Fungsi Rambut Manusia – Pengertian, Isolasi, Struktur, Susunan, Klasifikasi, Para Ahli

Diposting pada

Fungsi Rambut Manusia – Pengertian, Isolasi, Struktur, Susunan, Klasifikasi, Para Ahli : Peranan rambut sangat penting untuk diperhatikan, karena rambutbukan hanya sebagai pelindung kepala dari berbagai hal seperti bahaya benturan/pukulan benda keras, sengatan sinar matahari, dan sebagainya,tetapi ia juga merupakan “perhiasan” yang berharga.


Fungsi Rambut Pada Manusia

Pengertian Rambut

Rambut dikenal sejak zaman dahulu dengan julukan “mahkota” bagiwanita. Tetapi di zaman yang sudah maju seperti sekarang, julukantersebut tidak lagi tertuju hanya kepada kaum wanita, namun juga untukpria.


Peranan rambut sangat penting untuk diperhatikan, karena rambutbukan hanya sebagai pelindung kepala dari berbagai hal seperti bahaya benturan/pukulan benda keras, sengatan sinar matahari, dan sebagainya,tetapi ia juga merupakan “perhiasan” yang berharga.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bagian-Bagian Dan 5 Struktur Lapisan Kulit Terlengkap


Rambut yang tebal,panjang, hitam/berwarna, berkilau, sehat dan mudah diatur memberikandaya pesona tersendiri bagi pemiliknya. Tidak sedikit wanita ataupun priayang menimbulkan rasa kagum hanya karena keindahan rambutnya.Untuk memperoleh rambut yang tebal, hitam, sehat dan mudah diatur,rambut butuh perhatian.


Satu hal yang perlu disadari adalah adanyaberbagai faktor yang dapat mengakibatkan perubahan kondisi kulit kepaladan rambut seperti faktor usia lanjut, depresi, berkurangnya aktifitaskelenjar minyak dikulit kepala, gangguan pembuluh darah, gangguanhormon, pengaruh kosmetika, pajanan sinar matahari secara terusmenerus dan kurangnya makanan yang bergizi untuk kepentinganpertumbuhan rambut.


Apabila hal tersebut tidak diperhatikan maka akanmemungkinkan terjadinya kerontokan rambut sehingga rambut menjaditipis bahkan botak, rambut rontok, kulit kepala dan rambut kering, rambutkusam dan sulit diatur serta timbulnya uban sebelum waktunya.


Salahsatu usaha untuk menghindari hal tersebut maka perlu memperhatikandan mengindahkan hal perawatan kulit kepala dan rambut, dimana halperawatan kulit kepala dan rambut sudah dikenal dan dilakukan sejakzaman nenek moyang kita.Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka para ahli kecantikantelah mengembangkan ilmu kecantikan baik kecantikan dari dalam yangsering disebut “


Pengertian Anatomi Rambut Menurut Para Ahli

Berikut Ini Merupakan Pengertian Anatomi Rambut Menurut Para Ahli.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Jenis Dan 7 Bagian Gigi Beserta Fungsinya Secara Lengkap


  • Rook and Dawber, 1991

Rambut tumbuh pada bagian epidermis kulit, terdistribusi merata pada tubuh. Komponen rambut terdiri dari keratin, asam nukleat, karbohidrat, sistin dan sistein, lemak, arginin dan sistrulin, dan enzim.


  • Tortora and Anagnostakos, 1990

Rambut terdiri dari dua bagian yaitu akar rambut dan batang rambut (Gambar 1.1). Batang rambut terdiri dari 3 bagian utama. Bagian yang terdalam disebut medula, bagian tengah disebut korteks, dan bagian luar disebut kutikula. Pada bagian medula tersusun dari sel polihedral berjajar yang berisi keratotialin, butiran lemak dan udara.


Bagian korteks membentuk bagian utama pada batang rambut, terdiri dari sel yang terelongasi yang berisi granul pigmen khususnya pada rambut warna gelap, tetapi pada rambut warna terang sebagian besar berisi udara. Bagian kutikula berisi lapisan tunggal sel tipis datar yang sebagian besar terkeratinisasi. Kutikula berfungsi sebagai pelindung terhadap kekeringan dan penetrasi benda asing.


  • Martini, 2001

Akar rambut merupakan bagian yang berada di bawah permukaan kulit hingga ke lapisan subkutan. Akar rambut tersusun dari 3 lapisan yaitu medula, korteks dan kutikula. Akar rambut  dibungkus  oleh  kantung  yang  disebut  folikel  rambut.


