Pengertian Program – Komputer, Contoh, Kegiatan, Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Program – Komputer, Contoh, Kegiatan, Para Ahli : Program merupakan sekumpulan instruksi yang diapakai sebagai pegnatur komputer agar dapat menjalankan perintah tertentu.


13 Pengertian Program Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Program

Program merupakan sekumpulan instruksi yang diapakai sebagai pegnatur komputer agar dapat menjalankan perintah tertentu. Tanpa adanya program, komputer sebenarnya tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya seperti mesin kosong. Program ialah bagian dari beberapa aspek penting dari sebuah komputer. Mungkin juga ada anggapan bahwa komputer mencakup tiga aspek penting. Komponen itu sebagai berikut.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Sistem Informasi


Program komputer merupakan sekumpulan instruksi yang ditulis untuk melaksanakan fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada umumnya memerlukan keberadaan program agar dapat menjalankan fungsinya, umumnya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi sekumpulan instruksi program tersebut pada prosesor.


  1. perangkat keras (hardware),
  2. perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program,
  3. perangkat akal (brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak (operator).

Pengertian Program Komputer

Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik.


Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. “Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.”


Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.


Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 9 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli


15 Pengertian Program Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian yang di definisikan oleh para ahli. Mari kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

  • Sukrisno

Program merupakan ekskresi, kata, atau pernyataan yang dirangkai dan disusun menjadi satu kesatuan prosedur, yang berupa urutan langkah-langkah, untuk dapat menyelesaikan masalah yang diberikan dengan memakai bahasa pemrograman sehigga bisa dieksekusi oleh komputer.


  • Menurut kkbi

Program dalam ilmu komputer merupakan program yang diciptakan secara khusus sehingga memungkinkan komputer melakukan fungsi tertentu.


  • Amikom Yogyakarta

Program merupakan sekumpulan intruksi komputer, sedangkan tahapan dan metode sistematis dalam suatu program ialah algoritma.


  • Ema Utami

Program merupakan kumpulan bahasa pemrograman.


  • Sugiyono (2005:21)

Program adalah rangkaian instruksi-instruksi pada bahasa komputer yang disusun dengan sistematis dan logis.


  • Yulikuspartono (2009:29)

Program adalah sederetan statement atau instruksi dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan.


  • Anwar Harjono

Program merupakan urutan instruksi agar dapat menjalankan suatu komputasi.


  • Saifuddin Anshari

Program merupakan daftar terinci tentang usaha dan cara yang akan dilaksanakan.


  • Sunarto, S.Kom

Program merupakan sekumpulan interaksi yang diwujudkan pada bentuk bahasa, kode skema, maupun lainnya, jika digabungkan dengan media yang bisa dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja agar dapat melakukan fungsi khususnya, dan juga persiapan dalam merancang interuksi tertentu.


  • Wiryanto Dewobroto

Program merupakansebuah hasil penyusunan detail langkah-langkah solusi (algoritma) suatu masalah.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ 45 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ( Fungsi, Jenis Dan Tujuan )


  • Binanto (2009:1)

Menurut Binanto, pemograman dapat diartikan dalam beberapa hal, sebagai berikut:

    1. Mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut sebagai Souce Code yang dibuat oleh programmer.
    2. Mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.
    3. Program merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software.

    4. Pemrograman berarti membuat program komputer.
    5. Pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti oleh komputer.

  • Sindhunata

Program merupakan kumpulan pernyataan yang berurutan dan hampir sama yang dipakai adalah memberi tahu komputer bagaimana melaksanakan subuah pekerjaan.


  • Janner Simarmata

Program merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah terinstal di dalam komputer.


  • Wikipedia

Program komputer merupakan sekumpulan instruksi yang ditulis untuk melaksanakan fungsi spesifik pada komputer.


  • Agoeng Widyatmoko

Program merupakan aplikasi dari hasil analisis pemecahan masalah yang dibuat dalam bentuk program komputer.


Contoh Program

Penggunaan ekpresi operasi aritmatis yang menghasilkan nilai, contoh: 2 + 2 menghasilkan nilai 4. Dan perintah yang melingkupi pendelegasian nilai atas hasil dari operasi aritmatis tersebut ke dalam sebuah variabel, contoh: x := 2 + 2; if x = 4 then lakukan_sesuatu().


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Dinamika Penduduk : Pengertian, Dampak, Faktor Dan Solusinya Lengkap