Pengertian Seni Musik – Unsur, Macam, Fungsi, Sumber, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Seni Musik – Unsur, Macam, Fungsi, Sumber, Contoh, Para Ahli : Seni Musik Sebuah hasil karya yang sangat mengagumkan yang bisa dikatakann tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia.


seni musik

Pengertian Seni Musik

Seni Musik Sebuah hasil karya yang sangat mengagumkan yang bisa dikatakann tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia. Saat mendengarkan sebuah nada bunyi yang menghasilkan sebuah harmonisasi yang berasal dari beberapa alat atau instrumen, “seni” dan “musik”. Arti kata seni sendiri merupakan sebuah ciptaan ataupun sebuah rasa manusia yang di tuangkan dalam sebuah sarana atau media.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Seni Rupa Murni Dan Terapan Beserta Perbedaannya


Sedangkan musik sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani “mousikos”, yang dari kata ini melambangkan dewa keindahan yang memiliki kekuasaan di bidang seni dan keilmuan. Jadi pada dasarnya seni musik adalah sebuah cabang seni yang mempunyai fokus menggunakan sebuah melodi, irama, harmoni, tempo, serta menggunakan sebuah vocal yang mempunyai peran sebagai sarana penyampainya perasaan sang seniman.


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Oleh karena itu disini akan mengulas tentang pengertian seni musik menurut para ahli.


1. David Ewen

Menurut David Ewen menyatakan bahwa Musik ialah suatu ilmu pengetahuan dan seni tentang sebuah kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal ataupun instrumental, yang meliputi sebuah melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama pada aspek emosional.


2. Dello Joio

Menurut Dello Joio menyatakan bahwa mengenal musik bisa memperluas pengetahuan dan pandangan selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pada pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.


3. Suhastjarja

Menurut Suhastjarja menyatakan bahwa Musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, serta memiliki suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.


4. Adjie Esa Poetra

Menurut Adjie Esa Poetra menyatakan bahwa Musik ialah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, yang melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.


5. Banoe

Menurut Banoe menyatakan bahwa kata musik berasal dari kata muse yakni salah satu dewa dalam suatu mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa musik ialah suatu cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam suatu pola-pola yang bisa dimengerti dan dipahami oleh manusia.


6. Jamalus

Menurut Jamalus menyatakan bahwa musik ialah sebuah hasil karya seni berupa bunyi dalam suatu bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan penciptanya melalui suatu unsur-unsur pokok musik yakni irama, melodi, harmoni, dan suatu bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.


7. Sylado

Menurut Sylado mengatakan bahwa musik ialah waktu yang memang untuk didengar. Musik adalah suatu wujud waktu yang hidup, yang merupakan suatu kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik yang berisi sebuah rangkaian nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati para pendengarnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Seni Menurut Para Ahli Dan Bentuknya


Unsur – Unsur Seni Musik

Jika penjelasan di atas tadi menerangkan mulai dari pengertian seni musik secara umum, musik menurut para ahli, serta fungsi dan manfaat musik untuk kehidupan. Tapi masih ada banyak penjelasan lagi yang akan kita bahas salah satunya adalah unsur seni musik. Tapi sebelum itu pasti semua masih bingung dengan apa yang disebut dengan nada dan instrumen.


Irama

Definisi dari irama atau ritme ialah pergantian panjang pendek, renda atau tingginya nada, serta keras atau lembutnya nada atau suara. Bisa dikatakan bahwa irama merupakan satu penentu ketukan dalam musik.


Beberapa faktor munculnya unsur musik ini biasanya karena terjadinya pengulangan suara, panjang pendek kata pada sebuah lagu, atau juga karena pergantian kata dalam lagu.


Melodi

Pengertian melodi yaitu sebuah kesatuan frase yang tersusun atas bunyi yang urut, interval, dan tinggi rendah yang tertata rapi atau terstruktur. Jika di lihat dari unsur-unsur yang lain, melodi merupakan salah satu nilai yang menjadi daya tarik sebuah karya musik itu sendiri.


Harmoni

Pengertian Harmoni dalam bagian seni musik merupakan sebuah kumpulan nada yang apabila nada tersebut di mainkan secara bersamaan akan menjadi suara yang sangat elok untuk di dengar. Selain itu harmoni juga bisa di definisikan sebagai sebuah deretan akord yang disusun secara rapi dan di mainkan sebagai sebuah iringan musik.


Birama

Pengertian dari birama adalah suatu unsur seni musik yang berbentuk sebuah ketukan atau bisa juga ayunan yang berulang dating dengan waktu yang sama dan teratur.

Tekadang penulisan birama ini sering kali di tulis dengan menggunakan sebuah angka pecahan misalnya 2/4, 2/3, 3/4, dan masih banyak lagi yang lainya.


Penggunaan tanda “/” (pembilang) mengisaratkan jumlah ketukan, dan sebaliknya angkat di bawah “/” (penyebut) menyiratkan nilai dari nada dalam satu ketukan.

Dalam birama sendiri juga masih di bagi dalam dua jenis yaitu yang pertama adalah birama yang mempunyai penyebut genap yang disebut dengan birama bainar, yang kedua birama yang memiliki penyebut ganjil di namakan sebagai birama ternair.


Tangga Nada

Pengertian dari tangga nada yaitu sebuah deretan nada yang tersusun berjenjang dari sebuah pokok suatu sistem pokok nada, mulai dari nada yang dasar sampai dengan nada yang beroktafnya tinggi, dan juga di mainkan sebagai sebuah unsur yang sangat penting dalam sebuah pertunjukan musik.


Pembagian dari tangga nada sendiri ada beberapa misalnya seperti skala mayor, skala minor, skala kromatik, skala pentatonik, dan masih banyak lagi yang lainya.

Tangga nada ini juga digunakan para komposer untuk mengarahkan para pemain musik dalam sebuah orkestra untuk memainkan nada sesuai yang di inginkan.


Tempo

Definisi tempo ialah sebuah ukuran kecepatan dari birama lagu, semakin cepat sebuah lagu yang dimainkan semakin cepat juga tempo dari lagu tersebut. Unsur-unsur sebuah seni musik yang satu ini juga di bagi menjadi bebarapa seperti : Largo, Lento, Adagio, Andate , Moderato, Allegro , Vivace, dan yang terkahir presto.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Estetika Dalam Seni Beserta Konsep Dan Sejarah Keindahannya


Music Art

Macam – Macam Seni Musik

Pada seiring prekembangan zaman penggunaan musik semakin juga maju dan berkembang. Banyak sekali  cabang seni musik  dan macam seni  musik yang tercipta karena pergantian zaman ini, berikut ini penjelasan dari jenis-jenis musik.


  • Musik Tradisional

Pengertian dari musik tradisional ini adalah sebuah warisan dari leluhur yang menggambarkan sebuah daerah dengan menggunakan suatu musik yang khas. Musik ini tumbuh pada satu wilayah tertentu dan di turunkan secara turun temurun dari nenek moyang. Oleh karena itu musik ini menggunakan bahasa dan gaya serta tradisi dari daerah tersebut.


  • Musik Modern

Pengertian musik modern ialah sebuah musik yang terlahir bukan karena tradisi masyarakat akan tetapi musik modern ini merupakan sebuah musik yang sudah berakulturasi dengan budaya baru dan teknologi baik dari instrumen ataupun cara penyajian musiknya.


Musik modern ini selalu berkembang seiring berkembangnya zaman, seni musik modern ini bersifat global atau universal. Penikmat dari musik ini bukan hanya masyarakat daerah sendiri akan tetapi mulai dari orang biasa juga bisa mengerti dan menikmati musik modern ini.


  • Musik Kontemporer

Pengertian seni musik kontemporer adalah sebuah seni musik yang popular sejak zaman 1990-an, musik ini menggunakan bukan alat musik aslinya akan tetapi nada dari alat musik tersebut cukup bagus seperti alat musik aslinya. Contoh penggunaanya seperti alat musik yang menggunakan barang bekas atau sebagainya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Prosa Lama Dan Baru Beserta Contohnya Lengkap


Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Alat Musik Melodis

yaitu alat musik yang memiliki nada. Berfungsi membawakan rangkaian melodi lagu atau aunan melodi sesuai notasinya.

Contoh : seruling, terompet, harmonika, flute, saxophone, recorder, dan trombone.


Alat Musik Ritmis

yaitu alat musik yang tak bernada. Berfungsi menstabilkan irama atau membawakan ketukan irama.

Contoh : ketipung, drum set, tamborin, kendang, dan triangel.


Alat Musik Harmonis

yaitu alat musik yang dapat menghasilkan akor. Berfungsi untuk mengiringi lagu.

Contoh : gitar, piano, akordion, keyboard, dan pianika.


Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyi

Aerophone

yaitu alat musik yang sumebrnya dari getaran udara. Jenis alat musik ini dimainkan dengan ditiup dan dipompa.  


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, 4 Unsur, Fungsi Dan Jenis Seni Tari Beserta Contohnya Terlengkap


  1. Contoh yang dimainkan dengan ditiup : melodion, recorder, tuba, seruling, klarinet, saxophone, dan lain-lain.
  2. Contoh yang dimainkan dengan dipompa : akordion.

Chordophone

yaitu jenis alat musik yang bersumber dari dawai. Jenis alat musik ini cara memainkannya dengan cara dipetik, ada yang digesek, ada juga yang ditekan.


  1. Contoh (dipetik) : ukulele, banjo, gitar, siter, harpa, kecapi, bas gitar, dan lain-lain.
  2. Contoh (digesek) : cello gesek, contra bas, biola, rebab, dan lain-lain.
  3. Contoh (ditekan) : piano akustik, dan orgen.

Idiophone

yaitu alat musik yang sumber suaranya dari alat itu sendiri. ara memainkannya dengan dipukul.

  • Contoh : belyra, perangkat gamelan, kulintang, ketipung, tamborin, calung, angklung, arumba, rebana, dan lain-lain.

Membranophone

yaitu alat musik yang sumber suaranya dari membran atau selaput, (membran dapat berupa : mika, kulit, plastik, atau fiberglass).

  • Contoh : tamborine, ketipung, tam-tam, snar drum, bedug, rebana, kendang, genderang, timpani, dan lain-lain.

Elektrophone

yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya dari rangkaian elektronika yang terdapat di dalam alat tersebut. Dengan kecanggihan tekhnologi alat tersebut dapat menghasilkan segala macam alat musik. Cara memainkannya cukup menekan tombol dan tuts yang ada.

  • Contoh : keyboard.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 21 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Terlengkap