Pengertian Monera – Sejarah, Ciri, Golongan, Bakteri, Jenis, Peran, Ganggang Biru, Contoh

Diposting pada

Pengertian Monera – Sejarah, Ciri, Golongan, Bakteri, Jenis, Peran, Ganggang Biru, Contoh : Kata monera berasal dari bahasa yunani, yaitu moneres yang artinya tunggal. Hal tersebut sesuai dengan jumlah sel anggota monera, yaitu bersel tunggal.

monera

Pengertian Monera

Kata monera berasal dari bahasa yunani, yaitu moneres yang artinya tunggal. Hal tersebut sesuai dengan jumlah sel anggota monera, yaitu bersel tunggal. Struktur sel monera masih sederhana. Inti selnya belum mempunyai membran inti (karioteka) yang sehingga monera digolongkan sebagai prokariot.


oleh sebab itu, anggota dari kingdom monera termasuk dari kelompok organisme prokariot bersel tunggal (uniseluler). Monera merupakan bentuk kehidupan paling sederhana yang ada. Monera memegang peranan penting dalam sesuatu mendaur ulang zat makanan mineral. kelompok ini mempunyai jumlah lebih dari 4.000 spesies.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian dan 20 Struktur Sel Bakteri


Kingdom ini dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria (Schizomycetes) dan Cyanophyta atau alga hijau-biru. Pengelompokan ini sekarang tidak digunakan lagi, setelah berbagai temuan menunjukkan bahwa Cyanophyta sekarang ini lebih tepat dianggap sebagai bakteria dan dinamakan sebagai Cyanobacteria.


Sejarah klasifikasi Monera

Awalnya dalam klasifikasi Systema Naturae hanya ada hewan, tumbuhan, dan mineral. Mineral lalu dibuang dari klasifikasi makhluk hidup. Setelah ditemukannya mikroskop, para ilmuwan mulai menggolongkan mikroorganisme ke dalam hewan dan tumbuhan. Tahun 1866 Ernst Haeckel mengajukan sistem tiga kingdom, yaitu menambahkan Protista sebagai kingdom baru yang berisi sebagian besar makhluk hidup microskopik.


Salah satu dari 8 divisio Protista adalah Moneres, yang meliputi sekelompok bakteri seperti Vibrio. Kemudian para ilmuwan membuktikan bahwa kingdom Protista hampir tidak ada kemiripannya untuk dijadikan sebuah kingdom.


Meskipun kita bisa membedakan prokaryota dan eukaryota dari ada/tidaknya inti sel, mitosis atau fisi biner sebagai cara berkembang biak, ukurannya, dan ciri lain, tapi monofilia dari Monera masih kontroversial selama beberapa dekade. Tahun 1937 Édouard Chatton mengusulkan klasifikasi dua kingdom, Eukaryota dan Prokaryota, meskipun papernya tidak banyak ditinjau ulang sampai tahun 1962, karena dia tidak menekankan pembeda antar dua kingdom itu, seperti para ahli biologi di masa itu.


Roger Stanier dan C. B. van Niel percaya bahwa bakteri (pada saat itu alga hijau-biru belum masuk bakteri) dan alga hijau-biru berasal dari induk yang sama, yang kemudian membuat dia mengeluarkan pernyataan di tahun 1970, “Alga hijau-biru tidak ada bedanya dengan bakteri”.


Di tahun 1949, E. G. Pringsheim dalam tulisannya mengatakan bahwa bakteri dan alga hijau-biru berasal dari induk yang berbeda. Tahun 1974, Bergey’s Manual mengeluarkan istilah cyanobacteria untuk mengacu pada alga hijau-biru, membuatnya diterima ke dalam kelompok Monera.


Tahun 1969, Robert Whittaker mengusulkan sistem lima kingdom. Sistem ini meletakkan sebagian besar makhluk hidup bersel satu ke dalam Monera (prokaryota) ataupun Protista (eukaryota). Tiga kingdom lainnya adalah dari eukaryota: Fungi, Hewan, dan Tumbuhan. Namun Whittaker tidak percaya bahwa semua kingdomnya monofilia.


Tahun 1977, sebuah paper dari PNAS ditulis oleh Carl Woese dan George Fox mengusulkan bahwa Archaea (sebelumnya dinamai archaebacteria) tidak lebih dekat dengan Bakteri daripada dengan eukaryota. Paper ini menjadi halaman utama di koran The New York Times dengan kontroversi yang besar. Karena diterima khalayak, kingdom Monera akhirnya diganti menjadi dua kingdom baru Bacteria dan Archaea.


Akan tetapi, Thomas Cavalier-Smith tidak pernah terima dengan pembagian menjadi dua kelompok ini, dan mempublikasikan bahwa archaebacteria adalah bagian dari sebuah subkingdom dari Kingdom Bacteria.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Jamur Zygomycota Beserta Ciri-Cirinya


Ciri-Ciri Dan Kingdom Monera

Kingdom Monera dikategorikan sebagai kingdom yang beranggotakan seluruh organisme prokariotik, yaitu semua jenis makluk hidup yang tidak memiliki membran atau selaput inti. Sehingga ciri-ciri umum Kingdom Monera :


  1. Sel tubuhnya termasuk prokariotik.
  2. Struktur tubuhnya sangat sederhana, umunya uniseluler.
  3. Ada yang bersifat Autotrof dan Heterotrof.
  4. Metabolisme secara anaerobik atau aerobik.
  5. Habitat di darat, perairan atau udara.
  6. Perkembangbiakan kebanyakan secara vegetatif.
  7. Kebanyakan anggotanya tidak bergerak.

Golongan Kingdom Monera

Kingdom monera dibagi menjadi 3 golongan, yaitu  ,Archaebacteria, Eubacteria dan Cyanophyta (Cyanobacteria).


  1. Archaebacteria

    Kelompok bakteri purba yang hidup pada habitat ekstrem seperti disumber air panas dan telaga garam. Sering disebut bakteri primitif dan diduga sebagai makluk hidup yang pertama muncul di bumi.


  2. Eubacteria

    Kelompok bakteri yang lebih kompleks/sempurna bila dibandingkan dengan Archaebacteria, sering juga disebut bakteri sejati atau bakteri yang sesungguhnya.


  3. Cyanophyta

    Sering juga disebut ganggang hijau-biru yaitu organisme yang ciri-cirinya lebih menyerupai bakteri daripada ciri-ciri ganggang (alga), sehingga sering disebut Cyanobacteria.


Bakteri (Schizomycetes)

Bakteri mempunyai sel uniseluler dan prokariotik. Pada umumnya tidak mmepunyai klorofil, namun ada yang mempunyai klorofil yang sehingga bisa melakukan fotosintesis. Ukuran pada bakteri sangat kecil, hanya beberapa mikron.


Reproduksi secara seksual bisa dilakukan dengan cara konjungsi (pemindahan DNA dari donor ke penerima melalui kontak langsung), Transformasi (pemindahan DNA bakteri ke bakteri lain), dan transduksi (pemindahan DNA bakteri melalui perantara virus).


Reproduksi yang secara aseksual pada bakteri pada umumnya dengan pembelahan biner. Bakteri membelah secara langsung menjadi 2 sel anakan, yaitu pada kondisi normal membelah setiap 20 menit sekali.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Gulma Dan Penyakit Pada Tumbuhan Beserta Contohnya


Jenis-Jenis Bakteri

Berikut Ini Merupakan Jenis-Jenis Bakteri.


a. Berdasarkan bentuknya bakteri dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

  • Kokus (bulat). contoh : Staphylococcus aureus (jenis bakteri ini yang menyebabkan terjadinya penyakit radang paru-paru)
  • Basil (Batang). Contoh : Bacillus anthracis (jenis bakteri ini yang menyebabkan terjadinya penyakit antraks)
  • Spiral (berbengkok-bengkok). Contoh: Treponema pallidum (jenis bakteri in yang menyebabkan penyakit sifilis)

b. Berdasarkan kebutuhan oksigen, yaitu :

  • Bakteri aerob yakni jenis bakteri yang membutuhkan oksigen untuk hidup, contohnya pada bakteri Nitrosomonas
  • Bakteri anaerob yaitu jenis bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidup. contohnya pada jenis bakteri Clostridium tetani

c. Berdasarkan cara mendapatkan makanan, yaitu :

  • Bakteri hetrotof, yaitu jenis bakteri yang makanan nya diperoleh dari organisme lain.
  • Bakteri saprofit, yaitu jenis bakteri yang makanannya diperoleh dari sisa-sisa organisme lain. contohnya pada bakteri  escherichia

  • Bakteri parasit, yaitu jenis bakteri yang makanannya didapatkan dari organisme yang ditumpanginya. Biasa nya bakteri merugikan. contohnya yaitu bakteri Mycobacterium tuberculosis

  • Bakteri Autotrof, yaitu jenis bakteri yang makanannya diperoleh dengan membuat sendiri
  • Bakteri Fotoautotrof, yaitu jenis bakteri yang dalam membuat makanannya dengan bantuan sebuah energi cahaya matahari. contohnya pada bakteri hijau biru.

d. Berdasarkan jumlah dan letak flagela, yaitu :

  • Monotrik, memiliki satu flagela pada salah satu ujungnya
  • Lofotrik, memiliki banyak flagela pada salah satu ujungnya

  • Amfitrik, yaitu masing-masing memiliki satu atau banyak flagela pada kedua ujungnya
  • Peritrik, yaitu memiliki banyak flagela pada semua permukaan tubuh
  • Atrik, yaitu yang tidak memiliki flagela

Monera

Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Berikut Ini Merupakan Kenguntungkan Dan KerugikanPeran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Strategi Pemasaran Serta Hal Penting Dari Sudut Pandang Penjual Dan Konsumen


