Novel – Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur, Perbedaan, Nilai, Tips, Para Ahli

Diposting pada

Novel – Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur, Perbedaan, Nilai, Tips, Para Ahli : Dalam hal ini Novel merupakan sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, biasanya dalam bentuk cerita.

"Novel" Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri - Jenis - Unsur )

Pengertian Novel

Dalam hal ini Novel merupakan sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut dengan novelis, kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti “sebuah kisah atau sepotong berita”. Novel lebih panjang setidaknya 40.000 kata dan lebih kompleks dari cerpen dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak. Pada umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehar-hari dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Unsur Intrinsik Terlengkap


Novel merupakan salah satu bentuk dari sebuah karya sastra, novel merupakan cerita fiksi dalam bentuk tulisan atau kata-kata dan mempunyai unsur instrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan mengenai kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Dalam sebuah novel, si pengarang berusaha semaksimal mungkin untuk mengarahkan pembaca kepada gambaran-gambaran realitas kehidupan melalui cerita yang terkandung dalam novel tersebut.

Banyak sastrawan yang memberikan yang memberikan batasan atau definisi novel, batasan atau definsi yang mereka berikan berbeda-beda karena sudut pandang yang mereka pergunakan juga berbeda-beda.


Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Adapun definsi novel menurut para ahli dibidangnya yang diantaranya yaitu:

Menurut Jakob Sumardjo

Novel ialah bentuk sastra yang paling popular di dunia, bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat.


Menurut Drs. Rostamaji, M.Pd, Agus Priantoro, S.Pd

Novel merupakan karya sastra yang mempunyai dua unsur yaitu: undur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang kedua saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra.


Menurut Paulus Tukam, S.Pd

Novel ialah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsic.


Menurut Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd. Dra. Abdul Roni, M. Pd.

Novel ialah bentuk karya sastra yang didalamnya terdapat nilai-nilai budaya social, moral, dan pendidikan.


Ciri-Ciri Novel

Adapun ciri-ciri yang terdapat dalam novel antara lain:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :  Pengertian Artikel Dan Contohnya Lengkap


  • Bentuk covernya yang sering menonjolkan warna cerah, ilustrasi agak ramai.
  • Dari segi penokohan menampilkan tokoh yang tidak jelas identitas tradisi-kulturalnya, bisa dilihat dari namanya, contohnya Frans, Boy dan Andrew, Latarnya biasanya ditandai dengan latar perkotaan.
  • Tema yang diangkat biasanya menyangkut kisah percintaan remaja yang masih bersekolah.
  • Dari segi latar tempat dan peristiwa, cenderung menampilkan latar kontemporer dengan berbagai peristiwa yang aktual.
  • Tampilannya tokoh-tokoh yang stereotip.

Jenis-Jenis Novel

Adapun jenis-jenis novel yang diantaranya yaitu:

Novel Berdasarkan Kejadian Nyata Dan Tidak Nyata

  • Novel fiksi

    ialah novel yang tidak nyata atau tidak ada kejadian di dunia, novel ini hanya fiktif “karangan” dari pengarang. Contohnya: Harry Potter.

  • Novel non-fiksi

    ialah novel dari kejadian yang pernah ada atau ilmiah. Contohnya ialah laskar pelangi.


Novel Berdasarkan Genre Cerita

  • Novel romantis

    cerita yang digambarkan dalam novel ini berupa kasih sayang dan cinta. Contohnya ayat-ayat cinta.

  • Novel horor/menyeramkan

    novel ini berisi tentang cerita yang menakutkan. Contohnya bangku kosong.


  • Novel misteri

    novel ini berisi tentang misteri.Contohnya novel Agatha Christie.

  • Novel komedi

    novel ini berisi tentang cerita komedi yang membuat kita ketawa. Contohnya kambing jantan.

  • Novel inspiratif

    berisi tentang cerita kisan inspiratif.Contohnya negeri 5 menara.


Novel Berdasarkan Isi Dan Tokoh

  • Novel teenlit

    novel ini berisi tentang cerita remaja, contohnya ialah novel Dealova.

