Ikan Mas Koki – Definisi, Jenis, Ciri, Memelihara, Habitat, Oranda

Diposting pada

Ikan Mas Koki – Definisi, Jenis, Ciri, Memelihara, Habitat, Oranda : Ikan maskoki yang memiliki nama latin “Carrasius auratur” pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina berkisar pada tahun 960 hingga 1729. Yang awalnya bentuk maskoki ini sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat.


Nama Latin Ikan Maskoki Beserta Penejelasannya

Definisi Ikan Mas Koki

Ikan maskoki yang memiliki nama latin “Carrasius auratur” pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina berkisar pada tahun 960 hingga 1729. Yang awalnya bentuk maskoki ini sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Lalu pada masa dinasti Ming “1368-1644” popularitas maskoki mulai menanjak, nah dari sinilah bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Ciri-Ciri Ekosistem Air Laut Serta Zona Pembagiannya


Untuk perkembangan maskoki kemudian merambah sampai ke negeri Jepang. Di Jepang sendiri maskoki ini terus mengalami perkembangan sangat pesat sampai dihasilkan jenis-jenis yang baru dengan memiliki bentuk yang lebih varatif seperti saat ini.


Maskoki jenis baru ini merupakan hasil perkawinan silang yang terus-menerus dilakukan hingga di dapat ikan maskoki yang unik. Untuk ikan yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, bersirip panjang dan pada jenis tertentu ekornya menjuntai mirip selendang. Untuk jenis inilah yang disebut sebagai Carrasius auratus yang lebih dikenal dikenal di Indonesia dengan sebutan maskoki. Dari negeri Jepang, ikan koki mulai menyebar ke penjuru dunia termasuk di Indonesia sendiri.


Jenis-Jenis Ikan Mas Koki

Ada beberapa jenis-jenis ikan mas koki yang diantaranya yaitu:

  • Bubble Eye/Suihogan Goldfish

Spesies ikan maskoki unik yang berasal dari Cina ini memiliki mata yang menunjuk ke atas dan 2 katung besar yang berisi cairan. Ikan ini juga tidak punya sirip di punggungnya, ikan mas ini dapat tumbuh yakni 6 hingga 8 inchi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Terumbu Karang Beserta Fungsi Dan Manfaatnya


  • Ranchu Goldfish

Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut dengan sebagai “raja ikan mas” oleh orang Jepang. Ranchu ialah hasil dari percobaab perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina, ikan ini gak punya sirip atas dan punya banyak warna seperti orange, red, white, red and white, blue, black, black and white, black and red, ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.


  • Butterfly Tail/Jikin Goldfish

Indah dan menggemaskan tetapi langka, jikin diyakini dari Jepang, untuk ciri yang paling menonjol ialah ekor yang memiliki bentuk X, ekor kupu-kupunya memiliki panjang khas, yang berbentuk cerutu atau torpedo. Tubuh yang putih dengan bibir, sirip dan insang merah, yang dapat tumbuh sampai 9 inchi. Nama lainnya ialah ekor merak dan rokuri.


  • Telescope Eye/Demekin Goldfish

Spesies ini punya mata yang esar dan unik, yang variasi ini berwarna merah, merah putih, belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat dan biru dan warna hitam. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik, walau matanya besar, penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 aquarium dengan jenis yang lincah dan ditempatkan di aquarium tanpa benda lanci.


  • Oranda Goldfish

Oranda, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya, ikan maskoki ini sangat terkenal diseluruh dunia dan memiliki badan yang bear dengan 4 ekor panjan.


  • Celestial Eye/Choten gan Goldfish

Salah satu ikan maskoki aneh yang berasal dari Cina dan Korea, mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop, tapi mengarah keatas tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo dan tidak memiliki sirip atas.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Ciri-Ciri Beserta Peranan Pisces ( Ikan )


  • Lionchu/Lionhead Goldfish

Ikan maskoki unik ini ialah ikan mas yang tidak mempunyai sirip atas dari Thailand dan hasil dari pekimpoian silang antara lionheads dan ranchus. Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar.


  • Ryukin Golfish

Ikan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besarnya 2 kali panjang tubuhnya, pada moncongnya juga lancip dan punggungnya bungkuk. Ryukin memiliki warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu, di aquarium yang bagus perawatannya ikan ini dapat mencapai sampai 8 inci atau 21 cm. Nama julukan lainnya ialah Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail atau Veiltail.


  • Calico/Nacreous Goldfish

Ikan maskoki bernama Cilico atau Nacreous ini punya percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara. Calico bisa tumbuh hingga 12 inchi, coraknya terdiri dari bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru.


  • PomPom/Hanafusa Goldfish

Hanafusa punya daging yang tumbuh seperti pom pom disekitar hidungnya, badanya seperti lionhead, tapi yang tumbuh ialah hidunya kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.


Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Syarat hidup maskoki secara umum dapat dikatakan bahwa maskoki termasuk ikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai variasi kualitas air dan juga suhu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan :Sistem, Fungsi Dan Struktur Partai Politik Di Indonesia


  1. pH

Nilai pH yang dianggap ideal untuk menumbuhkembangkan maskoki berkisar dari 7.0-8.0. Meskipun demikian, diketahui bahwa maskoki masih dapat mentolelir nilai pH lebih rendah atau lebih tinggi dari kisaran tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah membiarkan terlebih dahulu maskoki yang akan dipelihara untuk beradaptasi dengan kualitas air yang kita siapkan. Sangat tidak disarankan untuk melakukan penggantian air atau melakukan perubahan kualitas air secara drastis.


Walaupun maskoki diketahui mempunyai toleransi lebar terhadap berbagai nilai pH, akan tetapi, seperti halnya kelompok ikan mas pada umumnya, mereka tidak akan bisa bertahan pada pH dibawah 5.0 atau diatas 10.0. Untuk itu, dalam melakukan pengelolaan air perlu memperhatikan kadar pH-nya agar tidak sampai membahayakan mereka.


  1. Kesadahan

Kebutuhan tingakat kesadahan air untuk maskoki diperkirakan antara rendah sampai sedang. Tidak ada informasi yang akurat mengenai hal ini. Meskipun demikian, dari berbagai laporan, diketahui bahwa kondisi kesadahan air yang ideal bagi maskoki berkisar antara 17derajat – 22 derajat.


  1. Komposisi

Maskoki sangat sensitif terhadap kadat chlorine yang biasa digunakan sebagai disinfektan pada air olahan. Oleh karena itu, dalam menyiapkan air bagi mereka pastikan baha air tersebut bebas dari chlorine. Hal ini dapat dilakukan dengan mengendapkan air terlebih dahulu, atau dengan menambahkan anti-chlorine.


Maskoki merupakan ikan yang banyak mengeluarkan sekresi dari tubunya. Hal demikian dapat memicu terbentuknya amonia dalam air. Amonia yang terbentuk dapat menjadi racun bagi ikan bersangkutan, terutama bila kadarnya sudah mencapai 2 ppm. Pergantian air atau penggunaan sistem diltrasi yang baik akan sangat membantu agar air akuarium maskoki dapat selalu terjaga kadar amonianya dibawah nilai 2 ppm, atau bahkan 0 ppm.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Lembaga Eksekutif Secara Umum Dan Contohnya


Logam berat terlarut seperti Zn (seng) atau Cu (tembaga) bersifat racun bagi maskoki dan juga jenis ikan lainnya. Oleh karena itu, sangat tidak direkomendasikan untuk memelihara atau meletakkan maskoki dalam bak-bak yang terbuat dari bahan seng atau bahan lainnya yang dapat melepaskan seng atau tembaga kedalam air. Meskipun demikian, diketahui toleran terhadap kadar besi dalam air hingga batasan tertentu. Bagi mereka yang akan memelihara maskoki dengan menggunakan air alami, tidak ada salahnya diwaspadai pula kemungkinan hadirnya berbagai bahan pencemar yang mungkin masuk dari lingkungan sekitarnya, seperti phenol; merkuri, minyak, kadmium, dan juga insektisida.


  1. Suhu

Suhu ideal bagi maskoki berada pada kisaran 20 derajat – 25 oC. Fluktuasi perubahan suhu direkomendasikan tidak lebih dari 5 oC, terutama dalam proses pergantian air atau proses transportasi. Fluktuasi suhu diatas 5 oC akan sangat membahayakan ikan yang bersangkutan. Berbagai varietas maskoki sendiri dikembangkan diberbagai tempat dengan variasi suhu yang berbeda yaitu mulai dari 4 derajat C – 35 oC. Meskipun demikian selalu disarankan agar mereka dipelihara pada suhu tidak kurang dari 10 oC.


  1. Kepadatan

Kepadatan ikan dalam volume air tertentu akan sangat menentukan tingkat keberhasilan memelihara maskoki, kemudahan dalam mengelola air dan menghindarkan terjadinya stress yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah ikutan lainnya. Selalu disarankan agar maskoki dipelihara dengan kepadatan serendah mungkin, atau dipelihara sesedikit mungkin dalam suatu wadah.


Aturan secara umum menyebutkan bahwa kepadatan maskoki dapat dihitung berdasarkan porsi 1 cm panjang ikan untuk setiap liter air. Pada tempat-tempat pemeliharaan yang didukung dengan peralatan pendukung kehidupan yang baik kepadatan maskoki dapat ditingkatkan hingga 0.5 gm panjang ikan per liter air.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penjelasan Klasifikasi Jenis Pisces ( Ikan ) Secara Lengkap