Hiponim – Pengertian, Makna, Hubungan, Jenis, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Hiponim – Pengertian, Makna, Hubungan, Jenis, Contoh, Para Ahli : Dalam hal ini Istilah hiponim yang dalam bahasa Inggris hyponymy berasal dari kata Yunani kuno, onoma yang berarti “nama” dan hypo yang berarti ” dibawah”."Hiponim" Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh )

Pengertian Hiponim

Dalam hal ini Istilah hiponim yang dalam bahasa Inggris hyponymy berasal dari kata Yunani kuno, onoma yang berarti “nama” dan hypo yang berarti ” dibawah”. Secara harfiah, hiponim bermakna nama yang termasuk dibawah nama yang lain “Pateda, 1986: 96”.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Manfaat Kalimat Abstrak Lengkap


Dalam semantik, hiponim merupakan suatu kata atau frasa yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umu, yang disebut hiperonim atau hipernim. Suatu hiponim ialah anggota kelompok dari hiperonimnya dan beberapa hiponim yang memiliki hiperonim yang sama disebut dengan kohiponim.


Pengertian Hiponim Menurut Para Ahli

Adapun beberapa para ahli mendefinisikan hiponim yang diantaranya:

Menurut Djajasudarma “1993:48”

Mendefinisikan hiponimi ialah hubungan makna yang mengandung pengertian hierarki. Hubungan hiponimi ini dekat dengan sinonim, Bila sebuah kata memiliki semua komponen makna kata lainnya, tetapi tidak sebaliknya; maka hubungan itu disebut hiponim.


Menurut Edi Subroto “1995:25”

Hiponim menunjukkan relasi antara kata yang bersifat atas-bawah atau relasi antara penggolongan dengan anggota-anggota yang menjadi golongannya atau bawahannya.


Menurut Sumarlam “2003:45”

Membuat sebuah simpulan bahwa hiponim dapat diartikan sebagai satuan bahasa “kata, frasa, kalimat” yang maknanya dianggap merupakan bagian dari makna satuan lingual yang lain.


Menurut Chaer “1994:305”

Mendefinisikan homonim ialah hubungan semantik antara sebuah bentuk ujaran yang maknanya tercakup dalam makna bentuk ujaran yang lain. Hubungan makna hiponim-hiperonim dibedakan dengan hubungan makna meronim-holonim yang merupakan hubungan antara bagian dengan kesatuan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Macam-Macam Kata Sapaan Beserta Contohnya Lengkap


Menurut Palmer “1983:78”

Hiponim mengandung hubungan logis pada entailment, artinya kalau kita sudah mengatakan hiponimnya maka kita dapat membayangkan nama kelompoknya dan kalau kita sudah menyebut nama kelompoknya, maka kita dapat menyebutkan hiponimnya. Misalnya kalau kita menyebut merpati maka kita telah mengetahui bahwa merpati termasuk burung dan kalau kita menyebut burung, maka sudah termasuk di dalamnya, merpati, tekukur dan sebagainya.


Relasi Makna Dari Aspek Hiponim

Relasi makna juga dapat dilihat dari aspek hiponim selain dari aspek sinonim, antonim, polisem, homonim, ambiguiti, dan pertindihan makna. Relasi makna bermaksud hubungan semantik yang tedapat antara satuan bahasa yang satu dengan satuan bahasa yang lain. Satuan bahasa mungkin berupa kata frasa dan ayat. Relasi makna dapat menyatakan:


  1. Kesamaan makna
  2. Pertentangan makna
  3. Jangkauan makna
  4. Kegandaan makna
  5. Kelebihan makna

Relasi makna ini dapat difahami umpamanya kata mawar ialah hiponim terhadap kata bunga kerana mawar termasuk dalam kata bunga. Mawar memanglah bunga tetapi bunga bukan hanya mawar, melainkan termasuk tanjung, matahari, cempaka, melur, raya, kenanga, kasturi, ros, melati, dan sebagainya.


Hubungan Hiponimi Sejenis

Hubungan hiponimi sejenis adalah hubungan hirarki yang mana item leksikal yang di atas mempunyai makna yang paling umum dan boleh digunakan untuk merujuk item-item leksikal yang di bawahnya. Ia juga dikenali sebagai “superordinat”.


Item-item leksikal yang di bawahnya pula mempunyai makna yang lebih spesifik dan mempunyai unsur makna item leksikal yang di atasnya. Item-item leksikal ini dikenali sebagai “subordinat” atau hiponim.  Hubungan di antara hiponim-hiponim ini dikenali sebagai ko-hiponimi (Asha Doshi, 2004; Jackson dan Zé Amvela, 2000). Antara contoh hubungan hiponimi yang terdapat dalam bidang tata hias.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Cara Menggunakan Kata, Bentuk Kata, Serta Kalimat Dalam Berkomunikasi


Jenis – jenis Hiponim

  • Hiponim Tulen

Padi ialah perkataan yang mencakupi dua perkataan yang segolongan dengannya, iaitu beras dan nasi.

  • Hiponim Umum

Hiponim ini bermaksud satu perkataan yang menjadi kata nama umum, seperti rumah teres dan rumah banglo. Ini bererti bahawa sesuatu jenis rumah mesti bergabung dengan perkataan rumah untuk membentuk satu komponnen kata nama am.


Contoh Hiponim

Adapun beberapa contoh diantaranya yaitu:

  • Hipernim = Buah
    hiponim = anggur, apel, jeruk, manggis dan lain-lain.
  • Hipernim = Ikan
    hiponim = lele, hiu, paus, nila dan lain-lain.
  • Hipernim = Bunga
    hiponim = melati, mawar, tulip dan lain-lain.

Contoh Kalimat Hiponim

  • Biru Kapur
  • Biru Merah
  • Biru Merak
  • Merah Jambu

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sinonim, Antonim, Hipernim, Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap