Pengertian Gaya Renang – Macam, Manfaat, Tips, Samping, Kupu – Kupu, Ukuran Kolam

Diposting pada

Pengertian Gaya Renang – Macam, Manfaat, Tips, Samping, Kupu – Kupu, Ukuran Kolam : Gaya renang adalah cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari kedua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air.


Macam Gaya Renang

Pengertian Gaya Renang

Gaya renang adalah cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari kedua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air. Meskipun demikian, orang juga dapat berenang hanya dengan menggerakan kedua belah kaki sementara lengan tetap diam,


atau hanya dengan kedua belah lengan sementara kaki tetap diam. Cara berenang seperti demikian dilakukan penyandang tuna daksa dan orang lumpuh.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, fungsi Dan Unsur Seni Musik Secara Lengkap


Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan (gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu), masih dikenal be rbagai variasi gaya renang yang lain.


Dalam perlombaan renang dikenal istilah renang gaya ganti yang mengacu kepada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan, perenang memulai dengan gaya kupu-kupu, diteruskan dengan gaya punggung, gaya dada, dan diakhiri dengan gaya bebas.


Keseluruhan gaya renang merupakan kombinasi dari posisi badan, gerakan lengan, gerakan tungkai, tempo, dan pernapasan. Gaya renang diberi nama berdasarkan posisi badan di air (gaya dada, gaya punggung) atau nama pencipta (gaya trudgen).


Macam-Macam Gaya Renang

Pada Dasarnya Jenis-Jenis Macam-macam gaya renang tersebut terbagi menjadi 4 (empat) , antara lain sebagai berikut :


  • Gaya Bebas

    Pengertian renang gaya bebas ialah suatu saat berenang posisi dada pada permukaan air. Gaya renang bebas tersebut biasa disebut gaya rimau. Gaya itu merupakan suatu gaya seperti binatang yang sedang melakukan berenang seperti bunglon, buaya, dan lain sebagainya.


    Cara melakukan renang gaya bebas ialah pada kedua tangan bergantian jauh ke depan setelah itu kedua kaki saling menggunting atau juga sepeti gerakan gunting ialah secara bergantian.


    Posisi pada kepala saat renang gaya bebas berada pada permukaan air. Pengambilan pernafasan itu pada saat tangan digerakan ke atas permukaan air. Pada Kepala bisa digelengkan ke kanan atau juga ke kiri. Gaya bebas tersebut sangat mudah dipraktekan. Gaya tersebut merupakan gaya renang yang tercepat.


  • Gaya Katak Atau Gaya Dada

    Gaya katak atau juga gaya dada merupakan suatu gaya renang yang pada posisi kepala di atas permukaan pada air dalam jangkan waktu yang lama, posisi pada dada tersebut berada dipermukaan air, dan juga gerakan tangan serta kake seperti pada seekor katak yang sedang berenang. Pada saat tangan tersebut digerakan seperti katak, maka kedua kaki tersebut dalam keadaan lurus.


Dan juga Sebaliknya ketika kedua kaki tersebut pada posisi mengayuh atau juga layaknya katak berenang, maka kedua tangan tersebut akan lurus ke depan. Gaya tersebut juga sangat mudah untuk dapat dilakukan oleh pemula.


  • Gaya Punggung

    Gaya renang punggung ialah suatu gaya berenang dengan menggunakan punggung pada atas permukaan air dengan posisi tubuh terlentang di permukaannya, kedua tangan dan juga kaki tersebut digerakan seperti gaya bebas.


Gaya tersebut menurut saya sulit untuk dapat dilakukan bagi pemula. Pengambilan napas pada gaya punggung itu dapat dilakukan dengan secara bebas dikarenakan pada posisi kepala berada dipermukaan air.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 7 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Terlengkap


  • Gaya Kupu – Kupu

    Gaya kupu-kupu ialah suatu gaya renang yang merupakan suatu pengembangan dari gaya dada, pada kedua tangan di ayunkan ke arah depan ketika tubuh berada atau juga keluar dari permukaan air.


Orang biasa tersebut menyebutnya gaya kupu-kupu ialah dengan gaya lumba-lumba. Gaya tersebut adalah gaya yang paling sulit untuk dapat dilakukan bagi pemula.


  • Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing adalah teknik berenang yang memiliki gerakan seperti Anjing berenang di Air, posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. Oleh karena itu gaya ini disebut gaya Anjing.


  • Gaya Renang Samping

Gaya renang samping adalah teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh. Gaya ini tidak diperlombahkan dalam kompetisi resmi renang, sehingga jarang orang yang mengetahui gaya ini, namun jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah skill atau kemampuan kita untuk variasi berenang.


Macam-macam gaya renang yang diikutsertakan atau dilombakan dalam kompetisi berdasarkan dengan nomor perlombaa menurut jarak tempuh, jenis kelamin dan juga ke empat macam gaya renang seperti penjelasan di atas.


Nomor – Nomor Dalam Perlombaan Renang

Berikut ini adalah keterangannya:


  • Nomor renang putri putra dan juga yang lombakan dalam suatu Olimpiade:

    Gaya bebas ialah 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
    Gaya kupu-kupu ialah  100 m, 200 m
    Gaya punggung ialah  100 m, 200 m
    Gaya dada ialah  100 m, 200 m
    Gaya ganti perorangan ialah  200 m, 400 m
    Gaya ganti estafet ialah  4 x 100 m
    Gaya bebas estafet ialah  4 x 100 m, 4 x 200 m
    Marathon 10 km


  • Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra atau juga putri untuk nomor-nomor renang:

    Gaya bebas ialah  50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
    Gaya punggung ialah  50 m, 100 m, 200 m
    Gaya dada ialah  50 m, 100 m, 200 m
    Gaya kupu-kupu ialah  50 m, 100 m, 200 m
    Gaya ganti perorangan ialah  100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
    Gaya ganti estafet ialah  4×100 m
    Gaya bebas estafet ialah  4×100 m, 4×200 m


Ukuran Kolam Renang Tingkat Nasional & Internasional


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Di Indonesia Menurut Daerah Asalnya

UKURAN KOLAM RENANG

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional :

  • Panjang kolam Renang 50 m
  • Lebar kolam Renang 25 m
  • Kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start. Kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1,0 m.

  • Suhu Air pada kolam renang : 25° C sampai 28° C
  • Jika dilakukan pada malam hari pencahayaannya adalah 1500 lumen
  • Garis Lebar : 2, 5 m
  • Lintasan : 8

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional :

  • Panjang kolam adalah 50 m
  • Lebar kolam renang adalah 25 m
  • Kedalaman kolam minimum adalah 2 meter
  • Garis Lebar : 2, 5 m

  • Lintasan : 8
  • Suhu Air pada kolam renang : 25° C sampai 28° C
  • Jika dilakukan pada malam hari pencahayaannya adalah 1500 lumen

Manfaat Renang

Berikut Ini Merupakan Manfaat Dari Berenang.


a.Melatih Pernafasan

Bagi anda yang memang punya penyakit asma sangat dianjurkan untuk berolahraga renang, karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. pernapasan kita menjadi lebih sehat dan menjadi lebih panjang.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 8 Pengertian Lirik Lagu Menurut Para Ahli Lengkap


b.Menghilangkan stress

Secara psikologis olahraga berenang juga dapat membuat hati tenang dan pikiran lebihsantai, karna pada saat berenang kita pasti banyak melakukan gerakan , nah hal ini yang dapat meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang dapat membuat hati tenang, santai, dll.


c.Membakar Kalori

Pada saat berenang, kita akan banyak mengeluarkan banyak gerakan nah, secara otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi sangat tinggi, sehingga dapat membakar kalori.


 d.Membentuk otot

Olahraga berenang juga dapat membentuk otot karna pada saat kita berenang tentu kita melawan arus air yang ada, nah hal ini dapat meningkatkan serta membentuk otot.


Tips Berenang

Berikut Ini Merupakan Tips Berenang.

1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakkan kaki seperti di atas. Lakukan sampai lancar


2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda, sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. Untuk anak-anak, orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini.


Nb.
Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air, melainkan terlalu ke bawah ..hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air.
Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.


3) Setelah lancar, maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Lakukan sampai lancar


4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar.


5) Setelah cukup lancar, maka mulailah belajar mengambil nafas. Ketika tangan bergerak ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Lakukan sampai lancar


6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang.


Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas.
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 45 Istilah Internet Beserta Pengertian Internet