√ Pengertian, Tugas, Peran, Fungsi, dan Syarat Customer Service

Diposting pada

Gurupendidikan.com –  Customer service ialah aktivitas pelayanan yang ditujukan dalam rangka memberikan informasi terhadap pelanggan berkenaan dengan suatu produk baik dalam bentuk barang ataupun jasa. Pelayanan yang diberikan mencakup solusi atas permasalahan, jawaban atas keingintahuan pelanggan, informasi detail suatu produk, dan lain sebagainya.

Tugas Customer Service

Tugas utama / pokok dari customer service ialah menjawab segala keterbutuhan pelanggan dalam hal keingintahuan (informasi), keluhan, dan berbagai hal yang berkenaan dengan produk yang dijual oleh perusahaan terkait. Seorang Customer Service haruslah memiliki syarat kecakapan khusus yang mencakup berbagai peranan dan fungsi. Peran serta fungsi tersebut adalah sebagaimana berikut :

a. Melayani Tamu

Seorang customer service haruslah mampu menjadi ‘pelayan’ yang baik bagi para pelanggan. Dalam hal ini adalah pelanggan yang datang atau mengunjungi langsung perusahaan. Customer service harus mampu melayani tamu dengan sebaik-baiknya demi kenyamanan pelanggan. Sikap permanen yang mestinya dimiliki oleh customer service ialah ramah, sopan santun, antusias terhadap kebutuhan pelanggan, dan berbagai sikap positif lain yang dibutuhkan.

b. Customer Relation Office

Customer service haruslah mampu menjalin hubungan baik dengan klien / pelanggan. Hal tersebut dirasa perlu untuk dilakukan agar pelanggan merasa dihargai dan puas terhadap pelayanan perusahaan, terlebih pada produk yang ditawarkan.

c. Komunikator

Fungsi customer sebagai komunikator adalah sebagai penjawab atas segala persoalan pelanggan terhadap produk (barang atau jasa) yang dijual oleh perusahaan. Fungsi komunikator juga diharapkan mampu mengambil peranan yang melebihi tugas pokok dari customers service. Misalnya saja menanyakan kabar pelanggan, membangun komunikasi yang baik diluar obrolan seputar produk, dan lain sebagainya. Komunikasi yang intens juga mampu membangun hubungan emosional antara perusahaan (produk) dengan pelanggan. Sehingga pelanggan anda akan semakin setia pada produk perusahaan ditempat customer service bekerja.

Baca Juga :  101 Pengertian Dan Definisi Hak Cipta Menurut Para Ahli

Pada umumnya customer service haruslah memenuhi syarat umum sebagaimana berikut ini :

  1. Syarat fisik

  • Berpenampilan menarik (tampan / cantik)
  • Memiliki berat badan ideal (tidak gemuk dan tidak juga terlalu kurus)
  • Tinggi badan di atas rata-rata atau setidaknya proporsional (laki-laki minimal 170 dan perempuan minimal 160)
  • Sehat secara jasmani ataupun rohani.
  1. Syarat Mental

Seorang CS (customer service) haruslah memiliki kesiapan mental yang cukup dalam hal personality. Hal tersebut berkaitan dengan rasa percaya diri, bangga akan profesi yang sedang ia geluti, berkepribadian baik, jujur, rendah hati, ramah, dan lain sebagainya.

  1. Syarat Sosial

Seorang CS (customer service) juga harus memiliki syarat sosial yang cakupannya meliputi :

  • Mempunyai jiwa sosial
  • Mudah bergaul
  • Berwawasan luas
  • Bijaksana
  • Memiliki kemampuan negosiasi
  • Mampu bekerja dalam team

Demikian penjelasan mengenai pengertian Customer Service Beserta tugas dan fungsinya, semoga bermanfaat.