Pelaku Ekonomi : Pengertian, Siapa Saja, Macam, Contoh, Peran

Diposting pada

Pelaku Ekonomi : Pengertian, Macam, Contoh, Peran

GuruPendidikan.Com -Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ekonomi dewasa ini dan juga semakin ketatnya persaingan yang terjadi dalam dunia usaha, baik dalam negeri maupun diluar negeri dimana sistem ekonomi dewasa ini sudah memasuki era persaingan global antar negara. Oleh karena itu dirasakan perlu adanya pemahaman serta pengetahuan bagi kalangan pelaku ekonomi guna meningkatkan mutu kinerjanya dalam mengembangkan unit-unit usahanya dan bagi para mahasiswa hal ini akan dirasa sangat bermanfaat nilainya di dalam kita mempelajari pelaku perekonomian dan macam-macam pelaku ekonomi nasional, sehingga akan memberikan gambaran yang jelas bagi mahasiswa dalam rangka mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan sebagai bekal nantinya.

Hal inilah yang melatarbelakangi penting bagi setiap mahasiswa untuk mempelajari aspek-aspek yang saling terkait dalam perekonomian dimana pelaku pelaku ekonomi memiliki peran yang sangat strategis, dan pemerintah juga berperan penting sebagai pemberi juga pemegang kebijakan yang dapat memberi makna positif bagi para pelaku ekonomi baik itu kebijakan yang berdampak langsung maupun tidak langsung bagi pelaku ekonomi itu sendiri. Jadi dengan demikian mahasiswa dapat melakukan analisis-analisis yang terkait dengan hal itu. Mahasiswa juga dituntut lebih pro aktif untuk ikut serta menyumbangkan pengetahuan maupun pemikiran-pemikirannya untuk kemajuan ekonomi.

Pelaku Ekonomi

Pengertian Pelaku Ekonomi

Dalam hal ini pelaku ekonomi merupakan individu-individu atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi, maupun konsumsi. Yang berperan dalam pelaku ekonomi ialah rumah tangga, masyarakat, perusahaan/sektor usaha dan pemerintah.

Macam-Macam Pelaku Ekonomi

  • Rumah Tangga keluarga

Ada dua peran yang dilakukan oleh rumah tangga keluarga yaitu:

  • Sebagai konsumen

       Rumah tangga keluarga membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contohnya : Siswa-Siswi membeli makanan di kantin.

  • Sebagai penyedia faktor produksi

     Rumah tangga keluarga menyediakan tenaga kerja, tanah ataupun modal; dari faktor-faktor tersebut rumah tangga keluarga memperoleh penghasilan untuk membeli barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan.

  • Rumah Tangga produsen (perusahaan)

      Merupakan satu kesatuan yuridis dan ekonomis dari faktor-faktor produksi yang bertujuan mencari laba atau memberi layanan kepada masyarakat.

     Dilihat dari kepemilikannya perusahaan dapat dibedakan menjadi dua yaitu: perusahaan milik negara dan perusahaan milik swasta.

Contohnya : Produsen pupuk mengmasi pupuk yang hendak dijual

  • RUMAH TANGGA PEMERINTAH


Peranan rumah tangga pemerintah sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan perekonomian masyarakat suatu negara. Rumah tangga pemerintah mempunyai fungsi sebagai pengatur pembangunan perekonomian. Tujuan yang hendak dicapai dalam pembangunan ialah:

  1. a.meningkatkan kesempatan kerja;
  2. b. mengendalikan tingkat inflasi;
  3. c. menstabilkan neraca pembayaran luar negeri;
  4. d. meningkatkan pertumbuhan ekonomi; dan
  5. e. menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Apabila diklasifikasikan, peranan rumah tangga pemerintah terdiri dari:

  1. a. menciptakan investasi-investasi umum, seperti penyediaan sarana jalan raya dan jembatan;
  2. b. mendirikan perusahaan-perusahaan negara sebagai penyetabil kegiatan perekonomian;
  3. c. menarik pajak langsung dan tidak langsung;
  4. d. membelanjakan penerimaan negara untuk membeli barang-barang kebutuhan pemerintah;
  5. e. menyewa tenaga kerja; dan
  6. f. melakukan kebijakan moneter.

Contohnya : Penarikan pajak oleh pemerintah

  • RUMAH TANGGA LUAR NEGERI

kegiatan yang dilakukan rumah tangga masyarakat luar negeri adalah:
a. penyedia atau penjual barang-barang impor;
b. pembeli barang-barang hasil produksi dalam negeri; dan
c. penyedia modal atau tenaga ahli.

Contohnya :

  • Distribusi produk impor dari luar negeri

Peran Pelaku Ekonomi

Yang dalam hal ini secara umum peran para pelaku ekonomi ialah sebagai penggerak kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan merata.


  INTERAKSI ANTAR PELAKU EKONOMI

      Dalam melakukan kegiatan ekonomi, keempat pelaku ekonomi saling berinteraksi satu sama lain sesuai dengan ragam transaksi yang dilakukan. Rumah tangga keluarga membeli barang dan jasa dari rumah tangga produksi (perusahaan) sebaliknya rumah tangga produksi (perusahaan) membeli faktor-faktor produksi dari rumah tangga keluarga.

Perusahaan membayar pajak kepada pemerintah dan sebaliknya pemerintah membangun berbagai sarana dan prasarana umum untuk kepentingan rumah tangga keluarga dan rumah tangga produksi (perusahaan). Rumah tangga keluarga, rumah tangga produksi (perusahaan) dan pemerintah melakukan ekspor ke luar negeri sebaliknya dari masyarakat luar negeri kita juga melakukan impor barang.


Demikianlah pembahasan mengenai “Pelaku Ekonomi” Pengertian & ( Macam – Peran ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: