Pengertian akar – Bagian, Sifat, Struktur, Macam, Proses, Primer, Sekunder

Diposting pada

Pengertian akar – Bagian, Sifat, Struktur, Macam, Proses, Primer, Sekunder : Akar ialah salah satu bagian dari tumbuhan serta tumbuhnya yang berada didalam tanah.


akar

Pengertian akar

Akar ialah salah satu bagian dari tumbuhan serta tumbuhnya yang berada didalam tanah. Pada dasarnya akar yang berada di dalam tanah. Akar mempunyai warna yang biasanya berwarna putih atau kuning. Bentuk akar pada sebuah tumbuhan rata-rata berbentuk meruncing pada bagian ujungnya. Bentuk runcing pada akar agar memudahkan akar dalam menembus tanah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Gulma Dan Penyakit Pada Tumbuhan Beserta Contohnya


Akar yaitu salah satu organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama yakni untuk menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Air dan mineral tersebut berguna untuk tumbuhan agar tumbuh. Akar mempunyai bagian luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, dan bulu akar. Pada bagian-bagian akar yang paling dalam bisa diamati dengan cara memotong akar tersebut dengan secara melintang.


bagian dalam akar

Bagian-Bagian Akar

Berikut Ini Merupakan Bagian-Bagian Akar.


1. Epidermis

Epidermis yaitu salah satu Sel yang mempunyai suatu bentuk yang pipih dengan dinding yang tipis, dan didekat ujung akar, sel epidermis ini akan mengalami sebuah perubahan yakni berbentuk rambut-rambut akar yang dimana berfungsi untuk memperluas sebuah bidang untuk menyerap air dan mineral.


2. Korteks Akar

Salah satu Sel dari akar ini memiliki sebuah bentuk dan vakuola yang besar. Plastida yang berada didalam sel korteks ini biasanya akan menyimpan pati. oleh sebab itu, pada umumnya pada sebuah tumbuhan yang menyimpan suatu cadangan makanan, akarnya akan menjadi lebih dominan jika dibandingkan pada jaringan lainnya.


3. Endodermis

Sel endodermis ini salah satu sel dari akar yang memiliki suatu kandungan selapis suberin ataupun sebuah gabus yang mana sering disebut dengan pita caspary, Pita tersebut yakni satu kesatuan antara lamela tengah dengan suatu dinding primer. Dibagian ini yang akan yang mengalami suatu penebalan sekunder, jaringan endodermis ini akan tanggal bersamaan dengan sebuah sel korteks.


4. Silinder Pusat

Silinder pusat yakni yang terdapat didalam sebuah sel endodermis yang dimana terdiri atas sebuah jaringan xylem dan juga floem. Pada sebuah lapisan luar silinder pusat terdapat suatu perikambium ataupun perisikel. Pada bagian tengah biasa nya jika tidak diisi dengan sebuah jaringan pembuluh maka bagian tersebut akan diisi dengan sebuah parenkim empulur.


Fungsi Akar

  • berfungsi untuk penyokong dan berguna untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya sebuah tumbuh-tumbuhan yang dimana ia hidup.
  • Berfungsi untuk penyerapan air & zat-zat hara dari dalam tanah.
  • Berfungsi untuk sebagai tempat untuk menyimpan sebuah makanan, seperti dalam tumbuhan wortel dan ubi.

  • Berfungsi untuk mengangkut air & membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhan
    Pada sebuah tumbuhan bakau, akar mempunyai fungsi untuk sebagai alat respirasi.


Akar merupakan salah satu bagian terpenting pada tumbuhan untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan serta untuk menyerap air dan zat-zat hara.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan Serta Keuntungan Dan Kerugiannya


Sifat Akar

 Adapun sifat akar adalah:


  1. Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh p[usat bumi (geotrop) atau menuju ke air(hidrotop), meninggalkan udara dan cahaya.
  2. Tidak berbuku-buku, tidak beruas dan tidak mendukumg daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainnya.

  3. Warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
  4. Tumbuh terus pada ujungnya.
  5. Bentuk ujungnya sering kali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.

Struktur Akar

Struktur pada akar dapat di bagi menjadi beberapa macam:


Struktur Akar

  1. Leher akar atau pangkal akar (collum), yaitu bagian akar yang bersambungan dengan pangkal batang.
  2. Ujung akar (apex radicis), bagian akar yang paling muda, terdiri atas jaringan-jaringan yang masih dapat mengatakan pertumbuhan.
  3. Batang akar (corpus radicis), bagian akar yang terdapat antara leher akar dan ujungnya.

