. Perubahan bisa terjadi karena kesalahan-kesalahan tertentu, karena software harus diubah untuk mengakomodasikan perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya, atau karena pelanggan perlu melakukan pengembangan fungsional atau unjuk kerja. Pemeliharaan software mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan tidak dilakukan dengan membuat yang baru. Adapun tahapan pembangunan situs web dengan model sekuensial linier adalah sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Definisi Investasi Menurut Ahli Ekonomi


Fungsi Website :

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi komunikasi

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.


  1. Fungsi informasi

Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.


  1. Fungsi entertainment

Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.


  1. Fungsi transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Internet Dan Intranet Menurut Para Ahli [ Secara Lengkap ]