Pengertian Pasar – Faktor, Fungsi, Jenis, Sifat, Tingkatan, Status

Diposting pada

Pengertian Pasar – Faktor, Fungsi, Jenis, Sifat, Tingkatan, Status : Pasar adalah suatu tempat bertemunya pembeli serta jugapenjual untuk melakukan sautu transaksi jual beli barang atau juga jasa.


Pengertian Pasar

Pengertian Pasar

Pasar adalah suatu tempat bertemunya pembeli serta jugapenjual untuk melakukan sautu transaksi jual beli barang atau juga jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar tersebut berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas nya bukan pada tempatnya.


Ciri khas dari sebuah pasar adalah ialah adanya kegiatan atau aktivitas transaksi atau jual beli. Para konsumen itu datang ke pasar untuk melakukan pembelian dengan membawa uang untuk membayar yang dibeli .


Stanton menyatakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar tersebut dikatakannya merupakan sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang untuk dapat berbelanja, serta kemauan untuk membelanjakannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Media Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Jenis Dan Fungsinya


Faktor – Faktor Pasar

Faktor-faktor yang menunjang terjadinya suatu pasar, yaitu :

  1. keinginan,
  2. daya beli,
  3. tingkah laku dalam pembelian.

Fungsi Pasar

Pasar mempunyai sekurang-kurangnya 3 fungsi utama, yakni  :

  1. fungsi distribusi
  2. fungsi pembentukan harga,
  3. fungsi promosi.

Sebagai fungsi distribusi, pasar tersebut berperan ialah sebagai penyalur barang serta jasa dari produsen ke konsumen dengan melalui transaksi jual beli. Sebagai fungsi pembentukan harga, di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan. Sebagai fungsi promosi, pasar itu juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk yang baru dari produsen kepada calon-calon konsumennya.


Jenis-Jenis atau Macam-macam Pasar

 Jenis-jenis pasar itu dapat kita bedakan menurut beberapa kategori, antara lain sebagai berikut:


Sifat Pembentukan Harga

  • Pasar persaingan adalah suatu pasar yang pembentukan harga ditentukan dengan adanya persaingan antara permintaan serta penawaran.
  • Pasar monopoli adalah suatu pasar yang penjual barang pada pasar hanya satu orang. Contohnya (PTKAI)PT Kereta Api Indonesia.

  • Pasar duopoli adalah suatu pasar yang penjualnya yang hanya 2(dua) orang serta menguasai penawaran suatu barang dan juga mengendalikan harga barang.
  • Pasar oligopoli adalah suatu pasar yang di dalamnya itu terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh salah satu dari penjual itu yang mengendalikan tingkat harga pada barang. Contohnya ialah  perusahaan otomotif Astra Indonesia.

  • Pasar monopsoni adalah suatu pasar yang pembentukan harga barangnya itu dikendalikan dengan 1(satu) orang atau juga  sekelompok pembeli.
  • Pasar duopsoni adalah suatu pasar pembentukan harga barangnya dikendalikan dengan 2(dua) orang atau juga dua kelompok pembeli.
  • Pasar oligopsoni adalah suatu pasar yang pembentukan harga barangnya dikendalikan dengan beberapa orang atau juga beberapa kelompok pembeli.

Pasar Menurut Bentuknya

Pasar Menurut Fisiknya

  • Pasar konkret (pasar nyata) adalah suatu tempat pertemuan diantara pembeli serta penjual melakukan transaksi dengan secara langsung. Barang yang diperjualbelikan tersebut juga tersedia di pasar.

  • Pasar abstrak (pasar tidak nyata) adalah suatu terjadinya transaksi diantara penjual serta pembeli hanya melalui telepon, internet, dan lain sebagainya berdasarkan contoh barang. Contohnya ialah telemarket serta pasar modal.

Pasar Menurut Waktunya

  • Pasar harian adalah suatu pasar yang aktivitas atau kegiatan nya berlangsung pada tiap-tiap  hari serta sebagian barang yang diperjualbelikan adalah suatu barang kebutuhan sehari-hari.
  • Pasar mingguan adalah suatu pasar yang aktivitas atau kegiatan nya itu berlangsung hanya seminggu sekali. Biasanya terdapat pada  daerah yang belum padat penduduk serta juga lokasi pemukimannya yang masih berjauhan.

  • Pasar bulanan adalah suatu pasar yang aktivitas atau kegiatan nya itu berlangsung hanya sebulan sekali. Biasanya barang atau produk yang diperjualbelikan itu adalah barang yang akan dijual kembali (agen atau grosir).
  • Pasar tahunan adalah suatu pasar yang aktivitas atau kegiatan nya berlangsung 1 tahun sekali, misalnya PRJ (Pasar Raya Jakarta).

Menurut Barang Yang Diperjualbelikan

  • Pasar barang konsumsi adalah suatu pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk  dapat memenuhi kebutuhan manusia.
  • Pasar sumber daya produksi adalah suatu pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi, ialah seperti   tenaga ahli, tenaga kerja, mesin-mesin, serta tanah.

Pasar Menurut Luas Kegiatannya

  • Pasar setempat adalah suatu pasar yang penjual serta pembelinya itu hanya dari penduduk setempat.
  • Pasar daerah atau juga pasar lokal adalah suatu pasar pada tiap-tiap daerah yang memperjualbelikan barang-barang yang diperlukan oleh penduduk daerah tersebut. Contohnya ialah Pasar Gede di Solo.

  • Pasar Nasional adalah suatu pasar yang melakukan kegiatan atau aktivitas transaksi  jual beli barang dengan mencakup satu negara contohnya pasar senen.
  • Pasar Internasional adalah suatu pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang dengan keperluan masyarakat internasional. Contohnya ialah pasar kopi di Santos (Brasil).

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Media Massa” Pengertian & ( Jenis – Karakteristik – Fungsi – Perkembangan )


Status Pasar

Status pasar ini memberikan pengertian adanya pasar resmi dan pasar tidak resmi/liar. Pasar resmi adalah pasar dan tempat berjualan umum yang ditetapkan oleh pemerintah daerah yang terdapat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk mengadakan penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa.


Dikarenakan lokasinya ditetapkan oleh pemerintah daerah maka lokasi bangunan pasar telah memenuhi persyaratan perencanaan kota maupun teknis bangunan. Namun untuk pasar tidak resmi/liar adalah yang mempunyai pengertian fungsi yang sama hanya statusnya yang berbeda atau ilegal.


Tingkatan Pasar

Pengertian tingkatan pasar dapat dibedakan atas pasar induk dan pasar bawahan. Pengertian pasar induk adalah suatu tempat sebagai pemusatan pedagang- pedagang besar atau grosir yang mempunyai peranan aktif dalam pemasaran barang- barang yang sesuai dengan jenis komoditi, dengan jalan mengatur suplai, pembentukan harga sesuai dengan permmintaan. Satu pasar induk akan membawahi/terdiri atas beberapa pasar bawahan.


Dalam Perda yang sama, letak ruang dagang pada sebuah pasar juga diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Paling Baik (PB) adalah toko, kios yang menghadap keluar pasar, pinggir jalan yang dilewati pada jalan utama masuk dan keluar pasar;
  • Baik (B) adalah toko, kios antara yang dilewati pada jalan utama masuk dan keluar pasar;
  • Cukup (C) adalah toko, kios yang dilewati jalan samping untuk masuk dan keluar pasar;
  • Sedang (S) adalah kios, meja dan gelaran yang tidak termasuk pada kategori PB,B, dan C.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, fungsi Dan Unsur Seni Musik Secara Lengkap