  4. Cabang-cabang akar (radix lateralis), yaitu bagian-bagian akar yang tak langsung bersambungan dengan pangkal batang, tetapi keluar dari akar pokok. Dan masing-masing dapat mengadakan percabangan lagi.
  5. Serabut akar (fibrilla radicalis), cabang-cabang akar yang halus-halus dan berbentuk serabut.

  6. Rambut-rambut akar atau bulu-bulu akar (pilus radicalis) yaitu bagian akar yang sesungguhnya hanyalah merupakan penonjolan sel-sel kulit luar akar yang panjang. Bentuknya seperti bulu atau rambut, oleh sebab itu dinamakan rambut akar atau bulu akar. Dengan adanya rambut-rambut akar ini bidang penyerapan akar menjadi amat diperluas, sehingga lebih banyak air dan zat-zat makanan yang dapat dihisap.

  7. Tudung akar (calyptras),yaitu bagian akar yang letaknya paling ujung, terdiri atas jaringan yang berguna untuk melindungi ujung akar yang masih muda dan lemah.

Macam – Macam Akar

Berikut Ini Merupakan Macam – Macam Akar.


Akar Tunggang

Akar tungang adalah akar primer atau akar lembaga yang terus tumbuh membesar dan memanjang. Akar ini akan menjadi akar pokok yang menopang tegaknya tumbuhan dan dalam perkembangannya membentuk cabang-cabang akat yang lebih kecil.


Akar Serabut

Akar serabut adalah akar yang timbul dari pangkal batang sebagai pengganti akar primer atau akar lembaga yang mati.Sistem akar tunggang maupun serabut, masing-masing akar dapat bercabang-cabang untuk memperluas bidang penyerapan dan untuk memperkuat berdirinya tumbuhan.


Proses Pengangkutan Pada Akar

proses pengangkutan pada akar dapat dibedakan menjadi:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Jaringan Penguat ( Kolenkim-Sklerenkim ) Pada Tumbuhan Beserta Ciri Dan Fungsinya


Pengangkutan Ekstrafasikuler

pengangkutan di luar berkas pembuluh angkut. Mula-mula air dan garam mineral yang larut dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar. Pada dasarnya  cairan dalam sel tumbuhan lebih pekat dari larutan dalam tanah.


Adanya perbedaan kepekatan ini menyebabkan larutan dalam tanah merembes ke dalam sel tumbuhan melalui membran semipermeabel yang ada diepidermis pada bulu akar. Peristiwa inilah yang disebut dengan osmosis. Setelah melewati bulu akar,air selanjutnya bergerak melewati korteks,endodermis dan silinder pusat.


Pengangkutan Intrafasikular

pengangkutan yang berlangsung di dalam berkas pembuluh angkut terus bergerak hingga mencapai pembuluh xylem yang terdapat pada silinder pusat. Air akan bergerak menuju daun melalui pembuluh xylem akibat adanya daya kapilaritas pada pembuluh xylem.


Pembuluh xylem membentuk seperti pipa-pipa kecil yg dapat mengangkut air lebih kuat dibandingkan dengan pipa yg besar. Selanjutnya pd daun terjadi transpirasi (penguapan). Adanya peristiwa transpirasi akan mengakibatkan aliran air dan garam mineral dari batang ke daun,hal ini disebut sebagai kemampuan daun mengisap air dan garam mineral.


Akar Primer

Akar primer adalah akar yang terus tumbuh membesar dan memanjang, akar ini akan menjadi akar pokok yang menopang. Akar primer sering juga disebut dengan akar tunggang dan akar lembaga.


Akar dalam tumbuhan memiliki fungsi dasar, diantaranya:

  1. Merambatkan tunbuhan dalam tanah
  2. Menyerap air dan mineral dari tanah
  3. Menyalurkan bahan-bahan
  4. Organ penyimpan makanan cadangan

Akar Sekunder

Akar sekunder adalah akar yang tumbuh dari akar lain, atau bisa disebut akar cabang. Pertumbuhan sekunder bersifat khas bagi akar-akar tumbuhan dikotil. Pertumbuhan sekunder dijumpai di khas pada akar Gymnospermae dan Dicotyledoneae. Akar Monocotyledoneae biasanya tidak mengalami pertumbuhan sekunder.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Fungsi jenis dan Struktur Batang Terlengkap


DAFTAR PUSTAKA
1.http:// dieena.wordpress.com/2012/05/28/struktur-perkembangan-tumbuhan-ii-4/
2.ttp:// struktur-primer-dan-sekunder-akar.html
3.http:// akar-1.html
4.Nugroho, L. Hartanto dkk,(2010), Struktur & Perkembangan Tumbuhan, Jakarta:Penebar Swadaya