√ 11 Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli Serta Peran Dan Contohnya

0/50 ratings

Pengertian Sosiologi Politik

Sosiologi politik merupakan studi yang mempelajari hubungan antara negara dan masyarakat. Sosiologi memakai sejarah komperatif sebagai analisa tren sosio-politik yang sedang berlangsung. Pertanyaan penelitian yang dapat diberikan pada bidang ini ialah “Mengapa begitu sedikit warga di Amerika Serikat yang memberikan suara mereka?” Bidang ini mulai berkembang dari karya Moisey Ostrogorsky, Max Weber, dan Barrington Moore, Jr.

 

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli


Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli

  • Gordon Marshall

Sosiologi politik merupakan cabang ilmu sosiologi yang menganalisa sebab dan akibat dosial pada peranan kekuatan disuatu masyarakat. Dengan terjadinya konflik sosial serta politik maka mengakibatkan adanya perubahan pada pengalokasian.

  • Kolkorj

Sosiologi politik merupakan ilmu yang mempelajari partisipasi pada pembuatan kegiatan terhadap kehidupan yang luas dan sempit.

  • Tom Bottomove

Sosiologi politik merupakan ilmu yang mengarah pada aspek tingkat atau kelas sosial, parpol, gerakan sosial, aksi politik, serta politik global.

  • Fanlks

Sosiologi politik merupakan studi yang mempelajari hubungan kekuasaan yang saling bergantung antara masyarakat sipil dan negara.

  • Maure Dekverger

Sosiologi politik adalah ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan pemerintah otoritas, komando pada seluruh masyarakat manusia yang bukan hanya masyarakat nasional, namun dalam masyarakat lokal serta massyarakat lainnya.

  • Rush dan Ahoff

Sosiologi politik merupakan sebuah proses khususnya pada proses keterkaitan politik dan masyarakat, hubungan antara struktur-sturktur sosial dan tingkah laku sosial serta tingkah laku politik.

  • Maunce Duverger

Studi tentang kekuasaan setiap pengelompokkan manusia bukan saja didalam bangsa

  • Pitirim Sorokin

Ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, hubungan dan saling pengaruh antara gejala-gejala sosial maupun non-sosial, serta ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial

  • Drs. Mangohi Rahuman, M.Si

Sosiologi politik merupakan studi mengenai hubungan antara masalah-masalah politik dalam masyarakat antara struktur sosial dan struktur politik, dan antara tingkah laku sosial dengan tingkah laku politik.

  • A.A. Said Gatara,M.Si

Sosiologi politik merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan politik hukum dan masyarakat, lembaga politik pada sisi lain dan masyarakat dengan proses politik (partisipasi, sosialisasi, konflik, rekrument komunikasi dan lainnya)

  • Moh. Dzulkiah Said, M.Si

Sosiologi politik adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan masyarakat dan politik hukum, lembaga politik pada sisi lain dan masyarakat dengan proses politik ( sosialisasi, partisipasi, konflik, rekrument komunikasi dan lainnya).


Peranan Sosiologi Politik

Melewati bebrapa tahapan penelitian yang sudah dilakukan, sosiologi memiliki peran dalam pembangunan, khususnya pada pembangunan politik. Peran itu terutama pada menyediakan data-data hasul dari penelitian untuk kebutuhan perencanaan, evaluasi pembangunan serta pelaksanaannya.


Contoh Sosiologi Politik

  1. Seorang Panglima TNI yang bernama Sudarsono pada tanggal 3 Juli 1946, mendatangni Istana Gedung Agung Yogyakarta untuk bertemu Presiden Sukarno serta menuntut pembubaran Kabinet Sutan Sjahrir. Kejadian itu adalah kudeta pertama yang terjadi di Indonesia.
  2. Di tahun 1982 Kenya juga mengalami dua kejadian yang merupakan efek dari sosiologi politik yang timpang. Kenya dipimpin oleh seorang diktator bernama Daniel Arap Moi. Kemudian sekelompok pasukan tentara melakukan kudeta terhadapnya.
  3. Pada tahun 2016, baru-baru ini Turki mempunyai sejarah kudeta kepada Presiden Erdogan oleh sekitar 500 orang simpatisan dari kubu oposisi.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  √ Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli Serta Contohnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli

Demikian Penjelasan Tentang √ 11 Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli Serta Peran Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Co.Id


Loading...
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content