Pengertian Manajemen Investasi – Metode, Struktur, Teori, Kendala, Tipe, Industri

Diposting pada

Pengertian Manajemen Investasi – Metode, Struktur, Teori, Kendala, Tipe, Industri : Manajemen investasi merupakan suatu manajemen profesional yang memegang berbagai sekuritas atau surat berharga seperti, saham, obligasi serta aset yang lainnya seperti properti bertujuan untuk mencapai target investasi yang dapat menguntungkan untuk investor.


Manajemen investasi

Pengertian Manajemen Investasi

Manajemen investasi merupakan suatu manajemen profesional yang memegang berbagai sekuritas atau surat berharga seperti, saham, obligasi serta aset yang lainnya seperti properti bertujuan untuk mencapai target investasi yang dapat menguntungkan untuk investor. Investor tersebut bisa berupa institusi ( perusahaan asuransi, perusahaan, dana pensiun dll) atau bisa juga merupakan investor perorangan, dimana sarana yang dipakai umumnya berupa kontrak investasi atau yang biasanya dipakai ialah kontrak investasi kolektif (KIK) seperti redaksiana.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 7 Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli


Likup jasa dalam pelayanan manajemen investasi merupakan yang termasuk melakukan pemilihan aset, pemilihan saham, analisis keuangan, pemantauan investasi dan implementasi perencanaan. Di luar industri keuangan, terminologi “manajemen investasi lebih mengarah terhadap investasi lainnya selain daripada investasi dibidang keuangan seperti merek, proyek, paten dan masih banyak yang lainnya selain dari oligasi dan saham. Manajemen investasi adalah industri global yang begitu besar dan memegang peran yang sangat penting dalam pengelolaan triliunan dolar, euro, pound dan yen.


Metode pendekatan investasi

Banyak motode dalam pendekatan yang berbeda dari cara pengelolaan investasi yang bisa dilakukan terhadap suatu perusahaan manajemen investasi, seperti pertumbuah (growth), pasar netral, nilai (value fund), indeks, kapitalisasi kecil dan lainnya. Metode yang berbeda tersebut masing-masing mempunyai fitur, lingkungan finansial tertentu, penganut, sifat risiko khusus yang berbeda.


Struktur Portolio

Bisnis fokus pada industri manajemen investasi adalah manajer bertugas untuk berinvestasi dan melakukan divestasi investasi nasabah. penasihat investasi dari perusahaan manajemen investasi bersertifikat harus mengelola investasi dari klien sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing pelanggan, di mana penasihat keuangan akan merekomendasikan bentuk yang tepat dari investasi untuk nasabahnya.

  1. Alokasi aset
  2. Investasi jangka panjang
  3. Diversifikasi

Dana kelolaan manajemen investasi secara global

Aset industri manajemen investasi global meningkat pesat dan pada tahun 2006 mencapai rekor 55 triliun dolar, meningkat 10% dari tahun sebelumnya dan meningkat 55% jika dihitung sejak tahun 2002.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli Dunia


Total aset dana pensiun mencapai 20,6 triliun dolar pada tahun 2005 di mana 16,6 triliun diinvestasikan di asuransi dan 17,8 triliun di reksadana. Merrill Lynch untuk menilai nilai setiap investasi mencapai 33,3 triliun, di mana sepertiga ditempatkan dalam bentuk lain dari manajemen investasi konvensional.


Pada tahun 2005, 48% dari total dana investasi global dari Amerika Serikat dan Jepang posisi berikutnya adalah jumlah 11% dan Inggris dengan 7%. Kawasan Asia Pasifik menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Negara-negara seperti China dan India menawarkan perusahaan potensial dan banyak beredar meningkatkan fokus mereka pada daerah.


Teori Manajemen Investasi

Manajemen Investasi adalah Manajemen profesional yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya seperti properti dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.


Investor tersebut dapat berupa institusi (Perusahaan Asuransi, Dana Pensiun, Perusahaan, dll) ataupun dapat juga merupakan investor perorangan, dimana sarana yang digunakan biasanya berupa kontrak investasi atau yang umumnya digunakan adalah berupa Kontrak Investasi Kolektif (KIK) seperti reksadana. Lingkup jasa pelayanan manajemen investasi adalah termasuk melakukan analisa keuangan, pemilihan aset, pemilihan saham, implementasi perencanaan serta melakukan pemantauan terhadap investasi.


Diluar industri keuangan, Manajemen Investasi juga merujuk pada investasi lainnya selain daripada investasi dibidang keuangan seperti misalnya proyek, merek, paten dan banyak lainnya selain daripada saham dan obligasi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli


Kendala operasional

Beberapa kendala dalam mengoperasikan usaha manajemen investasi ini antara lain di antaranya:

  1. Laba kotor yang diperoleh terkait langsung dengan valuasi nilai pasar sehingga kejatuhan nilai pasar dari aset akan mengakibatkan penurunan drastis laba kotor relatif terhadap biaya.
  2. Sulitnya mempertahankan kinerja pengelolaan investasi sehingga mencapai nilai di atas rata-rata dan pelanggan biasanya menunjukkan sabarannya kurangnya saat ini kinerja investasi yang buruk.

