Pengertian Media Sosial – Sejarah, Fungsi, Peran, Jenis, Ciri, Pertumbuhan, Dampak, Para Ahli : Sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun Web 2.0 ideologi dan teknologi, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.
Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh orang di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun Web 2.0 ideologi dan teknologi, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 7 Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001.
Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli
Ini merupakan beberapa definisi dari para ahli:
-
Menurut Chris Garrett
Media sosial adalah alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang dengan satu sama lain dan memiliki kepentingan atau kepentingan yang sama.
-
Menurut Sam Decker
Media sosial adalah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antara satu sama lain.
-
Menurut Marjorie Clayman
Media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
-
Menurut Lisa Buyer
Mendefinisikan media sosial sebagai bentuk hubungan masyarakat (PR) adalah yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini.
-
Menurut Antony Mayfield
Media sosial adalah tentang menjadi manusia. Orang biasa yang berbagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, pemikiran, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan dan membangun sebuah komunitas.
-
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
Mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun Web 2.0 ideologi dan teknologi, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli Dunia
Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu dari sistem komunikasi. Maka dari itu, ada beberapa fungsi media sosial jika dikaitkan dengan system komunikasi, antara lain:
-
Administrasi
Media sosial dapat digunakan untuk mengorganisasikan profil karyawan perusahaan dalam jariangan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Dengan membentu sebuah media sosial, masyarakat dapat dengan mudah menemukan perusahaan dan segala jenis bentuk administratifnya.
-
Mendengarkan dan Belajar
Melalui media sosial, perusahaan dapat mendengarkan dan belajar dari apa yang ada di media tersebut. Informasi dari media sosial membuat perusahaan tahu mnegenai apa yang pasar inginkan dan bagaimana memuaskan mereka. Informasi yang relevan dapat membantu perusahaan untuk mebcapai visi dan misi mereka.
-
Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2 apa yang akan organisasi lakukan untuk memuaskan pasar, maka organisasi bisa berpikir dan menetapkan perencanaan berkomunikasi ke pasar. Bagaimana teknologi sosial dapat meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
-
Pengukuran
Setelah melihat langkah 1-3, Perusahaan dapat memiliki pengetahuan dan data yang relevan dengan pasar. Dari data tersebut, perusahaan dapat mengukur dan dapat menetapkan langkah-langkah efektif untuk mengkur apakah metode yang digunakan adalah metode yang terbaik (Wijaya, 2013)
Peran Media Sosial
Media sosial seperti YouTube, blog, facebook, twitter memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak, iklan, TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli
-
Kesederhanaan
Sederhana dalam hal ini berarti simple atau mudah digunakan. Jika dibandingkan dengan media lainnya, oaring tanpa latar belakang IT pun dapa menggunakan media sosial, yang dibutuhkan hanya computer dan koneksi internet.
-
Membangun Hubungan
Media konvensional seperti TV dan radio hanya bisa menjalin komunikasi satu arah, namun media sosial dapat melakukan komunikasi 2 arah. Perusahaan dapat langsung memperoleh feedback atau umpan balik secara langsung sehingga hubungan terlihat lebih interaktif.
-
Jangkauan Global
Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna. Pengiriman pesan melalui media sosial tidak dibatasi dengan waktu dan lokasi geografis.
-
Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama (Wijaya, 2013)
Jenis-Jenis Mendia Sosial
Teknologi media sosial mengambil bentuk bentuk, termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, rating dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori di bidang riset media (kehadiran sosial, kekayaan Media) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel mereka Bisnis Horizons diterbitkan pada tahun 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial:
-
Proyek kolaborasi
Situs ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengubah, menambah, atau menghapus konten sedikit – konten yang tersedia di website ini. contoh wikipedia
-
Blog dan microblog
Pengguna bebas untuk mengekspresikan sesuatu dalam blog ini seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. misalnya twitter
-
Konten
Pengguna situs ini pengguna mengklik setiap konten saham – konten media, seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. Situs jejaring sosial misalnya youtube
-
Situs jejaring sosial
Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi yang bisa menjadi seperti foto – foto. Contoh facebook
-
Virtual game world
Sebuah dunia maya, di mana lingkungan 3D mengreplikasikan, di mana pengguna bisa datang dalam bentuk yang diinginkan dan berinteraksi dengan orang lain baik di dunia nyata. untuk game online misalnya.
-
Virtual social world
Virtual dunia di mana pengguna merasa hidup di dunia maya, seperti dunia game virtual, berinteraksi dengan orang lain. Namun, Dunia Virtual Sosial lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan, seperti Second Life.
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Definisi Hukuman Mati Menurut Para Ahli Didunia
Ciri – Ciri Media Sosial
Media sosial mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial seperti sekarang karena semua orang bisa memiliki media sendiri. Jika Anda memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna dapat mengakses media sosial menggunakan media sosial dengan jaringan yang mengakses internet lambat meskipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik teks, gambar, video, grafis, dan berbagai model konten lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah tentang orang-orang. Orang biasa yang berbagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, pemikiran, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan dan membangun sebuah komunitas. Pada intinya, dengan menggunakan media sosial membuat kita diri kita sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan menciptakan kebutuhan personal branding.
Perkembangan media sosial sangat cepat, itu dapat dilihat dari banyaknya jumlah anggota yang dimiliki masing – masing situs jejaring sosial, tabel berikut jumlah anggota masing – masing situs di kutip dari (Agustus E. Hibah: 297) pada tanggal 1 Mei 2010:
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : stilah Hukum (Advokat) Di Indonesia Secara Lengkap
Media sosial dan swasta
Kerangka Honeycomb mendefinisikan bagaimana sosial media layanan fokus pada beberapa atau semua tujuh blok bangunan fungsional (identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, hubungan, reputasi, dan kelompok). Blok bangunan ini untuk membantu memahami perlunya media penonton keterlibatan sosial. Sebagai contoh, pengguna LinkedIn peduli tentang identitas, reputasi dan hubungan, sedangkan blok bangunan utama berbagi YouTube, percakapan, reputasi dan kelompok.
Banyak perusahaan membangun wadah sosial sendiri yang mencoba untuk menghubungkan tujuh blok bangunan fungsional sekitar merek mereka. , Ini adalah komunitas swasta yang melibatkan orang-orang di sekitar tema yang lebih sempit, seperti di sekitar panggilan tertentu, merek atau hobi, dari platform media sosial seperti Facebook atau Google+.
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat halaman web pribadi, dan kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Di antara yang terbesar jaringan sosial lainnya Facebook, MySpace, Plurk, dan Twitter. Jika menggunakan media cetak dan media penyiaran tradisional, media sosial penggunaan internet. Sosial media mengundang siapapun yang tertarik untuk berpertisipasi untuk berkontribusi secara terbuka dan umpan balik, komentar, dan berbagi informasi dalam waktu singkat dan terbatas.
Saat ini, internet dan teknologi ponsel menjadi, media sosial yang lebih canggih, juga berkembang pesat. Sekarang untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan ponsel. Sehingga orang dapat dengan cepat mengakses fenomena media sosial mengakibatkan arus utama informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatan media sosial juga mulai muncul menggantikan peran media massa konvensional dalam menyebarkan berita.
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Fungsi Dan Tugas Customer Service Secara Lengkap
Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial
Berikut ini merupakan dampak positif dan negatif dari media sosial:
Dampak Positif
- Mempererat silaturahim: Dalam hal bersilaturahim, penggunaan media sosial ini sangat cocok untuk dapat berinteraksi dengan orang yang berjauhan tempat tinggalnya.
- Menambah wawasan dan pengetahuan: Akhir-akhir ini banyak akun sosial media yang selalu membagi wawasan dan pengetahuan, hal ini sangat menarik karena kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan secara praktis.
- Menyediakan informasi yang tepat dan akurat: Informasi dapat kita peroleh dari sosial media, baik itu informasi perguruan tinggi, lowongan kerja, ataupun beasiswa.
- Menyediakan ruang untuk berpesan positif: Penggunaan sosial media saat ini sudah banyak digunakan oleh para tokoh agama,ulama, ataupun motivator.
- Mengakrabkan hubungan pertemanan: Media sosial akan mengakrabkan suatu pertemanan, kala seseorang malu bertanya di dunia nyata.
Dampak Negatif
- Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
- Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri.
- Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social.
- Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan.
- Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
- Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Jasa Menurut Para Ahli Beserta Karakteristik Dan Bisnis Dibidangnya