Bakteri Menguntungkan

  • Dalam bidang pertanian, jenis bakteri yang bisa menambah dalam kesuburan tanah. contohnya yaitu : Acetobacter choroocum, Rhizobium Leguminosarum, dan Clostridium pasteurianum (mengikat N2 dari udara)

  • Penghsil antibiotik. jenis bakteri ini yang bisa menghasilkan antibiotik. contohnya pada jenis bakteri : Streptomyces griceus (pengasil streptomisin), streptomyces venezuelae )penhasil kloromisin), dan Bacillus brevis (penghasil gramisidin)

  • Penghasil bahan makanan dan minuman. jenis bakteri ini yang bisa menghasilkan makanan dan minuman. contohnya pada bakteri : Lactobacillus casei (pembuatan keju dan minuman nata de coco), Streptococcus lactis dan S. cremoris (pembuatan keju dan mentega)

  • Dalam proses pembusukan. jenis bakteri yang satu ini yang berguna dalam proses pembusukan. Contohnya yaitu pada jenis bakteri Acetobacter sp (penghasil asam cuka dan asam asetat), Clostridium butricum (penghasil asam butirat), dan propioni bacterium (penghasil asam propionat)

  • Peranan bakteri yang lain bisa digunakan dalam pembuatan biogas, pengolahan limbah, rekayasa genetik, dan lain sebagainya.

Bakteri Merugikan

  • Salmonella typhosa jenis bakteri ini yang menyebabkan penyakit tifus
  • Shigella dysenteriae jenis bakteri yang satu ini yang menyebabkan timbulnya penyakit disentri

  • Neisseria Meningitidis jenis bakteri ini yang menyebabkan timbulnya penyakit meningitis
  • Neisseria gonorrhoeae jenis bakteri yang satu ini yang menyebabkan timbulnya penyakit kencing nanah

  • Mycobacterium tuberculosis jens bakteri ini yang menyebabkan timbulnya penyakit tuberkulosis
  • Mycobocterium leprae jenis bakteri ini yang menyebabkan penyakit lepra

Ganggang Biru (Cyanobacteria)

Ganggang biru yaitu yang mempunyai klorofil yang sehingga bisa berfotosintesi dan menghasilkan oksigen. ganggang biru mempunyai macam-macam jenis, yaitu seperti ganggang biru yang ber sel satu, ganggang biru berkoloni, dan ganggang biru yang berbentuk benang.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 13 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli Didunia


Jenis-Jenis Ganggang Biru (Cyanobacteria)

Berikut Ini Merupakan  Jenis-Jenis Ganggang Biru (Cyanobacteria).


  • Ganggang Biru yang ber sel satu

    yaitu salah satu jenis ganggang biru yang ber sel satu.
    contohnya : Chroococcus, jenis yang satu ini hidup didasar kolam atau tembok yang basah.


  • Ganggang Biru Berkoloni

    jenis ganggang biru yang satu ini mempunyai sumber makanan untuk masa yang akan mendatang.
    Contohnya : pada Spirulina sp yang merupakan smber makanan alternatif mendatang.


  • Ganggang Biru Berbentuk Benang

    yaitu salah satu jenis ganggang biru yang mempunyai bentuk benang.
    Contohnya : pada jenis Oscillatoria, berbentuk benang yang tersusun atas sel-sel yang pipih rapat dan tidak diselubungi lendir.


Peranan Ganggang Biru Bagi Kehidupan Manusia

Peranan Keuntungkan Dan Kerugikan Ganggang Biru Bagi Kehidupan Manusia.


Ganggang Biru Menguntungkan

  • Jenis ganggang hijau biru bersel satu yaitu vegetasi perintis, hal ini dikarenakan ganggang tersebut mampu atau bisa mengawali kehidupan sebelum organisme lainnya bisa hidup disuatu tempat.

  • Sejumlah ganggang biru berfilamen (bentuk benang) bisa mengikat nitrogen bebas dari atmosfer dan diubah menjadi sebuah amoniak. Contohnya yaitu Nostoc sp, Gloeocapsa sp, dan anabaena sp.

  • Dalam sebuah ekosistem perairan bisa sebagai produsen bagi zooplankton. udang dan ikan.
  • Bisa Sebagai sumber makanan alternantif, yang mengandung asam amino, protein, karoten, vitamin B12, dan zat besi, dikenal sebagai PST atau Protein sel tunggal. contohnya yaitu pada spirulina sp.

Ganggang Biru Merugikan

  • Pada sebuah Ganggang biru yang hidup di air ada yang mengeluarkan sebuah racun
  • bisa melapukan tembok dan batu
  • Genus Anabaena dan Oscillatoria yang menghasilkan neurotoksin yang menyerang saraf.

Jenis-jenis monera mempunyai peranan dalam kehidupan, dan bisa juga merugikan bagi kehidupan manusia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Jenis, Habitat, Pengertian Bakteri Beserta Bakteri Penyebab Penyakit