Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin

Diposting pada

Pengertian Vitamin, Fungsi, Jenis, A, B, C, D, E, dan K Adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh

pengertian-vitamin


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Peran Vitamin K Dalam Tubuh Lengkap


Pengertian Vitamin

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air :

  1. Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
  2. Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Suntik Vitamin C Beserta Manfaat Dan Efek Sampingnya


Macam-Macam Vitamin

Vitamin A (Retinol)

Vitamin A, yang juga dikenal dengan nama Retinol, merupakan vitamin yang berfungsi dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh.Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara.

Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A, antara lain susu, ikan, sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning), dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning, seperti cabai merah, wortel, pisang, dan pepaya).

Akibat kekurangan vitamin A, penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. Selain itu, penderita defisiensi vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernafasan, menurunnya daya tahan tubuh, dan kondisi kulit yang kurang sehat. Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan.Selain itu, bila sudah dalam kondisi akut, kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan, terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati, dan iritasi kulit.


Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1, yang dikenal juga dengan nama Tiamin, merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. Di samping itu, vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein danlemak. Sumber yang mengandung vitamin B1 yaitu gandum, nasi, daging, susu, telur, dan tanaman kacang-kacangan.

Akibat kekurangan vitamin B1, kulit akan mengalami berbagai gangguan, seperti kulit kering dan bersisik. Tubuh juga dapat mengalami beri-beri, gangguan saluran pencernaan, jantung, dan sistem saraf.


Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 (Riboflavin) banyak berfungsi penting dalam metabolisme di tubuh manusia. Di dalam tubuh, vitamin B2 berperan sebagai salah satu kompenen koenzim flavin mononukleotida (flavin mononucleotide,FMN) dan flavin adenine dinukleotida (adenine dinucleotide, FAD). Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekulsteroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku. Sumber vitamin B2 banyak ditemukan pada sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

Akibat kekurangan vitamin B2 akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, dan sariawan.


Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3 juga dikenal dengan istilah Niasin. Vitamin ini berfungsi penting dalam metabolismekarbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak, dan protein. Di dalam tubuh, vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, dan vertigo. Berbagai jenis senyawa racun dapat dinetralisir dengan bantuan vitamin ini.

Sumber vitamin B3 terdapat pada makanan hewani, seperti ragi, hati, ginjal, daging unggas, dan ikan. Akan tetapi, terdapat beberapa sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini dalam kadar tinggi, antara lain gandum dan kentang manis.

 Akibat kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan tubuh mengalami kekejangan, keram otot, gangguan sistem pencernaan, muntah-muntah, dan mual.


Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 (Asam Pantotenat) banyak terlibat dalam reaksi enzimatik di dalam tubuh.  vitamin B5 berfungi besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak. Peranan lain vitamin ini adalah menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak dan memproduksi senyawa asam lemak, sterol, neurotransmiter, dan hormon tubuh.

Sumber  vitamin B5 dapat ditemukan dalam berbagai jenis variasi makanan hewani, mulai dari daging, susu, ginjal, dan hati hingga makanan nabati, seperti sayuran hijau dan kacang hijau.

Akibat kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kulit pecah-pecah dan bersisik. Selain itu, gangguan lain yang akan diderita adalah keram otot serta kesulitan untuk tidur.


Vitamin B6 (Pridoksin)

Vitamin B6, atau dikenal juga dengan istilah Piridoksin, merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin ini berfungsi sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid danfosfolipid. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh.

Sumber vitamin B6 ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

Akibat kekurangan vitamin B6 dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia.


Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 atau di kenal Biotin berfungsi sebagai koenzim pada reaksi-reaksi yang menyangkut penambahan atau pengeluaran karbon dioksida kepada atau dari senyawa aktif. Sintesis dan oksidasi asam lemak memerlukan biotin sebagai koenzim. Demikian pula deaminasi, yaitu pengeluaran NH2  dari asam-asam amino tertentu, terutama asam aspartat, treonin, dan serin serta sintesis purin yang diperlukan dalam pembentukan DNA dan RNA membutuhkan biotin. Secara metabolic, biotin erat kaitannya dengan asam folat, asam pantetonat, dan vitamin B12.

