Negara Maju – Pengertian, Ciri, Beserta Contohnya

Diposting pada

Negara Maju – Pengertian, Ciri, Beserta Contohnya : Negara maju merupakan sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang.


negara-maju

Pengertian Negara Maju

Negara maju merupakan sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Tapi beberapa negara sudah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap mempunyai status ‘negara maju’.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bentuk Dan Manfaat Kerjasama Antar Negara Lengkap


Istilah negar maju (developed country atau advance country) dipakai untuk mengelompokkan negar-negara yang berkembang dan maju secara ekonomi, dimana industri ketiga dan sektor industri keempat lebih mendominasi dari pada sektor industri yang lain. Penting untuk diketahui, sektor industri pertama dalam kegiatan ekonomi meliputi kegiatan atau usaha mengubah sumber daya alam menjadi barang setengah jadi untuk industri. Kegiatan ekonomi pada level ini umumnya meliputi sektor pertanian, agribisnis, kehutanan, dan pertambangan.


Sektor industri kedua dalam kegiatan ekonomi meliputi kegiatan atau usaha mengolah barang setengah jadi yang dihasilkan pada kegiatan pertama untuk diolah lebih lanjut dan menghasilkan barang siap pakai, Yang termasuk dalam sektor ini adalah kegiatan manufaktur dan konstruksi.


Sektor industri ketiga lebih dikenal sebagai sektor jasa (industri jasa). Sektor ini umumnya meliputi kegiatan distribusi barang dan jasa yang dihasilkan dari sektor industri kedua di atas kepada konsumen.Kegiatan ekonomi lain yang dominan dalam sektor industri ketiga antara lain transportasi barang dan jasa, distribusi, penjualan partai besar, bisnis hiburan restoran pariwisata dan sebagainya.


Sementara itu, sektor industri keempat adalah kelanjutan dari sektor industri ketiga. Kegiatan industri pada level ini umumnya berhubungan dengan bisnis jasa (service) yang sifatnya intelektual. Misalnya bisnis informasi dan komunikasi, konsultasi, pendidikan, penelitian dan pengembangan, kesehatan, kultur dan lain sebagainya.


Kegiatan ekonomi di negara maju yang didominasi oleh industri tingkat ketiga dan keempat itu akan memberikan pendapatan (income) yang tinggi. Penghasilan atau pendaptan yang tinggi tentu akan menentukan tingginya pendapatan perkapita (GNP perkapita), maupun tingginya indeks pertumbuhan manusia (HDI).


Dengan kata lain, industri tingkat ketiga dan keempat yang dipunyai negara maju memposisikannya pada tingkat negara dengan pendapatan perkapita dan indeks pertumbuhan manusia yang tinggi. Selain kata negara maju (developed country atau advanced country), orang-orang juga menggunakan kata negara industri (Industrialized country), negara yang lebih maju, negara yang lebih maju secara ekonomi dan negara pasca indutri.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Bentuk Negara Dominion Dan Koloni


Ciri-Ciri Negara Maju

1. Sebagian Besar Pendapatan Negara Berasal dari Industri dan Jasa

Di negara maju, seperti Amerika Serikat atau bangsa Eropa lain lebih mengutamakan mata pencaharian di bidang industri seperti Elektronik, Otomotif, Kuliner dan lain sebagainya. Selain itu juga mereka memiliki jasa yang bagus dalam hal pendidikan, keuangan dan sebagainya


2. Pendapatan Perkapita Tinggi

Karena industrinya berkembang pesat, jasanya juga semakin bagus, negara maju mempunyai pendatapan perkapita (pendapatan rata-rata penduduk /tahun) yang besar. Bisa lebih dari $11,456


3. Tingginya Tingkat Pendidikan

Mutu pendidikan yang bagus bisa menunjang perekonomian di negera tersebut, contoh saja kita sudah tahu bahwa salah satu faktor suksesnya negera maju yaitu pada bidang jasa pendidikan. Selain itu angka buta hurufnya kecil, pemerintah di negara maju juga mengedepankan kemandirian dan kecakapan hidup siswa


4. Rendahnya Tingkat Pengangguran

Mutu pendidikan yang bagus, lapangan kerja yang banyak juga merata membuat tingkat pengangguran di negara maju terbilang kecil.


5. Disiplin dan Menghargai Waktu

Ini merupakan sikap yang positif dan kebanyakan dipunyai oleh warga negara maju, karena sudah ditanamkan sejak kecil juga pendidikan yang membuat mereka lebih berkembang lagi dan sumber daya yang ada di negara tersebut bisa digunakan dengan maksimal.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli Kenegaraan Beserta Faktor Dan Unsurnya


6. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Rata-rata bangsa barat juga negara seperti Jepang mmepunyai perkembangan teknologi yang pesat. Berbagai sektor perdagangan di bidang teknologi mereka kuasai. Masyarakat juga cenderung menerima perkembangan teknologi ini karena memang merasakan dampak nyaman dan pekerjaan mereka terasa lebih cepat selesai


7. Lambatnya Laju Pertumbuhan Penduduk

Di negara maju, laju pertumbuhan penduduknya rendah. Tingkat kelahiran yang rendah dan kematian bayi yang rendah pula menjadikan negara maju tidak kelebihan penduduk. Kenapa? Karena masyarakat sadar akan perencanaan keluarga, fasilitas kesehatan yang bagus, penundaan usia pernikahan dan banyaknya wanita berkarir di dunia kerja.


8. Tingkat Ekspor Lebih Tinggi Dibanding Import

Negara berkembang sangat suka melakukan eksport barang. Otomotif, teknologi maupun barang yang sangat dibutuhkan negara lain terus dieskport. Memang kualitas barang negara maju sangat bagus dan mungkin sudah menjadi konsumsi sosial penduduk negara lain.


9. Sebagian Penduduk Tinggal di Kota

Ada yang mengatakan pendapat seperti itu, karena di Kota fasilitasnya sangat lengkap. Dari kesehatan, pendidikan dan transportasi dapat kita temui di Kota negara maju.


10. Krisis Lingkungan Cepat Diatasi

Dari berbagai ciri-ciri yang sudah kita sebutkan sebelumnya, jika ada krisis lingkungan tentu akan cepat diatasi


Contoh Negara Maju Di Dunia

Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luxemburg,  Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Andorra, Islandia, Liechtenstein, Monako,  Norwegia, San Marino, Swiss, Australia, Kanada, Korea Selatan, Hong Kong, Israel, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Fungsi Negara” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan Negara )