Pengertian Fashion – Stylist, Sejarah, Manfaat, Ciri, Perkembangan, Faktor, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Fashion – Stylist, Sejarah, Manfaat, Ciri, Perkembangan, Faktor, Para Ahli : Bila kita membicarakan hal yang satu ini, yang paling cepat merespon dan melirik tentunya kaum perempuan khususnya para remaja, karena biasanya yang paling dominan dalam mengikuti trend yang ada saat ini ialah remaja atau anak muda.


“Fashion” Pengertian & ( Fungsi – Manfaat – Ciri – Contoh )

Pengertian Fashion

Secara khusus dapat dikatakan Fashion ialah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Seni Rupa Tradisional” Pengertian & ( Sejarah – Ciri – Contoh )


Atau definisi Fashion yakni gaya berbusana yang populer dalam suatu budaya atau sebagai mode. Ada juga yang berpandapat bahwa fashion merupakan gaya berbusana yang menentukan penampilan dari seorang individu. Kata fashion sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai mode, model, cara gaya ataupun kebiasaan. Fashion tidak haya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja, akan tetapi berhubungan juga dengan gaya aksesoris, kosmetik, gaya rambut dan lain-lain yang dapat menunjang penampilan seseorang.


Pengertian Fashion Stylist

Meskipun profesi sebagai seorang fashion stylist cukup terkenal, namun faktanya masih banyak orang yang tidak mengetahui makna sebenarnya. Pengertian fashion stylistditujukan kepada seseorang yang berpofesi sebagai perancang busana. Bidang pekerjaanini memang terbilang sangat menjanjikan, bukan hanya mengenai keuntungan finansial namun juga popularitas. Terlebih jika kliennya adalah tokoh ternama atau public figure. Di Indonesia sendiri, ada banyak fashion stylist muda handal yang bahkan sudah go internasional.


Sebagai seorang fashion stylist, hal mendasar yang harus Anda kuasai adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan trend mode dan perkembanganya. Karena seorang stylist professional dituntut untuk bisa menciptakan tampilan yang matching dan juga indah. Contohnya saja dalam membuat konsep rancangan busana mulai dari membuat pola hingga memilih berbagai warna, corak dan asesoris yang cocok.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Seni Rupa Modern” Pengertian & ( Aliran – Ciri – Fungsi – Tujuan – Contoh )


Pengertian Fashion Menurut Para Ahli

Sebagai sebuah istilah yang kerap ditujukan untuk mengekspresikan bentuk perkembangan zaman, pengertian fashion menurut para ahli juga sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa teori dan statement para ahli mengenai fashion.


  • Thomas Karlyle

Menurut Karlyle; “Pakaian adalah perlambang dari jiwa. Pakaian tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia”. Dengan kata lain, fashion dapat diartikan sebagai kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu maupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.


Di samping itu, fashion juga bisa menunjukan identitas dari pemakainya. Oleh karena itu, wajar jika banyak kalangan yang menjadi sangat peduli dengan mode yang mereka kenakan. Sebab hal ini dianggap bisa berdampak pada nilai diri mereka dihadapan publik. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu alasan mengapa fashion menjadi sangat penting dalam perkembangan kehidupan manusia.


  • Malcolm Barnard

Barnard menyatakan, bahwa dilihat dari sisi etimologi maka kata fashion ini berhubungan erat dengan sebuah kata dari bahasa Latin, yaitu factio yang memiliki arti “membuat”. Oleh karena itu, maka fashion merupakan sebuah aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang. Namun saat ini, tampaknya telah terjadi penyempitan pada makna. Karena hari ini fashion lebih mengarah pada suatu mode yang dipakai oleh individu atau kelompok seperti busana dan perhiasannya. Meskipun sebenarnya fashion memiliki definisi sebagai satu bentuk, jenis, tata cara atau tindakan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Seni Rupa Kontemporer” Pengertian & ( Ciri – Sejarah – Macamnya )


Sejarah Fashion

Berdasarkan pada sejarah perkembanganya, fashion merupakan suatu lambang dari terjadinya fase perubahan budaya dalam suatu kelompok. Selain itu, fashion juga bisa menjadi ukuran untuk menentukan status sosial dan lain sebagainya. Pada awal tahun 1000 Masehi, fashion di Eropa bergaya klasik dengan ciri khas seperti baju berukuran besar. Hal ini tidak terlepas dari adat dan budaya Eropa pada masa itu, yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.


Sedangkan pada zaman modern sekarang ini, nyaris setiap bangsa dan negara seperti sedang berlomba-lomba menciptakan trend-nya masing-masing. Umumnya, setiap negara memiliki ciri khas, presepsi dan pandangan yang berbeda mengenai fashion. Sehingga perkembangan desain fashion juga menjadi tidak terbatas.


Fungsi Fashion

Fashion saat ini tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, namun lebih dari itu fashion menjadi salah satu gaya hidup. Hal tersebut tidak lepas dari posisi wanita jaman sekarang yang memiliki peranan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat.


Dulu aktivitas wanita hanya didalam rumah saja sehingga kebutuhan fashionnya tidak terlalu banyak dan apa adanya. Sedangkan wanita sekarang memiliki peranan yang penting dalam kehidupan keluarga maupun sosial.