Dasar  folikel rambut berbentuk seperti bawang dan disebut bulb. Bagian dasar bulb yang berupa lekukan ke dalam bulb disebut papila dermal yang kaya akan pembuluh darah yang membawa  makanan untuk pertumbuhan rambut dan serabut syaraf. Bagian atas papila dermal dikelilingi oleh sel matriks yang pembelahannya sangat cepat.


Selain itu rambut berasosiasi dengan otot polos yang disebut arektor pili dan kelenjar sebaseus yang mensekresikan sebum. Arektor pili dipersyarafi oleh saraf simpatikus dan akan berkontraksi bila ada rangsang berupa emosi atau dingin menyebabkan rambut menjadi tegak. Kontraksi arektor pili dapat menekan kelenjar sebasea dan mendorong sekresi sebum ke folikel rambut dan  ke permukaan kulit.


Isolasi Rambut

Untuk hal ini fungsi utama rambut manusia ialah untuk melindungi tubuh manusia. Rambut melakukan hal ini dalam dua cara yakni berufungsi sebagai penghalang fisik antara udara dingin eksternal dan kulit dan juga sebagai perangkap udara hangat di antara kulit dan rambut, menjaga tubuh lebih hangat.


Struktur Rambut

Rambut merupakan tambahan pada kulit kepala yang memberikan kehangatan, perlindungan dan keindahan. Rambut juga terdapat diseluruh tubuh, kecuali telapak tangan, telapak kaki dan bibir.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 12 Fungsi Mata Manusia Secara Umum Beserta Bagiannya


Semua jenis rambut tumbuh dari akar rambut yang ada di dalam lapisan dermis dari kulit. Oleh karena itu kulit kepala atau kulit bagian badan lainnya memiliki rambut. Rambut yang tumbuh keluar dari akar rambut itu ada 2 bagian menurut letaknya, yaitu bagian yang ada didalam kulit dan bagian yang ada di luar kulit.


Rambut terbentuk dari sel-sel yang terletak ditepi kandung akar. Cupak rambut atau kandung akar ialah, bagian yang terbenam dan menyerupai pipa serta mengelilingi akar rambut. Jadi bila rambut itu dicabut dia akan tumbuh kembali, karena papildan kadung akar akan tetap tertinggal di sana.


Basuki 1981 menjelaskan tentang rambut itu sebagai berikut:

  1. Helaian seperti benang tipis yang tumbuh dari bawah permukaan kulit.
  2. Dibentuk oleh lapisan sel yang tertutup lapisan yang tersusun. Bentuknya seperti sisik ikan pada lapisan luarnya.
  3. Terdiri dari zat yang disebut dengan keratin.

Susunan Rambut

Berdasarkan hal itu bagian-bagian rambut dikenal dengan rambut yang berada di dalam kulit dan berada diluar kulit. Bagian-bagian rambut ini dapat dibagi atas:


Akar Rambut (Hair Folicle)

Akar rambut adalah bagian rambut yang tertanam di dalam kulit. Seperti yang terlihat pada gambar di atas maka akar rambut terbagi:


  1. Bulp

    yaitu bagian pangkal rambut yang membesar, seperti bentuk bola, gunanya untuk melindungi papil rambut.


  2. Papil rambut

    adalah bagian yang terlindungi di dalam bulp atau terletak dibagian terbawah dari  folicel rambut. Papil rambut tidak ubahnya seperti piring kecil yang tengahnya melengkung dan menonjol ke arah rambut, lengkungan inilah yang menyebabkan ia disebut papil, berasal dari sel-sel kulit jangat (corium) serta kulit ari (epidermis).


    Diantara sel-sel papil juga terdapat melanosit. Melanosit menghasilkan pigmen (zat warna), yang akan disebarkan terutama ke dalam contek, kemudian ke dalam medulla rambut.


    Di samping itu juga terdapat di dalam papil rambut yaitu pembuluh darah dan getah bening, yang berfungsi memberi makanan kepada rambut (memelihara kehidupan rambut), serta terdapat juga saraf yang mensarafi folicel rambut. Itu sebabnya rambut tidak mempunyai saraf perasa. Oleh karenanya kita tidak merasa sakit bila rambut digunting atau dipangkas.


  3. Folicle rambut

    ialah kandungan atau kantong rambut tempat tumbuhnya rambut. Kantong rambut terdiri dari 2 lapis. Lapisan dalamnya berasal dari sel-sel epidermis, sedangkan lapisan luarnya berasal dari sel-sel  dermis. Rambut yang panjang dan tebal mempunyai folicel  berbentuk besar, folicel rambut ini bentuknya menyerupai silinder pipa.


