Pengertian Konsumsi – Tujuan, Ciri, Kegiatan, Fungsi, Faktor

Diposting pada

Pengertian Konsumsi – Tujuan, Ciri, Kegiatan, Fungsi, Faktor : Konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan menggunakan manfaat dari barang atau jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup.


“Konsumsi” Pengertian & ( Tujuan – Ciri – Faktor Yang Mempengaruhi )

Pengertian Konsumsi

Di dalam kehidupan ini baik itu itu dalam rumah tangga, keluarga dan lingkungan sekitar kita, pastinya kita akan menggunakan barang atau jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ada yang hanya sekali digunakan langsung habis ada juga yang tidak langsung habis tapi habisnya secara perlahan-lahan. Kegiatan kita yang menggunakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup inilah yang disebut dengan konsumsi. Nah untuk lebih jelasnya mari kita pelajari dibawah mengenai apa itu konsumsi.


Yang dimaksud dengan konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan menggunakan manfaat dari barang atau jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Atau konsumsi yakni tindakan manusia memaki dan menikmatai guna barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Perilaku Konsumen” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri – Macam )


Tujuan Konsumsi

Sedangkan tujuan dari konsumsi yakni untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung, penggunaan terhadap barang atau jasa diluar tujuan tersebut tentunya tidak termasuk sebagai kegiatan konsumsi.


Contoh yang bukan termasuk kedalam kegiatan konsumsi misalnya seperti seorang sopir angkutan yang mengangkut penumpang setiap pagi sampai siang hari, hal seperti ini termasuk kedalam kegiatan produksi bukan konsumsi. Dengan demikian kita harus dapat menentukan apakah salah satu kegiatan termasuk kedalam kegiatan konsumsi atau bukan, untuk dapat menentukannya kenalilah ciri-ciri barang konsumsi.


Ciri-Ciri Benda Atau Barang Konsumsi

Untuk dapat mengetahui apakah pemakaian suatu barang termasuk kedalam konsumsi atau bukan, terdapat beberapa ciri yang membedakannya diantaranya yaitu:


  • Barang konsumsi memiliki manfaat, nilai dan volume yang jika digunakan akan habis sekaligus atau habisnya secara berangsur-angsur. Habis atau tidaknya suatu barang saat dikonsumsi dapat dibedakan menjadi: barang yang dapat habis dalam sekali pemakaian, misalnya seperti: minuman dan makanan. Lalu barang yang dipakai berulang-ulang dan semakin lama semakin habis atau akan rusak. Misalnya seperti celana, baju, sepatu, ember, tv dan lain-lain.

  • Barang konsumsi digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika penggunaan traktor, cangkol, palu dsb. Tidak termasuk kedalam kegiatan konsumsi, karena barang atau benda tersebut termasuk kedalam produksi.

  • Barang konsumsi merupakan barang ekonomi dan diperoleh dengan pengorbanan. Jika menghirup oksigen, berjemur di pagi hari dsb. Bukanlah kegiatan konsumsi karena didapat secara gratis, jadi barang konsumsi harus diperoleh dengan pengorbanan dan merupakan barang ekonomi.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Karakteristik Konsumen Dalam Ekonomi


Tujuan Kegiatan Konsumsi

Coba jelaskan, apa tujuan kamu makan, minum, berpakaian, menonton TV, atau piknik ke pantai? Jawabannya tentu adalah untuk memenuhi kebutuhan. Makan, minum, dan berpakaian adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik secara langsung. Sedangkan menonton TV dan piknik adalah untuk memenuhi kebutuhan rohani. Kedua jenis kehutuhan tersebut dipenuhi secara langsung oleh benda konsumsi. Artinya, benda konsumsi tersebut secara langsung kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu.


Dan cerita tersebut serta dari pengertian konsumsi dan ciri-ciri benda konsumsi yang telah kita bahas, dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung. Penggunaan benda-benda di luar tujuan tersebut tentunya tidak dikategorikan sebagai kegiatan konsumsi. Contohnva, penggunaan mobil Pak Amir untuk mengangkut penumpang selama hari Senin sampai dengan Jumat, bukan termasuk kegiatan konsumsi tetapi termasuk ke dalam kegiatan produksi.


Fungsi konsumsi

Fungsi konsumsi menunjukkan hubungan antara variabel pendapatan nasional (Y) dengan variabel pengeluaran konsumsi (C). Fungsi konsumsi diperkenalkan oleh J.M Keynes dengan formulasi sebagai berikut:


C=a+bY

Keterangan:

C= consumption expenditure (pengeluaran konsumsi)

Besarnya  pengeluaran konsumsi (C dipengaruhi secara positif atau searah oleh besarnya pendapatan (Y), artinya semakin besar pendapatan, semakin besar juga konsumsi. Pengeluaran konsumsi tersebut terdiri atas autonmous consumption (diberi lambang a) dan induced consumption (bY).

a= autonomous consumtions expenditure (pengeluaran konsumsi otonomi), yaitu besarnya konsumsi pada saat pendapatan nasional sebesar nol.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Produk” Pengertian & ( Klasifikasi – Ciri – Contoh )


Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan konsumsi yang diantaranya seperti:

  • Jumlah Anggota Keluarga

Jadi semakin banyak anggota keluarga maka akan semakin besar juga pengeluaran atau konsumsi terhadap suatu barang atau jasa.


  • Harga Dari Batang

Tingkat konsumsi di dalam suatu keluarga tergantung dari ketersediaan barang atau jasa yang ada di pasar. Jika harga suatu barang naik, tetapi pendapatan tetap maka tingkat konsumsinya akan menurun. Begitupun sebaliknya jika harga barang turun tetapi pendapatan tetap, maka tingkat konsumsi terhadap suatu barang akan naik atau meningkat.


  • Tingkat Dari Penghasilan Atau Pendapatan

Semakin tinggi penghasilan atau pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi juga konsumsi yang dilakukannya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Produktivitas” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan – Manfaat – Faktor Yang Mempengaruhi )