Bagian-Bagian Otak Manusia

Diposting pada

Pengertian Otak

Pengertian-Otak

Otak adalah pusat kendali dari struktur dan memiliki sekitar 1.350cc volume dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab untuk pengaaturan seluruh tubuh dan pikiran manusia. Sebab itu ada hubungan ynag sanagt kuat antara otak dan pemikiran. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, fungsi tubuh homeostasis, perilaku dan gerak seperti tekanan darah, detak jantung, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.


Fungsi Otak Manusia Secara Umum

Otak dan saraf sel di dalamnya diyakini mempengaruhi kondisi tubuh manusia. Ilmu yang dimiliki otak atau pengetahuan dapat mempengaruhi psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yakni pembelajaran motorik , pengenalan, bentuk pembelajaran emosi dan bentuk ingatan lainnya.

Otak terdiri dari dua jenis sel: neuron dan glia. neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensial aksi, sedangkan Glia berfungsi untuk melindungi dan mendukung  neuron. Keduanya berkomunikasi bersama neuron-neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang dinamakan neurotransmitter.

Baca Juga : Batang Otak – Pengertian, Fungsi, Letak, Bagian, Pyramid, Formasi Retikulasi

Ini dikirimkan pada posisi atau keadaan yang dikenal juga sebagai sinapsis. Invertebrata hampir mirip dengan serangga yang mungkin memiliki jutaan neuron di dalam otak manusia, vertebrata besar mungkin juga memiliki neuron sekitar 100 miliar.

Neuron otak memiliki dua jenis asam lemak PUFA, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (AA), yang berada dalam posisi Sn2 phosphoglycerides molekul dalam membran sel neuron. PUFA bisa  hilang atau terlepas dari fosfogliserida oleh fosfolipase PLA-2 stimulasi. Molekul AA dirilis akan diproses oleh enzim cyclo oxygenase ke prostaglandin dan tromboksana, atau diproses oleh enzim 5-lipo akan oxygenase lipoksin. Kedua AA dan DHA dapat diproses oleh enzim oxygenase untuk membentuk senyawa lipo derivatif hidroksi dan leukotriena.


Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Secara umum bagian benak besar dipecah menjadi dua yakni benak kanan dan benak kiri. Tiap sisi benak memiliki faedah otak setiap yang lumayan bertolak belakang. Berikut adalah pembahasan tentang bagian dan faedah otak kiri dan benak kanan.


  • Fungsi Otak Kanan

Otak kanan bermanfaat dalam pertumbuhan emotional quotient (EQ). Fungsi benak kanan pun meliputi keterampilan intuitif, keterampilan merasakan, memadukan dan segala format ekspresi tubuh, sebut saja laksana menyanyi, menari, dan melukis.


  • Fungsi Otak Kiri

Otak kiri bermanfaat dalam hal-hal yang bersangkutan dengan logika, beranggapan dan rasio. Fungsi benak kiri pun meliputi keterampilan menulis dan menyimak serta adalahpusat matematika. Bagian benak ini adalah pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat benak bagian ini juga mempunyai sifat jangka pendek.


Bagian Otak Manusia

Bagian-Otak-Manusia

Dalam anatomi otak vertebrata, otak depan (bahasa Inggris: prosencephalon, otak depan) merupakan bagian dari otak manusia. Pada tahap ini, perkembangan sistem saraf pusat, otak depan berkembang dan memisahkan diri menjadi diencephalon dan otak besar. Jika embrio, otak depan dapat mengalami hambatan untuk berkembang menjadi dua kondisi, ada suatu kondisi yang disebut juga holoprosensefali.


1. Otak Besar

Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ juga ditentukan oleh kualitas bagian ini.

Baca Juga : Organ Pernapasan Manusia – Pengertian, Jenis, Hidung, Tenggorokan, Bronkiolus, Alveolus, Diafragma, Paru-Paru

Cerebrum secara terbagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebut Lobus. Bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat Lobus tersebut masing-masing adalah: Lobus Frontal, Lobus Parietal, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.

  • Lobus Frontal merupakan bagian lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.
  • Lobus Parietal berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
  • Lobus Temporal berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.
  • Lobus Occipital ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.

Apabila diuraikan lebih detail, setiap lobus masih bisa dibagi menjadi beberapa area yang punya fungsi masing-masing, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Otak-Besar

Selain dibagi menjadi 4 lobus, cerebrum (otak besar) juga bisa dibagi menjadi dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan itu terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berpikir rasional.

Untuk lebih jelasnya nanti akan dibahas pada pembahasan poin kedua.


