Pengertian Gigi – Bagian, Lapisan, Susunan, Macam, Struktur, Jenis, Contoh

Diposting pada

Pengertian Gigi – Bagian, Lapisan, Susunan, Macam, Struktur, Jenis, Contoh : Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan.


GIGI

Pengertian Gigi

Gigi yaitu sebuah alat pencernaan mekanik yang terdapat di bagian mulut. Gigi mempunyai fungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut akan masuk ke kerongkongan. Gigi mempunyai struktur keras yang sehingga memudahkan untuk menjalankan fungsinya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, 4 Unsur, Fungsi Dan Jenis Seni Tari Beserta Contohnya Terlengkap


Secara umum Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan.


Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat dan efisien.


Macam-Macam Bentuk Gigi Manusia

Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut.


  • Gigi seri (identis insisivus)

    adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah.


  • Gigi taring (identis kaninus)

    adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing.


  • Gigi geraham depan (pramolar)

    adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.


  • Gigi gerahan belakang (molar)

    adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.


Bagian-Bagian Gigi

Berikut Ini Merupakan Bagian-Bagian gigi manusia memiliki 3 bagian utama :


  • Puncak atau Mahkota Gigi

    yaitu bagian gigi yang terlihat dari luar, pada bagian ini di lapisi pelindung yang disebut email gigi.


  • Leher Gigi

    yaitu suatu bagian gigi yang sudah tertanam oleh gusi, pada bagian ini terdapat diposisi bawah mahkota gigi dan diatas akar gigi.


  • Akar Gigi

    yaitu suatu bagian gigi yang tertanam dibawah rahang dan tidak terlihat dari luar, masing-masing jenis gigi pada manusia mempunyai jumlah akar gigi yang berbeda-beda.


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Seni Rupa” Pengertian & ( Prinsip -Prinsip )


bagian-bagian gigi

Lapisan – Lapisan Gigi

Pada bagian gigi manusia yang terstruktur/tersusun atas 4 (empat) lapisan/ jaringan antara lain sebagai berikut:


  • Email Gigi

    yaitu suatu lapisan yang melapisi bagian mahkota gigi. Email gigi ini ialah bagian sangat keras karena tersusun oleh kasium dengan konsentrasi yang sangat tinggi.


    Bagian email gigi paling keras terletak pada bagian mahkota yang memiliki fungsi sebagai pelindung, kemudian semakin ke bawah maka email gigi akan semakin tipis hingga akhirnya hilang ketika memasuki akar gigi.


  • Sementum Gigi

    yaitu suatu bagian gigi yang melapisi akar gigi. Sementum mempunyai fungsi untuk menghubungkan gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. Struktur Sementum ini tidaklah sekeras email pada mahkota gigi. Sementum akan semakin tebal seiring dengan bertambahnya usia.


  • Tulang Gigi (Dentin)

    yaitu suatu lapisan gigi yang terdapat sesudah lapisan email gigi pada mahkota dan terdapat sesudah lapisan sementum pada akar gigi. Dentin mempunyai struktur seperti tulang namun lebih keras, karena mempunyai konsentrasi kalsium yang lebih tinggi, oleh karena itu ia sering disebut dengan Tulang Gigi.


  • Dentin

    ialah suatu struktur terluas pada gigi karena yang melapisi seluruh tubuh gigi, dari mahkota sampai dengan akar.


  • Rongga Gigi (Pulpa)

    yaitu suatu jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa mempunyai fungsi untuk memberikan nutrisi pada gigi karena mempunyai pembuluh darah, juga berfungsi untuk mengidentifikasi jika terdapat zat asing dalam gigi karena mempunyai pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk suatu lapisan dentin.


Susunan Dan Jumlah Gigi

Berdasarkan dari tahapan perkembangannya, gigi manusia terdiri dari dua kelompok yaitu gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) adalah gigi yang tumbuh di anak yang berusia 6 bulan – 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dengan digantikan oleh gigi dewasa.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Seni Rupa Murni Dan Terapan Beserta Perbedaannya


Jumlah Gigi Susu anak adalah 20 buah : 

  • Gigi seri : 8 buah
  • Gigi taring : 4 buah
  • Gigi geraham : 8 buah

Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permanen) adalah 32 buah : 

  • Gigi seri : 8 buah
  • Gigi taring : 4 buah
  • Gigi geraham depan : 8 buah
  • Gigi geraham belakang : 12 buah

GIGI SUSUJenis-Jenis Gigi

Manusia mempunyai 4 jenis gigi, yakni :


  • Gigi Seri, yaitu gigi yang memiliki satu akar dan mempunyai fungsi untuk memotong atau mengerat makanan. Gigi seri ini berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Manusia dewasa mempunyai 4 gigi seri, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.

