Negara Berkembang – Pengertian, Ciri, Dampak, Manfaat, Contohnya

Diposting pada

Negara Berkembang – Ciri, Dampak Dan Manfaat, Contohnya : Secara umum  yang termasuk negara-negara berkembang adalah negara-negara yang memiliki tingkat pendapatan rendah, menengah-bawah, dan menengah atas. Menurut Bank Dunia, negara berpendapatan rendah dan menengah kadang-kadang disebut sebagai negara berkembang.


Penggunaan istilah tidak dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa semua ekonomi dalam grup tersebut mengalami perkembangan serupa atau ekonomi lainnya telah mencapai sebuah pilihan atau tahap akhir pembangunan.  Klasifikasi menurut pendapatan tidak selalu mencerminkan status pembangunan.


negara-berkembang

Pengertian Negara Berkembang

Negara berkembang atau sering disebut dengan negara-negara dunia ketiga yaitu negara-negara yang baru saja meraih kemerdekaan dari negara-negara maju.


Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini yaitu : negara-negara di Asia Tenggara (kecuali Singapura), negara-negara di Amerika Latin, Afrika, negara-negara di Eropa Timur, dan Asia (kecuali Jepang, Korea Selatan, Australia dan Singapura).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Seni Patung” Pengertian Dan ( Jenis – Fungsi – Bentuk – Teknik )


Penggunaan kata berkembang berbeda dengan kata tidak berkembang. Suatu negara disebut tidak berkembang bila memang tidak memiliki potensi untuk berkembang, misalnya negaranegara di gurun


gersang yang tidak mempunyai sumber daya untuk melakukan pembangunan. Kata ”berkembang” berarti bahwa negara-negara tersebut sedang mengalami suatu proses pembangunan menuju kemajuan.


“Negara berkembang yaitu negara yang rakyatnya mempunyai tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan.”


Ciri-Ciri Negara Berkembang

Di negara berkembang memang sebagian besar penduduk dalam taraf menengah kebawah, kesenjangan sosial masalah ekonomi dan korupsi banyak dijumpai, ada juga yang hampir mendekati negara terbelakang (miskin), jadi apa saja ciri-ciri negara berkembang yaitu sebagai berikut :

Loading...

Produsen Barang-barang Primer

Barang-barang  primer adalah produksi dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan, dan penggalian. Sebagian besar negara sedang berkembang merupakan produsen barang-barang dari sektor ini sehingga sebagian besar tenaga kerja bekerja di sektor primer tersebut.


Pada umumnya tenaga kerja yang bekerja disektor ini lebih dari 60%. Hal ini juga dikarenakan negara sedang berkembang memiliki faktor produksi alam dan tenaga kerja yang relatif banyak.


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Konjungsi : 20 Contohnya, Pengertian, Dan Macamnya [ LENGKAP ]


Memiliki Masalah Tekanan Penduduk

Negara sedang berkembang biasanya menghadapi masalah tekanan penduduk. Masalah tekanan penduduk ini terdiri dari beberapa hal berikut ini.


  • Pengangguran di desa-desa : Hal ini disebabkan jumlah tanah  yang tidak bisa menampung peningkatan jumlah penduduk yang sangat cepat sehingga tenaga kerja yang menganggur.
  • Kenaikan jumlah penduduk yang cepat : Angka kelahiran negara sedang berkembang biasanya sangat tinggi sehingga penduduk bertambah dengan sangat cepat.

  • Tingkat kesehatan yang rendah  : Biasaya negara sedang berkembang memiliki tingkat kesehatan penduduk yang rendah sehingga angka kematian juga sangat tinggi

Penduduk Masih Terbelakang

Negara sedang berkembang memiliki penduduk yang masih terbelakang. Hal ini berarti kualitas penduduk sebagai faktor produksi masih rendah. Banyak tenaga kerja dinegara berkembang yang kuramg efisien dalam bekerja, memiliki mobilitas yang rendah dan sangat sulit untuk berpindah pekerjaan.


Kekurangan Kapital

Sebagian negara besar berkembang kekurangan kapital atau modal untuk membangun perekonomian mereka. Hal ini dikarenakan belum terbentuknya modal dari tabungan masyarakat. Akibatanya untuk membangun perekonomian, negara berkembang meminjam uang dari negara maju.


Menurut M. Suparmoko, kekurangan modal ini emrupakan lingkaran yang tidak berujung pangkal. Artrinya kekurangan modal disebabkan karena rendahnya tingkat investasi.


Tingkat investasi yang rendah disebabkan oleh rendahnya tingkat tabungan yang merupakan akibat dari rendahnya penghasilan masyarakat. Rendahnya tingkat penghasilan masyarakat disebabkan oleh rendahnya tingkat produktivitas tenaga kerja, sumber daya alam, dan modal. Hal ini akan terus berulang dan tidak ada habisnya.


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Semantik Menurut Para Ahli


Sumber-sumber Alam Belum Banyak Diolah

Negara sedang berkembang kesulitan untuk mengolah sumber alam yang tersedia melimpah. Hal ini merupakan akibat sedikitnya modal, tenaga kerja, keahlian, dan ilmu pengetahuan.


Akibatnya sumber alam yang tersedia tersebut hanya menjadi sumber daya potensial dan belum menjadi sumber daya riil yang bisa membantu memperbaiki kondisi perekonomian.


Orientasi Perdagangan Luar Negeri

Semua negara di dunia melakukan perdagangan internasional. Namun intensitas perdagangan internasional ini sangat terasa dinegara berkembang. Negara berkembang terutama memperdagangkan barang-barang primer untuk diekspor dan jenisnya sedikit.Sedikit sekali negara berkembang yang mengekspor barang sekunder atau tersier  bahkan hampir tidak.


Kegiatan perdagangan luar negeri yang dilakukan negar berkembang ini bukan menunjukan suatu surplus, tetapi lebih karena negara berkembang tersebut belum mampu mengolah sumber daya primer tesebut menjadi sumber daya riil.


Michael P. Todaro dalam bukunya Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga mengemukakan beberapa ciri penting negara berkembang yaitu :


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Makalah Teks Debat


  • Standar hidup yang relatif rendah,  ditunjukan oleh tingkat pendapatan yang rendah, ketimpangan pendapatan yang parah, kondisi kesehatan yang buruk, dan kurang memadainya sistem pendidikan.
  • Tingakat produktivitas yang rendah. Tingkat pertumbuhan penduduk dan beban ketergantungan yang tinggi. Ketergantungan pendapatan yang sangat besar keapda produksi sektor pertanian serta primer.

  • Pasara yang tidak sempurna dan terbatasnya informasi yang tersedia.
  • Dominasi, ketergantungan, ddan kerapuhan hampir dalam semua aspek hubungan internasional.

Dampak Dan manfaat Dari ekonomi Pembangunan di Negara Berkembang

Pembangunan ekonomi secara umum di definisikan sebagai serangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengembangkan kegiatan ekonominya, sehingga infrastruktur lebih banyak tersedia, perusahaan semakin banyak dan semakin berkembang, taraf pendidikan semakin tinggi dan teknologi semakin meningkat.


Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  1. Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  2. Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.

  3. Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
  4. Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.

  5. Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  1. Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  2. Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.
  3. hilangnya habitat alam baik hayati atau hewani.

Manfaat dari Ekonomi Pembangunan

Masyarakat Indonesia harus tahu apa saja yang menjadi manfaat dari pembangunan ekonomi. Meski pembangunan ekonomi diatur oleh pemerintah bukan berarti masyarakat Indonesia tinggal diam dan tidak mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dari pembangunan ekonomi. Berikut ini berbagai macam manfaat yang didapatkan dari pembangunan ekonomi :


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan


  • Munculnya Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang, masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan karena pembangunan ekonomi mulai berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat.