  • Novel Chicklit

    novel ini berisi tentang cerita perempuan muda dan permasalahn yang dihadapinya.Contohnya ialah Miss Jutek.


  • Novel Songlit

    novel ini dibuat berdasarkan cerita dari sebuah lagu.

  • Novel Dewasa

    novel ini berisi tentang cerita orang dewasa. Contohnya ialah novel Saman dan Larung.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Prosa Lama Dan Baru Beserta Contohnya Lengkap


Unsur-Unsur Novel

Adapun unsur-unsur novel yang diantaranya yaitu:

Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik ialah unsur pembangun sastra dalam atau yang ada dalam sastra itu sendiri. Unsur Intrinsik novel meliputi:

  • Tema
  • Tokoh
  • Penokohan
  • Latar
  • Alur
  • Amanat
  • Sudut pandang

Unsur Ekstrinsik

Unsur-unsur ekstrinsik novel ialah unsur dari laur novel tersebut, adapun beberapa unsur Ekstrinsik novel yaitu:

  • Sejarah/Biografi
  • Situasi dan Kondisi
  • Nilai-nilai dalam cerita

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 4 Manfaatnya Secara Lengkap


Perbedaan Novel dan Hikayat

PembedaNovelHikayat
TemaModern, bersifat rasionalTradisional
Tokoh & penokohanMasyarakat sentrisIstana Sentris
LatarAda di kehidupan sehari-hariDalam kehidupan istana
BahasaIndonesia modernMelayu kuno(klise)
PengarangNamanya dicantumkanAnonim
Sudut pandangOrang pertama, kedua, ketigaOrang ketiga
Pembagian BabAda pembagian bab/judulTidak ada pembagian bab

Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Novel Sastra

  • Nilai Sosial

Nilai sosial ini akan membuat orang lebih tahu dan memahami kehidupan manusia lain.

  • Nilai Ethik

Novel yang baik dibaca untuk penyempurnaan diri yaitu novel yang isinya dapat memausiakan para pembacanya, Novel-novel demikian yang dicari dan dihargai oleh para pembaca yang selalu ingin belajar sesuatu dari seorang pengarang untuk menyempurnakan dirinya sebagai manusia.


  • Nilai Hedorik

Nilai hedonik ini yang bisa memberikan kesenangan kepada pembacanya sehingga pembaca ikut terbawa ke dalam cerita novel yang diberikan

  • Nilai Spirit

Nialai sastra yang mempunyai nilai spirit isinya dapat menantang sikap hidup dan kepercayaan pembacanya. Sehingga pembaca mendapatkan kepribadian yang tangguh percaya akan dirinya sendiri.


  • Nilai Koleksi

Novel yang bisa dibaca berkali-kali yang berakibat bahwa orang harus membelinya sendiri, menyimpan dan diabadikan.

  • Nilai Kultural

Novel juga memberikan dan melestarikan budaya dan peradaban masyarakat, sehingga pembaca dapat mengetahui kebudayaan masyarakat lain daerah.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sinonim, Antonim, Hipernim, Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap


Tips menulis novel

Banyak sekali orang mencari tips bagaimana menulis novel. Sebenarnya tidak perlu cara khusus untuk bisa menulis novel yang terpenting kalau menurut saya, “membuat suatu karya adalah sebuah imajinasi dari sebuah kreativitas jadi tulis saja apa yang ada di kepala kita”.


Banyak orang yang salah tujuan dalam membuat novel. Mungkin benar seandainya kita membuat novel nantinya pasti ingin kita terbitkan dan kenyataan yang harus dihadapi kalau menerbitkan sebuah novel itu ternyata susah dan buat pemula pasti sering menyerah dan berputus asa ketika karyanya tidak lolos seleksi penerbit.


