Elemen Sistem – Pengertian, Jenis, Karakteristik, Para Ahli

Diposting pada

Elemen Sistem – Pengertian, Jenis, Karakteristik, Para Ahli : Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama agar memudahkan aliran energi materi atau informasi agar tercapai suatu tujuan tertentu. Ini sering kali dipakai agar dapat menggambarkan set entitas yang dapat berinteraks.


29 Pengertian Dan Elemen Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem

Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta mempunyai jenis penggerak, contoh umum misalnya negara. Negara adalah kumpulan dari elemen-elemen yang secara kesatuan seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk suatu negara.


Kata “sistem” banyak sekali dipakai dalam percakapan sehari-hari, dalam dokumen ilmiah ataupun forum diskusi. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi dan Jenis Sistem Operasi Terlengkap


Elemen Dalam Sistem

Pada prinsipnya, setiap sistem yang membuat terdiri dari empat unsur:

  1. Objek yang dapat berkiupa bagian, elemen, atau variabel. Dia bisa menjadi benda-benda fisik, abstrak, atau keduanya sekaligus; tergantung pada sifat dari sistem.
  2. Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  3. Hubungan internal antara benda-benda di dalamnya.
  4. Lingkungan, di mana sistem berada.

Elemen Sistem

Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, yaitu : tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan. Berikut penjelasan mengenai elemen-elemen yang membentuk sebuah sistem :


  •  Tujuan

Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), entah hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem.


  • Masukan

Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses.


  • Proses

Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Perbedaan Batch ,Online, Real time Processing Method  


  • Keluaran

Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.


  • Batas

Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.


  • Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik

Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran.


  • Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri.


Jenis sistem

Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:

  • Atas dasar keterbukaan: sistem terbuka, dimana pihak luar dapat mempengaruhinya dan sistem tertutup.
  • Atas dasar komponen: Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi dan sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap


Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung dan sasaran, diantaranya:


  1. Komponen Sistem

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen- komponen sistem atau elemen-elemen sistem yang dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.


  1. Batas Sistem

Batas sistem merupakan suatu daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatau sistem menunjukan ruang lingkup darri sistem tersebut.


  1. Lingkungan Luar Sistem

Lingkungan luar suatu sistem adalah apapun diluar batas sistem yang mempengaruhi opersi sistem. Lingkungan sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, sehingga tidak mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.


  1. Penghubung Sistem

Penghubung merupakan media penghubung antara subsistem dengan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber- sumber data mengalir dari subsistem ke subsistem lainnya.keluaran (output) dari subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui suatu penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem lainnya membentuk satu kesatuan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 43 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan )


  1. Masukan Sistem

Masukan adalah energi yang dimasukan kedalam sistem. Masukan dapat berupa perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Masukan perawatan adalah energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Masukan sinyal adalah energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran. Sebagai contoh di dalam sistem  komputer, program adalah masukan perawatan yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah masukan sinyal untuk diolah menjadi informasi.


  1. Keluaran Sistem

Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran dapat berupa masukan untuk subsistem yang lain.


  1. Pengolahan Sistem

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan atau sistem itu sendiri sebagai pengolahnya. Pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.


  1. Sasaran Sistem

Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Apabila suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dan sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuannya.


Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut Ini Adalah 29 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli.

1. Henry Prat Fairchild

Sistem merupakan rangkaian yang memiliki keterkaitan antara beberapa bagian dari hal yang terkecil, jika suatu bagian terganggu maka pada bagian yang lainnya akan merasakannya juga.


2. L. James Haver

Sistem merupakan prosedur yang logis dan rasional, yang dapat berguna untuk melakukan atau merancang sebuah rangkian suatu komponen yang berkaitan satu sama lain.


3. John Mc. Manama

Sistem ialah struktur yang terkonsep atau tersusun dari beberapa fungsi yang bekerja dan berkaitan untuk satu kesatuan untuk mencapai sebuah hasil yang di inginkan secara efektif dan efisien.


4. Indrajid

Sistem yang mengandung arti dari bebrapa kumpulan dan berbagai komponen yang dimiliki sebuah unsur yang saling memiliki keterkaitan diantara yang satu dengan yang lainnya.


5. Salisbury

Sistem adalah sebuah kelompok dari komponen atau bagian yang dapat berkerjasama dengan kesatuan fungsi.


