Diskriminasi – Pengertian, Jenis, Macam, Mengindari, Mengurangi, Sikap, Contoh, Para Ahli

Diposting pada

Diskriminasi – Pengertian, Jenis, Macam, Mengindari, Mengurangi, Sikap, Contoh, Para Ahli : Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.


Pengertian Dikriminasi

Pengertian Diskriminasi

Sebelum kita membahas mengenai diskriminasi di Indonesia, sebaiknya kita melihat definisi dari itu sendiri terlebih dahulu. Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu. Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Masyarakat Ekonomi Eropa” Definisi & ( Sejarah – Tujuan )


Jenis – Jenis Diskriminasi

Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, afiliasi politik, kondisi fisik atau karakteristik lain yang diduga merupakan dasar dari diskriminasi.


  1. Diskriminasi langsung

    terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat kesempatan yang sama.

  2. Diskriminasi tidak langsung

terjadi ketika peraturan netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.


Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

  • Menurut PBB

“Diskriminasi termasuk perilaku, berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya”.


  • Theodorson & Theodorson (1979:115-116)

Diskriminasi sebagai “…adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial”.


  • Menurut Wikipedia

Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Sistem Ekonomi Pancasila” Definisi, Ciri & ( Kelebihan – Kekurangan )


Macam – macam Diskriminasi

  • Diskriminasi Umur

Individu di beri layanan yang tidak adil karena tergolong dalam lingkungan umur tertentu. Contohnya di negara malaysia remaja dianggap orang yang menimbulkan masalah sehingga timbul istilah masalah remaja.


  • Diskriminasi Gender (Jenis Kelamin)

Individu di beri layanan yang tidak adil karena jenis kelamin mereka. Contoh seorang wanita menerima gaji yang lebih rendah dengan lelaki sejawatnya meskipun pekerjaan mereka sama.


  • Diskriminasi Kesehatan

Individu diberi layanan yang tidak adil karena mereka menderita penyakit atau kecacatan tertentu Contohnya seorang yang pernah menderita sakit jiwa di tolak untuk mengisi jawatan tertentu, meskipun ia sudah sembuh dan memiliki kemampuan yang di perlukan.


  • Diskriminasi Ras

Individu tidak di berikan layanan kesehatan karena ras mereka.

  • Diskriminasi Agama

Individu di beri layanan yang tidak adil berdasarkan agama yang dianut olehnya.


Cara Mengindari Perilaku Diskriminatif

Untuk menghindari terjadinya perilaku diskriminatif maka setiap individu perlu:

  1. Menyadari bahwa manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Tuhan.
  2. Meyakini bahwa setiap manusia memiliki keistimewaan tersendiri.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Demokrasi Beserta Dampaknya Lengkap


Upaya Mengurangi Diskriminasi Dalam Masyarakat

Untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh pengaruh negatif keragaman, maka perlu dilakukan upaya-upaya seperti berikut ini:

  1. Menumbuhkan semangat religius.
  2. Menumbuhkan semangat nasionalisme.
  3. Menumbuhkan semangat pluralisme.
  4. Menumbuhkan semangat humanisme.

  5. Mengadakan dialog antar-umat beragama.
  6. Membangun pola komunikasi untuk interaksi maupun konfigurasi hubungan antar agama, media massa dan harmonisasi dunia.
  7. Keterbukaan, kedewasaan sikap pemikiran global yang bersifat inklusif.
  8. Kesadaran kebersamaan dalam mengurangi sejarah.

Contoh Sikap Diskriminasi

Berikut ini adalah beberapa sikap diskriminatif, antara lain:

  • Adanya pemisahan antara orang kaya dan orang miskin.
  • Karena agama yang berbeda, Intan tidak mau berteman dengan Berlian.
  • Di AS, ada penggolongan antara orang berkulit putih dan orang berkulit hitam (negro).
  • Sebagian besar masyarakat menempatkan laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.

Contoh Diskriminasi

  • Diskriminasi di tempat kerja

Diskriminasi dapat terjadi dalam berbagai macam bentuk:

  1. Struktur gaji
  2. Bagaimana perekrutan
  3. Strategi yang dianut dalam promosi
  4. Kondisi kerja umum bersifat diskriminatif

Diskriminasi di tempat kerja memiliki arti mencegah seseorang memenuhi aspirasi profesional dan pribadi mereka tanpa memperhatikan prestasi.

Teori statistik diskriminasi berdasarkan pada gagasan bahwa perusahaan tidak dapat mengontrol produktivitas pekerja secara individu. Akibatnya, pengusaha cenderung mengandalkan karakteristik terlihat, seperti ras atau jenis kelamin, sebagai indikator produktivitas, sering diasumsikan anggota dari kelompok tertentu memiliki tingkat produktivitas.


  • Contoh lain Diskriminasi :

Terjadi di negri kita sendiri seperti yang terjadi di Lampung Selatan ada kasus kekerasan yang telah mengakibatkan 14 orang meninggal dunia dan 1.700 mengungsi. Selain diskriminasi dalam agama didalamnya mencangkup kekerasan dan diskriminasi etnis.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan Sistem Ekonomi Campuran Beserta Contohnya Lengkap