Pengertian Pesan Singkat – Cara, Bagian, Fungsi, Penulisan, Contohnya

Diposting pada

Pengertian Pesan Singkat – Cara, Bagian, Fungsi, Penulisan, Contohnya : Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan pesan singkat sebagai sarana komunikasi dalam sehari-hari.


Pesan singkat yang sering kita pakai bisa pesan singkat yang berupa memo yang tertulis dalam kertas dan berupa sms (short message service/layanan pesan pendek) melalui handphone. Untuk lebih jelas mengenai tentang pesan singkat marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


pesan-singkat

Pengertian Pesan Singkat

Memo atau Pesan Singkat ialah suatu bentuk komunikasi tertulis yang di dalamnya yang berupa pesan singkat. Memo biasa digunakan secara intern dalam sebuah organisasi dan yang sifatnya informal.


Memo bisa ditulis tangan ataupun diketik rapi. Isi memo bisa berupa permintaan, harapan, ataupun pemberitahuan. Selain itu, memo juga ditulis dengan secara singkat, padat, jelas, dan tidak mengundang pertanyaan.


Saat ini pesan singkat juga bisa disampaikan melalui perangkat komunikasi elektronik yang berupa telepon genggam (handphone). Alat ini mempunyai fasilitas kiriman pesan singkat atau lebih dikenal dengan Short Message Service (SMS).


Akan tetapi, perangkat ini mempunyai keterbatasan, yakni jumlah karakter pada (huruf/angka/tanda baca) yang dipergunakan cukup terbatas (sedikit). Oleh sebab itu, harus bisa menghemat banyaknya karakter yang diketik, tetapi tetap bisa dipahami oleh penerima pesan.


Walaupun pesan ditulis secara ringkas, hendaknya tetap berpegang pada sebuah tata krama atau sopan santun dalam berbahasa. Selain dari itu, harus  diperhatikan juga kepada siapa pesan tersebut akan disampaikan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kingdom Plantae : Pengertian, Ciri, Klasifikasi, Dan Jenis Beserta Contohnya Secara Lengkap


Pengertian Pesan Singkat / Short Message

Short message adalah pesan singkat yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain agar orang tersebut melakukan atau tidak melakukan sesuatu karena kita tidak bisa bertemu secara langsung kepada orang yang akan kita beri pesan tersebut.


Pesan pendek harus memberikan informasi mengenai

  1. Receiver (Penerima)
  2. Content (Isi)
  3. Sender (Pengirim)

Jenis short message

  1. Written message (Pesan tertulis)
  2. Electric message (Pesan Elektrik atau SMS)

Contoh Short message

Dear Ratna,

Hi, where are you? I came to your class to return your pen just now, but you were not in. So I put your pencil on your table.

Thanks for it.

Bella

 

Terjemahan :
Untuk Ratna,

Hey, kamu dimana? Aku kekelasmu untuk mengembalikan pulpenmu, tapi kamu tidak ada dikelas. Jadi aku meletakkannya diatas mejamu.

Terimakasih ya.

Bella


To : Beti

I’m sorry I can’t come to your house to do our English task this afternoon. I must take my mother to the doctor because she has a headache. What if we do it tomorrow?

Dona

Terjemahannya:
Untuk Beti

Maafkan aku, aku tidak bisa kerumahmu untuk mengerjakan tugas Bahasa Inggris siang ini. Aku harus mengantar ibuku ke dokter karena dia sakit kepala. Bagaimana jika kita mengerjakannya besok?

Dona


Dear Anisa

I have an essay assignment about reusing thing. Could you please accompany me to go to the library to look up resources? The assignment should be submitted by the end of this week. Can we go there after school? Reply soon, please.

Yulia.

Terjemahannya:
Untuk anisa

Aku punya tugas esai tentang penggunaan barang bekas. Dapatkah kamu menemaniku untuk pergi ke perpustakaan untuk mencari buku sumbernya? Tugasnya harus dikumpulkan akhir pecan ini. Dapatkah kita pergi kesana setelah pulang sekolah? Tolong balas secepatknya.

Yulia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kingdom Protista


Hi, Ayu!

By the way, we have a project in biology class. It’s about cassava fermentation. We are in the same team, right? How about do it next two days in my home?

Bianka.

 

Terjemahannya:
Hey Ayu!

Ngomong-ngomong, kita punya tugas di pelajaran biologi. Ini tentang fermentasi singkong. Kita dalam satu kelompok yang sama, kan? Bagaimana jika kita mengerjakannya dua hari lagi dirumahku?

Bianka.


Dear Fika,

Remember, we’d had an appointment to go swimming after school. I’ll be waiting for you at home. Don’t forget to bring money. See you!

Nandita

 

Terjemahannya:
Untuk Fika,

Ingat, kita punya janji untuk berenang setelah pulang sekolah. Aku akan menunggumu dirumah. Jangan lupa membawa uang. Sampai ketemu lagi!

Nandita


To Evalia,

Endah and I are planning to go to Insan’s house tonight. Do you want to join us? We will do our task and also watching the newest movie there. I’m waiting your reply. Reply as soon as possible.

Vika.

 

Terjemahannya:
To Evalia,

Endah dan aku berencana untuk keruah Insan mala mini. Maukah kamu bergabung? Kita akan mengerjakan tugas dan juga menonton film terbaru disana. Aku menunggu balasanmu. Balas secepatnya.

Vika


Hanif, don’t forget to submit your assignment to Mr. Ray at two o’clock this afternoon. Put them into white envelopes. Mr. Ray will wait us in Room 333. Please be on time. Send me your reply soon.

Sasa

 

Terjemahannya:
hanif, jangan lupa untuk mengumpulkan tugasmu kepada Pak Ray pada jam dua siang. Masukkan kedalam amplop putih. Pak Ray menunggu kita di ruang 333. Tolong tepat waktu. Balas pesan ini secepatnya.

Sasa.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :  Kingdom Monera


Cara Menulis Pesan Singkat

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis pesan yaitu sebagai berikut :

  • Jelas, baik dalam nama yang dituju, isi pesan, ataupun pengirim pesan.
  • Singkat isinya, tidak panjang cerita.
  • Diletakkan di tempat yang gampang dijangkau oleh pandangan mata penerima.

Misalnya, di depan pintu, di atas meja, di pintu lemari es, ataupun di dekat televisi. Pesan biasanya ditulis dengan kalimat yang sederhana dengan bahasa yang tidak formal. Hal ini menandakan bahwa kita bisa menulis pesan tanpa terikat kaidah dalam penulisan yang baku.


Contoh Pesan Singkat SMS

– Kak, apa kbr nya?  skrg kk tinggal dmana? Aku boleh maen kerumah ?
– Cuy, Alhamdulillah, anakku terima di sekolahan negeri, doain ya semoga anakku jadi anak pintar ??
– Bu, maaf bapak pulang nya agak larut malam karna ada lembur kerjaan. jadi ibu dan anak2 makan duluan aja.
– Hay say, maen ke rumah…. lagi banyak makanan nih dirumah


Baca Juga Artikel Detil Tentang : Pengertian Lengkap Porifera, Ciri-Ciri, Reproduksi


Pengertian dan Fungsi Memo

Pengertian Memo

Memo adalah tulisan singkat padat dan jelas yang di tujukan kepada seseorang bersifat informal biasanya penulisan tidak lebih dari 10 baris, penulisan iya bisa di tik atau tulisan tangan.


Fungsi Memo

Memo di gunakan untuk mengingatkan atau menegaskan tentang suatu hal/urusan. Adapun isi memo berupa pemberitahuan, permintaan, instruksi, saran, pesan, dan tugas tertentu.


Bagian-bagian Memo

Seperti halnya surat biasa memo mempunyai bagian-bagian seperti kepala, badan, dan kaki memo.

  • Kepala
  1.  Nama
  2.  Alamat
  3.  Lambang atau Logo Instansi
  • Badan

 Isi / pesan singkat ( memberikan perintah, informasi atau laporan)

  • Kaki

  Tanda tangan dan nama jelas pembuat memo


Langkah-langkah Penulisan Memo :

  1. Menyiapkan Blangko Memo Yang akan di gunakan
  2. penulisan boleh di ketik atau tulisan tangan
  3. menyampaikan pesan/instruksi dengan bahasa yang tepat dan singkat
  4. menandatangani dan menyertakan nama jelas pembuat memo

Contoh Pesan Singkat Memo

Untuk Ibu
Bu, sueb berangkat main ke rumah teman. Tadi teman ngajak mengngerjakan PR bareng. Maaf, sueb tidak sempat pamit. Karena Ibu masih berbelanja dipasar

23 Juni 2004
Putramu
sueb


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Kingdom Fungi/Jamur : Klasifikasi Jamur, Pengertian, Contoh, Strukturnya Lengkap