Pengertian Ikhtisar

Diposting pada

Pengertian Ikhtisar, Ciri, Fungsi, Tujuan, Langkah, Kegunaan dan Contoh : Merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah tulisan dalam bentuk yang sangat singkat. Ikhtisar merupakan bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan rekomendasi.

Ikhtisar 


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Karangan” Pengertian & ( Jenis – Fungsi – Manfaat – Unsur )


Pengertian Ikhtisar

Ikhtisar (summary) merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah tulisan dalam bentuk yang sangat singkat. Ikhtisar merupakan bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan rekomendasi. Ikhtisiar mengandung topik persoalan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tersebut. Menurut Juhara (2003).


Ikhtisiar adalah penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana. Ikhtisiar berfungsi sebagai garis-garis besar masalah dalam sebuah wacana yang berukuran pendek atau sedang. Ikhtisiar yaitu penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional.


Pada dasarnya Penulis ikhtisar dapat langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematik pemecahannya. Untuk ilustrasi beberapa bagian atau isi dari beberapa bab dapat diberikan untuk menjelaskan initi atau pokok masalah tadi, sementara bagian atau bab-bab yang kurang penting dapat diabaikan.


Untuk hal ini ikhtisar dapat membantu kita dalam pemahaman karangan asli dengan cermat dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan cepat, penulis tidak akan membuat ringkasan dengan baik bila kurang cermat membaca, bila ia tidak sanggup membeda-bedakan gagasan utama dari gagasan-gagasan tambahan. Selain itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, serta menghindari uraian-uraian yang panjang lebar yang mungkin menyelusup masuk dalam karangan tersebut.


Ikhtisar berbeda dengan ringkasan walaupun kedua istilah itu sering disamakan tapi sesungguhnya keduanya berbeda, ringkasan merupakan penyajian singakt dari suatu karangan asli namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Jadi dapat disimpulkan bahwa ringkasan merupakan keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.


Sedangkan ikhtisar tidak perlu mempertahankan urutan isi karangan asli, selain itu ikhtisar juga tidak perlu memberikan isi dari karangan secara profesional. Penulis ikhtisar dapat langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematika pemecahannya. Sebagai ilustrasi, beberapa bagian atau isi dari beberapa bab, dapat diberikan untuk menjelaskan inti atau pokok masalah tersebut. Sementara bagian atau pokok yang kurang penting dapat dihilangkan. Untuk bentuk ikhtisar lebih bebas dari pada ringkasan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Prosa – Pengertian, Jenis, Ciri, Bentuk, Contoh


Ciri dan Fungsi Ikhtisar

Ciri-ciri Ikhtisar

  1. Tidak mempertahankan urutan gagasan.
  2. Bebas mengkombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti.
  3. Tujuannya untuk mengambil inti.

Fungsi Ikhtisar

  1. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
  2. Memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan.
  3. Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat.

Ikhtisar dapat membantu kita dalam pemahaman karangan asli dengan cermat, dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan cepat.

Penulis tidak akan membuat ringkasan dengan baik bila kurang cermat membaca, bila ia tidak sanggup membedakan gagasan utama dari gagasan-gagasan tambahan. Selain itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, serta menghindari uraian-uraian yang panjang lebar yang mungkin menyelusup masuk dalam karangan tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Konjungsi : 20 Contohnya, Pengertian, Dan Macamnya [ LENGKAP ]


Tujuan dan Kegunaan Ikhtisar

Tujuan Membuat Ikhtisar

  • Ikhtisar dibuat untuk ditempatkan pada awal artikel sebagai penjelasnya, namun ikhtisar juga dapat berdiri sendiri.
  • Ikhtisar merupakan bagian yang sangat penting sesudah kesimpulan dan rekomendasi.

Kegunaan Ikhtisar

Sebelum kita mengetahui cara dalam membuat ikhtisar, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui fungsi atau kegunaan dari ikhtisar itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi dari ikhtisar antara lain yaitu:

  • Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
  • Memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan.
  • Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat memahami ikhtisan

Pembuatan Ikhtisar

Langkah-langkah menyusun ikhtisar hampir sama dengan langkah- langkah dalam menyusun rangkuman. Hanya saja, setelah membaca bacaan yang akan diikhtisarkan, penulis dapat langsung menambah dengan pengetahuan yang dimiliki yang sesuai dengan bahan kajian dalam bacaan yang akan diikhtisarkan. Hasil penggabungan tersebut selanjutnya ditulis kembali dalam sebuah ikhtisar yang koheren.


Berikut ini cara membuat   ikhtisar,  yaitu:

  1. Membaca naskah asli beberapa kali (setidak-tidaknya dua kali).
  2. Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah.
  3. Menulis ikhtisar.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Ejaan Bahasa Indonesia


Langkah Menyusun ikhtisar

Sebuah ikhtisar yang baik disusun berdasarkan 7 langkah berikut ini:

  1. Menetapkan tujuan membaca gagasan apa yang saya butuhkan?
  2. Membaca dengan cermat apa relevasi gagasan yang saya perlukan itu dalam konteks tulisan saya ini?
  3. Mencatat gagasan yang penting dari sudut pandang penyusunan ikhtisar dengan kata-kata sendiri.
  4. Menyusun kerangka tulisan.
  5. Menulis ikhtisar.
  6. Mengecek kembali tulisan asli untuk meyakinkan bentuk semua gagasan yang penting telah terjadi.
  7. Mengoreksi kesalahan bahasa dan kesalahan cetak.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Teori Evolusi Menurut Para Ahli Dan Perbedaan Beserta Bantahannya


Contoh Ikhtisar

Petenis dua bersaudara

“Petenis dua bersaudara, Serena dan Venus William, tampil dengan gemilang dalam sebuah turnamen bergengsi dunia. Serena menjuarai tunggal putri setelah mengalahkan Martina Hingis dan petenis kakak  beradik itu menjuarai ganda putri setelah mengandaskan pasangan Amerika / Prancis pada Turnamen Seri Grand Slam Amerika serikat terbuka 1999. Prestasi Serena – Venus tersebut membanggakan ayah mereka, Richard William.


