Indeks Buku – Pengertian, Bagian, Macam, Tujuan, Contoh

Diposting pada

Indeks Buku – Pengertian, Bagian, Macam, Tujuan, Contoh : Indeks adalah kata atau istilah penting yang tersusun berdasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ditemukan. Indeks sangat berguna untuk mempermudah mencari keterangan di dalam buku karena dengan segera akan ditemukan informasi yang kita cari. Pada umumnya, indeks buku diletakkan pada halaman akhir buku.


indeks-buku

Pengertian Indeks Buku

Dalam membuat sebuah buku harus tersusun dengan rapi dan berurutan. salah satu bagian terpenting didalam buku ialah indeks buku, Karena terkadang di dalam sebuah buku adanya istilah-istilah yang sudah tersusun yang berdasarkan abjad, ketika akan mencari suatu istilah maka akan bisa dengan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Konjungsi Beserta Macam, Fungsi Dan Contohnya


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Indeks artinya daftar kata/istilah penting yang berada dalam buku cetakan (biasanya terletak pada bagian akhir buku) yang tersusun menurut abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.


Informasi atau penjelasan kata tertentu dalam buku yang relatif tebal bisa ditemukan dengan cepat dengan teknik membaca memindai melalui indeks. Jadi kesimpulannya, Indeks Buku ialah suatu daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku, yang biasanya terletak di bagian akhir buku yang tersusun menurut abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.


Bagian-Bagian Indeks Buku

Sebuah indeks buku dibangun oleh beberapa bagian, yang diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman yang dimana nama atau rincian topik tersebut berada. Itu semua adalah bagian-bagian yang membangun indeks buku. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini :


  • Indeks nama (pengarang)

    adalah suatu susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.


  • Indeks topik (subjek/istilah)

    ialah suatu kumpulan subjek atau sebuah istilah yang disusun yang berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku geografi, indeks topik yang ada biasanya yaitu istilah-istilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.


  • Perincian indeks topik

    ialah suatu istilah-istilah atau subjek yang ada kaitannya dengan sebuah subjek yang ada di dalam sebuah indeks topik.


  • Nomor halaman

    ialah suatu bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana kata-kata istilah itu berada.


Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dibedakan menjadi 2 macam, yakni indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua indeks ini mempunyai pengertian atau perbedaan yang bisa kita bedakan dengan sangat mudah. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan dibawah ini.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kata Serapan, Sifat Dan Majemuk Beserta Contohnya


  • Indeks Subjek

    yaitu berisi daftar istilah-istilah dalam sebuah buku.


  • Indeks Pengarang

    yaitu yang berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam sebuah buku yang bersangkutan.


Jadi kesimpulannya, Indeks subjek ialah indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat dalam sebuah buku, sedangkan ada indeks pengarang ialah indeks yang berisi daftar nama pengarang (tokoh) yang teori maupun pendapatnya terdapat dalam sebuah buku tersebut.


Tujuan Indek Buku

Indek Buku diberikan agar para pembaca bisa menandai bacaan sebelumnya agar dapat melanjutkan membaca kembali bacaan sebelumnya.


Contoh Indek Buku

A

  • Akustia, Klara, 214
  • Aku sertaan, 78
  • Aku tak sertaan, 78
  • Ali, Muhammad, 43, 44
  • Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B

  • Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87
  • Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99
  • Badudu, J.S., 40
  • Balada, 45-46, 48, 62-64

Diantara sebuah istilah atau nama pengarang dan nomor halaman harus disisi dengan tanda koma (,) seperti pada contoh indeks pengarang diatas.


Dan begitu seterusnya. Sobat juga bisa melihat gambar contoh indeks buku dibawah ini agar kalian dapat lebih memahami mengenai materi bahasa indonesia ini.


Indeks Buku

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 4 Manfaatnya Secara Lengkap