Sumber vitamin B7 terdapat dalam banyak jenis makanan dan di dalam tubuh dapat disintesis oleh bakteri saluran cerna. Sumber yang baik adalah hati, kuning telur, serealia, khamir, kacang kedelai, kacang tanah, sayuran dan buah-buahan tertentu (jamur, pisang, jeruk, semangka, strawberi). Daging dan buah-buahan merupakan sumber yang kurang baik. Ketersediaan biologic biotin sebagian ditentukan oleh pengikat dalam makanan. Dalam putih telur mentah biotin diikat kuat oleh avidin, tetapi bila dimasak akan di lepas. Devidin mengalami denaturasi dan tidak berbahaya.

Akibat kekurangan vitamin B7 dapat menimbulkan penyakit Dermatitis, Hyperesthesia dan Paresthesia, Keratokonjungtivitis, Anorexia, Anemia dan terganggunya fungsi jantung.


Vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin B9 atau Asam Folat merupakan bagian dari dua koenzim yang berfungsi penting dalam sintesa sel-sel baru. Asam Folat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Asam Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia parnisiosa, namun gejala gastrointestian, dan gangguan saraf tetap bertahan.

Sumber vitamin B9 terdapat luas dalam bahan makanan terutama dalam bentuk poliglutamat. Asam Folat terutama terdapat didalam sayuran hijau, hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk.

Akibat  kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak, pertumbuhan tulang belakang, sariawan, diare.


Vitamin B12 (Sianokobalamin)

Vitamin B12 atau Sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya khusus diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman. Oleh karena itu, vegetarian sering kali mengalami gangguan kesehatan tubuh akibat kekurangan vitamin ini. Vitamin ini banyak berfungsi dalam metabolisme energi di dalam tubuh. Vitamin B12 juga termasuk dalam salah satu jenis vitamin yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, pembentukkan platelet darah.

sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 yaitu daging daging, telur, susu, hati dan ragi (makanan hasil fermentasi).

Akibat kekurangan vitamin B12 ini akan menyebabkan anemia (kekurangan darah), mudah lelah lesu, dan iritasi kulit.


Vitamin C (asam askorbat)

Vitamin C (Asam Askorbat) banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringankulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita. Terkait dengan sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas, vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker, dapat diturunkan. Selain itu, vitamin C berperan dalam menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh, seperti otot. Vitamin ini juga berperan dalam penutupan luka saat terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan lebih dari infeksi mikroorganisme patogen. Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Sumber vitamin C terdapat pada  Jeruk, strawberry, anggur, tomat, brokoli, kentang.

 Akibat kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. Akumulasi vitamin C yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal, gangguan saluran pencernaan, dan rusaknya sel darah merah.


Vitamin D (Kalsiferol)

Vitamin D (Kalsiferol) ini dapat berfungsi membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X.

Sumber  vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju.

 Akibat kekurangan vitamin D gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan. Penyakit lainnya adalahosteomalasia, yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja, sedangkan pada manula, penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasiberlebihan.


Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E (Tokoferol) berfungsi dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami.

Sumber  vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

Akibat  kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.


Vitamin K (Koagulasi)

Vitamin K atau juga di sebut Koagulasi banyak berfungsi dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka.

Sumber vitamin K yaitu susu, kuning telur, dan sayuran segar yang merupakan sumber vitamin K yang baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh.

 Akibat kekurangan vitamin K akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan. Selain itu, vitamin K juga berperan sebagaikofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Jenis-jenis Mikroba Endofit


Fungsi Vitamin Secara Umum

Terdapat banyak sekali jenis-jenis vitamin tersebut yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri, Fungsi vitamin tersebut secara umum ialah  sebagai berikut ini :

  1. Mengatur zat didalam tubuh
  2. berguna menguatkan gigi serta tulang
  3. Mempercepat Pertumbuhan
  4. Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit
  5. Mempercepat proses dalam penyembuhan penyakit
  6. untuk memperlambat dalam proses penuaan
  7. dapat membangun sistem kekebalan tubuh atau sistem imun
  8. untuk menjaga tubuh tetap segar serta menghilangkan rasa capek
  9. Vitamin juga diperkirakan berguna ialah sebagai katalisator dalam reaksi biokimia tubuh
  10. Menjaga dan juga untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Fungsi Jenis Dan Ciri – Ciri Sel Darah Putih (Leukosit)


Jenis dan Fungsi Vitamin

Beberapa dari macam vitamin yang telah diketahui fungsi serta sumber-sumber dari berbagai macam maupun jenis vitamin tersebut antara lain ialah sebagai berikut ini :

