√Sosiologi : Pengertian Umum dan Tinjauan Para Ahli

Diposting pada

Gurupendidikan.com – Sosiologi adalah salah satu ilmu sosial yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat. Dapat pula dikatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari berkaitan dengan masyarakat dan manusia. Sosiologi bertujuan untuk mempelajari masyarakat serta perilaku sosialnya.

Secara etimologis, sosiologi terdiri atas dua kata yang berasalh dari bahasa latin yakni socious (masyarakat) dan logos (berbincang atau berbicara). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah disiplin ilmu yang berbicara mengenai kehidupan manusia yang memiliki peranan sebagai makhluk sosial.

Jika dipelajari secara luas, ilmu sosiologi tak hanya mengkaji terkait dengan kehidupan manusia saja, lebih dari itu keilmuan tersebut juga mempelajari tentang relasi / hubungan, kepentingan, serta budaya. Obyek dari kajian sosiologi adalah masyarakat yang berfokus pada beberapa hal, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Interaksi (hubungan timbal balik) yang terjadi antara sesama manusia
  • Hubungan antara anggota masyarakat (individu) dengan masyarakat
  • Proses yang berlangsung dari adanya korelasi (hubungan) yang terdapat di dalam cakupan lingkungan masyarakat.

Para ahli menjabarkan berbagai macam pengertian sosiologi secara definitif, diantaranya ialah :

1. Pitirim Sorokin

Pitirim sorokin mengatakan bahwa sosiologi ialah sebuah cabang keilmuan yang mempelajari tentang hubungan serta pengaruh interaksi dari setiap jenis gejala sosial. Misalnya saja seperti gejala ekonomi, keluarga, gejala moral, dan lain sebagainya. Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji karakteristik umum dari setiap jenis gejala sosial yang ada

2. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari berkaitan dengan ubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.

Baca Juga :  Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

3. Max Weber

Sosiologi ialah cabang ilmu sosial yang mengupayakan pemahaman yang berkenaan dengan tindakan-tindakan sosial.

4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu tentang kemasyarakatan yang mempelajari berkaitan dengan struktur sosial dan juga proses sosial yang memasuki perubahan sosial.

5. Soerjono Soekanto

Sosiologi ialah ilmu yang berfokus pada perhatian dari sisi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berupaya untuk mendapatkan pola-pola umum yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat.

6. William Kornblum

Sosiologi ialah sebuah usaha ilmiah yang mempelajari berkaitan dengan masyarakat dan juga perilaku sosial anggota masyarakat dan membaginya ke dalam berbagai kelompok dan juga kondisi.

7. Mayor Polak

Sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang masyarakat secara utuh, yakni relasi atau hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, secara formal ataupun material.

 

Baca Juga :