    Kalau folicel bentuknya lurus, rambut juga lurus dan bila melengkung rambut jadi berombak. Tetapi kalau lengkungannya itu lebih lengkung lagi, maka rambutnya keriting. Di dalam folicel ini bermuara kelenjar lemak (palit).


  4. Otot penegak

    rambut ialah yang menyebabkan rambut halus bulu roma berdiri bila ada sesuatu rangsangan dari luar dan dari dalam tubuh kita. Misalnya merasa seram, kedinginan, kesakitan, kelaparan dan sebagainya.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan 6 Jenis Daun Beserta Contohnya Terlengkap


  5. Matrix

    disebut juga dengan umbi/tombol atau lembaga rambut. Seperti dijelaskan di depan bahwa di dalam folicle terdapat rambut. Bagian yang berdekatan dengan papil lebih subur daripada bagian yang lebih jauh di atasnya. Bagian yang subur itulah yang disebut matrixatau umbi/tombol atau lembaga rambut.


    Mengapa pada bagian itu lebih subur ? Ini disebabkan karena kelompok sel yang terdapat dibagian itu selalu membelah diri, membentuk bagian rambut baru. Diantara sel-sel umbi juga terdapat sel-sel melanosit. Bagian paling dalam atau tengah umbi rambut, sel-selnya berwarna keputih-putihan dan masih lembek (masih muda).


    Sel-sel ini masih mengandung parakeratin (sel rambut yang warnanya sudah lebih mantap, sudah keras, mengandung keratin). Parakeratin adalah zat pendahulu keratin. Sel-sel rambut yang masih muda ini terdorong ke atas oleh sel-sel yang terjadi kemudian. Makin ke atas makin mengalami proses keratinisasi penandukan.


Lapisan Batang Rambut

Batang rambut ialah bagian rambut yang kelihatan di atas permukaan kulit. Seperti yang dijelaskan oleh Yenes (1984:2) bahwa batang rambut ini terbagi pula atas 3 bagian, yakni:


  • Cuticula (selaput kulit ari)

    yang berbentuk seperti sisik-sisik ikan dan sangat berfungsi untuk melindungi lapisan rambut (berada paling luar yang merupakan pelindung). Di samping itu ia juga berfungsi untuk menentukan besar kesilnya daya serap zat cair pada rambut seperti air, shampo, conditioner, obat keriting, zat/cat pewarna rambut, bleaching. Pada rambut yang kasar lapisan cuticulanya juga kasar. Sedang pada rambut yang halus lapisan cuticulanya juga halus.


  • Cortex atau kulit ari rambut

    ialah bagian rambut yang terbesar dan merupakan lapisan di bawah cuticula. Cortex berfungsi sebagai lapisan yang menentukan warna karena pigmen (zat warna rambut dikandung oleh lapisan ini). Misalnya penyerapan zat cair, obat keriting, cat rambut, dan lain-lain. Jadi cortex ini berhubungan dengan sifat elastisitas rambut.


  • Medulla atau sum-sum rambut

    Medulla ini terdapat dibagian paling tengah. Rambut yang halus sekali ada yang tidak terdapat medullanya. Agar jelasnya perhatikanlah Gambar di bawah ini, yang menunjukkan penampang dari batang rambut.


Batang Rambut

Berkaitan dengan struktur maka bentuk-bentuk rambut dapat dikelompokkan sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap


  • Lurus tidak bergelombang dan tidak keriting

    Biasanya rambut yang lurus dapat memberikan beberapa kemudahan kepada si pemakai misalnya dalam hal tatanan rambut, baik yang dipotong maupun yang disanggul.


  • Berombak

    yaitu memperlihatkan gelembung yang besar pada rambut. Hal ini disebabkan karena folicelnya melengkung dan penampangnya lonjong/oval. Rambut ini juga termasuk mudah dalam hal penataan, baik yang disanggul atau disasak maupun yang dipotong pendek.


  • Keriting

    biasanya rambut yang keriting berbentuk gelombang kecil-kecil atau sedang. Ini adalah karena folicelnya amat melengkung sedangkan penampangnya gepeng.


Anatomi Rambut

Klasifikasi Rambut

Bila kita perhatikan, rambut pada kepala dan tubuh, akan nyata sekali terlihat bahwa ada 4 jenis rambut, yaitu:


  1. Rambut yang panjang dan agak kasar yakni rambut kepala.
  2. Rambut yang agak kasar tetapi pendek yang berupa alis.
  3. Rambut yang agak kasar tetapi tidak sepanjang rambut dikepala, contohnya rambut ketiak.
  4. Rambut yang halus yang terdapat pada pipi, dahi, lengan, perut, punggung dan betis.