Wanita tidak lagi identik dengan rumah dan dapur, sekarang banyak wanita yang turut serta membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai wanita karier atau menjadi pembisnis. Dari situlah muncul fashion yang menunjang kebutuhan sehari-hari, karier dan pekerjaan wanita. Dengan demikian wanita bisa berpenampilan modis dan trendy sesuai dengan kepribadian dan karakternya masing-masing.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kata, Kata Dasar, Kata Benda, Kata Sifat, Kata Kerja Beserta Jenis Kata


Manfaat Fashion

Ada beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memberikan Rasa Percaya Diri

Secara psikologis setiap wanita yang penampilannya menarik dan nyaman lebih memiliki percaya diri dibandingkan dengan wanita yang penampilannya tidak menarik. Rasa percaya diri mempengaruhi semangat dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan dan berakitivitas.


  • Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Menggunakan pakaian dan berpenampilan menarik bisa memberikan daya tarik yang memikat. Apalagi jika dipadu dengan sopan dan ramah akan memunculkan aura yang menarik membuat orang merasa nyaman saat bicara dan dekat dengan kalian.


  • Membuat Bahagia

Memanjakan diri sendiri tidak hanya dengan belanja pakaian dan barang-barang baru. Namun rasa kepuasan menggunakan fashion yang menjadi perhatian bisa membuat perasaan bahagia.


Ciri Dan Contoh Khas Fashion

Salah satu ciri khasa fashion Indonesia yakni Batik. Para designer busana dalam negeri telah banyak mengembangkan karya fashion batik sehingga terlihat modern dan tidak terlihat mononton. Seperti ada beberapa batik yang cocok dipakai oleh para orang tia untuk pergi ke acara-acara tertentu, lalu ada juga batik yang cocok dipakai oleh para remaja bahkan ada yang dapat digunakan sebagai pakaian untuk bersantai dan tidak terlihat formal.


Karena jaman semakin berkembang, batik-pun semakin terkenal dengan berbagai macam model dan bisa dipadukan dengan pakaian lainnya, seperti misalnya dipadukan dengan celana jeans yang memang banyak sekali remaja atau anak muda menyukai jenis celana ini. Tentunya tidaklah mudah untuk para designer dalam negeri memperkenalkan fashion khas Indonesia yakni batik ke mancanegara hingga terkenal. Saat ini pakaian batik merupakan salah satu warisan budaya dunia, sudah menjadi apresiasi yang luar biasa dalam perkembangan dunia fashion.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Manfaat Kalimat Abstrak Lengkap


Perkembangan Fashion

Perkembangan Trend Fashion di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia terutama Busana Korea belakangan ini. Fashion di Indonesia telah berkembang dengan baik dalam sejarah. Sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie , pada tahun 1960, dunia mode Indonesia telah menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa.


Dalam perkembangan awalnya Fashion Indonesia cenderung meniru gaya barat baik dalam bahan yang digunakan maupun desain. Secara usia, orang tua di Indonesia umumnya lebih nyaman dengan kostum tradisional seperti kebaya, terutama untuk menghadiri acara khusus, berbeda dengan usia muda yang lebih sering tampil dengan mode gaya barat atau gaya busana korea. Sejak saat itu busana tradisional secara harmonis berkembang sama baiknya dengan desain gaya barat hingga saat ini.


Faktor –  faktor Yang Mempengaruhi Fashion

Ada 5 faktor yang mempengaruhi fashion di Indonesia pada saat ini.

  1. Media massa

Kita tidak dapat menghindari dampak pengaruh media massa termasuk menyebar luasnya perkembangan fashion saat ini. Dengan media massa fashion di seluruh dunia dengan mudah terupdate sehingga kita dapat mengikuti trend yang sedang berkembang. Media massa seolah mensosialisasikan fashion kepada masyarakat. Dan kini banyak mode barat yang mempengaruhi anak muda di indonesia.


  1. Dunia enterteiment

Dunia enterteiment tentu saja menjadi faktor yang sangat besar dalam penyebar luasan trend fashion ditengah masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul diberbagai media dan menjadi idola selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan bisa menjadi trendsetter dan pasti akan diiku tioleh penggemar mereka.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kalimat Persuasif Serta Ciri Dan Contohnya Lengkap


  1. Media internet

Tanpa kita sadari internet juga menjadi faktor penentu penyebar luasan trend fashion. Misalnya seperti website ini yang selalu menyajikan tips tips dan trend fashion terkini. Tentu saja nformasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat menyebar luas di masyarakat. Penyedia busana secara online pun ikut memberikan peran dengan menyediakan berbagai busana yang mengikuti trend fashion. Sehingga mau tidak mau masyarakat akan mengikuti trend fashion yang ada.


  1. Dunia bisnis

Dunia bisnis juga merupakan faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan udah berkembang luas.


  1. Dunia musik

Dunia musik juga menjadi faktor berkembangnya trend fashion. saat ini dunia musik kita sedang mengalami wabah boyband dan girlband. Boyband dan girlband ini mengiuti trend fashion yang berkiblat pada korea dan jepang. Sehinggga mau tidak mau para penggemarnya juga mngikuti trend fashion idola mereka. Saat ini banyak kita temui busana yang menyerupai stylenya orang korea dan jpang. Hal itu akibat dari munculnya boyband dan girlband di blantika musik indonesia.


Fashion yang berada di indonesia tak selalu berkembang dengan alur maju. Banyak kita dapati perkembangan mode saat ini yang sedang hits adalah mode tahun 70an/80an yang kembali ngetrend di Indonesia. Diantaranya model vintage, jumsuit, dan yang saat ini sedang sangat ngtrend yaitu celana kulot atau celana gombrong tahun 70an yang dikeluarkan kembali dengan sentuhan modern.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kata Menurut Para Ahli Bahasa