√ Pengertian Westernisasi Serta Definisi Barat Dan Contohnya

Diposting pada

√ Pengertian Westernisasi Serta Definisi Barat Dan Contohnya

 

Westernisasi, juga oksidentalisasi atau Eropanisasi merupakan suatu proses dimana masyarakat berada dalam pengaruh atau mengadopsi budaya Barat dalam bermacam bidang seperti industri, politik, hukum, teknologi, daya hidup, gaya makan, bahasa, pakaian, filsafat, bahasa, agama, dan nilai-nilai lainnya.

Apa itu gejala westernisasi?

 


 

Definisi Barat

 

Teritorial

“Barat” awal mulanya didefinisikan sebagai dunia Barat. Romawi Kuno membedakan antara budaya Oriental (Asia atau Timur) yang sakarang dibedakan di Mesir dan budaya Oksidental yang berada di Barat. Seribu tahun kemudian, Skisma Barat-Timur memisahkan Gereja Katolik anda Gereja Ortodoks Timur.

Sipilisasi Barat biasanya dikatakan yaiyu : Amerika Utama (Kanada dan A.S.) Eropa (Uni Eropa, Negara EFTA, negara Mikro Eropa), Slandia Baru dan Australia.

Arti itu sering diluaskan, serta bisa meliputi negara-ngara tersebut, atau kombiniasi terahadap negara tersebut.


 

Negara-Negara Eropa di Luar UE dan EFTA

Pada utamanya disebabkan keanggotaan mereka pada Dewan Eropa, Kebijakan Kawasan Eropa, Organisasi untuk Keamanan serta Kerjasama di Eropa serta Organisasi laimnya, negara-negara tersebut termasuk definisi Barat. Mereka juga menyebarkan budaya Eropa utama terhadap negara-negara UE.

 

Amerika Latin

Hanya beberapa di Amerika Latin yang di anggap sebagai negara Barat, sebagai besar disebabkan kebanyakan penduduknya merupakan keturunan Eropa (pemukim Spanyol serta Portugis dan kemudian imigrasi dari negara Eropa lainnya). Serta masyarakat mereka mengoprasikan dalam cara Westernisasi yang tingggi. Kebanyakan negara di Amerika Latin memakai bahasa Spanyol atau bahasa protugsi sebagai bahasa resmi mereka. Menurut CIA, ada juga imigran di Amerika Latin dari negara-negara Eroa lainnya selain Portugal dan Spanyol, (Contohnya, dari Italia, Jerman, Belanda, dll. Lihat Imigrasi ke Argentina, Imigrasi ke Cjili atau Imigrasi ke Brasil.).

 

Turki

Walaupun secara geografi hanya 3% wilayah Turki yang berada di Eropa, Turki mempunyai sistem ekonomi yang mirip, mempunyai sebuah serikat pabean dengan Uni Eropa selain menjadi kandidat resmi untuk keanggotaanya, serta anggota organisasi-organisasi bergaya Barat serperti OECD, NATO, dan Dewan Eropa. Negara ini sering menjadi anggota organisasi untuk acara kebudayaan serta olahraga Eropa seperti UEFA serta Kontes Menyanyi Eurovision.

 

Israel

Walaupun secara geografi Israel ada di Timur Tengah selatan Lebanon, Israel mempunyai bermacam imigran Yahudi dari negara Barat contohnya Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Britania Raya serta Jerman. Negara ini merupakan anggota OECD. Negara tersebut seringkali menjadi anggota organisasi untuk acara-acara kebudayaan dan olahraga Eropa seperti UEFA sertaa Kontes Menyanyi Eurovision.

 

Lebanon

Walaupun secara geografi Lebanon ada pada daerah Timur Tengah utara Israel, Lebanon mempunyai setidaknya 40% Kristen yang sangat terpengaruhi sosial dan bidaya dari negara Barat (utamanya Prancis yang mempunyai kaitan sejarah pada awal negara Salin di Wilayah Tripoli yang didirikan oleh Raymond IV dari Toulouse yang menduduki sebagai besar Lebanon pada masa ini. Warisan Prancis pada masyarakat Lebanon merupakan pengetahuan terhadap bahasa Prancis).

 

Jepang dan Korea Selatan

Walaupun secara geografi Japan dan Korea Selatan ada di Asia Timur, mereka mempunyai bentuk pemerintahan demokratis, sistem ekonomi pasar bebas, standar hidup yang tinggi serta kontribusi utama pada ilmu pengetahuan serta teknologi Barat, dan diartikan sebagai “hibdra,” negara “semi-Barat” yang modern serta berkembang.

 

Afrika Selatan

Sebab pengaruh yang sangat tinggi dari budaya Eropa di tempat seprti Afrika Selatan.


 

Contoh para pemimpin yang melakukan Westernisasi

  1. Kaisar Meiji
  2. Mustafa Kemal Atatürk
  3. Peter yang Agung
  4. Kaisar Gojong
  5. Sun Yat-sen
  6. Kaisar Guangxu
  7. Mikhail Gorbachev
  8. Deng Xiaoping
  9. Mohammad Reza Pahlavi
  10. Reza Shah Pahlavi

 

Baca Juga :  4 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli
Baca Juga :  Pengertian Federasi Dan Konfederasi Serta Perbedaannya

 

Demikian Penjelasan Tentang √ Pengertian Westernisasi Serta Definisi Barat Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com