2. Otak Tengah

Otak-Tengah

Otak tengah merupakan salah satu bagian otak yang memiliki struktur:

1. Tektum, terdiri dari dua pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina:

  • Colliculi rendah, yang terlibat dalam proses. Sinyal yang diterima dari berbagai nukleus batang otak thalamus diproyeksikan menuju inti geniculate medial menyerukan terus menuju korteks pendengaran primer (bahasa Inggris: korteks pendengaran primer).
  • colliculi unggul, melayani kontrol gerakan visual dan mata sedini

Baca Juga : Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya


2. Gagang bunga otak

  • Tegmentum merupajan sebuah jaringan multi-sinapsis yang memiliki hubungan dalam homeostasis dan sistem refleks lintasan.
  • Crus cerebri
  • Substantia nigra

3. Otak Belakang

Otak-Belakang

Otak belakang (bahasa Inggris: myelencephalon, metencephalon, rhombencephalon) meliputi sumsum lanjutan (bahasa Inggris: medulla oblongata), otak kecil (bahasa Inggris: cerebellum), jembatan Varol (bahasa Inggris: pons, pons Varolii). Ketiga bagian ini membentuk batang otak (bahasa Inggris: brainstem).

Jembatan Varol meruoakan isi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil, serta menghubungkan otak kecil dengan korteks serebral.

Lanjutan sumsum untuk membentuk bagian bawah batang otak dan pons jembatan yang menghubungkan sumsum tulang belakang. Sekelompok neuron di formasi reticular dalam sumsum maju fungsi untuk mengontrol sistem pernapasan dan saraf kranial yang mengontrol detak jantung juga pada sumsum.  Hal ini juga bertindak sebagai pusat pengatur refleks fisiologis, tekanan udara, suhu tubuh, pelebaran atau penyempitan pembuluh darah, gerakan saluran pencernaan dan sekresi kelenjar pencernaan. Fungsi lainnya idalah sebagai pengatur refleks, seperti berkedip, bersin dan batuk.


4. Otak Kecil

Otak-Kecil

Cerebellum (bahasa Inggris: cerebellum) merupakan bagian terbesar dari otak belakang. Otak kecil terdapat pada posisi bawah lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri atas 2 permukaan berlekuk dan belahan. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur postur atau sikap, koordinasi dan keseimbangan gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika ada cedera ringan ke otak, dapat menyebabkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerakan otot. Gerakan menjadi tidak beraturan.


5. Brainstem (Batang Otak)

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.

Batang otak dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak sering juga disebut dengan otak reptil. Otak reptil mengatur “perasaan teritorial” sebagai insting primitif. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang tidak Anda kenal terlalu dekat dengan anda.

Batang Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Mesencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.
  • Medulla oblongata adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medulla mengontrol funsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
  • Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.

Catatan: Kelompok tertentu mengklaim bahwa Otak Tengah berhubungan dengan kemampuan supranatural seperti melihat dengan mata tertutup. Klaim ini ditentang oleh para ilmuwan dan para dokter saraf karena tidak terbukti dan tidak ada dasar ilmiahnya.

Baca Juga : Penjelasan Proses Pernapasan Pada Manusia Lengkap


6. Limbic System (Sistem Limbik)

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalah Hipotalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Misalnya Anda lebih memperhatikan anak Anda sendiri dibanding dengan anak orang yang tidak Anda kenal. Mengapa? Karena Anda punya hubungan emosional yang kuat dengan anak Anda. Begitu juga, ketika Anda membenci seseorang, Anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena Anda punya hubungan emosional dengan orang yang Anda benci.

Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran. Carl Gustav Jung menyebutnya sebagai “Alam Bawah Sadar” atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik seperti menolong orang dan perilaku tulus lainnya. LeDoux mengistilahkan sistem limbik ini sebagai tempat duduk bagi semua nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran.


7. Ganglia Basalis

Ganglia basalis ialah sekelompok sel saraf yang berukuran besar dan terletak di sekeliling thalamus. Bagian ini sangat urgen dalam menata pergerakan tubuh manusia.Ganglia basal dihubungkan ke benak bagian tengah oleh dua komponen yang disebut red nuclei atau sel saraf berwarna merah, serta substantia nigra.


Cara Menjaga Otak Sehat

Seperti tubuh, benak Anda bisa dilatih supaya tetap sehat. Berikut ialah beberapa urusan yang bisa Anda kerjakan untuk mengawal otak tetap sehat.

Jelas diketahui bahwa semakin Anda mengajar dan memakai otak, semakin baik performa otak. Kesehatan benak Anda dapat diprovokasi dengan santap makanan yang sehat dan genetik yang baik. Secara teori, kita dapat mengajar otak kita sejak kamu muda, dimana benak berada pada situasi yang sangat aktif dan membangun kelaziman serta kenangan kognitif. kita dapat mengajar otak dengan kegiatan seperti sudoku, teka teki silang dan membaca. Menjaga kesehatan jasmani juga dapat menolong otak Anda.

Baca Juga : Pengertian Sistem Transportasi Pada Manusia

Seperti unsur tubuh lainnya, otak membutuhkan darah guna mensuplai nutrisi dan oksigen. Penyakit jantung, diabetes, obesitas, kolestrol tinggi dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengarah ke otak. Bagi mencegahnya, berikan nutrisi pada benak seperti asam lemak omega-3, antioksidan laksana vitamin C dan E, serta vitamin B dan D.

Kompleksitas benak belum dicari lebih lanjut, tetapi otak ialah organ yang menciptakan kita manusia, menyerahkan kapasitas guna seni, bahasa, moral dan benak rasional.