Singkatan Dan Akronim – Pengertian, Perbedaan, Pedoman, Judul, Contoh

Diposting pada

Singkatan Dan Akronim – Pengertian, Perbedaan, Pedoman, Judul, Contoh : Singkatan ialah bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih. Sedangkan akronim, ialah singkatan yang berupa gabungan  huruf  awal, gabungan suku kata.


Abbreviations and Acronyms

Pengertian Singkatan Dan Akronim

Huruf merupakan suatu kumpulan huruf berdasarkan urutan yang umum atau baku. Ada berbagai macam huruf/abjad seperti: abjad yunani, abjad romawi, abjad arab, abjad jawa, abjad latin, abjad cina dan abjad lainnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Komunikatif” Definisi & ( Syarat – Jenis – Contoh )


Singkatan ialah bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih. Sedangkan akronim, ialah singkatan yang berupa gabungan  huruf  awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan  huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan  sebagai kata.


Khusus untuk pembentukan akronim, hendaknya memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Jumlah suku kata akronim jangan melebihi jumlah suku kata yang lazim pada kata Indonesia.
  2. Akronim dibentuk dengan mengindahkan keserasian kombinasi vocal dan konsonan yang sesuai dengan pola kata Indonesia yang lazim.

Pedoman pembentukan singkatan dan akronim diatur dalam Keputusan Mendikbud RI Nomor 0543a/U/198, tanggal 9 September 1987 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.


Singkatan

Singkatan merupakan bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih, macam-macam singkatan sebagai berikut:


  • Singkatan nama orang, nama gelar, sapaan, jabatan atau pangkat diikuti tanda titik.
    Contoh: W.R. Supratman, Dr.
  • Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan dan organisasi serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti tanda titik.
    Contoh: DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

  • Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik.
    Contoh: dll. (dan lain-lain), Yth. (Yang terhormat).

  • Singkatan Lambang Kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan dan mata uang tidak diikuti tanda titik.
    Contoh: Cm (sentimeter), kg (kilogram).


Akronim

Akronim merupakan singkatan yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari kata ditulis dengan huruf awal kapital. Macam-macam akronim sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Simpleks & Kompleks” Pengertian & ( Perbedaan – Contoh )


  • Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
    Contoh: ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), SIM (Surat Izin Mengemudi).
  • Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital.
    Contoh: Akabri (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), Kowani (Kongres Wanita Indonesia).


  • Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil.
    Contoh: pemilu (pemilihan umum), rudal (peluru kendali).


Perbedaan Singkatan Dan Akronim

Berdasarkan ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa singkatan dan akronim memiliki perbedaan. Adapun beberapa perbedaan tersebut di antaranya ialah:


  • Penulisan singkatan diikuti titik kecuali yang cetak kapital dan lambang kimia sedangkan akronim tidak diikuti titik.
  • Akronim merupakan gabungan huruf kata yang dibaca layaknya kata pada umumnya sedangkan singkatan dibaca huruf demi huruf.

Pedoman Untuk Penulisan Singkatan Dan Akronim

  1. Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan yang terdiri dari satu huruf atau lebih.
    1. Singkatan nama orang, gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda titik.
    2. Singkatan nama resmi lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, badan/organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital tanpa tanda titik.

    3. Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Tetapi, singkatan umum yang terdiri hanya dari dua huruf diberi tanda titik setelah masing-masing huruf.
    4. Lambang kimia, singkatan satuan ukur, takaran, timbangan, dan mata uang asing tidak diikuti tanda titik.

  2. Akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf awal, suku kata, ataupun huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata.

    1. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
    2. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital.
    3. Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun huruf dan suku kata dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kecil.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Simpleks & Kompleks” Pengertian & ( Perbedaan – Contoh )


Akronim Dan Singkatan Sebagai Judul

Akronim dan singkatan hanya sebaiknya digunakan sebagai judul jika hal tersebut jauh lebih terkenal daripada kepanjangannya (misalnya AIDS vs. Acquired Immune Deficiency Syndrome, Radar vs. Radio Detection and Ranging).


Seringkali suatu singkatan yang terkenal kepanjangannya menggunakan bahasa asing sehingga penutur bahasa Indonesia yang terbiasa menggunakan akronim/singkatan yang telah diserap dalam bahasa Indonesia tersebut lebih terbiasa dengan singkatannya. Hal ini juga patut dicermati. Contoh adalah ASEAN vs. Association of Southeast Asia Nations (Perhimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara).


Untuk beberapa judul artikel pembaca dalam bahasa Indonesia mungkin akrab dengan lebih dari satu varian nama, misalnya Perserikatan Bangsa-Bangsa, PBB, United Nations, UN, yang semuanya menunjuk ke entitas yang sama.


Sebisa mungkin jika kepanjangan suatu akronim dijadikan judul artikel maka perlu dicarikan padanannya dalam bahasa Indonesia, jika ada, maka sebaiknya padanan tersebutlah yang dijadikan judul artikel tersebut, misalnya UNESCO vs. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization   (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Kalimat Definisi & Kalimat Deskripsi” Pengertian & ( Perbedaan – Contoh )