6. L. Ackof

Sistem adalah satu kesatuan yang konseptual dan berdiri dari beberapa bagian dalam sebuah keadaan yang saling ketergantungan satu sama lainnya.


7. Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah sebuah tatanan yang menjelaskan tentang adanya rangkaian komponen yang saling berhubungan, dan memiliki tujuan ynag sama secara seimbang dan terkoordinasi serta serasi dalam waktu yang sudah terencana.


8. Musanef

Sistem merupakan suatu sarana yang sesuai dengan keadaan dan pekerjaan supaya mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab secara teratur.


9. Jogianto

Sistem adalah sekumpulan dari beberapa elemen (yang berinteraksi) agar memiliki sebuah pencapaian dan tujuan tertentu.


10. Poerwadarminta

Sistem merupakan bagian dari beberapa kelompok yang berupa alat atau yang lainnya, yang dapat bekerja sama agar melaksanakan sebuah tujuann tertentu.


11. Murdick, R. G

Sistem adalah seperangkat elemen yang dapat membentuk kumpulan dari berbagai prosedur pengolahan agar dapat mencari sebuah tujuan bersama dengan mengoprasikan data ataupun barang untuk menghasilkan informasi, ataupun barang.


12. Zulkufli A.M.

Sistem sebagai suatu himpunan suatu benda nyata ataupun abstrak (a set of thing) yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan, saling mendukung dan saling ketergantungan, untuk bersatu dalam satu kesatuan agar mencapai tujuan secara efektif.


13. Mulyadi

Sistem merupakan kelompok suantu unsur yang sangat erat keterkaitannya dengan yang lainnya, yang sama-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Volatile dan Non Volatile Memory Terlengkap


14. Pamudji

Sistem adalah suatu kebulatan yang terorganisir, yang mana perpaduan dari bagian-bagian tersebut dapat membentuk suatu kesatuan yang utuh.


15. Bertalanffy

Sistem merupakan sebuah kumpulan komponen yang saling berinteraksi yang satu dengan yang lainnya dan bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan.


16. Koentjaraningrat

Sistem merupakan suatu susunan yang dapat bergerak dan berfungsi.


17. J.C. Hinggins

Sistem merupakan seperangkat dari bagian yang saling berhubungan atau saling berkoneksi.


18. Anatol Raporot

Sistem adalah kumpulan dari kesatuan perangkat yang berhubungan dengan satu dan dengan yang lainnya.


19. Webster’s Unabridged

Sistem merupakan sebuah elemen yang saling berkoneksi untuk membentuk satu kesatuan (organisasi).


20. Robert Allen

Sistem adalah sebuah prosedur yang mapan dan terorganisir yang dapat membuahkan hasil.


21. Pilecki

Sistem adalah sekumpulan objek dan itu dihubungkan dengan atributnya. Sitem juga dapat diartikan sebagai satu kesatuan yang memiliki sejumlah bagian, atribut dari bagian antara bagian tersebut dengan atribut.


22. Andri Kristanto

Sistem adalah jaringan kerja yang memiliki prosedur yang memiliki hubungan, menjadi satu untuk melakukan kegiatan yang memiliki sasaran tertentu.


23. Edgar F. Huse

Sistem adalah rangkaian dari bebrapa bagian yang saling berkaitan sehingga memunculkan interaksi dan saling berpengaruh.


24. C.W. Churchman

Sistem merupakan seperangkat dari bagian yang dikoordinasikan secara seimbang dan harmonis agar melaksanakan pencapaian dari sebuah tujuan.


25. Davis, G. B

Sistem adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama untuk menyelesaikan sasaran tertentu.


26. Gordon B. Davis

Sistem terdiri dari beberapa bagian yang saling berkaitan satu dengan yang linnya, dan beroprasi secara bersama-sama untuk mencapai sasaran tertentu.


27. James L. Bowdict

Sistem adalah sebuah rangkian dari beberapa bagian yang saling berkaitan sehingga dapat menimbulkan interaksi yang saling berpengaruh.


28. Mark Victor Hansen

Sistem merupakan sebuah prosedur yang terorganisir sehingga dapat membuahkan hasil dari tujuan tersebut.


29. Eric Kohler

Sistem sebagai rangkaian yang memiliki keterkaitan antar bagian-bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian terganggu, maka bagian yang lainnya akan ikut merasakan ketergangguan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi dan Pengertian Jaringan Terlengkap