  • Gigi Taring, yaitu gigi yang mempunyai satu akar dan mempunyai fungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring ini berbentuk tegak dan agak runcing. Pada manusia dewasa mempunyai 4 gigi taring, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.

  • Gigi Geraham Depan (Premolar), yaitu jenis gigi yang memiliki 2 akar dan mempunyai fungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi Premolar berbentuk rendah dan terdapat beberapa suatu tonjolan pada bagian mahkotanya. Pada manusia Dewasa mempunyai 8 Gigi Premolar, yakni 4 di rahang bawah, dan 4 di rahang atas.

  • Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar), yaitu jenis gigi yang memiliki 2 atau 3 akar dan mempunyai fungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan. Gigi Molar mempunyai bentuk yang hampir sama dengan gigi Premolar diatas. Manusia dewasa mempunyai 12 gigi Molar permanen. Masing – masing 6 di rahang atas dan bawah.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kelenjar Getah Bening Beserta Ciri Dan Penyebabnya


jenis gigi

Berdasarkan pada usianya Gigi terbagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Gigi Susu

    iyalah gigi yang tumbuh pertama kali pada manusia, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, gigi susu ini akan digantikan oleh gigi permanen.


    Biasanya gigi susu mulai tumbuh pada sejak usia 6, 7 atau 8 bulan, dan gigi yang pertama kali tumbuh yaitu gigi seri pada rahang bawah. Gigi ini akan tumbuh lengkap ketika manusia menginjak usia 2,5 – 3 tahun.


    lalu akan tanggal satu per satu sejak usia 6 tahun dan mulai digantikan oleh gigi permanen. Gigi susu yang jumlahnya 20 buah seluruhnya yakni 8 Gigi seri, 4 Gigi taring, dan 8 gigi premolar.


  • Gigi Permanen

    yaitu gigi yang tumbuh menggantikan gigi susu dan gigi ini tidak akan tanggal dengan sendirinya juga tidak akan digantikan oleh gigi lain sepanjang hidup manusia. Gigi permanen semuanya berjumlah 32 buah, yakni 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 Gigi Premolar, dan 12 Gigi Molar.


Gigi mempunyai fungsi yang tidak bisa dianggep remeh, karna gigi berfungsi sebagai alat penghalus makanan agar mudah masuk ke pencernaan.


Struktur Sekitar Gigi

Berikut Ini Merupakan Struktur Sekitar Gigi.


  • Ligamen Periodontal

    merupakan struktur jaringan ikat yang melekat pada akar gigi dan melekat ke tulang. Ligamentum periodontal akan berlanjut dengan jaringan gingiva (gusi) dan berhubungan dengan ruang pembuluh darah yang ada pada tulang.


  • Oral Mukosa

    adalah rongga mulut yang dilapisi sel epitel gepeng berlapis. Oral mukosa memiliki fungsi utama untuk melindungi jaringan atau organ lain yang berada dalam rongga mulut.


  • Gingiva (Gusi)

    merupakan mukosa mulut yang menutupi tulang maksila dan mandiula di dalam rongga mulut. Jaringan gingiva ini sendiri sebenarnya berwarna transparan, warna merah terbentuk karena terdapat banyak pembuluh darah di bagian tersebut. Fungsi gusi adalah untuk melindungi akar gigi dan jaringan sekitar akar gigi.


  • Saraf dan Pembuluh Darah

    seperti pada organ lainnya, di sekitar gigi juga terdapat pembuluh saraf dan pembuluh darah. Pembuluh saraf berfungsi untuk menerima dan memberikan rangsangan, sedangkan pembuluh darah berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh struktur di sekitarnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bagian Kerangka Tulang Manusia Beserta Fungsi Dan Keterangannya