Kebutuhan Tersier – Pengertian, Primer, Sekunder, Faktor, Contoh

Diposting pada

Kebutuhan Tersier – Pengertian, Primer, Sekunder, Faktor, Contoh : Dalam hal ini kebutuhan merupakan suatu aspek psikologis yang membantu makhluk hidup dalam beraktivitas dan menjadi alasan untuk semua makhluk hidup untuk berusaha. Tidak terkecuali manusia dengan bekerja, manusia memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan.


"Kebutuhan Tersier" Pengertian & ( Faktor - Contoh )

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier ialah kebutuhan yang hanya biasa dipenuhi dengan mengonsumsi benda yang tergolong mewah atau luks. Kebutuhan tersier atau kebutuhan ketiga merupakan tingkat kebutuhan yang paling tinggi. Kebutuhan tersier muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, karena itu kebutuhan tersier lebih bersifat prestisius, artinya orang yang dapat memenuhi kebutuhan ini akan terangkat derajat atau martabatnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Macam Dan Contoh Motif Ekonomi Terlengkap


Kebutuhan ini biasanya hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi atau orang-orang kaya. Kebutuhan tersier bersifat hiburan atau kesenangan belaka. Kebutuhan ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.


Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yakni kebutuhan yang pokok, dasar, atau utama yang harus dipenuhi seseorang. Artinya, kebutuhan inilah yang pertama harus dipenuhi seseorang. Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya ketika kebutuhan utama ini belum terpenuhi.


Contoh Kebutuhan Primer:

Meliputi sandang, pakan, dan papan. Artinya, kebutuhan pokok manusia adalah baju, makanan, dan tempat tinggal. Inilah kebutuhan utama yang berusaha dipenuhi oleh orang kaya maupun miskin.


Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan ini adalah kebutuhan nomor dua yang dipenuhi setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Bukan berarti kebutuhan sekuder tidak penting, justru kebutuhan inilah yang mendukung supaya kehidupan manusia berjalan dengan baik.

Contoh Kebutuhan Sekuder:

Contohnya seperti, motor, televisi, tempat tidur, meja, kursi, dan lain-lain.


Faktor-Faktor Kebutuhan Tersier

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier yang diantaranya yaitu:

  • Tingkat pendapatan.
  • Tingkat pendidikan.
  • Status sosial.
  • Pergaulan.
  • Lingkungan tempat tinggal.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan Jenis Tindakan Ekonomi Beserta Contohnya Terlengkap


Contoh Kebutuhan Tersier

Setelah pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pengertian dari kebutuhan tersier sekarang kita akan membahas sebagian contoh dari kebutuhan tersier karena kebutuhan itu ada banyak sekali. nah berikut ini contoh dari kebutuhan tersier simak uraian dibawah ini.


  1. Perhiasan

Perhiasan seperti kalung emas, gelang emas, cincin permata, kalung mutiara, dan lain sebagainya termasuk contoh kebutuhan tersier. Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, tetapi ia dapat memberikan kesan mewah sehingga orang yang memilikinya dapat memperoleh pengakuan kemampuan finansial dari orang di sekitarnya.


  1. Aksesoris

Mewah Sama seperti perhiasan, aksesoris mewah yang terdapat di rumah seperti lukisan, guci antik, vas bunga yang mahal, jam tangan mahal, dan koleksi motor gede juga termasuk contoh kebutuhan tersier. Keberadaannya tidak terlalu penting, namun bagi orang yang sudah memiliki kemapanan finansial barang-barang tersebut kerap kali dibelinya.


  1. Kendaraan Mewah

Kebutuhan akan transportasi seperti mobil dan motor memang merupakan kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi. Namun, akan berbeda jadinya bila yang dibeli adalah mobil mewah, motor gede, atau pesawat jet pribadi. Semua sarana transportasi mewah tersebut menjadi contoh kebutuhan tersier yang tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup.


  1. Rumah Mewah

Rumah juga termasuk contoh kebutuhan primer yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan dan kelayakan hidup seseorang. Kendati begitu, rumah juga akan dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier jika berupa bangunan mewah seperti apartemen, villa, atau bangunan lainnya. Selain dapat memberikan kenyamanan, rumah mewah juga dapat kesan kebanggaan bagi pemiliknya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Jenis Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya Terlengkap


  1. Wisata ke Luar Negeri

Adakah di antara Anda yang sudah pernah berwisata ke luar negeri? Jika ada yang sudah, berarti Anda termasuk berasal dari keluarga kelas ekonomi atas yang kebutuhan primer dan sekundernya telah terpenuhi. Wisata ke luar negeri termasuk kebutuhan tersier yang tidak berpengaruh terhadap kelayakan hidup seseorang.


  1. Baju Branded

Baju atau sandang memang termasuk kebutuhan primer. Dengannya kita terlindungi dari terik matahari dan dinginnya udara. Kendati begitu, baju branded atau baju mahal yang bermerk justru merupakan contoh kebutuhan tersier karena memiliki fungsi selain sebagai sandang juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan kelas sosial seseorang.


  1. Investasi

Dan contoh kebutuhan terseir yang terakhir adalah investasi. Kalian tahu apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi adalah suatu cara seseorang untuk menyimpan kelebihan hartanya di suatu barang yang mana barang tersebut dapat menghasilkan keuntungan suatu saat nanti. Contoh investasi adalah membeli tanah, emas, apartemen, deposito, menabung, ikut trading forex, dan lain sebagainya. Bila masih belum jelas, silakan tanyakan ke guru Anda tentang apakah investasi itu.


Diatas merupakan sebagian contoh dari kebutuhan tersier, contoh diatas belumlah keseluruhan dari barang-barang yang tergolong kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri bisa menjadi sebuah kebutuhan primer bagi orang-orang tertentu contohnya sebagai seseorang yang bekerja sebagai penyedia jasa angkutan seseorang itu perlu dan harus memiliki mobil untuk melakukan pekerjaannya.


Namun di kehidupan sehari-hari pada umumnya orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi, setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi mereka akan mencoba untuk membeli barang-barang lain yang bersifat mewah karena kebutuhan lainnya telah tercukupi atau lengkap.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas Beserta Faktornya