Membran Plasma – Pengertian, Struktur, Fungsi, Sifat, Unsur, Sitoskeleton

Diposting pada

Membran Plasma – Pengertian, Struktur, Fungsi, Sifat, Unsur, Sitoskeleton : Membran plasma ” Membran sel” merupakan bagian sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan disekitarnya, membran ini dimiliki oleh semua jenis sel.


Struktur Membran Plasma Dan Fungsinya

Pengertian Membran Plasma

Membran plasma ” Membran sel” merupakan bagian sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan disekitarnya, membran ini dimiliki oleh semua jenis sel. Membran sel merupakan bagian terluar sel pada sel hewan dan protozoa, namun pada sel tumbuhan dan bakteri terletak dibawah dinding sel.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pegertian Membran Sel Beserta Fungsi Dan Contohnya


Membran sel bersifat selektif permeabel, membran ini akan menyeleksi molekul-molekul apa saja yang boleh masuk ke dalam sel. Beberapa molekul dapat lewat dengan mudah, namun yang lain harus melewati molekul transport atau bahkan tidak bisa lewat sama sekali.


Transportasi molekul keluar masuk sel dibedakan menjadi transpor pasif dan transpor aktif. Transpor pasif terjadi begitu saja tanpa membutuhkan energi, sedangkan transport aktif membutuhkan energi.


Struktur Membran Plasma

Pada struktur membran plasma hampir sama untuk setiap jenis sel. Secara struktural membran plasma tersusun atas fosfolipid bilayer yaitu dua lapisan lemak yang berikatan dengan fosfat, struktur fosfolipid ialah sebagai berikut.


Fosfolipid merupakan molekul yang mirip dengan kepala dan ekor. Kepala dari fosfolipid merupakan molekul fosfat sedangkan ekornya ialah lemak. Pada dua lapis fosfolipid dimana kepalanya fosfatnya menghadap ke arah luar dan dalam, sedangkan ekor lemaknya di tengah-tengah.


Kepala fosfat bersifat hidrofilik (suka air) sehingga terletak di luar, sedangkan bagian dalam bersifat hidrofobik (tidak suka air) sehingga terletak di tengah. Fosfolipid bilayer merupakan struktur utama pembentuk membran plasma, diantara fosfolipid tersebut juga terdapat bagian-bagian lain yang menyempurnakan kerja membran plasma, bagian tersebut antara lain:


  • Protein Membran

    Merupakan protein yang terdapat pada membran sel, meskipun penyusun membran secara struktual ialah fosfolipid namun protein dalam fosfolipid dapat mencapai lebih 50% dari berat membran tersebut. Hal ini terjadi karena struktur protein yang lebih besar dan kompleks dibandingkan lemak.


  • Glikolipid Dan Glikoprotein

    Glikolipid ialah molekul karbohidrat yang menempel pada lemak, sedangkan glikoprotein ialah molekul karbohidrat yang menempel pada molekul protein. Glikolipid dan glikoprotein berfungsi sebagai tanda pengenal bagi sel.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Ciri-Ciri Serta Fungsi Mikrofilamen Sel


  • Kolestrol

    Kolestrol dalam membran plasma akan berada di antara molekul fosfolipid dengan bagian hidroxil yang bersifat polar akan berada di dekat kepala fosfolipid. Kolesterol memiliki fungsi yang penting bagi membran plasma. Saat kondisi lingkungan panas, kolestrol akan berperan dalam menghambat pergerakan fosfolipid sehingga mencegah fosfolipid menjadi terlalu cair,


    namun saat suhu lingkungan dingin kolestrol akan bekerja dengan menghambat interaksi antar lemak sehingga menjaga membran dari beku dan mempertahankan struktur membran cukup cair. Kolestrol terdapat pada membran sel hewan, sedangkan pada membran sel tumbuhan fungsinya digantikan oleh sterol.


  • Sitoskeleton

    Sitoskeleton atau tulangnya sel berguna untuk mempertahankan bentuk sel dan posisi organel sel. Sitoskeleton terdiri atas dua macam yaitu mikrotubulus dan mikrofilamen.


    Sitoskeleton bukan bagian langsung dari membaran sel, hanya saja sitoskeleton akan berkaitan dengan bagian dasar dari protein integral. Dengan mengikat protein integral di berbagai tempat, sitoskeleton akan mempertahankan bentuk sel sehingga tidak berubah terlalu ekstrim.


Fungsi Membran Sel

Membran sel sebagai bagian sel yang melingkupi seluruh isi sel memiliki fungsi yang sangat penting dalam perlindungan sel secara mekanik. Perannya dalam perlindungan mekanis nampak jelas pada sel hewan, karena selnya hanya dibungkus oleh membran plasma saja.


Berbeda dengan sel tumbuhan yang memiliki perlindungan lain yang berupa dinding sel yang kuat dan keras. Fungsi lain dari membran sel ialah dalam ransportasi molekul keluar dan masuk sel. Fungsi membran sel ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sel dan membuang sampah-sampah sisa proses metabolisme.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Cara Mengamati Sel Beserta 11 Ciri-Cirinya


Sifat Membran Plasma

  • Sifat utama membran sel adalah sangat dinamis.
  • Sifat membran yang dinamis ini sangat tergantung pada struktur dari membran plasma itu.

  • Sebagai contoh sifat membran yang tergantung pada strukturnya adalah adanya dua lapisan lemak yang menyusun membran (lipid bilayer).

  • Membran lemak dapat terbentuk secara spontan dari campuran lipid dalam lingkungan air bila konsentrasi lipid melampaui nilai kritis tertentu.
  • Bila jumlah lipid kurang dari konsentrasi kritis tersebut maka lipid larut dalam air.

  • Karena senyawa lipid ini merupakan molekul-molekul amphipatik, maka bila dalam konsentrasi cukup tinggi molekul-nolekul lipid tersebut secara spontan membentuk agregat berupa lapisan-lapisan lemak dua lapis.


  • Lapisan panjang lipid ini secara spontan dapat putus atau bergabung kembali satu sama lain, sehingga di dalam air sering terbentuk balon-balon vesikula.

  • Mengingat sebagian besar komponen sel adalah air, maka prinsip inipun rupanya juga berlaku di dalam sel dengan sistem kompartementasinya.
  • Adanya sistem membran lemak di dalam sel memungkinkan sel untuk membelah diri tanpa kehilangan isi sel.

Selain dari itu, juga memungkinkan terjadinya proses endositosis dan eksositosis, bahkan mengingat akan sifat fluiditas asam lemak penyusun membran sel, memungkinkan adanya gerak pindah tempat, meskipun sel tersebut sesungguhnya tidak mempunyai alat gerak.


Unsur Membran Plasma

Unsur yang membangun membran plasma.


  • Protein 55 %
  • Fosfolipid 25 %
  • Kolestrol 13 %
  • Lemak yang lain 4 %
  • Karbohidrat 3 %.

Secara dasar membran plasma terdiri dari fosfolipid. Karena ada lapisan dari fosfolipid maka diberi nama fosfolipid bilayer.Fosfat pada fosfolipid bilayer bersifat hidrofilik / suka air, sedangkan bagian lemak bersifat hidrofobia / takut air.


Karena bagian lipid tidak suka air maka lipid ini mempunyai kemampuan natural untuk mengikat satu sama lain sehingga terbentuk membran plasma yang berbentuk dua lapis dengan bagian lipid berada di tengah sedangkan bagian fosfat di permukaan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Komposisi Membran Sel Dalam Biologi