Pengertian Manajamen – Fungsi, Unsur , Tingkatan, SDM, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Manajamen – Fungsi, Unsur , Tingkatan, SDM, Para Ahli : Manajemen secara etimoligis yaitu menegement yang artinya seni mengatur dan melaksanakan. Jadi manajemen adalah seni untuk mengatur dan melaksanakan suatu pekerjaan dalam sehari-hari.


manajemen

Pengertian Manajamen

Kata manajemen mungkin berasal dari Bahasa Itali (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda),


dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Personalia Serta Fungsi Dan Tujuannya


Pengertian Manajamen Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya lagi tentang definisi dari manajemen disini akan mengulas tentang pengertian manajamen menurut para ahli.


1. Koontz dan Cyril O’donnel

Menurut Koontz dan Cyril O’donnel mengungkapkan bahwa manajemen adalah suatu usaha untuk mencapai/menggapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.


2. R.Terry

Menurut R.Terry menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas suatu tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan arah serta untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya yang melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.


3. Lawrence A.Appley

Menurut Lawrence A.Appley menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain.


4. Drs. Oey Liang Lee

Menurut Drs. Oey Liang Lee menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu ilmu dan seni perencaan, pengorganisasian, pengarahan, penyuuan serta pengawasan terhadap SDM guna untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.


5. James A.F.Stoner

Menurut James A.F.Stoner menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta dalam pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta untuk penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan organisasi sebelumnya.


6. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu seni, karena untuk melakukan/menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain pasti membutuhkan keterampilan tertentu.


7. Hilman

Menurut Hilman menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu fungsi untuk mencapai suatu tujuan yang melalui perantara kegiatan orang lain serta untuk mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai suatu tujuan yang sama.


8. Encyclopeia of The Social Science 

Manajemen yaitu suatu proses pelaksanaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.


9. G.R. Terry

Menurut G.R. Terry menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu kerangka kerja/proses yang membutuhkan sebuah pengarahan dan bimbingan suatu kelompok orang-orang untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang nyata.


10. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu proses perencanaan / planning, pengorganisasian, pengkoordinasisasian, serta untuk pengontrolan setiap sumber daya yang ada guna mencapai suatu tujuan ataupun goals yang sudah ditentukan dengan efektif dan efisien.


Efektif berarti tujuan nya bisa dicapai sesuai dengan rencana yang ada, dan efisien yang berarti dilaksanakan dengan benar dan terorganisis yang sesuai dengan suatu jadwal yang telah ditentukan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli terlengkap


11. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu ilmu yang mengandung suatu gagasan/ide 5 fungsi utama yakni merancang, memerintah, mengorganisasi, mengendalikan dan mengoordinasasi.


12. Chaster I Bernard

Menurut Chaster I Bernard menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu seni dan ilmu.


13. Federick Winslow Taylor

Menurut Federick Winslow Taylor menyatakan bahwa Manajemen ialah sebuah percobaan yang dilakukan dengan secara sungguh-sungguh guna untuk menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan suatu perusahaan/organisasi lain/ setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta dalam penggunaan alat-alat perumusan.


14. Lyndak F.Urwick

Menurut Lyndak F.Urwick menyatakan bahwa Manajemen ialah  meramalkan/forecasting, perencaan pengorganisiran / planning orga-nizing, memerintahkan / commanding, pengkoordinasian / coordinationg serta pengontrollan / controlling.


15. Prof. Eiji Ogawa

Menurut Prof. Eiji Ogawa menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu perencaan, pengimplementasian serta pengendalian dari setiap kegiatan termasuk didalamnya dalam pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha dengan sebelumnya sudah menetapkan setiap sasaran/tujuan untuk kerja yang disempurnakan yang sesuai dengan kondisi (fleksibel).


16. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahuja menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu pihak-pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.


17. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian menyatakan bahwa Manajemen ialah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh sebuah tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.


18. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu ilmu perilaku yang teridiri dari aspek sosial eksak bukan dai tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencaannya.


19. William H.Newman

Menurut William H.Newman menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu fungsi yang saling berhubungan untuk mencapai hasil tertentu yang melalui orang lain.


20. Drs. Oey

Menurut Drs. Oey menyatakan bahwa Manajemen ialah suatu perencaan / planning, pengorganisasian / organizing, pengarahan, pengkoordinasian serta pengontrollan.


21. T. Hani Handoko

Menurut T. Hani Handoko menyatakan bahwa manajemen ialah bekerja dengan banyak orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan juga untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan suatu pelaksanaan fungsi-fungsi sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan. penyusunan personalia dan kepemimpinan serta pengawasan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 17 Definisi, Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli


Fungsi Manajemen

Berikut ini merupaan fngsi manajemen di sebah perusahaan.

  1. Fungsi Perencanaan / Planning

    Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.


  2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing

    Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.


  3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading / Actuating

    Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.


  4. Fungsi Pengendalian / Controling

    Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

Fungsi-fungsi tersebut harus ada agar mendapatkan hasil manajemen yang maksimal untuk perusahaan atau organisasi.


Unsur – Unsur Manajemen

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.


  • Man (SDM)

Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.


  • Money (uang)

Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.


Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.


  • Materials (bahan)

Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.


  • Machines (mesin)

Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.


  • Methods (metode)

Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.


Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.


  • Market (pasar)

Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung.


Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 14 Penjelasan Prinsip-Prinsip Manajemen Menurut Ahlinya


Tingkatan Manajemen

Berikut ini merupakan tinggkatan dari manajemen.

1. Manajemen Puncak (Top Management)

Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya. Misal:


2. Manajemen Menengah (Middle Management)

Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.


3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)

Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Manajemen Investasi Beserta Portofolio Dan Contohnya