  • Vitamin A (Retinol)
    Vitamin A ialah vitamin yang mempunyai berperan penting untuk sebagai menjaga dan juga merawat kecantikan kulit agar tetap licin serta juga halus. Fungsi lain yang sangat penting ialah sebagai pertumbuhan tubuh dan juga untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A tersebut banyak terdapat  pada wortel, ubi jalar, labu siam, sayuran hijau,  avokad, dan juga semangka. Sumber vitamin A dari makanan tersebut masih berupa provitamin A. Selanjutnya, pada organ hati, provitamin A tersebut diubah menjadi vitamin A. Apabila tubuh Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun senja dan juga Xeroftalma Penyakit xeroftalmia yang menyebabkan mata mengering sehingga dapat mengakitbatkan kebutaan pada mata.
  • Vitamin B1 (Tiamin)
    Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang penting pada tubuh. Fungsi vitamin yaitu untuk menambah nafsu makan dan juga mengatur fungsi alat-alat pencernaan serta fungsi saraf. Sumber vitamin B1 yang terbaik yakni dari biji-bijian yang masih memiliki kulit ari,gandum, ragi, kecambah, dan juga kacang-kacangan kering. Kekurangan vitamin B1 akan da[at menimbulkan gangguan pada saraf, mudah lelah, pencernaan kurang sempurna, serta juga dapat menyebabkan penyakit beri-beri.
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
    Vitamin B2 tersebut berperan penting pada pertumbuhan tubuh, untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan kuku, serta juga dapat membantu proses metabolisme karbohidrat sehingga dapat memperoleh energi. Sumber vitamin B2 ialah dari susu, kacang-kacangan, telur, dan juga ragi.
  • Vitamin B6 (Piridoksin)
    Vitamin B6 tersebut berfungsi didalam pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan juga rambut, serta mengurangi rasa mual dan juga untuk meredakan mabuk [ada perjalanan, mengurangi kejang lengan, dan juga mencegah pelagra ataupun kulit kasar (meradang). Sumber vitamin B6 terdapat biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, jagung, ikan, dan juga pada ragi. Kekurangan vitamin B6 tersebut dapat mengakibatkan pelagra, susah tidur, mudah tersinggung, dan juga depresi.
  • Vitamin B12 (Sianokobalamin)
    Vitamin B12 tersebut berperan didalam proses pembentukan sel-sel darah merah dan juga memperbaiki daya konsentrasi. Sumber vitamin B12 tersebut ialah hati, daging, dan juga telur. Kekurangan vitamin B12 tersebut akan menyebabkan anemia, kelelahan, dan juga gangguan pada kulit.
  • Vitamin C (Asam Askorbat)
    Vitamin C tersebut berperan dalam suatu proses penyembuhan infeksi dan juga menanggulangi alergi serta skorbut. Sumber vitamin C tersebut, antara lain ialah  jeruk, tomat, nanas dan juga sayuran segar. Kekurangan vitamin C tersebut dapat mengakibatkan gusi berdarah, proses penyembuhan pada luka dapat terhambat, nyeri pada persendian, dan juga daya tahan terhadap infeksi yang lemah .
  • Vitamin D
    Vitamin D ini sangat diperlukan didalam suatu proses pembentukan tulang dan juga memperkuat rangka. Sumber vitamin D, antara lain ialah  minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan juga ikan laut. Sumber vitamin D tersebut terdapat dari makanan yang masih berupa provitamin D. Sinar matahari juga akan membantu mengubah provitamin D tersebut menjadi vitamin D pada permukaan kulit. Kekurangan vitamin D tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, kaki bengkok, gigi keropos, dan juga kejang otot.
  • Vitamin E (Tokoferol)
    Vitamin E tersebut berfungsi untuk mencegah keguguran, kemandulan, dan juga perdarahan. Sumber vitamin E tersebut berupa kecambah biji-bijian, minyak zaitun, dan juga minyak kelapa. Kekurangan vitamin E ini dapat menyebabkan gangguan pada otot dan juga kemandulan
  • Vitamin K (Filokuinon)
    Vitamin K ini berperan pada proses pembekuan darah pada saat terjadi luka. Vitamin K  tersebut banyak terdapat pada sayuran hijau, kedelai, dan juga pada tomat. Kekurangan vitamin K tersebut dapat menyebabkan darah sukar membeku.