Dari bacaan tersebut kita bisa membuat Ikhtisar atau rangkuman seperti berikut :
1. Pasangan Serena-Venus Williams membanggakan ayah mereka .
2. Serena mengungguli Martina Hingis.
3. Pasangan Serena – Venus Menjuarai ganda putri.


Tantangan biar suka membaca

Apa sih sebenarnyaWJLRC itu? Mungkin sebagian  udah ada yang tau dan ikutan kali  ya,tapi biar makin pol ,belia ngobrol  langsung  sama ketua pelaksana jambore literasi ini  yaitu Pak edi parmadi yang belia temui di lokasi,rabu (1/11/2017).kata Pak Edi,WJLRC ini merupakan pengembangan dari program gerakan Literasi Sekolah ( GLS ).awalnya terinspirasi waktu 700 guru sekolah di jawa barat melakukan kunjungan ke adelaide,australia selatan untuk pelatihan singkat.Nah,di adelaide sana ada yang namanya Premier`s Reading Challenge yang mewajibkan setiap siswa membaca minimal 10 buku selama satu tahun untuk kemudian mereview dan menceritakan lagi isi buku yang dibaca dengan tujuan meningkatkan budaya literasi bagi siswa.


 Terus nih,pas pulang dari adelaide,para guru yang ikut pelatihan ini mencoba menerapkan reading challenge itu disekolahnya masing masing.mereka bikin forum untuk mengembangkan model yang cocok yang akhirnya diberi nama “’West Java Leader’s Readibg Challenge”.tantangannya sendiri  berupa membaca minimal 24 buku,2 diantaranya berbahasa daerah selama 10 bulan.terus siswa juga harus mempresentasikan dan mendiskusikan buku yang dibaca bareng teman sekelompoknya dan bikin review tertulisnya.


selama dikembangkan sejak tahun 2012,banyak program yang dibentuk salah satunya tahun 2015 ada pertukaran medali antara peserta WJLRC dan PRC yang ada di australia.terus tahun 2016 ,peserta yang ikutan WJLRC bakal dikasih medali kalau dia berhasil menyelesaikan tantangan dengan baik.naaah,jambore literasi inilah yang digunakan sebagai momen apresiasi sekaligus  penganugrahan medali bagi mereka yang berhasil.


Selama dua hari mengikuti jambore literasi,banyak banget kegiatan seru yang diikuti para peserta diantaranya ikutan kaulina barudak yang terdiri atas beberapa permainan jadul tapi seru kayak bebetengan,balap enggrang.batok kalapa,dan katapel.terus ada berburu harta karun,belajar bahasa isyarat ,tantangan  write a thon alias nulis satu cerita secara estafet,dan masih banyak lagi.terus nih,buat guru guru yang mendampingi juga enggak ketinggalan ,ada workshop wokshop yang bisa mereka ikuti selama kegiatan.malamnya,ada pentas seni yang isinya penampilan dari perwakilanb peserta dan penutupan ada pengalungan medali.


WJLRC merupakan pengembangan dari program gerakan literasi sekolah ( GLS ).  WJLRC ini pada awalnya di mulai dari 700 guru di jawa barat yang mengikuti pelatihan di adelaide yaitu Australia selatan. Jadi pada awalnya setelah guru guru tersebut mengikuti pelatihan, mereka  mewajibkan para murid di sekolahnya untuk membaca minimal 10 buku selama 1 tahun untuk mereview buku dan menceritakan kembali isi buku tersebut. Program tersebut dinamai READING CHALLENGE  . kemudian mereka membuat forum untuk mengembangkan program yang lalu dengan nama WEST JAVA LEADERS READING CHALLENGE, Tantangannya  berupa membaca minimal 24 buku dalam 10 bulan.


Kemudian beberapa siswa yang  berhasil menyelesaikan tantangan tersebut diberikan hadiah mendali melalui jambore literasi. Selama 2 hari mengikuti jambore banyak kegiatan yang dilakukan yaitu seperti mengikuti kaulinan barudak, mencari harta karun, belajar bahasa isyarat, tantangan nulis satu cerita secara estafet ( write a thon ) dan masih banyak lagi.


Kota Hiroshima

Sekitar 30.000 hingga 50.000 orang berkumpul di kota Hiroshima, Jepang untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom atom di kota itu pada tanggal 6 Agustus 1945 yang menewaskan sekitar 14.000 jiwa. Mereka bersama-sama mengheningkan cipta selama 60 detik dan melepaskan ratusan burung dara pada upacara peringatan ini. Upacara tersebut akan dilanjutkan pada hari kamis 9 Agustus 2001 di Kota Nagasaki yang 56 tahun yang lalu juga di bom AS sehingga menewaskan sekitar 70.000 orang pada peringatan itu Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi meminta kepada seluruh dunia untuk menghapus sejata nuklir.


DAFTAR PUSTAKA
Kunjana Rahardi, Muhamad. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Keraf, Gorys. 1993. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Sahara, Siti. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta.