Hewan Karnivora

Diposting pada

Tahukah anda dengan hewan karnivora ??? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian hewan karnivora, ciri hewan karnivora, dan jenis hewan karnivora beserta contohnya secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Contoh-Hewan-Karnivora

Pengertian Hewan Karnivora

Karnivora atau maging  hewan yang diet sebagian besar daging, baik dimakan hidup-hidup atau daging yang berasal dari hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari carne Latin, yang artinya daging dan vorare yang artinya “makan”. Kata ini juga bisa dipakai untuk merujuk kepada mamalia dalam urutan carnivora, yang umumnya sesuai dengan definisi pertama.

Karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utama yang disebut dengan serangga contohnya bunglon dan laba-laba, sedangkan karnivora yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut dengan piskivora contoh, penguin, anjing laut, dan lumba-lumba. Dalam hal singkat, Karnivora yaitu organisme yang makan daging pemakan daging.

Hewan karnivora adalah hewan liar dan juga makan daging. Hewan ini juga hidup di daerah tropis yang terdapat banyak hewan herbivora yang akan merak membuat mangsanya. Hal ini terjadi karena pembentukan rantai makanan. Hewan karnivora yang sangat berbahaya bagi manusi karena mereka sangat liar. bahkan beberapa hewan karnivora yang membuat manusia sebagai mangsa mereka.

Karnivora mempunyai karakteristik yang berbeda dari hewan herbivora. Karnivora mempunyai taring dan cakar. Kedua hal ini sangat berguna untuk karnivora.Taring berfungsi untuk merobek daging dari mangsa mereka. sedangkan fungsi cakar mencengkeram mangsa karnivora ketika berburu. Contoh karnivora yang singa. harimau. buaya. dan hewan liar lainnya.


Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Setiap kelompok fauna pasti mempunyai perbedaan dengan kelompok fauna yang lainnya. Karena pada dasarnya setiap kumpulan mempunyai kebiasaan, habitat dan makanan yang berbeda-beda. Maka dari tersebut saya bakal menyebukan sejumlah ciri-ciri fauna karnivora yang perlu guna di ketahui.

  1. Makanan utamanya ialah daging.
  2. Termasuk fauna mamali atau fauna menyusui.
  3. Memiliki keterampilan untuk berburu mangsa.
  4. Sebagian besar fauna karnivora berkembang biak secara vivipar.
  5. Termasuk kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang (vertebrata).
  6. Sebagian basar fauna karnivora hidup di darat.
  7. Termasuk fauna yang riskan atau fauna buas.
  8. Memiliki kuku dan gigi taring yang tajam.
  9. Memiliki keterampilan untuk bergerak dengan paling cepat.
  10. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang paling tajam.

Jika Mamalia :

  • Berkaki empat
  • Memiliki gigi yang tajam
  • Hidup di daratan
  • Ovipar (beranak)

Jika Hewan Laut :

  • Berkembang biak dengan cara ovovivipar
  • Memiliki ukuran tubuh yang besar

Jika Burung :

  • Memiliki cakar yang tajam
  • Bentuk paruhnya yang runcing

Contoh Hewan Karnivora

Berikut ini terdapat beberapa contoh hewan karnivora, sebagai berikut:


1. Singa

Singa

Hewan yang satu ini dikenal ganas dan merupakan fauna karnivora yang mendapat julukan sebagai raja hutan.

Singa merupakan fauna yang tergolong ke dalam kumpulan spesies hewan mamalia atau menyusui.

Singa memiliki keterampilan berlari yang diatas rata-rata dari jenis fauna berkaki empat lainnya. Kemampuan berlari singa dapat mencapai kecepatan 50 mil per jam.

Selain tersebut singa pun mempunyai gigi taring dan cakar yang paling tajam, yang dapat mengoyak tubuh mangsanya.

Maka tidak heran andai singa di juluki sebagai raja hutan. Singa sendiri merupakan jenis kucing terbesar sesudah harimau.


2. Harimau

Harimau

Harimau sendiri adalah jenis kucing terbesar di dunia ketika ini.

Meskipun mempunyai tubuh yang terbilang besar, namun keterampilan berlari harimau lumayan cepat, yakni dapat mencapai kecepatan 60 Km/jam guna jarak pendek.

Selain tersebut harimau pun memiliki keterampilan berenang yang lumayan lincah, dan pun mempunyai air liur yang dapat mempercepat pengobatan luka di badannya andai dijilati.


3. Macan

Macan

Masih tergolong jenis kucing, yaitu macan dan merupakan fauna pemakan daging yang mempunyai badan sedang.

Macan sendiri mempunyai sangat tidak sedikit jenis, diantaranya:

  • Macan kumbang
  • Macan rembah
  • Macan tutul
  • Black panther
  • Jaguar

Macan mempunyai bulu berwana kecoklatan serta mempunyai bintik hitam diseluruh tubuhnya dan pun mempunyai ukuran kaki yang tidak begitu panjang.


4. Serigala

Serigala

Serigala merupakan fauna pemakan daging yang serupa dengan anjing. Hewan ini adalahjenis pemakan daging yang kecil bila dikomparasikan dengan jenis lainnnya.

Serigala memiliki karakteristik yakni aumannya yang terbilang lumayan keras dan menyeramkan. Di samping itu fauna ini termasuk hewan ganas dan pun ganas.


5. Anjing

Anjing

Selanjutnya ialah anjing, fauna ini memiliki spesies yang paling beragam. Anjing tak berbeda dengan jenis fauna karnivora lainya yaitu pemakan daging.

Anjing ialah binatang yang biasanya dipelihara oleh insan untuk menjaga ketenteraman rumah ataupun guna memburu hewan dengan penciumanya yang tajam.

Di samping itu hewan pemakan daging ini tergolong kedalam ke fauna yang pandai bila dikomparasikan dengan hewan lainya.

Anjing sering dipakai oleh polisi untuk menolong tugas polisi seperti dipakai untuk anjing pelacak yang ganas.


6. Kucing

Kucing

Tidak seluruh jenis kucing merupakan fauna karnivora, akan namun memang fauna ini lebih berpengaruh sebagai hewan pemakan daging.

Akan namun ada pun jenis kucing yang mempunyai sifat vegetarian atau pemakan tanaman yang merupakan fauna pemakan rumput.


7. Musang

Musang

Musang merupakan fauna pemakan daging atu karnivora yang memiliki kelebihan skill yang lumayan baik didalam panjat-memanjat.

Hewan karnivora ini bissa hidup dimana aja. Seperti di hutan, pedesaan bahkan perkotaan.

Musang mempunyai ukuran tubuh yang kecil bila dikomparasikan dengan fauna pemakan daging lainya. Musang sangatlah pandai dalam urusan tipu-menipu musuhnya.

Disaat posisi musang dalam suasana yang tidak memungkinkan maka musang bakal langsung spontan berpura-pura mati.

Pada saat tersebut lah musuh musang bakal lengah dan pada saat tersebut musang dapat lolos atau berlari dari musuhnya tersebut.


8. Komodo

Komodo

Komodo ialah hewan langka yang tidak sedikit ditemui di pulau komodo Indonesia yang berkategorikan kadal terbesar di dunia.

Komodo memiliki struktur kulit yang paling tebal dan pun keras. Ukuran komodo dapat mencapai ukuran sampai 3 meter ketika sudah berumur tua.

Kekuatan komodo terletak pada ekor dan rahangnya yang powerful serta air liur komodo dikenal beracun.


9. Beruang

Beruang

Beruang ialah hewan yang masih tidak sedikit spesiesnya diberbagai belahan dunia. Beruang mempunyai ukuran terdapat yang sedang dan aja pun yang besar. Di Indonesia ada pun beruang pribumi dari Bengkulu.

Ciri khas yang dipunyai oleh beruang ialah warna hitam disetiap tubuhnya. Beruang madu tersebut dapat dibilang dengan hewan pemakan rumput dan bermukim di hutan yang dekat dengan lahan pertanian warga.


10. Burung Rajawali

Burung Rajawali

Rajawali adalah burung yang berhabitat didalam hutan yang belum pernah dijelajahi oleh manusia.

Burung rajawali ialah hewan pemakan daging yang tidak sedikit ditemukan di Benua Eropa, Asia, dan Tiongkok.

Burung rajawali mempunyai kelebihan dalam terbang. Rajawali dapat bertahan dalam masa-masa lama ketika terbang di udara.


11. Burung Elang

Burung Elang

Burung elang ialah hewan yang tergolong kedalam kategori fauna berdarah panas. Burung elang memiliki kecepatan terbang yang paling cepat.

Burung elang sangat tidak sedikit ditemui di hutan-hutan seperti wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Elang adalahjenis fauna karnivora yang menggali mangsa didaratan dan pun perairan.

Burung elang lebih sering menggali makanan di perairan sebab salah satu pokok makanannya ialah ikan.


12. Burung Hantu

Burung Hantu

Burung Hantu ialah jenis burung yang memakan daging. Burung hantu ini sangat dibentengi di Indonesia sebab burung hantu tidak jarang kali di sangkut pautkan dengan urusan yang berbau mistis.

Bentuk wajah dari burung hantu sangatlah unik sebab mempunyai dua bola mata yang lumayan besar layaknya manusia.


13. Burung Pelikan

Burung Pelikan

Burung pelikan merupakan fauna karnivora yang mempunyai format sangat unik. Hewan ini memiliki karakteristik tersendiri dengan paruhnya yang lebar dan besar serta kakinya yang panjang.

Burung pelikan masuk kedalam fauna karnivora sebab burung pelikan memangsa ikan-ikan kecil yang sedang di pinggiran sungai.

Burung pelikan tidak sedikit ditemukan di Benua Afrika dan Eropa. Ditempat berkembangbiak burung pelikan hidup dengan teknik membentuk sebuah kelompok-kelompok yang paling banyak.


14. Ular

Ular

Ular ialah binatang yang memiliki spesies tidak sedikit sekali, dari banyaknya spesies ular. Ada di antara jenis ular yang paling terkenal dengan bisanya yang paling mematikan yakni ular king cobra.

Bisa dari ular king cobra paling terkenal dengan racunya yang dapat membunuh mangsanya dalam hitungan menit saja.

King cobra membunuh mangsanya dengan teknik menyemburkan racunya ke unsur tubuh mangsanya saja atau digigit.


15. Buaya

Buaya

Buaya merupakan fauna pemakan karnivora yang termasuk kedalam reptil yang paling buas. habitat dari buaya ada pada airyang paling tenang.

Contohnya laksana sungai dan rawa, Tetapi tidak seluruh jenis buaya yang bermukim di lokasi lembab dan kumuh. Buaya mengejar mangsanya dengan teknik mengintai mangsanya dari permukaan air.

Buaya mempunyai pergerakan yang paling cepat andai didalam air bila dikomparasikan dengan hewan-hewan lainya.


16. Pinguin

Pinguin

Pinguin tergolong kedalam fauna pemakan daging karena fauna tersebut memakan ikan-ikan kecil yang berlahiran di bebatuan es yang sedang di kutub.

Pinguin bekembang biak dengan teknik berkelompok dengan jumlah yang tidak sedikit. Ciri khas dari fauna pinguinadalah lokasi tinggalya yang paling dingin laksana di kutub unsur utara dan kutub selatan.


17. Anjing Laut

Anjing Laut

Contoh fauna karnivora selanjutnya ialah anjing laut. Anjing laut tidak jarang kita jumpai dalam acara sirkus sebab anjing laut dapat melakukan akrobatik yang mempesona jika diajar secara berkala.

Anjing laut memakan ikan-ikan yang berukuran sedang sebagai makananya. Hewan tersebut bertolak belakang dengan fauna yang lainya sebab anjing laut mempunyai keunggulan pada sistem otaknya.


18. Ikan Piranha

Ikan Piranha

Ikan piranha memiliki ciri yakni mempunyai warna merah dibagian tubuh bawah dan memiliki gigi yang runcing dan paling tajam.

Ikan piranha paling terkenal dengan kebuasannya ketika menerkam mangsanya. Ikan piranha berkembangbiak dengan teknik berkelompok dengan jumlah kumpulan sayng tidak sedikit.


19. Ikan Hiu

Ikan Hiu

Ikan hiu dapat dikatakan sebagai jenis ikan yang sempurna sebab mempunyai tulang yang menyeluruh dengan tubuh yang ramping.

Ikan hiu mempunyai jenis yang sangat pelbagai dan di antara jenis hiu yang terkenal ialah hiu martil.

Dinamakan dengan hiu martil diakibatkan karena format moncong kepalanya serupa dengan martil

Ikan hiu sangat tidak sedikit persebaranya di Asia Tenggara. Hewan tersebut memiliki gigi yang lancip dan runcing yang bermanfaat untuk mengoyak mangsanya.


20. Cheetah

Cheetah

Cheetah merupakan fauna yang familiar dengan kecepatan berlarinya yang paling cepat.

Cheetah mempunyai ukuran tubuh yang dapat dibilang lumayan besar yang nyaris sama dengan ukuran harimau. Cheetah dalam menggali mangsa yakni dengan teknik individu atau sendiri dalam menggali mangsanya guna dimakan.

Cheetah berkembangbiak didalam hutan yang paling luas dan paling lebat. Karena didalam hutan cheetah akan gampang dalam menggali mangsanya sebab ada tidak sedikit buruan. Cheetah tidak jarang memakan fauna lain laksana babi, kijang, rusa dan beda sebagainya.


Baca Juga :