Fungsi Rambut

Sepanjang sejarah peradaban manusia, rambut selalu menempatin kedudukan penting. Kedudukan penting tersebut berkaitan langsung dengan berbagai fungsi rambut. Adapun fungsi utama rambut adalah sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan 4 Perangkat Fotosintesis Dalam Biologi


  1. Pelindung

Ketika nenek moyang manusia masih hidup dihutan belukar dan tinggal di dalam gua-gua, satu-satunya pelindung utama bagi kepala adalah rambutnya. Akibat berbagai benturan dan gesekan dengan kekejaman alam sekitar diperkecil oleh rambut subur yang tumbuh dikepala.


Kandung rambut di dalam kulit berhubungan langsung dengan ujung-ujung saraf perasa, dengan cepat mampu mengantar denyut-denyut sinyal ke otak, sehingga manusia segera mampu bereaksi terhadap keadaan yang menjadi penyebabnya.


Jika kita mendadak menjadi sangat tegang atau sangat ketakutan, otot penegak rambut yang menempel dikandung rambut dalam kulit akan mengerut dan menjadikan rambut, bulu kuduk, atau bulu roma kita berdiri. Keadaan ini merupakan peringatan dini agar kita segera dapat bereaksi terhadap hal-hal yang secara instingktif perlu kita hindari.


  1. Penghangat

Selain sebagai penyangga benturan dan alat sensorik, rambut akan memberi kehangatan kepada tubuh manusia. Manusia purba yang hidup dialam terbuka dengan segala kekerasannya.


Rambut kepala yang paling dominan pertumbuhan dan ketebalannya, membentuk semacam insulator alami yang menjaga stabilitas suhu kulit kepala dari pengaruh suhu udara disekitarnya. Dinginnya udara sekitar tidak dapat langsung mengenai kulit kepala berhubung adanya insulator udara yang memperoleh pemanasan tetap dari suhu badan kita.


Sebaliknya, panasnya udara sekitar akan meningkatkan suhu insulator  yang segera merangsang terjadinya perkeringatan. Kulit kepala akan terbasahi oleh keringat. Keringat akan menguap dan untuk menguap membutuhkan panas yang akan diambil dari suhu kulit kepala. Dengan demikian tidak akan terjadi peningkatan suhu kulit kepala.


Fungsi Rambut Menurut Sifatnya

Berikut Ini Merupakan Fungsi Rambut Menurut Sifatnya.


Rambut Untuk Perlindungan Dari Faktor Eksternal

Rambut melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti kerusakan akibat sinar matahari dan kulit pecah-pecah dari kerusakan angin. Hal ini juga menghalangi debu dan kotoran dari menetap pada kulit.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 12 Fungsi Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan


Rambut Sebagai Penyangga Gesekan

Rambut juga memiliki fungsi sebagai penyangga terhadap gesekan, ini ialah salah satu alasan bahwa rambut hadir pada kaki, alat kelamin dan ketiak. Hal ini juga menyerap keringat untuk penguapan lebih mudah sehingga keringat tidak menempel di tubuh selama aktivitas fisik, yang dapat menyebabkan pecah-pecah dan terik.


Rambut Deferensiasi Dan Keindahan

Pada rambut secara luas digunakan dalam semua mamalia untuk diferensiasi dan kecantikan. Pada singa jantan memiliki surai, rusa memiliki bintik dekoratif dan banyak burung telah memiliki warna untuk membedakan jantan dari betina.


Manusia memiliki rambut untuk tujuan yang sama yakni mengapa pada seorang laki-laki tumbuh wambut diwajah dan wanita dalam hal demikian tidak. Pada rambut juga dianggap menambah keindahan, itulah sebabnya mengapa wanita sering memiliki gaya rambut yang rumit dan mengapa laki-laki berusaha keras untuk melawan kebotakan.


Rambut Pengalihan Keringat Dan Air

Rambut juga menyerap keringat dari kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi akibat gesekan dan juga pengalihan keringat sehingga bagian-bagian tertentu dari tubuh dapat lebih cepat kering dan tetap dilindungi. Rambut di ketiak yang menarik keringat dari ketiak untuk mendinginkan daerah dan alis mengarahkan keringat dari dahi menjauh dari bola mata.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Definisi Dan Fungsi Kulit Manusia Terlengakap