  3. Sebuah gaji manajer investasi yang sukses sangat mahal dan memiliki kemungkinan dibajak oleh pesaing.
  4. Pencapaian kinerja investasi atas rata-rata tergantung pada keunikan dari keahlian manajer investasi, tetapi pelanggan tidak pernah mengabaikannya dan hanya cukup melihat keberhasilan perusahaan yang menyebabkan filosofi dan disiplin internal.

  5. Analis yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan laba di atas rata-rata sering telah menetapkan kondisi keuangan sehingga mereka akan menolak tawaran pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mengelola portofolio sendiri.


Industri Manajemen Investasi

Kegiatan usaha manajemen investasi terdiri dari beragam bidang termasuk mempekerjakan manajer profesional investasi, penelitian, berfungsi agar dan perdagangan (kesepakatan), pemukiman, pemasaran, audit internal, dan menyiapkan laporan bagi nasabahnya.


Manajemen industri manajemen investasi melibatkan begitu banyak pihak yang menunjukkan bagaimana kebutuhan kompleks industri ini. Selain karyawan yang membawa pelanggan datang ke industri pemasaran, ada juga petugas kepatuhan (untuk memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan yang berlaku oleh perusahaan), auditor internal (untuk mengaudit sistem internal dan melaksanakan fungsi kontrol internal), keuangan (untuk mencatat transaksi keuangan), ahli komputer dan karyawan pendukung lainnya (untuk mencatat setiap transaksi dan keuangan penilaian ribu pelanggan korporat).


Tipe Dan Jenis Perusahaan Pada Investasi Tidak Langsung

Perusahaan Investasi adalah perusahaan perantara keuangan yang menjual saham kepada masyarakat umum dan menanamkan dana pada beragam sekuritas atau asset lainnnya. Perusahaan investasi juga mengelola atau mengatur portofolio dari sekuritas.

Perusahaan investasi bergerak sebagai saluran yang mendistribusikan dividen, bunga dan realized gains. Pada investasi tidak langusng terdapat beberapa perusahaan investasi, yaitu :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Definisi Hukuman Mati Menurut Para Ahli Didunia


  • Perwalian Investasi Unit/ Unit Investment Trust

Perwalian Investasi Unit merupakan trust yang menerbitkan portofolio yang dibentuk dari surat-surat berharga berpenghasilan tetap (misal bond) dan ditangani oleh orang kepercayaan yang independen.


Sertifikat portofolio ini dijual kepada investor sebesar nilai bersih total aktiva yang tergabung di dalam portofolio ditambah dengan komisi. Investor dapat menjual balik sertifikat ini kepada trust sebesar nilai bersih sertifikat tersebut ( net asset value atau NAV). Besarnya NAV per-sertifikat adalah total nilai pasar dari sekuritas-sekuritas yang tergabung di portofolio dikurangi dengan biaya-biaya yang terjadi dan dibagi dengan jumlah sertifikat yang diedarkan.


  • Exchange Traded Funds

Yaitu upaya pendanaan yang secara sederhana dapat diartikan sebagai reksadana yang diperdagangkan dalam Bursa Efek dan menawarkan diversifikasi pada sektor, area geografis atau bahkan seluruh pasar. Sifat – sifat dari exchange yaitu :


    1. Dijual seperti saham individu yang berarti dapat dibeli secara banyak atau sedikit
    2. Biaya manajemennnya lebih rendah dibandingkan biaya yang terendah dari reksadana
    3. Para investor mengontrol capital gains ataupun capital lose.

  • Perusahaan Reksadana Tertutup/ Closed-end Investment Companies

Perusahaan reksadana tertutup merupakan perusahaan investasi yang hanya menjual sahamnya dalam jumlah yang tetap yaitu sebanyak saat penawaran perdana saja. Biasanya perusahaan investasi ini tidak menawarkan lagi tambahan lembar saham, kecuali jika ada penawaran public berikutnya.


Lembar saham yang sudah beredar dari penawaran perdana diperdagangkan di pasar sekunder dengan harga pasar yang terjadi  di pasar bursa. Pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan sekuritas yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana.


  • Perusahaan Reksadana Terbuka / Open-end Investment Companies

Dikenal dengan nama perusahaan reksadana. Menurut Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27) reksadana didefinisikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam protofolio efek oleh manajer investasi.


Perusahaan reksadana ini adalah perusahaan investasi yang mengelola portofolio dan menjual kepemilikan portofolionya di pasar modal. Perusahaan investasi ini masih terus menjual kepemilikan portofolionya kepada investor. Juga pemegang kepemilikan portofolio dapat menjual kembali kepemilikan portofoliona ke perusahaan reksadana bersangkutan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : stilah Hukum (Advokat) Di Indonesia Secara Lengkap


DAFTAR PUSTAKA
Jones,Charles.2009. Investment Analysis & Management,8th edition in Indonesian Adaption.
Hartono,Jogiyanto.2015. Edisi 10 Teori Portofolio dan Analisis Investasi