Kebudayaan Nasional – Pengertian, Daerah, Unsur, Kebudayaan Asing, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Kebudayaan Nasional – Pengertian, Daerah, Unsur, Kebudayaan Asing, Contoh, Para Ahli : Konsep kebudayaan Indonesia sebenarnya dimulai dan dibangun oleh para pendahulu kita, yang mengacu pada nilai-nilai yang dipahami, dianut, dan dipedomani oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Nilai-nilai tersebut ada dan terkandung dalam sistem budaya etnik yang ada di Indonesia ini.


Pengertian Budaya

Budaya adalah tindakan / perilaku yang mengandung nilai – nilai penting yang diwariskan dari generasi ke generasi yang telah menjadi suatu tradisi dalam masyarakatnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Macam Ideologi Politik Beserta Definsi Dan Contohnya


Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

  1. Lehman, Himstreet, dan Batty

Budaya adalah sekumpulan pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Pengalaman hidup masyarakat tentu saja sangatlah banyak dan variatif, termasuk di dalamnya bagaimana perilaku dan keyakinan atau kepercayaan masyarakat itu sendiri.


  1. Mitchel

Budaya adalah seperangkat nilai-nilai yang inti, kepercayaan, standar , pengetahuan, moral hukum, dan perilaku yang disampaikan oleh individu – individu dan masyarakat, yang menentukan bagaimana seseorang bertindak, berperasaan, dan memandang dirinya serta orang lain.


  1. Bovee dan Thil

Budaya adalah sistem sharing dan sebuah simbol atas kepercayaan, sikap, nilai-nilai moral, harapan, dan norma-norma dalam berperilaku.


  1. Murphy Dan Hildebrandt

Budaya adalah sebuah karakteristik perilaku dalam suatu kelompok. Pengertian ini juga mengindikasikan bahwa komunikasi verbal dan non verbal dalam suatu kelompok juga merupakan karakter dari kelompok tersebut dan cenderung unik atau berbeda dengan yang lainnya.


Pengertian budaya menurut para ahli tersebut berbeda-beda, namun tetap mengarah pada satu pengertian, yaitu budaya adalah sesuatu yang digunakan untuk menggambarkan nilai dan norma yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu dan telah mengakar didalamnya.


Pengertian Kebudayaan Nasional

Konsep kebudayaan Indonesia sebenarnya dimulai dan dibangun oleh para pendahulu kita, yang mengacu pada nilai-nilai yang dipahami, dianut, dan dipedomani oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Nilai-nilai tersebut ada dan terkandung dalam sistem budaya etnik yang ada di Indonesia ini. Nilai-nilai tersebut telah dianggap sebagai puncak dari kebudayaan daerah, sebagaimana ciri khas kebudayaan bangsa Indonesia itu sendiri. Kebudayaan nasional Indonesia adalah kebudayaan yang berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu semua nilai-nilai luhur dan falsafah bangsa yang berada didalam masyarakat dan hal tersebut murni dari Indonesia itu sendiri.


Kebudayaan nasional pada intinya adalah gabungan dari berbagai maca budaya daerah di suatu negara tertentu, seperti Indonesia. Indonesia memang mempunyai beraneka ragam kebudayaan, tetapi hal tersebut tidak menjadikan Indonesia menajdi terpecah belah, melainkan hal tersebut membuat Indonesia menjadi satu kesatuan yang kuat dan kokoh, sebagaimana dengan prinsipnya yaitu ‘Bhineka Tunggal Ika’, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Meskipun demikian, kita harus melestarikan budaya nasional kita agar supaya budaya kita tida diambil dan diakui oleh negara lain.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kapitalisme Terlengkap


Pengertian Kebudayaan Nasional Menurut Koentjaraningrat Dan UUD 1945

Pengertian Kebudayaan Daerah

Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu dan merupakan suatu warisan budaya untuk daerah tersebut yang mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dari yang lainnya. Budaya tradisi (daerah) juga dapat diartikan sebagai penentu norma dalam perilaku yang teratur, serta merupakan kesenian verbal pada umumnya untuk meneruskan kebiasaan dan nilai-nilai budaya daerah (bangsa).


Kebudayaan daerah yang ada di Indonesia ini semakin lama semakin tergerus oleh arus globalisasi yang sudah merajalela di negara kita. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, kita harus melestarikan dan mempertahankan budaya daerah tersebut agar tidak hilang ditelan oleh zaman.

Beberapa budaya daerah yang ada di Indonesia anatara lain:


  1. Wayang golek dari Jawa Barat
  2. Jaipong dari Jawa Barat
  3. Degung dari Jawa Barat
  4. Reog Ponorogo dari Jawa Timur
  5. Ondel-ondel dari Jakarta
  6. Lengger dari Jawa Tengah
  7. Lagu Lir-ilir dari Jawa Tengah
  8. Macapat dari Jawa Tengah
  9. Tari Seudati dari Nangroe Aceh Darussalam
  10. Tari Sekapur Sirih dari Jambi

Pengertian Kebudayaan Nasional Menurut Koentjaraningrat Dan UUD 1945

Budaya Indonesia merupakan semua kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, ataupun kebudayaan asal asing yang sudah ada di Indonesia sebelum merdeka pada tahun 1945.


Penjabaran dari UUD 1945 Pasal 32

Pernyataan yang tertera pada GBHN itu adalah penjabaran dari UUD 1945 Pasal 32. Dewasa ini para tokoh kebudayaan Indonesia sedang mempersoalkan eksistensi kebudayaan daerah serta kebudayaan nasional terkait dengan dihapuskannya tiga kalimat penjabaran pada pasal 32 serta adanya ayat yang baru. Mereka mempersoalkan adanya kemungkinan perpecahan oleh kebudayaan daerah  bila batasan tentang kebudayaan nasional tidak dijelaskan secara gamblang.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :  “Budaya Politik Kaula/Subjek” Definisi & ( Ciri – Ciri )


Sebelum di Amandemenkan

Sebelum di amandemenkan, UUD 1945 memakai dua istilah sebagai indentifikasi kebudayaan daerah serta kebudayaan nasional. Kebudayaan bangsa, merupakan kebudayaan lama dan asli yang ada sebagai puncak di daerah di seluruh Indonesia, sedangkan kebudayaan nasional itu sendiri dipahami sebagai kebudayaan bangsa yang sudah berada pada posisi yang mempunyai makna bagi seluruh bangsa Indonesia.


Dalam suatu kebudayaan nasional ada unsur persatuan dari Bansa Indonesia yang telah sadar serta mengalami persebaran secara nasional. Didalamnya ada unsur kebudayaan bangsa serta unsur kebudayaan asing, serta unsur kreasi baru atau hasil invensi nasional.


Unsur-Unsur Kebudayaan

Unsur-unsur kebudayaan adalah suatu ciri khas yang membedakan kebudayaan dari daerah yang satu dengan daerah yang lain. Unsur-unsur tersebut antara lain :


    1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui dan dipelajari oleh manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan.

Sistem pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi:

    1. pengetahuan tentang alam
    2. pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan di sekitarnya
    3. pengetahuan tentang tubuh manusia, pengetahuan tentang sifat dan tingkah laku sesama manusia
    4. pengetahuan tentang ruang dan waktu

Teknologi adalah segala cara dan alat yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.


    1. Sistem Ekonomi

Unsur ini berhubungan erat dengan alokasi produksi, tenaga kerja dan distribusi.


    1. Sistem sosial

Sistem ini mengatur tentang perkawinan, tempat tinggal, sistem kekerabatan keluarga, jaringan sosial antar individu berdasarkan perkawinan dan garis keturunan darah. Organisasi sosial ini adalah sekumpulan organisasi sosian yang didirikan  oleh masyarakat itu sendiri, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum yang mempunyai fungsi sebagai agen partisipasi inspirasi masyarakat dalam upaya pembangunan bangsa dan negara.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Budaya Politik Parokial” Pengertian Beserta Ciri-Cirinya


    1. Sistem Politik

Adalah jalan, cara dan alat yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


    1. Sistem Kepercayaan

Ada saatnya dimana pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangatlah terbatas. Dan kesadarah akan keterbatasan yang ada pada manusia, kesadaran akan adanya kekuatan supranatural tersebut melahirkan sebuah sistem kepercayaan, yang dalam waktu bersamaan, memunculkan keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sitem alam semesta ini, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian dari alam semesta ini. Berhubungan dengan hal tersebutlah, manusia, baik secara individual maupun kelompok masyarakat, mereka tidak dapat lepas dari sistem kepercayaan terhadap sang penguasa alam semesta tersebut.


    1. Sistem Bahasa

Bahasa adalah suatu wujud budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi satu sama lain, baik secara lisan maupun tertulis dengan tujuan menyampaikan maksud hati ataupun kemauan kepada lawan bicaranya. Melalui bahasa inilah, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, kebiasaan dan tata krama masyarakat untuk berbaur dengan masyarakat lainnya.


    1. Sistem Kesenian

Kesenian ini mengacu kepada nilai keindahan / estetika yang berasal dari ekspresi akan hasrat manusia tentang keindahan yang dapat dinikmati dengan mata ataupun telinga. Dan kesenian ini adalah pranata yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia itu sendiri.


Unsur-unsur Yang Dipertahankan Dalam Kebudayaan

  1. Unsur yang mempunyai fungsi vital dan telah diterima oleh masyarakat luas. Contoh dari unsur ini yaitu sistem kekerabatan yang telad ada selama berpuluh-puluh tahun
  2. Unsur yang diterima melalui sosialisasi sejak kecil dan telah menyatu didalam diri orang tersebut. Contoh dari unsur ini yaitu makanan pokok orang
  3. Unsur kebudayaan yang menyangkut agama / religi.
  4. Unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan falsafah

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Ideologi Fasisme” Pengertian & ( Ciri – Unsur – Sifat – Tujuan )


Pengaruh Kebudayaan Asing di Indonesia

Kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, sangat mempengaruhi kebudayaan Indonesia itu sendiri. Hal tersebut mempunyai sisi positif dan negatif bagi Indonesia.


  1. Dampak Positif

Pengaruh tata nilai dan sikap

Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.


Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan memicu untuk berpikir ketingkat yang lebih maju.

Tingkat Kehidupan yang lebih Baik

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.


  1. Dampak Negatif

Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.


Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.


Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli contohnya adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan remaja yang bebas, dan lain-lain.


Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu yang lain. Hal ini akan menimbulkan kesenjangan sosial dalam masyarakat. Kesenjangan sosial ini menyebabkan adanya jarak antara si kaya dan si miskin sehingga sangat mungkin bisa merusak kebhinekaan dan ketunggalikaan Bangsa Indonesia.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Macam Ideologi Politik Beserta Definsi Dan Contohnya