Ketika pembangunan ekonomi mulai digerakkan dan digalakkan, secara otomatis di berbagai sektor pembangunan terutama di bagian industri juga akan mengalami kemajuan pesat.


Selain itu di dalam sektor industri itu membutuhkan banyak karyawan dalam melaksanakan industrinya. Oleh sebab itulah pembangunan ekonomi yang pesat bisa mensejahterakan masyarakat karena banyaknya tercipta lapangan pekerjaan.


  • Meningkatkan Pendapatan Nasional

Dengan adanya atau terciptanya lapangan pekerjaan yang banyak, banyaknya posisi yang membutuhkan karyawan untuk ditempati, secara tidak langsung bisa mempengaruhi terhadap meningkatnya pendapatan Indonesia. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya industri yang bermunculan akan berpengaruh pada pajak nasional sehingga pendapatan di Indonesia pun akan naik.


  • Melancarkan Kegiatan Ekonomi

Adanya pembangunan ekonomi di Indonesia bisa digunakan untuk melancarkan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi pun juga dipercepat prosesnya dan pelaksanaannya.


Alasannya adalah pembangunan ekonomi yang cepat diselesaikan di dalamnya terdapat kegiatan ekonomi, sehingga jika pembangunan ekonomi tumbuh pesat maka kegiatan ekonomi di dalamnya pun bisa berjalan dengan lancar.


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Berpikir Kritis


  • Berkembang Dengan Pesatnya Teknologi

Adanya pembangunan ekonomi yang terus berkembang dan tumbuh di dalam sektor industri dan pada sektor ekonomi yang lainnya bisa mendorong terciptanya perkembangan teknologi yang pesat dan juga disertai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang bisa digunakan sebagai pengimbang dari pertumbuhan pembangunan ekonomi di Indonesia.


  • Mengurangi Jumlah Pengangguran

Karena pesatnya pembangunan ekonomi serta banyaknya sektor industri yang mulai tumbuh dan membutuhkan karyawan untuk berbagai posisi membuat pengangguran di suatu negara menjadi berkembang. Sektor industri itulah yang membuat jumlah pengangguran semakin berkurang jumlahnya.


  • Mensejahterakan Masyarakat

Karena pembangunan ekonomi yang tinggi, bisa membuat kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat. Hal itu dikarenakan tingkat pendapatan masyarakat pun menjadi meningkat dan berkurangnya jumlah masyarakat yang menganggur. Sehingga masyarakat pun bisa sejahtera hidupnya dan ekonominya menjadi layak.


  • Pendidikan Dapat Diperbaiki

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah kualitas pendidikan di Indonesia dapat diperbaiki. Alasannya adalah karena kesejahteraan masyarakat yang meningkat membuat banyak masyarakat yang bisa menyekolahkan anak mereka di jenjang pendidikan yang tinggi dan juga bagus.


Berbeda halnya jika tingkat kesejahteraan masyarakat yang rendah, untuk makan sehari-hari saja susah bagaimana jika harus menyekolahkan anaknya di jenjang pendidikan yang tinggi.


Meski saat ini sudah ada dana BOS, sarana untuk ke sekolah itu tidak gratis seperti tas, buku, sepatu dan seragam sekolah. Oleh sebab itulah banyak orang tua yang keberatan jika menyekolahkan anaknya sedangkan untuk makan sehari-hari saja ibaratnya masih susah dan sulit tercukupi.


  • Meningkatnya Keahlian

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang membuat masyarakat bisa meningkatkan keahliannya, namun tidak semua keahlian bisa meningkat. Hanya keahlian tertentu saja dengan peran serta pemerintah.


Pemerintah bisa mendatangkan tenaga ahli dari luar, masyarakat Indonesia bisa belajar banyak dari tenaga ahli yang didatangkan oleh pemerintah Indonesia tersebut sehingga ilmunya bisa dikuasai bersama.


  • Meningkatkan SDM Dan SDA

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat terutama di negara berkembang, akan meningkatkan Sumber daya manusia dan juga sumber daya alam yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan pembangunan ekonomi bisa membuat kualitas SDM dan SDA nya meningkat.


  • Meningkatnya Investor Asing Maupun Lokal Untuk Bisa Menanam Modal Di Indonesia

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat, Indonesia semakin dipercaya untuk sebagai lahan tanam modal di berbagai sektor industri yang ada. Entah itu bagi investor yang asing dan juga untuk investor lokal sendiri.


Sektor industri yang pesat menunjukkan adanya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga banyak investor yang tidak ragu lagi untuk menamakan modalnya di Indonesia.


  • Meningkatkan Kepercayaan Rakyat Untuk Bisa Berkembang

Pembangunan ekonomi yang rendah bisa membuat rakyat menjadi pesimis terhadap kinerja pemerintah. Tidak hanya itu saja rakyat pun semakin minder untuk bisa meraih kesejahteraan hidupnya dan berkembang bersama pemerintah.


Namun dengan adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang pesat bisa membuat masyarakat semakin yakin dan percaya diri untuk bisa maju dan berkembang bersama dengan pemerintah seiring dengan meningkatnya taraf kesejahteraan hidupnya bersama dengan program dan pembangunan ekonomi pemerintah.


  • Memiliki Penghasilan Yang Memadai

Karena pembangunan ekonomi yang pesat, bisa membuat negara memiliki penghasilan yang memadai. Penghasilan dari negara tersebut bisa didapatkan dari pajak yang disetorkan oleh pelaku industri yang ada di Indonesia.


Seperti dengan ikonnya, pajak difungsikan untuk membangun negara. Dengan adanya sektor industri yang berkembang pesat membuat negara memiliki penghasilan yang memadai untuk melakukan berbagai macam pembangunan misalnya saja adalah pembangunan ekonomi.


  • Memberdayakan Kekayaan Negara

Pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia digunakan sebagai memberdayakan kekayaan negara. Kekayaan negara yang tidak diberdayakan akan sia-sia belaka. Banyak kekayaan negara yang tidak tersentuh oleh tangan pemerintah sehingga


sumber daya itu tidak bisa menghasilkan untuk Indonesia. Jika sumberdaya dan kekayaan Indonesia bisa dimanfaatkan, nantinya kekayaan tersebut bisa berguna untuk Indonesia di masa yang akan datang.


Baca Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ 29+ Contoh Surat Kuasa Berbagai Keperluan Yang Benar


  • Negara Menjadi Lebih Tertata

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah membuat negara menjadi lebih tertata pembangunannya dan pertumbuhan ekonominya.


  • Kenyamanan Terjaga

Negara yang lebih tertata di berbagai aspek bisa membuat masyarakat merasakan berbagai fasilitas umum dan fasilitas publik lebih nyaman. Berbeda halnya dengan negara yang tidak memiliki penataan yang baik, masyarakat menjadi tidak nyaman dengan berbagai macam fasilitas yang ada.


  • Memudahkan Rakyat Dalam Pembangunan Segala Bidang

Salah satu manfaat pembangunan ekonomi di negara berkembang adalah bisa memudahkan rakyat untuk ikut serta dan bergabung dalam pembangunan di segala bidang. Partisipasi rakyat sangat berperan dan memegang andil dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


  • Meningkatkan Kepercayaan Negara Lain

Jika pembangunan ekonomi berkembang pesat, bisa membuat kepercayaan negara lain terhadap pemerintah Indonesia semakin meningkat. Negara lain akan melihat Indonesia atau negara berkembang lainnya memiliki kemampuan dalam menata pembangunan dan juga membangun negaranya lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.


Apalagi jika pembangunan ekonomi itu ditunjang dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat bisa membuat kepercayaan negara lain juga bisa meningkat. Jika sudah begitu, negara berkembang seperti Indonesia akan mudah mendapatkan kerjasama diplomatik atau hubungan diplomatik dengan negara lain.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Akhlak – Tujuan, Jenis, Ruang, Lingkup, Faktor, Karimah, Perbedaan


  • Melengkapi Fasilitas Negara

Salah satu bukti nyata dari pembangunan ekonomi adalah melengkapi fasilitas negara. Fasilitas yang dulunya tidak ada kini menjadi ada setelah terjadi pembangunan ekonomi. Salah satu pembangunan ekonomi yang belum terealisasikan di Indonesia adalah pembangunan monorel kereta api listrik.


  • Meningkatkan Pendapatan Perkapita

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah bisa meningkatkan pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita ini sangat penting digunakan dalam pertumbuhan ekonomi. Suatu perekonomian di suatu negara bisa dikatakan meningkat jika pendapatan perkapitanya dalam jangka panjang meningkat.


Namun bukan berarti bahwa pendapatan perkapita harus naik terus menerus. Pendapatan perkapita bisa dipengaruhi oleh musibah atau adanya kekacauan politik sehingga menyebabkan ekonomi dan pendapatan di suatu negara mengalami kemunduran.


Contoh Negara Berkembang di Dunia

Menurut data The World Bank, yang termasuk negara sedang berkembang (digolongkan menurut wilayahnya) adalah sebagai berikut.


Negara-negara Afrika

1. Angola 19. Mali
2. Benin 20. Malawi
3. Botswana 21. Mauritius
4. Burkina Faso 22. Morocco
5. Burundi 23. Mozambique
6. Kemarun 24. Namibia
7. Chad 25. Nigeria
8. Pantai Gading 26. Rwanda
9. Kongo 27. Senegal
10. Djibouti 28. Sierra Leone
11. Mesir 29. Somalia
12. Ethiopia 30. Afrika Selatan
13. Gabon 31. Sudan
14. Ghana 32. Tanzania
15. Kenya 33. Togo
16. Lesotho 34. Tunisia
17. Liberia 35. Uganda
18. Libya 36. Zimbabwe


Baca Juga Kajian Penting Tentang : Rukun Sholat : Pengertian, Syarat, Manfaat Dan Makna Sholat


Negara-negara Amerika Utara, Tengah, dan Karibia

1. Bahamas 8. Haiti
2. Barbados 9. Honduras
3. Costa Rica 10. Jamaica
4. Cuba 11. Nicaragua
5. Rep. Dominika 12. Panama
6. El Salvador 13. Trinidad-Tobago
7. Guatemala


Negara-negara Amerika Selatan

1. Bolivia 6. Peru
2. Colombia 7. Suriname
3. Chile 8. Uruguay
4. Ekuador 9. Venezuela
5. Paraguay 10. Guyana


Negara-negara Asia

1. Afghanistan 16. Mongolia
2. Bahrain 17. Nepal
4. Bangladesh 18. Korea Utara
4. Brunei 19. Oman
5. Burma 20. Pakistan
6. Cambodia 21. Filipina
7. India 22. Qatar
8. Indonesia 23. Saudi Arabia
9. Iran 24. Sri Lanka
10. Iraq 25. Syria
11. Jordan 26. Thailand
12. Kuwait 27. Timor Leste
13. Laos 28. UAE
14. Lebanon 29. Vietnam
15. Malaysia 30. Yaman


Negara-negara Oseania

1. Samoa (Amerika)
2. Christmas Island
3. Fiji
4. Polynesia (Perancis)
5. Guam
6. Kepulauan Marshall
7. Micronesia
8. Nauru
9. Kepulauan Mariana
10. Papua New Guinea


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Akhlak – Tujuan, Jenis, Ruang, Lingkup, Faktor, Karimah, Perbedaan