Ok kita tinggalkan dulu pembahasan tadi. Bila kalian yang membaca ini adalah seorang penulis amatir yang baru belajar membuat novel, satu hal yang perlu kalian ingat “Jangan menulis novel untuk penerbit”  maksudnya banyak sekali orang bermimpi menghasilkan sebuah novel yang bisa diterbitin dan membuat kita menjadi langsung terkenal. Bermimpi seperti itu boleh saja tapi harus diingat bahwa kenyataannya kalian masih “pemula”. Dalam kenyataan tidak ada kesuksesan yang instan butuh sebuah latihan berkali-kali bahkan sering gagal itu adalah suatu kewajaran.


Saya tidak akan membahas secara teknik penulisan yang mudah dalam membuat novel karena saya sendiri bukan atau bisa dibilang juga tidak ngerti dengan EYD atau bagaimana menulis yang baik. Langsung saja ini tips dari saya buat kalian yang ingin bisa membuat novel (bukan tips membuat novel yang langsung terkenal) :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Manfaat Kalimat Abstrak Lengkap


  1. Menulislah untuk orang yang kalian sayang, misalkan orang tua atau pacar atau sahabat kalian. Seperti yang saya bilang tadi jangan menulis untuk penerbit karena karya yang hebat itu terlahir dari sebuah niat tulus dari pembuatnya, contohnya Laskar pelangi yang awal niatnya hanya untuk hadiah gurunya, malah menjadi buming seperti sekarang.

    Sebenarnya intinya bukan itu sih, ketika kita membuat karya untuk orang yang kita sayangi maka kita akan memiliki sebuah power tambahan untuk bisa menyelesaikan karya novel kita, karena membuat novel itu butuh kesabaran, komitmen menyelesaikan dan terus berpikir kreatif untuk menemukan ide-ide baru sehingga novel yang kita buat nantinya bisa baik.


  2. Tulislah apa yang ada dipikiran kalian, jangan memikirkan apakah ide yang muncul di kepala itu bagus atau tidak. Kalau ada ide langsung tulis, baru kalau sudah selesai cerita yang kita buat, kita lakukan revisi dan pengeditan.

  3. Tetap komitmen untuk menyelesaikan novel kita. Jujur pengalaman saya membuat novel pendek sepanjang 130 halaman butuh waktu empat bulan dan pada bulan pertama novel yang saya buat terhapus dari laptop  dan parahnya lagi data filenya tidak bisa direcovery akhirnya buat lagi dari awal. Karena saat itu saya membuat novel itu untuk hadiah cewek yang saya suka jadi mau gak mau harus diselesaikan. Singkat cerita novel itu jadi.

  4. Nah setelah cerita novel yang kita buat jadi lalu apakah harus berhenti begitu saja? Banyak penulis pemula yang setelah menyelesaikan novelnya berhenti pada tahap ini, sebenarnya hal ini adalah sebuah kesalahan. Kenapa?

Setelah selesai menulis pasti berencana untuk menerbitkannya. lalu karya itu dikirim ke penerbit dan parahnya novel ditolak lalu kecewa dan membuat novel lagi! Oya setelah selesai menulis sebaiknya kalian jadikan novel yang kalian tulis ini menjadi sebuah buku, maksudnya? Jadikan benar-benar buku seperti novel yang dijual di toko dan kalian harus membuat sendiri mulai dari desain covernya, ngeprint dan kalau jilidnya minta tolong ke tukang fotokopi biar bagus.


Apa gunanya? Kalau boleh saya bilang itu sangat berguna menjadikan novel yang kita tulis menjadi sebuah buku. Banyak yang putus asa membuat novel karena mereka tidak mendapatkan hasil yang nyata. Ketika kita menjadikan novel yang kita buat dalam sebuah buku kita akan merasakan sebuah hasil yang nyata dan terlihat walaupun masih belum bisa lolos seleksi penerbit.


Kita akan memiliki kumpulan novel-novel kitayang tersimpan rapi dirak buku dan akan membuat kita bangga dan percaya diri untuk menulis lagi dan ketika kita bisa menyelesaikan satu tulisan maka kemampuan kita akan bertambah dan karya yang tercipta selanjutnya akan lebih sempurna lagi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Macam-Macam Kata Sapaan Beserta Contohnya Lengkap